Android TV Console Pertama di Dunia dari Nvidia

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 12 Mar 2015 | 347,898

Shield Made to Game1
Nvidia, kembali meluncurkan satu produk entertainment mereka yang patut dilirik untuk menjadi satu multimedia device yang akan menghidupkan suasana ruang keluarga di rumah. Menyandang nama SHIELD yang telah digunakan oleh Nviida juga pada produk produk gaming mereka sebelumnya yaitu Shield Portable dan juga Shield Tablet, dua buah perangkat Android gaming on the go yang telah terkenal sebelumnya di kalangan enthusiast gamer, kali ini Nvidia merilis sebuah Android TV Console. Bukan Android TV biasa, ditenagai oleh Nvidia Tegra K1 yang ber-arsitektur Maxwell dengan 256-core games, movies, music dan aplikasi dapat dijalankan dengan lancar dengan display yang kuat sampai resolusi 4K.

Berbagai aplikasi streaming telah siap dijalankan di Shield untuk menonton TV series atau film favorit layaknya Android TV biasanya. Sebut saja seperti Netflix, Hulu, Crunchyroll, dkk siap untuk memutar film film favorit teman teman, dan GooglePlay Music, Spotify, dan Rdio siap untuk memanjakan telinga dengan musik musik favorit. Tetapi sampai saat ini belum ada layanan sejenis itu untuk games. Itu semua berubah saat negara api menyerang, eh salah naskah.. Itu semua berubah saat Nvidia meluncurkan salah satu layanannya yang bernama NVIDIA GRID, sebuah layanan yang memungkinkan kita untuk memainkan game PC dimanapun kapanpun dari perangkat Shield kita semudah kita streaming video dari youtube.

Sebelumnya Nvidia telah meluncurkan satu fitur local streaming PC game ke device Shield Portable yang dulu menjadi satu fitur utama dari handset tersebut. Dengan fitur tersebut kita bisa memainkan game game favorit kita dimanapun selama PC utama dan Shield Portable kita terkoneksi dalam jaringan yang sama. Sangat nyaman ketika kita telah lelah duduk lama di depan PC tetapi masih ingin bermain game. Nah, secara singkat NVIDIA GRID ini adalah upgrade dari fitur tersebut. Kita bisa memainkan game game PC favorit seperti Batman : Arkham Knight dan The Witcher 3 : Wild Hunt yang tidak lama lagi akan dirilis di Shield device yang kita miliki asalkan memiliki koneksi internet yang kompatibel.

Dimana hardware utama yang menjalankan game yang kita mainkan di Shield? Semua telah ditangani oleh GRID System milik Nvidia yang menggunakan teknologi GeForce GTX yang mampu menstreamingkan content berukuran 1080p 60fps dengan latency hanya 150 miliseconds. Game game yang kita mainkan di NVIDIA GRID semuanya dijalankan di max settings alias rata kanan sehingga semua efek grafis dari game dapat kita nikmati seperti fitur fitur dari Nvidia GameWorks HBAO+, PhysX, Hairworks, Flameworks dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itulah satu koneksi internet yang mendukung adalah satu requirement yang harus dimiliki sebelum kita bisa menggunakan layanan ini yaitu minimal 10Mbps dengan router yang support koneksi dual band.

Puluhan PC Games telah tersedia di Nvidia GRID seperti Borderlands 1-2, Darksiders 1-2, Batman Arkham Asylum – City, Ultra Street Fighter 4, The Witcher 2 : Assassins of Kings dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua game yang ada di list sudah di tamatin? jangan khawatir, Nvidia akan menambah game game yang ada di list setiap minggu dengan minimal satu judul baru untuk teman teman mainkan. Semua game tersebut dapat kita mainkan secara gratis.. tis.. tetapi tidak selamanya.. 😛 Nvidia memberikan free access untuk kita memainkan game game tersebut hanya sampai dengan tanggal 30 Juni 2015.
Shield Made to Game5

Nah selain bisa memainkan game game PC via NVIDIA GRID, SHIELD juga bisa memainkan game game Android pada umumnya yang juga tidak kalah seru seperti Half-Life 2, GTA : San Andreas, Skylanders Trap Team, Skiing Fred, Dungeon Hunter 5 dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan tenaga Nvidia Tegra K1 game game tersebut tentunya bisa dijalankan dengan sangat mudah, memberikan experience gaming yang maksimal bagi teman teman. Menjadi SOC (System On a Chip) tercepat di dunia, Nvidia bekerja sama dengan banyak game developer terkemuka katakanlah Crytek, id Software, Gaijin Entertainment, Gearbox Software, Capcom, Konami dan masih banyak lagi yang lainnya untuk mendevelop Android version dari game game terkenal seperti Crysis 3, Doom 3: BFG, Borderlands : The Pre-Sequel, War Thunder, Resident Evil 5 dan Metal Gear Solid Rising : Revengeance. Semua itu dengan tujuan untuk memaksa prosesor Nvidia Tegra K1 untuk mengeluarkan kemampuan termaksimalnya.
Shield Made to Game2

Untuk memastikan koleksi game, music dan film kita dapat menghasilkan suara yang maksimal, SHIELD mensupport audio 7.1 dan 5.1 Surround Sound via kabel HDMI. Selain itu, internet, network dan storage juga telah menggunakan teknologi teknologi paling baru supaya tidak terjadi bottleneck pada fitur yang dimiliki. Dengan wireless adapter 802.11ac 2×2 MIMO 2,4GHz dan 5GHz, Bluetooth 4.1/BLE, Gigabit LAN, 2 USB 3.0 port untuk NTFS, HFS+ dan exFAT storage drive, Micro-USB 2.0, Micro SD slot yang mensupport kartu SD sampai dengan ukuran 128GB, dan juga sebuah IR Receiver untuk addon device yang menggunakan teknologi IR. Dan karena sistem utamanya adalah Android, content dapat kita import dari mana saja, internet, local network, built in apps, maupun dari harddisk external atau micro SD. Dengan fitur Googlecast kita juga bisa mengakses content pada google device yang lainnya.
Shield Made to Game4

Dengan tagline Made to Game, SHIELD Android TV Console pertama di dunia ini siap untuk menghidupkan suasana ruang keluarga kita dengan segudang fitur yang dimilikinya. Nvidia akan mulai menjual perangkat ini mulai bulan May dengan harga mulai dari $199 sayangnya seperti perangkat Shield yang sebelum sebelumnya, SHIELD Android TV ini juga tidak akan dijual secara resmi di region Asia sehingga untuk mendapatkannya kita harus mengimpornya dari luar negeri melalui situs jual beli online seperti ebay atau amazon.
Shield Made to Game3

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram