Bagaimana Memilih PC Optimal Namun Hemat di Kantong?

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 30 Apr 2015 | 30,201

title

Kebanyakan orang pada umumnya yang tidak termasuk “tech-savvy” alias tidak terlalu mengerti spesifikasi komputer, membeli sebuah PC di toko komputer dengan menyerahkan segala spesifikasinya di tangan para toko penjual. Sampai-sampai hanya karena ingin menekan budget, dan ditambah dengan alasan sang PC tidak ditujukan untuk bermain game-game berat, banyak juga toko yang menyarankan spesifikasi PC dengan hanya menggunakan Integrated GPU pada  motherboard (On-Board GPU).

Sebagian orang, termasuk toko penjual komputer berpikiran bahwa Integrated GPU sudahlah cukup bagus untuk saat ini, jika hanya digunakan sebagai PC Entertainment atau bermain game-game casual. Mungkin kita berpikir “Penambahan Graphic Card terpisah hanya akan membuat budget semakin mahal” ; “Graphic Card terpisah tidak dibutuhkan jika hanya bermain game casual, dan game online yang ringan.” ; “Browsing internet sambil mengerjakan tugas di aplikasi Office sudah sangat cukup dengan Integrated GPU.”

graphic

Faktanya, 2 dari 3 orang (*) pengguna PC dengan Integrated GPU tersebut justru kembali didatangi masalah! Lho, Masalah karena PC nya rusak?? — Tidak, masalah datang karena ternyata para pengguna PC ini tidak puas dengan performa PC tersebut.

Masalah hadir saat PC mereka terasa berjalan lebih lambat, setiap pergantian program selalu ada jeda waktu menunggu program lainnya untuk terbuka, loading website di browser juga memakan waktu tunggu yang lama, kemudian harus terus menunggu dan menunggu saat ingin melakukan editing foto, editing video, dan tentunya bermain game ringan sekalipun, frame rate menjadi tidak stabil sehingga membuat game tidak nyaman dimainkan.

► Lalu, Bagaimana Solusinya? Bisakah mendapatkan PC dengan Performa lebih baik namun dalam jangkauan harga yang sama seperti diatas?

Jawabannya, Bisa! Tapi, Bagaimana mungkin?

Solusi tersebut memungkinkan dimana kita perlu menambahkan graphic card terpisah, sehingga performa sudah pasti bertambah. Sebuh PC yang ditambahkan sebuah Graphic Card tidak selalu menjadi lebih mahal. Jika kamu masih berpikir hal ini “impossible”, mari kita lihat terlebih dahulu perbandingan antara kedua spesifikasi PC berikut ini yang memiliki total budget hampir sama :

spec compare

 

IMG_9448

Sebuah PC yang ideal wajib memiliki 2 otak inti, disini berarti, selain CPU (Central Processing Unit) kita juga membutuhkan GPU (Graphic Processing Unit) sebagai pengolah grafis yang mandiri serta sangat membantu kinerja pengolahan gambar dan video. PC tidak akan berjalan dengan sempurna untuk kebutuhan kamu seperti yang disebutkan sebelumnya, tanpa bantuan Graphic Card terpisah. Penggunaan Graphic Card terpisah menambah memory GPU menjadi lebih cepat, seperti pada contoh Graphic Card diatas, dimana GeForce GT 730 memiliki dedicated memory sebesar 2GB dengan DDR5. Berikut ini adalah perbandingan hasil performa benchmark & gaming antara 2 PC; Dengan Graphic Card dan tanpa Graphic Card :

benchmark

Hasil tersebut menunjukkan PC dengan tambahan Graphic Card mampu menghasilkan performa hingga 50% lebih kencang daripada PC yang hanya mengandalkan Integrated GPU.

gaming

Graphic Card dari Nvidia GeForce tidak selalu dikaitkan dengan harga yang mahal, belum lagi berbagai fitur teknologi NVIDIA yang sangat berguna untuk PC kamu, seperti hadirnya aplikasi GeForce Experience. Dengan memanfaatkan GeForce Experience kita bisa mengoptimalkan kemampuan PC kita dalam menjalankan game, setting grafis terbaik untuk segala game dapat kamu peroleh dalam satu kali klik pada GFE. Update Driver Nvidia secara otomatis juga disediakan GFE, sehingga kita tidak perlu lagi repot mengecek secara manual ke website Nvidia GeForce.

a

1 Klik Optimize untuk Setting Graphic Terbaik di PC

Fitur terbaru lainnya dari GeForce Experience adalah “ShadowPlay”. Mengaktifkan ShadowPlay pada GFE akan memudahkan kita saat ingin merekam gameplay yang sedang dimainkan. Momen-momen penting, seru, ataupun lucu tak akan lagi terlewat dan akan tersimpan dengancara yang cepat.

Selain itu dengan ShadowPlay gamer juga bisa live streaming/broadcast gameplay  yang kita mainkan melalui channel Twitch.tv, semua aktivitas record/broadcasting tersebut tanpa perlu mengganggu kinerja GPU saat bermain game.

gfe

Pilihan Mode Record dan Streaming pada ShadowPlay

 

Masalah Harga?

Dari kedua spek PC diatas, dapat kita lihat jika budget yang dikeluarkan masih setara. Di range harga 2,5 juta untuk harga total CPU dan GPU nya saja (spesifikasi komponen lain, sama pada kedua PC), kita sudah bisa mendapatkan Graphic Card terpisah, dengan penghematan di sisi CPU yaitu dengan memilih Core i3. Memang CPU yang akan digunakan memiliki core yang lebih rendah daripada i7. Namun apalah artinya jika kita hanya bisa membeli CPU di kelas yang lebih baik tanpa disertai sebuah GPU terpisah?
Yang terjadi hanyalah PC tidak akan berjalan optimal seperti seharusnya. Dari sini kita bisa membuktikan bahwa PC dengan Graphic Card terpisah tidak selalu harus mahal! 

Kombinasi pilihan yang terbilang hemat di kantong ini kita bisa mendapatkan peningkatan performa yang signifikan untuk aktivitas browsing sehari-hari, aktivitas kantor, maupun online gaming dengan lancar! Bisa dilihat dari perbandingan spesifikasi kedua PC pada gambar dibawah ini, perbedaan peningkatan performa antara yang menggunakan graphic card dan hanya mengandalkan graphic on-board.

price

Dari total pengeluaran CPU+GPU yang hampir setara, kita bisa mendapatkan perbedaan yang sangat lumayan, dari hasil test benchmark hingga rata-rata 50% dan pada test game mendapatkan peningkatan rata-rata hingga 90%, sebuah gap yang fantastis! Paduan antara CPU i3 dengan Graphic Card Nvidia GT730 DDR5 jelas menawarkan harga yang lebih murah dan penghematan budget PC kamu, tanpa harus kecewa di akhir. Pilihan tersebut adalah solusi terbaik untuk PC multifungsi sehari-hari tidak hanya untuk online gaming, tapi juga sebagai media entertainment, dan mesin pengolah aplikasi office, tidak ada lagi loading video atau proses data yang tersendat.
So. make your choice right! Jangan remehkan kehadiran sebuah Graphic Card pada PC andalan kamu.

*) : Berdasarkan Survey Niko Partners dari para pengguna PC dengan Intel Integrated Graphics

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram