Computex 2016 Highlight ~ Nvidia Ansel Technology

Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 01 Jul 2016 | 184,793

Witcher-CiriSunset-Gallery-KV
Nvidia seperti tidak kehabisan ide dan inovasi untuk terus memberikan teknologi yang bermanfaat untuk gamers. Salah satu teknologi baru yang mereka perkenalkan saat acara Computex 2016 kemarin adalah Nvidia Ansel. Teknologi ini akan sangat berguna sekali buat kamu yang suka berbagi screenshot game pada teman-temanmu. Baik itu untuk meng-capture momen yang lucu, epic, fail, atau ingin sekedar pamer senjata keren yang sudah kamu dapatkan dengan usaha yang cukup sulit.

Gamer konsol mungkin sudah tahu adanya fitur Photo Mode, fitur yang memungkinkan kita untuk mem-pause game sewaktu-waktu untuk kemudian mengambil screenshot dengan angle dan sudut yang tepat supaya mendapatkan gambar yang maksimal. Terutama bagi gamer yang telah memainkan game The Last of Us, Infamous, dan juga Until Dawn fitur ini pasti sangat sering digunakan untuk mendapatkan screenshot yang “share”-able di media sosial.
photomode

Nah, fitur seperti inilah yang belum ada di platform PC. Keleluasaan untuk mengambil screenshot dari sudut yang fleksibel tanpa batasan sistem ataupun game itu sendiri. Bahkan untuk bisa mengambil screenshot dengan mudah pun gamer PC membutuhkan bantuan pihak ketiga seperti Fraps atau screenshot manager yang lainnya. Dan sampai saat inipun masih belum ada software 3-rd party lain yang benar benar mampu mengambil screenshot dalam game dalam kualitas yang tinggi tanpa terkompresi sedikitpun.

Atas dasar itulah Nvidia mengembangkan teknologi Ansel, The Art of In-Game Photography. Dengan teknologi ini kita bisa mengambil screenshot dalam game dengan lebih menyenangkan dan revolusioner.
whatisansel
Beberapa fitur kunci teknologi ini diantaranya :

– Free Camera
Fitur Free Camera memungkinkan kita untuk mengambil screenshot dari sudut manapun yang kita mau, tidak terbatas pada view default yang game gunakan. High angle, Low angle, Birdview, dan bahkan dari sudut pandang musuh pun bisa kita lakukan pengambilan screenshot.
ansel-free-camera

– Post-Process Filters
Post-Process Filter memungkinkan kita untuk memberikan efek filter seperti Instagram pada setiap screenshot yang kita ambil seperti menambah contrast, saturation, efek vignette dan juga yang lainnya.
ansel-tech-page-filters

– EXR Capture
Dynamic Range adalah hal yang sangat penting dalam dunia fotografi. Hal ini mennetukan seberapa besar jangkauan warna yang dapat diambil oleh kamera. Dengan fitur ini, screenshot game yang kita ambil bisa menjadi lebih berwarna dan memiliki kedalaman warna yang pas.
exr

– Super Resolution
Bagaimana rasanya memiliki kamera dengan resolusi 4,5 Gigapixel? Tak perlu lagi takut men-zoom gambar kita karena resolusinya tidak akan pecah. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengambil screenshot dengan resolusi yang sangat besar sampai dengan 32 kali lipat lebih besar dari resolusi default game yang kita jalankan. Detail sekecil apapun akan bisa tetap terlihat dan hasilnya kita bisa mencetak screenshot yang kita ambil dalam ukuran besar, seperti yang ditunjukkan oleh Nvidia di booth nya saat Computex 2016 kemarin.
super-resolution

anseldepan

anselshowcase

– 360 Capture
Dengan fitur ini, screenshot yang kita ambil tidak hanya berbentuk gambar statis begitu saja. Tetapi kita bisa melihatnya secara 360 derajat baik itu menggunakan aplikasi Nvidia Ansel itu sendiri ataupun menggunakan VR Gear seperti HTC Vive atau Oculus Rift. Selain image capture kita juga bisa mengambil video capture 360 derajat sehingga ketika kita melihatnya melalui VR Gear seolah olah kita sedang berada di dunia game tersebut.
anselsoftware

Melalui demo yang ditunjukkan Nvidia di booth nya saat Computex kemarin juga secara keseluruhan teknologi ini sudah memasuki tahap final. Tinggal kita tunggu Nvidia merilisnya secara resmi yang kemungkinan akan diintegrasikan juga dengan software Nvidia GeForce Experience. Untuk saat ini memang masih belum banyak game yang support teknologi ini, tetapi beberapa game game besar seperti The Witcher 3, Tom Clancy’s The Division, dan juga No Mans Sky. Kedepannya sudah dipastikan akan makin banyak game yang support teknologi ini. Sedangkan kartu grafis yang telah mendukung ini nantinya akan sangat banyak mulai dari GTX seri 7XX sampai dengan yang terbaru seri 10XX.
nvidia-ansel-coming-to-games-soon-ut-640px

– GPU Support
gpusupport

– Nvidia Ansel Gallery
anselgallery

twimtbp-logo

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram