Beberapa Game Terbaik Untuk Menguji Performa PC-mu

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 20 Jul 2014 | 28,166

Bagi teman teman gamer yang baru saja membangun sebuah gaming rig pasti sering bertanya tanya sebenarnya sampai seberapa jauh sih kekuatan dari sistem yang dibangunnya. Apalagi bagi teman teman yang masih cukup awam dalam dunia hardware PC, langkah yang diambil biasanya adalah menanyakan di forum ataupun media sosial soal apakah sebuah game tertentu dapat diajalankan di sistem nya. Nah bagi teman teman gamer yang ingin langsung menguji kekuatan sistem PC nya langsung dengan bermain game tetapi masih belum tahu game game apa saja yang bisa dijadikan Benchmark, berikut ini adalah beberapa game rangkuman dari Gamespot yang dapat dicoba untuk mengukur kekuatan PC milik teman teman.

 

1. Metro : Last Light
Engine : 4A Engine
Fitur unggulan : Geometric Detail
Game yang menceritakan tentang lanjutan petualangan Artyom di dunia bawah tanah Metro setelah menjatuhkan bom nuklir di wilayah alien pada seri sebelumnya yaitu Metro 2033 ini adalah salah satu game dengan detail grafis yang sangat tinggi. Desain karakter, monster dan environment yang realistis membutuhkan performa PC yang cukup mumpuni untuk menjalankannya apalagi dengan settingan rata kanan. Dalam game ini tiap lekukan di dinding maupun daratan terlihat sangat detail sehingga menghadirkan kesan dunia hancur yang sangat realistis.

Metro Last Light ~ Nixiagamer.com

 

2. Tomb Raider
Engine : Crystal Dynamics Engine
Fitur Unggulan : TressFX Hair Simulation
Menceritakan perjuangan Lara Croft dan teman-temannya untuk bertahan hidup di pulau antah berantah. Saat ini, Tomb Raider adalah satu satunya game yang telah mendukung teknologi TressFX dari AMD untuk menciptakan karakter rambut yang dinamis dan realistis. Walaupun terkadang rambut Lara Croft seperti memiliki nyawa sendiri saat bergerak, tetapi fitur ini cukup menarik untuk ditunggu perkembangannya dalam dunia gaming di masa depan.

Tomb Raider ~ Nixiagamer.com

 

3. Crysis 3
Engine : CryEngine
Fitur Unggulan : Facial Animation
Engine yang digunakannya sering diplesetkan oleh gamer sebagai engine yang membuat PC menangis karena kewalahan untuk menjalankannya. Hal itu memang benar karena pengalaman visual yang ditawarkan oleh game ini terbilang sangat tinggi, tingkat pencahayaan, rumput yang bergerak sangat natural saat tertiup angin, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi dari semua itu tidak ada yang dapat melebihi tingkat detail dari mimik wajah karakter karakternya. Psycho yang akan menemani kita mencegah invasi alien di bumi dapat menampilkan ekspresi ekspresi yang luar biasa realistis sehingga emosi yang dirasakannya tersampaikan dengan baik kepada player yang memainkannya.

Crysis 3 ~ Nixiagamer.com

 

4. Battlefield 4
Engine : Frostbite 3
Fitur unggulan : Mantle & Destruction
Engine yang satu ini juga menawarkan salah satu pengalaman visual terbaik dari sebuah game PC saat ini, dan Battlefield 4 menggunakannya dengan sangat tepat. Tingkat destruktif yang tinggi dalam game membutuhkan kinerja PC yang tak kalah tinggi. Bagaimana tidak, dalam game lain biasanya kita tidak bisa menghancurkan bangunan, tetapi dalam game ini sebuah gedung-pun dapat kita robohkan. Battlefield 4 ini juga adalah game yang pertama kali mensupport teknologi Mantle dari AMD.

Battlefield 4 ~ Nixiagamer.com

 

5. Watch Dogs
Engine : Disrupt
Fitur unggulan : TXAA
Memang game yang terbilang cukup baru ini memiliki beberapa isu. Kontroversi mengenai tampilan Watch Dogs yang diturunkan pada saat release, dan juga tingkat detail yang berbeda dari saat dipamerkan di E3 2012. Walaupun begitu visual yang ditawarkan game ini tetap masih terlihat mengagumkan. Chicago seperti benar benar hidup untuk kita jelajahi sebagai Aiden Pierce sang hacker kelas kakap. Implementasi TXAA yaitu teknologi anti-aliasing dari Nvidia dalam Watch Dogs adalah salah satu yang terbaik saat ini.

Watch Dogs ~ Nixiagamer.com

 

6. ARMA 3
Engine : Real Virtuality 4
Fitur unggulan : Draw Distance
Draw Distance merupakan hal yang umum dalam sebuah fitur game. Ia mengontrol seberapa jauh objek akan dirender dari posisi player. Di ARMA 3 ini objek-objek seperti tank musuh, tentara infantri musuh, dan markas musuh akan tampak sangat detail walaupun posisinya masih sangat jauh dari tempat player berada. ARMA 3 adalah game bertema militer pertama dengan visual yang berbeda dari game game militer sejenis yang lainnya.

Arma 3 ~ Nixiagamer.com

 

7. The Witcher 2 Enhanced Edition
Engine : REDEngine 2
Fitur unggulan : HDR Rendering
Fitur HDR rendering ini memang tidak eksklusif milik The Witcher 2, tetapi berkat CD Projekt RED yang mendeploy nya dengan cara unik membuat visual yang ditampilkan oleh game ini berbeda dari game game lain yang mengimplementasikannya seperti Crysis 3 dan Metro Last Light. Konsistensi visual dan warna vibrant yang ditampilkannya masih belum bisa ditandingi oleh game game fantasy RPG yang lainnya. Ini menghadirkan atmosfir yang benar benar ‘fantasy’-taste dibandingkan game game adventure rpg sejenisnya, dan membuat kita tak cepat bosan untuk memandu Geralt of Rivia sang Witcher untuk berpetualang di seri game ke-2 nya ini.
The Witcher 2 ~ Nixiagamer.com

 

8. X Rebirth
Engine : Reality Engine
Fitur Unggulan : SPACE!
Develper dari game ini, Egosoft memang tidak memberikan banyak informasi mengenai kemampuan dari engine yang dipakainya. Tetapi yang jelas, game ini memiliki visual environment luar angkasa yang paling detail dari game game bersetting luar angkasa yang lain. Dari game ini kita bisa berekspektasi game-game ber-environment sejenis seperti Star Citizen atau Elite : Dangerous untuk dapat menghadirkan sensasi luar angkasa yang lebih mengagumkan lagi.
Xrebirth ~ Nixiagamer.com

 

9. Hitman Absolution
Engine : Glacier 2
Fitur unggulan : Crowds
Bagi teman teman yang sudah memainkan game ini tentu menyadari betapa ramainya NPC dalam game ini. Ya, itulah yang menjadi fitur unggulan dalam Hitman Absolution ini. Tiap tiap NPC memiliki animasi tersendiri dan juga reaksi reaksi tersendiri dari apa yang player lakukan. Dalam satu map bisa terdapat puluhan sampai ratusan orang yang sibuk dengan aktivitasnya masing masing, belum lagi ditambah patroli agen musuh yang juga berjalan-jalan mengitari map yang ada. Tentu membutuhkan kekuatan pc yang mumpuni untuk mengkalkulasi action dan merender animasi tiap tiap karakter. Tingkat keramaian seperti ini adalah setting yang sangat cocok untuk Agent 47 bersembunyi dari musuh setelah menghabisi targetnya.
Hitman Absolution ~ Nixiagamer.com

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram