Computex 2017 Highlight – Corsair One, The Power of One

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 08 Jun 2017 | 10,378

corsaironehead
Pada Computex 2016 tahun lalu, Corsair memperkenalkan sebuah builtup PC dengan desain yang cukup unik dengan codename Corsair Bulldog. PC yang dirancang untuk menggantikan konsol dan menempati ruang keluarga sebagai multimedia dan game center. Corsair Bulldog dirilis bersamaan dengan Corsair Lapdog, sebuah solusi unik dari Corsair untuk gamers supaya bisa menggunakan mouse dan keyboard nya dengan nyaman diatas sofa. Menyusul konsep tersebut, Corsair kembali memperkenalkan sebuah builtup PC dengan desain yang tak kalah futuristik.
corsaironenixia

Memiliki desain case yang sangat kecil dengan volume hanya 12L, Corsair One adalah salah satu Desktop PC dengan ukuran paling kecil yang ada di pasaran yang menawarkan performa papan atas. Seluruh komponen yang digunakan adalah komponen yang telah didesain khusus oleh Corsair mulai dari memori RAM, Power Supply, Cooling, SSD, sampai dengan kipas pendinginnya. Untuk bagian motherboard, Corsair bekerja sama dengan MSI untuk menghasilkan sebuah mobo berukuran mini-ITX Z270-Series yang mampu menangani komponen-komponen papan atas tersebut. CPU Intel Core i7 7th Gen KabyLake beserta GPU Nvidia GeForce GTX 1080 menjadi tenaga utama Corsair One.
corsaironeexplode

Pada website Corsair, ada salah satu kalimat yang menarik yaitu “Fast, Quiet, Compact, Pick Three”. Dalam kondisi normal biasanya kita diharuskan memilih 2 dari 3 pilihan tersebut. Ingin komputer yang kencang dan sunyi, maka otomatis ukurannya akan menjadi besar untuk mengatasi panas yang timbul, ingin komputer yang sunyi dan kecil, maka performanya tidak akan bisa berjalan dengan maksimal, ingin komputer yang cepat dan kecil maka otomatis noise yang timbul dari sistem pendinginnya akan sangat mengganggu. Tetapi dengan Corsair One ini kita bisa mendapatkan 3 hal tersebut, Kencang, Sunyi dan juga Kecil.

Bagaimana Corsair mendinginkan hardware kelas atas yang digunakan pada Corsair One tanpa menimbulkan noise yang berlebihan? Rahasianya ada pada dua buah radiator pada sisi kanan dan kiri serta satu buah fan pada bagian atas case. Radiator tanpa direct push-pull fans tersebut mendinginkan GPU dan juga CPU. Lubang intake grill yang ada pada samping case menjadi satu satunya jalur ventilasi. Udara dingin ditarik oleh kipas yang berada pada bagian atas untuk mendinginkan radiator serta menarik panas dari dalam case yang padat berisi tersebut. Hasilnya semua komponen hardware dapat berjalan dengan kecepatan yang maksimal tanpa mengalami throttling karena panas yang berlebih. Bahkan kita masih bisa melakukan overclocking pada CPU atau GPU walaupun room untuk menambah frekuensi kedua komponen tersebut tidak terlalu besar.
corsaironecooling

corsaironetemp

Bagaimana dengan urusan catu daya? Corsair menggunakan PSU seri barunya yang berukuran kecil yaitu seri SF 400. Apakah dengan kapasitas 400Watt PSU ini sudah mampu memenuhi daya yang dibutuhkan oleh Corsair One? Tentu saja, selain karena memang PSU dari Corsair yang memiliki kestabilan tinggi, PSU ini memiliki sertifikasi 80+ Gold yang mampu memaksimalkan arus listrik yang masuk tanpa membuang terlalu banyak energi yang juga sekaligus menjaga suhunya tetap dalam suhu operasional.

Dari segi konektivitas, tidak banyak port yang bisa kita temui pada Corsair One. Di bagian belakang kita bisa menemukan beberapa port dari motherboard MSI mini-ITX yang digunakan seperti 3 buah USB 3.0, 2 buah USB 2.0, Audio Jack, Wifi & Bluetooth pigtail, USB 3.1 Type-C dan juga sebuah port combo PS/2 (whaatt). Sedangkan untuk output video kita disediakan 3 buah port yaitu 2 buah Displayport dan sebuah HDMI port. Di bagian bawah juga terdapat sebuah port untuk mencolokkan kabel power. Tidak hanya itu, di bagian depan case kita bisa menemukan sebuah port HDMI dan USB yang didesain spesial untuk memudahkan kita mengkoneksikan perangkat VR seperti HTC Vive atau Oculus VR.
corsair one io

Untuk urusan upgrade, dari informasi yang Nixiagamer dapatkan langsung dari staff Corsair, upgrade masih bisa dilakukan sendiri, tetapi jika anda masih menginginkan garansi anda tetap aktif maka mereka tidak menyarankan untuk mengupgrade komponen Corsair One sendiri. Terlebih lagi tidak banyak yang bisa di upgrade dari PC ini. Tetapi dengan konfigurasi hardware seperti yang disebutkan diatas, semua game sudah bisa dimankan dengan setingan grafis yang paling tinggi. Corsair sendiri menargetkan sistem ini untuk bisa menjalankan game pada resolusi 4K 60fps untuk beberapa tahun kedepan.
corsaironeexposed

corsair one highlight

Corsair One tersedia dalam 4 varian yaitu Corsair One, One Pro, One Pro Web Exclusive dan Corsair One Ti. Entry model Corsair One menggunakan i7-7700 Non-Overclock dan juga GTX 1070. Corsair One Pro versi standar dan Web Exclusive sama sama menggunakan i7-7700K yang bisa di-Overclock dan juga GTX 1080. Perbedaannya ada pada bagian storage dimana One Pro memiliki 480GB SSD + 2TB HDD, sedangkan versi Web Exclusive memiliki storage 960GB SSD. Sedangkan yang paling tinggi Corsair One Ti memiliki perbedaan pada kartu grafisnya yang telah menggunakan GTX 1080Ti. Harga Corsair One berkisar dari 1800 USD sampai 2600 USD tergantung versi yang telah disebutkan diatas.

corsair one models
web banner computex 2017

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram