Dark Souls 3 ~ Slash, Roll, Dead, Repeat !

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 28 Apr 2016 | 291,321

Dark Souls 3 ~ Slash, Roll, Dead, Repeat !

DARKSOULS3
Tak ada yang lebih menyenangkan selain bisa mengalahkan musuh atau boss yang sulit dengan mudah dan penuh gaya. Tetapi tidak di seri game yang satu ini yaitu “Dark Souls”, yang saat ini sudah mengeluarkan judul ke-3 nya. Karakter utama dalam sebuah game umumnya memiliki penampilan keren, sejata keren, kemampuan keren dan juga jurus jurus yang mematikan untuk menghabisi banyak musuh dalam segala ukuran dan bentuk dalam waktu yang singkat. Tetapi sekali lagi, tidak dalam game yang satu ini, semua logika kita tentang karakter utama akan diputar balikkan. Alih-alih memiliki pedang besar dengan kostum yang mecolok serta kemampuan bertarung yang sepertinya tanpa batas, di game ini kita akan menggunakan karakter yang benar benar lemah dengan segala kekurangannya.

Sejak seri pertamanya, Dark Souls yang dikembangkan oleh Form Software dan juga Bandai Namco memang mendapatkan respon yang positif dari gamers hardcore di seluruh dunia. Mengapa hardcore? karena hanya gamers hardcore saja yang akan bertahan untuk menyelesaikan game ini sampai ke boss terakhir. Tingkat kesulitan yang sangat tinggi tanpa ampun justru menjadi satu daya tarik game ini yang sangat jarang dimiliki oleh game game lain. Walaupun terlihat sangat sulit, tetapi game ini masih tak terlihat mustahil untuk diselesaikan sehingga hasilnya gamers akan terus penasaran untuk terus mencoba lagi dan lagi walaupun telah mati berkali kali.
DarkSoulsIII 2016-04-26 22-11-46-47

STORY
Bagi yang pernah memainkan seri seri Dark Souls sebelumnya pasti sudah tahu kalau franchise ini tidak terlalu menekankan pada plot story yang dalam, tetapi lebih menekankan pada gameplay nya yang menantang. Hal itu tidak berubah dalam seri ke-3 ini, gamers tidak akan dihadapkan dengan banyak cutscene yang menjelaskan cerita apa yang terjadi pada dunia Dark Souls. Gamers harus mengambil kesimpulan sendiri dari apa yang telah ia alami sepanjang gameplay dan juga melalui petunjuk petunjuk lain yang tersebar di dalam beberapa elemen game seperti deskripsi item dan dialog dengan karakter karakter yang lainnya.
DarkSoulsIII 2016-04-26 21-18-33-43
DarkSoulsIII 2016-04-26 21-18-46-77

Dengan kondisi seperti ini, gamers tidak perlu takut tidak bisa mengetahui cerita utama Dark Souls 3 dan tetap bisa menikmati semua hal yang ditawarkan Dark Souls dengan maksimal. Seperti di game yang sebelumnya, gamers akan memainkan satu karakter undead yang terpilih untuk mengalahkan banyak musuh dan boss demi menyelesaikan misi utama. Di seri ini karakter yang kita gunakan memiliki sebutan “The Ashen One” yang ditugaskan oleh seorang wanita yang memiliki sebutan sang “Fire Keeper” untuk membangkitkan kembali 5 raja yang tergabung dalam satu grup The Lords of Cinder. Lima orang raja itu masing masing adalah Aldritch, Yhorm, Abyss Watchers, Holy King Lohtric, dan juga Ludleth the Exiled. Perjuangan the Ashen One tidaklah mudah, kita harus mengalahkan ratusan musuh dan juga puluhan boss yang sangat kuat untuk bisa menyelesaikan misi ini.

GAMEPLAY
Dark Souls series tidak memiliki karakter utama yang sama seperti kebanyakan game. Ia hanya memiliki kemampuan yang sangat terbatas dengan pilihan gerakan yang juga terbatas. Bahkan kita bisa mati dengan cepat hanya saat dihadapkan dengan musuh musuh kroco biasa karena defense nya yang sangat rendah sehingga musuh dapat membunuh kita dengan cepat hanya dengan beberapa tebasan saja. Di awal game kita bisa mengkustomasi karakter kita sendiri dengan banyak parameter penampilan. Mulai dari ukuran tubuh, jenis kelamin, kelas, bentuk muka, hingga warna rambut bisa kita kustom sendiri sesuai dengan selera kita.
DarkSoulsIII 2016-04-26 21-27-32-29

Class dalam Dark Souls 3 dibagi menjadi 10 jenis yaitu Knight, Mercenary, Warrior, Herald, Thief, Assassin, Sorcerer, Pyromancer, Cleric dan juga Deprived. Semuanya memiliki atribut yang berbeda beda untuk menyesuaikan dengan gaya permainan semua gamers. Seluruh class juga membawa senjata yang berbeda beda mulai dari pedang, kapak, scimitar, tongkat sihir, pisau dll. Dengan banyaknya variasi ini gamers bisa membuat karakternya sendiri yang memang menjadi favoritnya. Sepanjang perjalanan gamers dapat menemukan senjata senjata yang lebih kuat serta memodifikasi senjata favoritnya untuk memperkuat karakternya. Mata uang dalam game ini adalah Souls yang didapatkan setelah membunuh musuh musuh tertentu. Semua upgrade yang dilakukan baik itu untuk level up, untuk membeli barang ataupun untuk memperkuat senjata semua memerlukan Souls ini untuk diberikan kepada karakter yang bersangkutan.
darksoulschar
DarkSoulsIII 2016-04-26 21-26-33-18

Seperti yang telah disebutkan diatas, karakter dalam game ini bukanlah karakter utama yang sering kita temui di game lainnya. Disini kita malah terlihat bukan seperti karakter utama, tetapi hanya NPC yang harus bertarung melawan sejumlah karakter protagonis untuk menyelesaikan misinya. Seperti game sebelumnya, akan ada 3 bar disebelah kiri atas layar yang terdiri dari Hit Points atau HP, Focus Points atau FP dan juga Stamina. Semua action yang kita lakukan mulai dari berlari, berguling untuk menghindari serangan musuh sampai dengan menyerang akan menggunakan beberapa porsi dari Stamina points sehingga kita tidak bisa menyerang secara membabi buta begitu saja. Harus melalui kalkulasi yang sangat hati hati karena sedikit kesalahan saja bisa berakibat fatal. Focus points digunakan untuk melakukan serangan spesial sehingga juga perlu hati hati untuk menggunakannya supaya tidak terbuang dengan sia sia. Dan yang ketiga adalah Hit Points atau Health yang kita miliki.
DarkSoulsIII 2016-04-26 21-54-41-36

Multiplayer di Dark Souls 3 juga menawarkan kesenangan tersendiri bagi gamers terutama untuk mengalahkan boss yang terlampau sulit untuk bisa ditaklukan sendirian, apalagi bagi kamu yang baru pertama kali memainkan Dark Souls series. Tidak hanya bisa membantu teman, kita juga bisa menjadi Dark Spirit dan menginvasi dunia permainan orang lain untuk menantang pemain lain duel PvP.
DarkSoulsIII 2016-04-26 22-05-12-45

SOUND
Perlu diakui memang sound effect maupun background music di game ini terdengar sepi, tetapi itu semua sepadan karena apa yang akan kita dengar pada saat boss battle adalah background music yang begitu epic dan mendukung untuk pertempuran yang sedang kita hadapi. Boss fight menjadi lebih dramatis berkat music dan sound effect yang ada. Alunan orkestra dengan atmosfer dark membuat kita makin gentar menghadapi tiap boss yang ada, tetapi di saat yang sama juga makin tertantang untuk mengalahkannya. Mengingat waktu akan banyak kita habiskan di arena boss fight, Form Software nampaknya sangat tepat untuk hanya memasukkan musik hanya pada saat bossfight sehingga size game tidak menjadi terlalu besar.
maxresdefault

GRAPHICS
Karena spesial dirilis untuk platform next-gen, Dark Souls 3 memliki grafis yang lebih memanjakan mata jika dibandingkan dengan seri seri sebelumnya. Bagi kamu yang juga pernah memainkan Dark Souls ‘spinoff’ di PS4 dengan nama Bloodborne pasti akan menemukan banyak sekali kesamaan beberapa desain elemen dari game tersebut di game Dark Souls 3 ini terutama desain environment dan juga beberapa karakter dalam game. Desain lingkungan dan dunia di dalam game ini sangat memanjakan mata, terutama jika dibandingkan dengan 2 seri sebelumnya. Lebih menariknya, ia memaksa gamers untuk menjelajah seluruh sudut dari dunia Dark Souls karena tidak ada petunjuk sama sekali kemana kita harus melanjutkan perjalanan. Gamers harus bergantung sepenuhnya pada instingnya untuk memilih jalan mana yang akan ia ambil. Setiap sudut memliki kejutan tersendiri sendiri yang menunggu gamers. Predikat semi open-world games mungkin bisa disematkan pada game ini karena dunia nya yang sangat luas dan memungkinkan gamers memilih sendiri jalan yang ingin dilalui. Apalagi genre game ini yang termasuk sebagai Action-RPG yang berarti akan banyak sekali side mission ataupun side area yang menyimpan quest maupun musuh spesial tersendiri yang mungkin bisa memberikan experience ataupun item dan senjata legendaris yang bisa membantu pertempuan melawan musuh kedepannya.
DarkSoulsIII 2016-04-26 21-46-02-84

Selain environment nya yang mengagumkan, satu yang membuat Nixiagamer berdecak kagum adalah desain seluruh karakter yang ada dalam game, baik itu karakter utama yang kita gunakan, NPC, musuh sampai para boss. Semua karakter memliki desain yang detail dan datang dalam berbagai ukuran yang bervariasi, mulai dari ksatria berbadan besar, pohon raksasa yang bahkan tidak bisa terlihat ujung kepalanya, naga raksasa penyembur api sampai dengan roh yang menggunakan dua buah pedang. Hebatnya, semua itu bisa dinikmati dengan maksimal hanya dengan menggunakan kartu grafis entry-level Nvidia GeForce GTX 950. Tentu saja dengan kualitas dan fitur yang jauh dari versi konsolnya.
DarkSoulsIII 2016-04-26 22-04-06-34

Beragam area yang bisa kita explore pun memiliki detail yang patut diacungi jempol, lorong bawah tanah, kastil besar yang menjadi tempat tidur seekor naga, hutan belantara hingga rawa rawa yang memiliki penjaga di setiap sudutnya. Semua membuat Dark Souls 3 tidak berasa monoton sehingga membuat kita betah untuk memainkannya berlama lama. Form Software sukses untuk porting game ini ke versi PC karena seluruh detail bisa ditampilkan dengan lancar oleh platform PC, mulai dari tekstur bebatuan, dinding, sampai ke vegetasi tanaman yang ada.
DarkSoulsIII 2016-04-26 21-51-16-85
DarkSoulsIII 2016-04-26 22-08-37-23

Pengalaman gaming itu bisa lebih ditingkatkan lagi dengan menggunakan fitur fitur Nvidia, DSR dan G-SYNC misalnya. Dengan fitur Nvidia DSR atau Dynamic Super Resolution, kita bisa memaksa game ini untuk berjalan di resolusi yang lebih tinggi di monitor native 1080p kita. Hasilnya game akan terlihat lebih detail tanpa ada jaggies di tepian objek. Selain itu untuk menambah stabilnya FPS dalam game, kita bisa memanfaatkan fitur G-Sync yang bisa mensinkronisasikan refresh rate layar monitor dengan refresh rate GPU.
DSR


CONCLUSION

Ditujukan untuk gamer hardcore yang mencari tantangan dalam sebuah game. Dark Souls 3 menjadi jawaban yang sangat tepat. Dengan tingkat kesulitan yang tidak kalah berat dari seri sebelumnya, game ini dijamin akan sukses membuatmu mengulang-ulang satu pertarungan selama berjam-jam bahkan berhari-hari. Untuk penggemar dark souls series, game ini adalah Must Have. Untuk kamu yang belum pernah merasakan kenikmatan mati berkali kali hanya untuk mengalahkan satu boss dalam sebuah game, Dark Souls 3 bisa menjadi awal yang tepat. Gameplay yang menegangkan, boss music yang epic, environment yang sangat luas, senjata yang bervariasi dan kebabasan membuat karakter kita sendiri dalam game sangat layak diacungi jempol. So, apa yang kamu tunggu lagi, slash that boss away !!
twimtbp-logo

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram