Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 15 Jun 2016 | 175,838

Computex 2016 – MSI Booth Tour !

Hari ketiga tim Nixiagamer di Taipei Taiwan tanggal 31 Mei 2016. Setelah hari sebelumnya puas berjalan jalan di kantor Headquarter MSI dan City Tour bersama media lainnya di rangkaian acara MSI Gaming Tour, hari ini akhirnya Computex 2016 dibuka. Tak sabar untuk segera hands-on produk produk terbaru MSI serta merasakan pengalaman bermain game VR di gaming rig MSI, tim Nixiagamer berangkat lebih pagi dari biasanya supaya bisa masuk ke venue yang berlokasi di Taipei Nangang Exhibition Hall lebih cepat, terlebih lagi di hari pertama biasanya akan terjadi antrian yang mengular sangat panjang sampai di luar venue.

registration

MSI, sebagai salah satu sponsor utama dari NXA-Ladies Team memang sudah sangat terkenal di industri gaming dan eSport di Indonesia bahkan di dunia. Di tahun 2016 ini, MSI kembali menunjukkan beberapa teknologi serta produk produk barunya di semua lini mulai dari Motherboard, Notebook, All-in-One PC, Kartu Grafis dan bahkan mereka juga memperkenalkan CPU Cooler mereka sendiri di Computex 2016 ini. Di tahun Virtual Reality ini, MSI tidak ingin ketinggalan dengan jaman dengan juga mengeluarkan produk produk yang VR-Ready. Bahkan MSI telah secara eksklusif mendapatkan sertifikat VR-Ready langsung dari Intel dan juga HTC. Ini membuktikan keseriusan MSI untuk selalu menjadi yang No.1 in Gaming. Beberapa produk terbaru seperti Aegis dan juga Backpack PC juga secara khusus dikembangkan untuk membuat pengalaman bermain game VR dengan produk MSI semakin mudah dan menyenangkan.

msi booth

msi booth 2

Setelah registrasi dan mendapatkan badge Computex, tim Nixiagamer langsung menuju ke Booth MSI yang berada di lantai 3 Taipei Nangang Exhibition Center. Disana Nixia, Blizzter dan juga Aivy langsung mencoba menu utama dari MSI untuk memainkan VR dengan Backpack PC. MSI Backpack PC dikembangkan untuk menghilangkan limitasi kabel yang bersliweran saat bermain game VR, terlebih lagi saat menggunakan VR Gear kita misalnya HTC Vive atau Oculus Rift kita tidak bisa melihat dimana kabel berada yang sering membuat kita tersangkut dan tak jarang membuat kabel tercabut atau bahkan konsol atau gaming rig kita terjatuh dan rusak.

Backpack PC yang masih dalam tahap pengembangan akhir ini ditenagai oleh hardware yang tidak main main yaitu Intel Core i7 generasi ke-6 skylake dan juga kartu grafis terbaru dari Nvidia Geforce GTX. Hal ini dimaksudkan supaya performa game VR yang dimainkan di Backpack ini bisa berjalan dengan maksimal. Walaupun menggunakan komponen kelas atas, MSI berhasil untuk membungkusnya dalam sebuah case berbentuk backpack kecil dengan berat yang masih bisa ditoleransi. Dan menurut staff MSI yang berada di lokasi nantinya versi final dari Backpack PC akan memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan demo nya ini. Bagian yang paling tricky mungkin adalah urusan catu daya. MSI menggunakan baterai kapasitas dan performa tinggi untuk mensuplay daya di Backpack PC ini. Dari keterangan yang diperoleh saat Gaming Tour di kantor MSI Headquarter kemarin juga disebutkan bahwa untuk saat ini baterai yang digunakan hanya sanggup memberi tenaga selama 60 ~ 90 menit. Cukup singkat memang, tetapi kalau dipahami lagi lebih dalam, waktu sesingkat itu akan terasa cukup untuk memainkan game VR yang mengharuskan kita untuk menggerakan anggota badan lebih aktif dari biasanya.

backpack

Di booth MSI ada total 6 VR Corner yang bisa dicoba dengan bebas oleh semua pengunjung. Tentu harus antre dahulu karena antusias pengunjung untuk merasakan VR di mesin MSI sangatlah tinggi. Ada VR Game yang membawa kita menyelam ke kedalaman lautan, ada yang membawa kita tur keliling kota di masa depan yang ternyata kota itu adalah komponen motherboard, dan ada juga yang membuat kita menjadi seorang pemanah yang harus melindungi benteng dari serangan musuh ala ala tower defense. Semuanya sangat seru, tetapi yang paling berkesan memang adalah Backpack PC itu sendiri, Di game lain kita tidak bisa berputar putar 360 derajat semau kita karena keterbatasan kabel, tetapi di VR Game Backpack PC kita bisa melihat ke kanan kiri atas bawah dan berputar putar semau kita tanpa khawatir terjerat kabel VR Gear kita.

Cukup puas bermain main dengan VR. Tim Nixiagamer berjalan jalan di booth MSI untuk melihat lihat ada apa saja sih produk produk baru MSI di Computex tahun ini.

COMPONENTS
Di lini komponen, MSI memiliki beberapa motherboard, kartu grafis, serta AiO baru untuk makin memperkuat lineup produk high-end gaming pheriperal mereka. Yang sedang sangat panas adalah kartu grafis terbaru dari Nvidia generasi Pascal GeForce GTX 1080. Selain itu ada juga mobo gaming high-end baru X99A Gaming Pro Carbon dan X99A XPower Gaming Titanium. Walaupun sama sama memiliki socket LGA 2011-3 untuk prosesor Intel Extreme Series, teteapi kedua mobo tersebut memiliki segmen yang berbeda. Jika X99A Gaming Pro Carbon ditujukan untuk gamer enthusiast yang menginginkan performa maksimal di gaming rig yang ia miliki dengan tampilan yang garang, X99A XPower Gaming Titanium lebih ditujukan untuk para overclocker extreme yang butuh memacu seluruh komponen hardware ke batas maksimal untuk mengejar skor benchmark yang tinggi guna mencatatkan rekor dunia. Jika Gaming Pro Carbon memiliki warna hitam khas Carbon untuk menegaskan kegagahannya, XPower Gaming Titanium memiliki warna frost white yang sangat elegan. Satu mobo baru berbasis Skylake juga dipamerkan oleh MSI yaitu Z170A MPower Gaming Titanium. Nampaknya MSI benar benar sudah tidak menggunakan warna kuning lagi pada seri XPower dan MPower milikinya karena seri Z170A MPower Gaming Titanium ini juga memiliki warna yang sama dengan X99A XPower Gaming Titanium yaitu frost white.

mobo

mobo2

mobo3

mobo4

MSI juga memperlihatkan semua seri GTX 1080 terbaru nya. Mulai dari Founder’s Edition, Gaming X/Z, Aero, Armor X dan juga SeaHawk. Semuanya bisa dibedakan melalui cooler yang ia gunakan. Sayangnya tim Nixiagamer masih belum melihat versi Lightning dari MSI untuk generasi Pascal ini. Founder’s Edition menggunakan stock cooling dari Nvidia yang memiliki ciri khas warna silver hitamnya dengan bodi metal alumunium. Gaming X/Z menggunakan teknologi GPU cooler paling terkenal dari MSI yaitu Twin Frozr yang saat ini sudah mencapai generasi ke VI. Untuk perbedaannya sendiri dari Gaming X dan juga Gaming Z terletak pada backplate nya dan juga versi Gaming Z memiliki custom lighting RGB pada bodi nya. Armor X dan juga Aero masing masing menggunakan cooling entry-level dari MSI. Dan yang cukup menarik perhatian adalah versi SeaHawk. MSI bekerja sama dengan Corsair untuk menghadirkan AiO water cooling di versi ini sehingga bisa jadi versi SeaHawk inilah yang akan menjadi GTX 1080 paling dingin dan sunyi dari MSI.

graphics

graphics2

graphics3

Penerus dari Nightblade, Aegis-X juga menjadi satu highlight MSI di Computex 2016 kali ini. Barebone PC dengan desain yang menawan ini sanggup untuk menampung hardware hardware kelas atas sekelas Intel Core i7 Unlocked dan juga kartu grafis terbaru Nvidia GeForce GTX 1080. Satu fitur unik Aegis adalah sebuah tombol yang MSI namai “Dragon Button”. Tombol ini berada di bagian depan case dan memiliki fungsi untuk menaikkan performa komponenen secara otomatis atau dengan kata lain Instant-Overclock. Gamers bisa mendapatkan performance boost sebesar 15% hanya dengan menekan tombol ini, tidak perlu repot report masuk ke BIOS dan merubah settingan secara manual yang mungkin untuk sebagian besar orang masih sangat asing. Aegis-X juga benar-benar dipersiapkan untuk mendukung Virtual Reality. Konektor HDMI telah disediakan di bagian depan case sehingga instalasi perangkat VR Gear akan lebih mudah dan cepat.

aegis

aegis2

Siapa sangka kalau MSI akan bermain juga di industri PC Cooling. Ternyata CPU cooler dengan logo MSI yang dari tadi Nixiagamer lihat bukanlah hasil modding dari CPU cooler yang sudah ada, tetapi murni buatan MSI. Terhitung ada 3 buah CPU Cooling baru yang ditampilkan pertama kali oleh MSI di Computex 2016 ini. Ketiga cooling tersebut masih menggunakan udara sebagai solusi pendinginannya, Dari segi desain, CPU cooling ini sangat cocok dipasangkan dengan motherboard MSI karena memiliki curve dan desain yang senada dengan motherboard MSI. Untuk segi performanya kita harus menunggu dulu sampai cooler ini rilis di pasaran.

cooler

NOTEBOOK
Di lini notebook MSI juga memperlihatkan beberapa produk baru. Beberapa diantaranya bahkan memenangkan penghargaan Best Choice Awards Computex 2016. Kembali ke tema utama MSI yaitu Virtual Reality, gaming notebook MSI juga telah mendapatkan sertifikasi VR-Ready dari Intel dan HTC. Mitos yang mengatakan bahwa notebook tidak akan sanggup menjalankan game VR dengan lancar telah dipatahkan oleh MSI. Dengan performanya yang sangat tinggi, kita bisa memainkan game game VR dimanapun dan kapanpun kita mau. Selain itu MSI juga melakukan update pada beberapa fitur di notebooknya misalnya pendingin Coooler Boost yang telah diupgrade ke generasi-4 serta Audio Enhancement Nahimic yang diupdate ke versi ke-2.

notebook

notebook2

Beberapa notebook baru MSI diantaranya adalah MSI GT83S Titan SLI, GT73 S, GS63 & GS73, dan juga GS32 Gaming Dock Mini. Seri seri ini merupakan update dari versi sebelumnya yaitu GT80, GT72, GS60 serta GS30. Siapa yang menyangka kalau MSI ternyata masih bisa melakukan peningkatan pada seri GT80, notebook tercepat di muka bumi ini sekarang dilengkapi dengan monitor yang memiliki refresh rate sebesar 120Hz yang juga membuatnya menjadi notebook pertama yang memiliki kemampuan menampilkan 120 frame rate setiap detiknya. Selain itu juga kemampuan olah grafisnya akan diupgrade berkat penggunaan kartu grafis terbaru dari Nvidia GeForce GTX. Masih mempertahankan fitur overclocking yang juga ada di seri pendahulunya, kita juga bisa meningkatkan kecepatan otak GT83 S ini lebih jauh lagi berkat penggunaan prosesor Intel Core i7 6820 HK.

notebook80

MSI GT73 juga mendapatkan update yang cukup mengagumkan karena sekarang ia juga mendukung sistem SLI. Praktis menjadikannya sebagai mobile SLI platform paling ringan yang pernah ada. Dengan prosesor yang juga bisa dioverclock untuk mendapatkan performance boost lebih tinggi dari default nya serta dua kartu grafis terbaru Nvidia GeForce GTX, kita bisa memainkan semua game dengan performa yang maksimal termasuk game game VR terbaru. Layar 17,3 incinya juga telah mendukung refresh rate 120 Hz dengan response time yang cepat di angka 5ms, cocok untuk game game FPS yang fast pace dan membutuhkan respon yang kencang.

notebookgt

Seri GS yang terkenal akan ukurannya yang kecil dengan performa yang besar itu juga mendapatkan update. Adalah MSI GS63 dan juga GS73 Stealth Pro. Laptop yang berhasil menyabet penghargaan Computex 2016 Best Choice Golden Awards serta Computex 2016 d&i Awards ini memang sedap sekali untuk dipandang. Bezel layar yang makin tipis membuat ukuran layarnya makin terlihat lebar pada bodi dengan ketebalan hanya 17,7 mm itu. Material yang ditingkatkan menjadi Magnesium Lithium Aloy membuatnya tetap kuat walaupun mendapatkan tekanan yang besar dengan tetap menjaga bobot supaya tidak berat untuk dibawa kemana-mana. Seri ini juga tidak ketinggalan untuk menggunakan panel monitor 120 Hz sehingga kita bisa menikmati gameplay dengan lebih smooth tanpa tearing.

notebookgs

notebookgs2

Peningkatan performa tentunya juga menghasilkan panas yang lebih dari seri pendahulunya, hal ini tidak terlupakan oleh MSI dengan juga meningkatan performa pendingin notebook Cooler Boost nya. Bahkan MSI mengembangkan Cooler Boost 3 menjadi 3 jenis baru di generasi ini yaitu Cooler Boost Titan, Cooler Boost Trinity dan juga Cooler Boost 4. Cooler Boost Titan digunakan di seri high end GT83S dan juga GT73 S. Memiliki 15 buah heatpipe pada GT83 S dan 12 heatpipe pada GT73 S serta 3 buah fan, Cooler Boost Titan memastikan performa notebook tetap dalam kondisi prima walau digunakan untuk bermain game dalam jangka waktu yang lama. Cooler Boost Trinity khusus digunakan di seri GS karena ukurannya yang tipis. 5 buah heatpipe dengan 3 buah Whirlwind Blade fan mampu menjaga suhu notebook tipis ini dalam kondisi heavy-load sekalipun. Dan Cooler Boost yang terbaru Cooler Boost 4 akan menggantikan Cooler Boost 3 untuk mendinginkan notebook-notebook MSI seri GE, GP maupun GL.

coolerboost

Masih menjadi satu pembicaraan hangat, MSI Vortex juga tidak mau kalah untuk unjuk gigi di booth MSI, terlebih lagi setelah ia memenangkan penghargaan dari European Hardware Awards 2016 sebagai Mini-PC/Barebone terbaik dan juga Computex d&i Awards.

vortex

vortex2

vortex3

Beberapa PC Modding keren juga ditampilkan MSI di boothnya, Ada yang memainkan game Arcade jadul Street Fighter, ada PC yang bisa menghasilkan permen kapas, ada Optimus Prime themed Aegis-X, dan yang paling imut ada yang menampilkan grup band Lucky yang memainkan lagu ‘mars’ MSI yang baru.
Simak foto foto berikut untuk melihat keseruan tim Nixiagamer di booth MSI.

compile

compile2

compile3

compile4

compile5

compile6

compile7

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram