Computex 2017 Highlight ~ MSI Lightning Series is Back !

Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 10 Jun 2017 | 590,286

MSI Lightning series adalah satu kartu grafis yang sangat populer di kalangan Overclocker. Selain memiliki desain yang garang dengan warna khas kuning, MSI Lightning series memiliki frekuensi yang sangat tinggi dengan headroom overclock yang sangat besar. Generasi terakhir MSI Lightning series adalah kartu grafis GeForce GTX 980Ti Lightning beberapa tahun yang lalu, dan sejak saat itu belum ada kabar apakah MSI akan mengeluarkan varian Pascal dari kartu grafis Lightning tersebut. Bahkan varian warna kuning pada lini motherboard XPower dan juga MPower telah dihilangkan sama sekali. Ini membuat banyak fans berasumsi MSI juga tidak akan mengeluarkan kartu grafis Lightning baru dengan warna kuning lagi.
980tilightning

Banyak asumsi tersebut akhirnya terjawabkan pada acara Computex tahun ini dimana MSI akhirnya memamerkan kartu grafis Lightning terbarunya dengan nama MSI GeForce GTX 1080Ti Lightning Z. Dan benar bahwa MSI tidak lagi memakai warna khas kuning pada kartu grafis ini, bahkan boleh dibilang bahwa warna kartu grafis Lightning generasi ini adalah monokrom. Tetapi semua berubah saat kartu grafis ini mendapatkan aliran listrik, RGB Strip yang diintegrasikan dengan cantik membuat kita bisa memilih warna apa yang akan menjadi tema dari kartu grafis ini. Apakah itu merah, kuning, biru, bahkan warna pelangi dengan mode pencahayaan yang bisa juga kita atur sendiri dengan software MSI Mystic Light.
intro

intro2

Cooling yang digunakan bukanlah pendingin TwinFrozr VI yang ada pada Gaming Series, tetapi solusi cooling sendiri khusus untuk Lighting series dengan 3 buah kipas Torx 2.0 di bagian depannya. Karena didesain untuk Overclocking yang cukup tinggi, cooling yang digunakan oleh MSI Lightning series ini harus bisa mengatasi panas yang timbul dengan baik. Dengan dukungan catu daya sampai 3×8 pin, Overclocker bisa memaksa kartu grafis ini berjalan pada frekuensi yang jauh lebih tinggi daripada frekuensi stock nya tanpa harus melakukan hardmod pada kartu grafis ini. Tak lupa MSI juga memberikan backplate dengan desain yang cantik pada bagian belakang untuk memberikan estetika yang lebih cantik dan juga membantu membuang panas yang timbul.

Menurut informasi yang tim Nixiagamer dapatkan, 3 mode kecepatan bisa kita pilih untuk kartu grafis ini yaitu Silent Mode, Gaming Mode dan juga Lightning Mode yang menggantikan OC Mode. Pada saat berjalan di mode Silent, frekuensi akan sama dengan frekuensi stock dari Nvidia GTX 1080Ti yaitu 1480MHz base clock dan bisa naik hingga 1582 MHz boost clock. Pada mode Gaming, kartu grafis ini memiliki 1582 MHz base clock dan 1695 MHz boost clock, sedangkan pada mode Lightning, kartu grafis ini memiliki frekuensi base clock sampai dengan 1607 MHz dengan boost clock hingga 1721 MHz. Pada saat berjalan di mode Lightning Memory Clock kartu grafis ini juga naik dari 11016 MHz hingga ke angka 11120 MHz.
msi1080tilightning2

msi1080tilightning3

Untuk video output, terdapat 5 pilihan yang bisa kita gunakan. 2x HDMI 2.0 port, 2x DisplayPort 1.4 dan satu buah DVI-DL Port. Untuk overclocking yang lebih ekstrim, para profesional Overclocker umumnya akan mengganti pendingin yang terpasang dengan sebuah lempengan tembaga besar untuk menampung cairan Liquid Nitrogen yang akan mendinginkan kartu grafis sampai dibawah 0 derajat celcius sehingga mereka bisa memaksa kartu grafis ini ke frekuensi yang jauh lebih tinggi lagi bahkan dari mode Lightning bawaan MSI. Mari kita tunggu berapa rekor dunia GPU yang akan dipecahkan oleh kartu grafis MSI GeForce GTX 1080Ti Lightning Z ini.
msi1080tilightning4

outro

web banner computex 2017

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram