Computex 2017 Highlight ~ Teknologi Nvidia Max-Q Akan Memulai Era Ultraportable Powerful Gaming Laptop

Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 30 May 2017 | 29,854


Gaming notebook umumnya memiliki ukuran yang besar, berat dan memiliki ketebalan yang cukup signifikan sehingga gamers harus mengorbankan salah satu dari tiga aspek berikut ini : Ukuran, Performa, Noise. Memiliki ukuran yang tipis dan juga performa yang tinggi umumnya akan menghasilkan noise yang tinggi. Ukuran yang tipis dengan noise yang rendah biasanya tidak mampu mengeluarkan performa yang tinggi, sedangkan performa yang tinggi dengan noise yang rendah umumnya memiliki ukuran yang besar untuk mengakomodasi luas bidang pembuanganan panas. Hari ini tanggal 30 Mei 2017 di ajang Computex 2017 Nvidia memperkenalkan satu teknologi baru yang memiliki tujuan untuk membuat gaming laptop dengan ukuran sebuah ultrabook bukan sesuatu yang mustahil. Teknologi ini diperkenalkan dengan nama Nvidia Max-Q.
nvidia-geforce-gtx-max-q-laptops-great-design-and-performance-1920

Teknologi ini memungkinkan vendor untuk membuat gaming laptop yang super tipis, super ringan dan super sunyi dengan performa kelas komputer desktop. Apa yang dilakukan teknologi ini adalah memangkas konsumsi daya yang dibutuhkan tetapi tetap menghasilkan performa tinggi. Secara garis besar, ini adalah teknologi untuk mendongkrak efisiensi dari kartu grafis sehingga dapat beroperasi dengan sumber daya yang kecil. Menurut Nvidia efisiensi ini bisa didapatkan melalui 2 jalan yaitu melalui optimisasi software dan juga hardware. Optimisasi software dilakukan melalui software Nvidia GeForce Experience, sedangkan optimisasi hardware dilakukan dengan menggunakan komponen komponen khusus dari masing masing vendor untuk mendapatkan efisiensi tersebut.

nvidia-geforce-gtx-max-q-laptops-the-perect-balance-1920

nvidia-geforce-gtx-max-q-laptops-the-marvels-of-max-q

Seperti yang Nixiagamer sebutkan diatas, noise adalah salah satu faktor yang menjadi parameter gaming notebook yang baik. Salah satu fitur dari teknologi Max-Q ini adalah WhisperMode. Fitur ini mampu menekan noise yang dihasilkan oleh kipas pendingin GPU ke level serendah-rendahnya, secara dinamis menyesuaikan frame rate yang dihasilkan dengan load GPU yang diperlukan sehingga tidak memakan banyak sumber daya dari GPU itu sendiri. Dengan fitur ini Nvidia mengatakan bahwa level noise yang dihasilkan bisa ditekan sampai 50%. Bahkan mereka mengatakan bahwa noise maksimal yang ditargetkan adalah 40dbA saja, sehingga tidak akan mengganggu suara dari speaker notebook untuk kamu yang tidak suka memakai headphone saat bermain game sehingga makin memaksimalkan pengalaman gaming kita.nvidia-geforce-gtx-max-q-laptops-introducing-nvidia-whispermode

Dengan adanya teknologi ini, beberapa vendor makin kreatif dalam mendesain sebuah laptop. MSI yang telah memiliki notebook gaming GS series juga makin mendapatkan suplemen tambahan yang membuat notebook tersebut makin kaya fitur dan powerful. Sebelumnya MSI hanya mampu memasukkan kartu grafis GeForce GTX 1060 pada notebook MSI GS43/63/72 VR mereka, dengan teknologi ini mereka sekarang berani untuk memasukkan GeForce GTX 1070 pada bodi dengan ketebalan hanya 17,7mm tersebut. Didukung juga oleh fitur fitur gaming eksklusif MSI yang lainnya, notebook gaming MSI GS series memang layak mendapatkan gelar gaming notebook portable paling recommended di dunia.
nvidia-geforce-gtx-max-q-laptops-now-versus-then

gsseries

Nvidia Max-Q akan memulai era ultraportable powerful gaming laptop, sehingga kamu tidak harus berkompromi dengan performa saat memilih gaming laptop yang berukuran kecil. Semua game AAA papan atas akan dapat dijalankan dengan mudah berkat performa kartu grafis kelas desktop pada Nvidia 1060, 1070 atau 1080. Notebook dengan teknologi Max-Q akan mulai dijual pada bulan Juni dan untuk pasar Indonesia mungkin akan menyusul beberapa waktu kedepan.
maxqmsi2

web banner computex 2017

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram