Computex 2016 Highlight ~ Lineup Kartu Grafis GTX 1080 dari MSI

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 20 Jun 2016 | 383,048

Computex 2016 Highlight ~ Lineup Kartu Grafis GTX 1080 dari MSI

Generasi kartu grafis pascal telah hadirdi dunia hardware komputer. Memiliki performa yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya dengan tetap mempertahankan kebutuhan daya yang rendah, Pascal mendapatkan respon yang sangat besar dari seluruh hardware enthusiast di dunia. Bahkan tak sedikit yang sudah merencanakan upgrade kartu grafis di gaming rig mereka ke generasi yang baru ini.

MSI sebagai perusahaan yang selalu menciptakan kartu grafis dengan performa dan fitur yang handal untuk gamers memperlihatkan lineup lengkap kartu grafis GeForce GTX 1080 nya di ajang Computex 2016 Taipei beberapa waktu lalu. Tak tanggung tanggung ada 5 jenis kartu grafis Pascal yang dipamerkan MSI disini, dan sekaligus membuatnya menjadi satu vendor yang memiliki lineup kartu grafis GTX 1080 paling lengkap di pasaran.
graphics

Lineup MSI GeForce GTX 1080 :

– MSI GeForce GTX 1080 Founder’s Edition
founders
Anggota pertama dan yang paling basic dari lineup ini adalah seri Founder’s Edition. Kartu grafis ini memiliki default PCB dan juga default cooler dari Nvidia. Desain coolernya yang simple dan elegan dengan warna alumunium silver memiliki daya tarik tersendiri bagi para enthusiast. Founder’s Edition juga memilki clock speed default 1607/1733 MHz.

– MSI GeForce GTX 1080 Aero
aero
Berikutnya ada seri Aero. Seri ini memliki board PCB dan juga GPU clock speed yang sama dari seri Founder’s Edition. Perbedaanya ada pada cooler yang digunakannya. Seri ini menggunakan custom blower dari MSI dengan nuansa hitam. Selain itu MSI juga mengeluarkan dua versi seri Aero ini yaitu Standard Edition dan juga OC Edition. Standard Edition memiliki GPU clock speed yang sama dengan Founder’s Edition yaitu di 1607/1733 MHz sedangkan OC Edition di 1632/1771 MHz.

– MSI GeForce GTX 1080 Armor
armor
Di seri berikutnya kita akan menemukan seri Armor. Seri ini sudah menggunakan custom dual fan cooler dari MSI yaitu Twin Frozr V. Dengan fitur Zero Frozr yang membuat kipas pendingin hanya akan berputar saat temperatur GPU membutuhkan pendinginan, GPU ini dapat beroperasi dengan lebih sunyi. Board PCB yang digunakannya pun juga sudah dikustom oleh MSI sehingga bisa menarik power dari 8 + 6 pin untuk memberi tenaga pada 12-phase VRM yang ada. Disamping itu GPU clock speed nya pun sudah factory-overclocked yang berjalan di kecepatan 1657/1797 MHz. Satu satunya yang menjadi nilai negatif dari kartu grafis ini adalah belum adanya backplate.

– MSI GeForce GTX 1080 SeaHawk
seahawk
Bekerja sama dengan Corsair, seri SeaHawk ini sudah menggunakan solusi all-in-one water cooler dari Corsair ditandem dengan custom air blower dari MSI. Water Cooling nya mendinginkan GPU core sedangkan air coolingnya digunakan untuk mendinginkan VRM, Memory dan juga board PCB nya sendiri. Desain PCB yang digunakan di seri ini tidak berbeda dari default dari Nvidia, walaupun begitu karena coolernya yang canggih, GPU clock default yang dimiliki oleh seri ini adalah yang paling tinggi dari lineup MSI GTX 1080 yang lainnya yaitu di angka 1708/1847 MHz.

– MSI GeForce GTX 1080 Gaming X/Gaming Z
gamingx
Flagship dari MSI untuk generasi Pascal GTX 1080 ini adalah seri Gaming. Di seri gaming ini pun terdapat dua varian yaitu Gaming X dan Gaming Z. Seri ini telah menggunakan teknologi cooling terbaru MSI Twin Frozr VI yang tentunya memiliki lebih banyak fitur dari generasi sebelumnya Twin Frozr V. Diantaranya adalah penggunaan fan blade Torx generasi ke-2 serta Double Ball Bearing. Keduanya menghasilkan airflow yang lebih maksimal dengan tetap menekan noise ke level yang serendah mungkin. Disamping itu juga memperpanjang umur fan walaupun terus berputar di kecepatan penuh dalam waktu yang cukup lama.

Fitur Zero Frozr yang membuat fan tidak berputar ketika dibutuhkan yaitu ketika suhu GPU menyentuh 60 derajat celcius juga memastikan gaming session mu tidak terganggu noise dari GPU. Dengan teknologi cooling ini, seri Gaming memiliki 3 mode kecepatan yang bisa diatur melalui software MSI Gaming App. 1607/1733MHz di Silent Mode, 1683/1822MHz di Gaming Mode dan 1708/1847MHz di OC Mode. Selain itu memory sebesar 8GB GDDR5X nya juga di overclock ke angka 10108MHz.

Perbedaan dari seri Gaming X dan Gaming Z terletak pada desain backplate dan fitur RGB. Seri Gaming X memiliki backplate dengan gambar naga MSI, sedangkan Gaming Z memiliki gambar logo MSI Dragon Shield yang bisa menyala. Gaming Z series juga telah memiliki fitur RGB sehingga kita bisa mengganti-ganti warna serta efek cahaya yang ditampilkannya.
twimtbp-logo

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram