Computex 2017 Highlight ~ 5 Teknologi Baru Untuk MSI Gaming Notebook

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 10 Jun 2017 | 54,463

MSI selalu mengedepannya fitur gaming yang melimpah pada semua gaming notebook yang mereka produksi. Semua seri mulai dari yang paling entry level GL series sampai dengan GT series selalu memiliki fitur yang lebih kaya dibandingkan dengan notebook lain di kelasnya. Hal itulah yang menjadi salah satu hal mengapa MSI Notebook terkadang memasang pricetag yang lebih tinggi dibandingkan dengan notebook yang lain dengan spesifikasi yang sama.

Fitur tersebut juga bukan merupakan gimmick semata, tetapi telah menjadi salah satu kekuatan utama notebook MSI. Sebut saja Cooler Boost, teknologi pendingin eksklusif MSI ini adalah salah satu teknologi pendingin terbaik yang pernah ada di sebuah notebook. SteelSeries keyboard, salah satu vendor gaming pheriperal terkenal di dunia telah mengintegrasikan teknologi keyboard nya kedalam notebook MSI. Nahimic Audio Engine, sebuah suplemen untuk membuat audio yang kita dengarkan menjadi lebih mengagumkan. Serta masih banyak lagi fitur gaming lainnya.
nextgamingdimension

nextgamingdimension2

Selain mengumumkan 3 seri notebook baru pada Computex tahun ini yaitu GT75VR Titan, GS63/73 VR Series with Nvidia Max-Q serta GE63/73 VR Raider, MSI juga memperkenalkan 5 teknologi baru yang telah mereka integrasikan pada notebook notebook baru tersebut. Mari kita kenali satu per satu.. 😉
nextgamingdimension3

– Cooler Boost 5
Teknologi Cooler Boost dari MSI adalah salah satu pendingin air cooling terbaik yang pernah ada pada sebuah notebook. Dengan jalur heatpipe yang terpisah antara CPU dan GPU serta kipas Whirlwind ganda untuk membuang panas dengan efektif dan efisien, MSI Notebook bisa menghasilkan performa yang stabil pada beban yang tinggi. Dengan teknologi Cooler Boost generasi ke-5 ini MSI kembali membawa semua notebook nya ke level yang lebih tinggi. Diintegrasikan pertama kali pada notebook baru GE63/73VR Raider yang telah menggunakan kartu grafis GeForce GTX 1070, setangguh itulah solusi pendingin dari MSI ini.

Cooler Boost 5 memiliiki total sebanyak 7 buah heatpipe yang dibagi menjadi 4 buah untuk GPU dan 3 buah untuk CPU. Karena jalur yang terpisah heatpipe ini tidak akan menularkan panas satu sama lain, ini artinya jika aplikasi yang kita gunakan lebih memberikan beban kepada GPU yang membuatnya panas, CPU kita tidak akan ikut kepanasan dan begitu pula sebaliknya. Kipas whirlwind yang digunakan juga mampu mengalirkan udara lebih banyak hingga 30% pada RPM yang sama dibandingka8n dengan kipas notebook lain di kelasnya sekaligus menekan noise ke level serendah-rendahnya.
coolerboost5

Walaupun baru diperkenalkan di GE series, tidak menutup kemungkinan GP dan juga GL series akan mendapatkan upgrade juga dengan teknologi Cooler Boost generasi ke-5 ini. Perlu dicatat juga bahwa notebook MSI GL series adalah satu satunya notebook gaming entry-level di pasaran yang sudah memiliki independent heatpipe untuk CPU dan GPU serta dual fans yang mendinginkan hardware internalnya. Untuk model tipis GS series MSI masih menggunakan teknologi Cooler Boost Trinity sedangkan untuk flagship GT series MSI juga masih menggunakan teknolgi Cooler Boost Titan.
coolerboost5-1

coolerboost5-2

– Per-Key SteelSeries RGB Keyboard
RGB Lighting telah menjadi salah satu tren unik yang booming di industri hardware, dan keyboard laptop pun tidak lepas dari tren tersebut. Teknologi baru ini memungkinkan setiap tombol untuk memiliki pencahayaan sendiri-sendiri. Dulu kita hanya bisa mengatur warna backlit keyboard di 3 bagian saja, kanan tengah dan juga kiri, dengan teknologi Per-Key SteelSeries RGB Keyboard ini kita bisa memiliki pencahayaan yang berbeda-beda di setiap tombolnya. Memungkinkan kombinasi warna yang jauh lebih luas. Seri GT75VR serta GE63/73VR Raider adalah yang pertama kali mendapatkan fitur ini.
perkeyrgb

Selain memiliki pencahayaan yang berbeda-beda di tiap tombolnya, sekarang mode warna yang disediakan juga jauh lebih banyak, mulai dari Light Pulse, Rainbow, Rain, Light Wave dan lain sebagainya. Kita bisa mengatur warna dan mode tersebut melalui software SteelSeries Engine. Menurut keterangan yang tim Nixiagamer peroleh juga bahwa mode warna ini nantinya bisa di sinkronisasikan dengan teknologi dari motherboard MSI Mystic Light, menjadikan warna yang muncul pada keyboard akan selaras dengan warna LED Mobo dan VGA kita.

Salah satu fitur yang telah ada di keyboard RGB sebelumnya SteelSeries Gamesense juga akan mendapatkan upgrade dengan adanya teknologi Per-Key RGB ini. Gamesense memungkinkan keyboard kita untuk menjadi semacam indikator health, ammo, armor dll pada saat bermain game. Dengan pencahayaan yang lebih banyak, Gamesense bisa menampilkan lebih banyak informasi pada keyboard, menjadikan pengalaman kita saat bermain game menjadi lebih menyenangkan. Walaupun masih belum banyak judul game yang bisa memanfaatkan teknolgi Gamesense ini, kita bisa berharap dalam beberapa waktu kedepan.
perkeyrgb2

– 120Hz/3ms Display
Makin tinggi nya kekuatan hardware internal yang digunakan pada gaming notebook harus diiringi juga dengan teknologi monitor yang makin kencang. Generasi terbaru MSI Notebook yang baru diumumkan pada event MSI Press Conference di Computex 2017 kemarin telah memiliki panel dengan frekuensi 120Hz dan response time super cepat 3 mili detik. Dengan teknologi display yang super cepat ini kita tidak akan menemui lagi screen tearing atau stuttering yang terjadi saat bermain game. Tidak hanya sang flagship GT series yang akan mendapatkan panel kencang ini, GS dan GE series juga tak ketinggalan untuk mengadopsi panel ini.

Panel yang kencang sangat dibutuhkan pada game-game yang membutuhkan respon super cepat seperti competitive shooter atau racing game dimana respon yang terlambat sepersekian detik bisa fatal. Untuk profesional gamer CS:GO misalnya yang refleks nya sudah terasah, makin tinggi refresh rate monitor yang ia gunakan, makin tinggi pula respon nya terhadap musuh yang datang menyerang. Didukung dengan response time yang juga cepat, sumber daya GPU dapat dioptimalkan dengan lebih baik lagi.
fastrefreshrate

Selain menggunakan panel yang kencang, MSI juga tidak lupa soal akurasi warna. Sejak diperkenalkan pertama kali pada notebook Prestige series, teknologi MSI True Color telah diimplementasikan juga pada notebook MSI yang lainnya. Dengan teknologi ini warna dapat ditampilkan dengan lebih akurat pada notebook, meminimalisir color missmatch pada saat mengedit foto ataupun video. Dukungan color space sRGB serta AdobeRGB membuat notebook MSI memiliki warna dengan akurasi yang tinggi dibandingkan dengan notebook yang lain.
fastrefreshrate2

– SteelSeries Rapid Mechanical Keyboard
Beberapa tahun yang lalu, MSI memperkenalkan notebook pertama di dunia MSI GT80 Titan dengan teknologi mechanical keyboard yang terintegrasi langsung pada body-nya. Untuk beberapa orang mungkin hal tersebut terasa overkill untuk sebuah laptop. Bersamaan dengan varian seri notebook baru GT75VR, MSI juga memperkenalkan teknologi keyboard baru dengan nama SteelSeries Rapid Mechanical Keyboard. Menggunakan switch baru SteelSeries Rapid dengan bentuk low profile, MSI GT75VR mampu memberikan tactile feedback yang cukup menyenangkan seperti mechanical keyboard pada umumnya.

Semua tombol bisa dilepas keycap nya untuk menampakkan switch SteelSeries Rapid yang digunakan. Setiap tombol juga memiliki Per-Key RGB Backlit untuk pencahaayan yang lebih seru. Untuk mendukung keyboard mechanical ini, palmrest yang ada pada notebook GT75VR juga telah diatur sedemiikian rupa untuk memberikan kenyamanan bagi gamer dengan memberikan lapisan semacam rubber pada palmrest nya sehingga posisi tangan bisa lebih tinggi.
steelseriesrapid

– Giant Speaker
Audio adalah salah satu faktor yang penting pada sebuah gaming notebook. Memiliki sampai 3 buah gaming feature pada generasi sebelumnya yaitu ESS SABRE HiFi, Nahimic dan Dynaudio, MSI sangat memberikan fokus yang serius pada urusan audio. Baik enhancement pada fitur hardware ataupun software, MSI ingin memberikan pengalaman audio terbaik yang pernah gamer rasakan pada sebuah gaming notebook. Berdasarkan prinsip tersebut, terlahirlah teknologi Giant Speaker.

Teknologi ini menggunakan 2 buah speaker ditambah dengan 2 buah subwoofer dengan diameter yang lebih besar dibandingkan speaker notebook pada umumnya. Dengan ukuran speaker chamber yang lebih besar sampai 5x lipat dibandingkan dengan chamber pada umumnya, MSI Notebook dengan teknologi Giant Speaker ini mampu menghasilkan 50% suara yang lebih keras dengan resonansi yang lebih tinggi dibandingkan dengan speaker notebook yang lain.
giantspeaker2

giantspeaker

Itulah 5 buah teknologi baru yang diperkenalkan oleh MSI pada Computex tahun ini. Dengan tagline Next Gaming Dimension, MSI ingin menunjukkan fokus nya yang sangat serius untuk menciptakan gaming notebook yang sempurna untuk semua gamers baik casual, hardcore bahkan competitive gamer.
overview

web banner computex 2017

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram