Far Cry 4 Graphics Tech at Glance

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 30 Nov 2014 | 20,765

far-cry-4-graphics-performance-and-tweaking-guide
Menyusul kesuksesan Far Cry 3 yang mendapat banyak sekali review positif dari para gamers dan reviewers bahkan masuk sebagai salah satu game of the year 2012, Ubisoft tak menyian-yiakan kesempatan ini untuk terus mengembangkan franchise ini. Sehingga tanggal 18 November 2014 kemarin Ubisoft akhirnya merilis sekuel dari game ini yaitu Far Cry 4. Sebelumnya Ubisoft telah merilis versi konsol dari game ini sedangkan untuk versi PC nya menyusul. Tentu saja di versi konsol game ini tidak bisa mencapai performa maksimalnya, karena itu untuk mendapatkan pengalaman gaming yang maksimal dari game Far Cry 4 ini teman teman harus menggunakan sebuah gaming PC yang mumpuni. Settingan grafis yang hanya bisa diraih di PC serta tambahan efek dari Nvidia GameWorks akan secara signifikan meningkatkan kualitas visual game ini.

Di artikel ini, Nixiagamer akan membantu teman teman melihat efek dari Nvidia GameWorks pada Far Cry 4, menjelaskan bagaimana kerjanya, mengukur performanya, menunjukkan perbandingan yang akan memperlihatkan keuntungannya serta menawarkan settingan paling optimal bagi kartu grafis GeForce GTX teman teman untuk mendapatkan settingan yang balance antara image quality dan performance di Far Cry 4. Lebih jauh lagi, kita akan mempelajari lebih lanjut tentang engine yang digunakan Far Cry 4 untuk mencari tweak tweak tambahan yang dapat memaksimalkan pengalaman gaming teman teman.

Minimum System Requirements :
OS : Windows 7 SP1, Windows 8/8.1 (64-bit versions only)
Processor : Intel Core i5-750 @ 2.6 GHz or AMD Phenom II X4 955 @ 3.2 GHz
Memory : 4GB
Graphics : Nvidia FeForce GTX 460
DirectX : 11
Hard Drive Space : 30GB

Recommended System Requirements :
Processor : Intel Core i5-2400S @ 2.5 GHz
Memory : 8GB or more
Graphics : Nvidia GeForce GTX 680

Dunia Engine 2
Far Cry 4 ini masih menggunakan engine yang sama dengan game sebelumnya yang juga digunakan di Far Cry 3 dan Far Cry 3 : Blood Dragon. Pada game ini, Ubisoft tidak mendevelop game ini dari awal lagi tetapi lebih memilih untuk mengembangkan aset aset yang sudah ada dari game pendahulunya Far Cry 3. Dengan begini developer Ubisoft bisa lebih konsentrasi untuk memoles detail detail kecil yang tidak bisa diraih di game sebelumnya. Karena engine yang sama ini, feel environment yang kita rasakan pada Far Cry 4 ini akan sama dengan environment pada Far Cry 3 dan Blood Dragon, tetapi ini bukan hal yang buruk mengetahui kalau engine ini terkenal dengan performanya yang cepat dan grafis yang menawan dengan massive open worlds, dynamic fooliage destruction, dan cuaca yang dinamis. Dan dengan menggunakan PC Gaming, teman teman akan menemui efek efek ekslusif PC yang tidak akan bisa ditemui di konsol karena limitasi kekuatan hardwarenya.

Far Cry 4 PC-Exclusive Graphics Enhancements
Seperti yang telah disebutkan diatas, dengan memainkan Far Cry 4 di high-end gaming PC kita akan dapat menemui fitur, efek, dan teknologi khusus PC seperti Nvidia HBAO+, Nvidia PCSS, Nvidia TXAA, Nvidia Godrays, dan Nvidia HairWorks. Kita akan kupas satu persatu secara sekilas fitur fitur diatas, tetapi sebelum itu simak video berikut yang akan memperilhatkan efek Nvidia GameWorks pada Far Cry 4 :

Nvidia HBAO+ Ambient Occlusion
Ambient Occlusion (AO) adalah teknologi yang berdampak pada efek bayangan dalam game. Teknik AO yang digunakan mempengaruhi tingkat kualitas dan ketepatan efek bayangan. Tanpa AO, scene dalam game akan tampak flat dan tidak realistis, objek objek akan terlihat melayang. Pada Far Cry 4, ada 3 pilihan teknologi AO yang dapat kita pilih yaitu SSAO, SSBC dan Nvidia HBAO+. Beberapa settingan ini juga telah teman teman temui di Far Cry 3. SSAO adalah adalah teknologi paling rendah dari ketiga teknologi AO diatas, tetapi dalam Far Cry 4 teknologi SSAO telah mengalami pengembangan yang lebih baik. SSBC adalah teknologi AO terbaru dari Ubisoft. Didesain untuk mengakomodir current gen console. Teknologi ini lebih jauh lebih stabil dan lebih akurat dibandingkan dengan SSAO. Sayangnya dalam kondisi scene yang terang benderang SSBC akan bekerja sangat keras untuk memproduksi bayangan sehingga bayangan yang dihasilkan kadang memilki warna gradien yang lebih keras dan kurang halus. Nah, disinilah Nvidia HBAO+ memiliki keunggulan dibandingkan SSAO dan SSBC. Nvidia HBAO+ memiliki tingkat akurasi dan kestabilan yang jauh lebih tinggi dari SSAO tetapi juga siap untuk menangani tingkat shadow di berbagai scene dari yang gelap sampai yang sangat terang sekalipun.

Nvidia DirectX 11 Enhanced Godrays
Teknologi ini berdampak pada pencahayaan dalam game. Cahaya dari matahari, bulan maupun dari lampu yang masuk ke dalam ruangan melalui celah kecil menjadi lebih realistis. Teknologi ini pertama kali diimplementasikan di game Assassin’s Creed IV : Black Flag. Dengan menggunakan teknologi ini dibanding dengan teknologi pencahayaan yang telah ada, kita bisa memberikan boost performance pada game sampai dengan 4 kali lipat. Pada Far Cry 4, Godrays juga telah diimplementasikan semaksimal mungkin untuk memberikan efek yang lebih hidup di gunung Himalaya.

Nvidia Percentage Closer Soft Shadows
Nvidia Percentage Closer Soft Shadows (PCSS) adalah teknologi yang berfungsi untuk memberi efek bayangan yang halus dan realistis pada game. Seperti dalam kehidupan nyata, makin jauh bayangan dari sumber cahaya, makin halus juga bayangannya, nah PCSS lah yang bertugas untuk menciptakan efek ini. Pada Far Cry 4, PCSS dapat diaktifkan dengan memilih Soft Shadows pada settingan Shadow. Sebenarnya efek ini akan lebih sulit untuk dilihat secara sekilas dibandingkan game game yang banyak memiliki scene gedung2 tinggi seperti Assassin’s Creed Unity dan Batman : Arkham Origins, mengapa demikian? karena dalam game ini intensitas bayangan sangatlah padat dan saling overlap satu sama lainnya misalnya bayangan rerumputan di ladang sampai dengan bayangan daun daun pohon di hutan. Tetapi dengan menggunakan PCSS, artefak dan aliasing dapat dikurangi secara signifikan.

Nvidia TXAA Anti-Aliasing
TXAA adalah teknologi anti-aliasing spesial Nvidia yang efisien tetapi dapat menghilangkan jaggies dan memperhalus grafis dalam game, terutama saat objek ataupun view player bergerak. Kekurangan ini disebut juga dengan crawling ataupun shimmering. Untuk menciptakan pengalaman gaming yang maksimal tentu grafis yang halus adalah sesuatu yang wajib. Pergerakan yang banyak akan semakin memperberat anti-aliasing yang harus dilakukan sistem, apalagi di Far Cry 4 ini ada fitur dynamic foliage yang membuat obyek selalu bergerak secara dinamis seperti rumput yang tertiup angin misalnya. Nah dengan teknologi TXAA ini sistem tidak akan terlalu berat untuk menjalankan proses anti-aliasing sehingga kita masih bisa untuk mendapatkan tampilan grafis yang ciamik tanpa mengorbankan performa hardware. TXAA dapat memberikan performa anti-aliasing yang lebih baik daripada 8x MSAA.

Nvidia HairWorks Dynamic Fur
Seperti game sebelumnya, di Far Cry 4 ini kita juga akan menemui berbagai jenis binatang, bahkan lebih banyak jenisnya dari Far Cry 3. Disinilah Nvidia HairWorks bekerja, membuat bulu bulu binatang lebih realistis dan nyata. Nvidia pertama kali mengimplementasikan teknologi ini pada Riley, salah satu anjing ikonik di Call of Duty : Ghost. Dengan teknologi ini, tiap tiap binatang di Far Cry 4 akan memiliki ratusan ribu bulu yang dirender spesial dengan DirectX 11 sehingga akan tampak sangat realistis dan dinamis sesuai dengan keadaan lingkungan. Lebih jauh lagi, HairWorks ini efeknya bisa lebih maknyus berkat Nvidia GameWorks lainnya yang telah disebutkan diatas yaitu HBAO+, PCSS dan juga TXAA.

Additional Graphics Settings
Far Cry 4 memberikan 13 graphics options yang dapat gamers setting sendiri untuk menentukan level grafis yang diinginkan.

Environment Quality
Walaupun namanya environment yang dalam bahasa Indonesia berarti lingkungan, settingan ini tidak mengubah lingkungan secara spesifik, justru yang berubah adalah beberapa objek dalam game yang sebagian besar terbuat dari metal dan juga rerumputan. Setingan ini tidak berdampak terlalu besar pada image quality dan juga frame rate yang dihasilkan. Bahkan menurut tes yang dilakukan oleh Nvidia, perbedaan setting rata kanan dan rata kiri hanya akan berdampak kecil sekali pada fps yang dihasilkan.

Geometry Quality
Settingan ini mengatur level detail geometris dari bangunan dan lingkungan sekitarnya misalnya barel barel minyak, pipa pipa air, dan juga pepohonan. Setingan low akan mengurangi beberapa objek yang tampak pada environment. Seting sesuai dengan kemampuan GPU teman teman. Terlebih lagi untuk teman teman yang suka dengan playstyle sniping, detail objek objek yang berada cukup jauh akan semakin nyaman dilihat dengan setingan yang lebih tinggi. Pada tes yang dilakukan oleh Nvidia, setingan very high adalah yang paling balance antara level geometris yang ditampilkan serta pengaruhnya pada load GPU teman teman.

Post FX Quality
Untuk teman teman suka dengan efek efek seperti Bloom dan Depth of Field, setingan ini wajib di set ke rata kanan. Efek efek ini akan sering ditemui pada saat combat dan juga cutscene. Tidak semua orang menyukai efek efek seperti ini, jika teman teman mematikan setingan ini maka tidak akan banyak efek post processing yang teman teman rasakan dalam game, dan sebagai gantinya fps yang teman teman dapatkan akan meningkat serta feel saat aiming dan shooting juga lebih jelas.

Terrain Quality
Far Cry series is all about beautiful environment scenery. Sejak seri pertamanya game ini terkenal dengan pemandangan area nya yang cantik dan menakjubkan. Memaksa player untuk mengeksplorasinya dari ujung ke ujung. Karena itu setingan inilah yang memiliki dampak yang cukup signifikan dari pemandangan yang akan kita lihat dalam game. Seting paling minimal yang direkomendasikan oleh Nvidia adalah High karena pada setting Medium atau Low gambar yang dihasilkan sudah mulai kurang sedap dipandang apalgi ketika teman teman menjelajahi area memakai wingsuit, glider atau helicopter.

Texture Quality
Setingan ini juga merupakah salah satu setingan yang memiliki efek besar pada load GPU teman teman. Setingan ultra pada resolusi full-hd membutuhkan paling minimal 3GB VRAM GPU, sedangkan pada setingan Low adalah 2GB. Memori ini digunakan oleh game untuk caching. Game menyimpan area yang akan player datangi sehingga saat dibutuhkan tidak perlu waktu lama lagi untuk ditampilkan. Ini juga akan mengurangi stuttering yang mungkin akan dirasakan saat memindahkan aset dari harddisk/ssd. Setingan ini mengatur tingkat detail texture dari seluruh objek dalam game. Dalam tes yang dilakukan oleh Nvidia, tidak ada perbedaan yang mencolok dari setingan High, Very High dan Ultra. Tetapi dibawah setingan tersebut (medium-low) mulai bisa dilihat detail yang hilang dari dedaunan, senjata, permukaan tanah, dan objek yang lainnya.

Trees Relief
Seting detail ini mengatur tingkat tekstur permukaan pepohonan yang akan sering kita temui dalam game. Pada area yang memiliki banyak pohon seperti di hutan dan pegunungan, jika teman teman mengeset Trees Relief ke ON, pastikan teman teman memiliki GPU yang memiliki teknologi tessellation engine mumpuni karena load yang diberikan pada GPU akan bertambah.

Vegetation Quality
Seting ini mengatur tingkat detail pada pepohonan, rerumputan serta semak semak belukar yang juga akan sering kita temui dalam game. Beberapa aspek yang berubah dari setingan ini adalah tingkat interaksi antar vegetasi, tingkat pencahayaan dan juga tingkat bayangan yang dihasilkan.

Water Quality
Setingan ini mengatur tingkat detil refleksi dari permukaan air dalam game seperti di sungai, danau dan juga laut. Selain itu juga mengatur tingkat detail dari ripple dan percikan air yang ditimbulkan oleh environment atau player. Efek pembiasan cahaya juga akan hilang jika teman teman mensetting water quality ke level yang rendah. Efek setingan ini pada fps tidaklah signifikan jadi teman teman aman untuk memilih konfigurasi yang cukup tinggi.

Far Cry 4 Tweaks
Game ini memiliki 2 config file yang dapat dimodifikasi untuk mengakses setingan setingan yang tidak dapat ditemui dalam game options. Dengan 2 file ini teman teman bisa fine-tuning setingan grafis untuk mengatur image quality dan performa yang teman teman inginkan. 2 file config yang dimaksud terletak di “C:UsersUSERNAMEDocumentsMy GamesFar Cry 4Default” dengan nama “GamerProfile.xml” dan juga “GTXSettings.FarCry64.xml”

Satu yang harus diingat adalah teman teman harus menyeting permission kedua file diatas ke Read-Only untuk mencegah game mengubah kembali setingan teman teman. Dan tidak perlu takut jika merusak file ini karena untuk mengembalikannya ke setingan default teman teman tinggal me-reload game dan setelah itu game ini akan otomatis men-generate file config baru. Sebelum mengubah file ini juga jangan lupa untuk menset Graphics Quality ke Custom karena jika tidak tweak ini tidak akan bisa berjalan.

Alpha To Coverage Quality Tweaking
Pada game Far Cry 3, Alpha to Coverage (ATOC) memiliki dampak yang cukup signifikan pada beban GPU. ATOC mengcover ketidakmampuan MSAA untuk meng-anti-alias alpha texture seperti daun daun pohon, semak belukar, dan berbagai fooliage lainnya dalam game. Dengan begitu hasil render bisa lebih halus dan jelas walaupun load GPU akan sedikit lebih berat dari default nya. Nah, di Far Cry 4 ini, ATOC kembali diimplementasikan. Tetapi setingan ini hanya bisa diakses melalui config file GamerProfile.xml. Seting ini otomatis di enable kan oleh game dan efeknya GPU akan lebih berat. Karena itu untuk teman teman yang ingin mendapatkan performa lebih dalam game bisa menseting parameter “AlphaToCoverage” ke 0 pada file GamerProfile.xml tadi. Tetapi jika teman teman ingin tetap meng-enable-kannya, beri value “1” daripada “2” karena 1 adalah setingan yang paling balance antara efek ATOC dengan load yang dibebankan pada GPU.

Nvidia Control Panel Anisotropic Filtering Tweak
Jika teman teman ingin mempertajam detail tekstur objek objek yang berada dalam jarak yang cukup jauh atau objek yang dilihat pada sudut tertentu, teman teman bisa secara paksa meng-enable High Quality Anisotropic Filtering melalui Nvidia Control Panel.

Nvidia Control Dynamic Super Resolution
Untuk meningkatkan detil lebih jauh lagi, aktifkan fitur Dynamic Super Resolution (DSR) pada Nvidia Control Panel. Teman teman bisa berkenalan dengan fitur DSR ini disini. Dengan DSR enable, kita bisa mendapatkan grafis sekelas 4K dengan monitor HD native kita. Karena disupport langsung oleh Nvidia, tentu game ini langsung masuk ke daftar compatible DSR-enabled games. Grafis akan tampak lebih tajam dan jelas, objek akan memiliki definisi yang lebih baik, dan pemandangan serta vegetasi akan tampak lebih sedap dipandang mata. DSR bisa dinimakti dengan driver terbaru yang Far Cry 4 ready yaitu versi 344.75, dan jika teman teman tidak ingin repot membuka Nvidia Control Panel biarkan GeForce Experience yang meng-enablekan setingan tersebut untuk teman teman.

Field of View Tweaking
Setingan ini sebenarnya sudah ada dalam option settings game. Tetapi jika teman teman menginginkan value yang benar benar spesifik seperti 1.17386 misalnya, teman teman bisa mengkonfigurasinya secara manual pada config file GamerProfile.xml dan cari parameter “FOVScaleFactor”.

Lighting Quality Tweak
Tweak ini mengatur tingkat pencahayaan dan bagaimana cahaya itu berinteraksi dengan lingkungan seperti permukaan benda, objek dan karakter. Sedikit sekali perbedaan efek setingan Ultra High, Default dan High. Tapi hindari setingan Low karena penurunan kualitas gambar akan sangat terasa sekali walaupun fps yang dihasillkan akan naik.

Far Cry 4 Optimal Playable Settings
far-cry-4-graphics-performance-and-tweaking-guide-optimal-playable-settings-table-gtx-600-series-3

far-cry-4-graphics-performance-and-tweaking-guide-optimal-playable-settings-table-gtx-900-and-700-series-3

Untuk artikel dan perbandingan yang lebih lengkap, teman teman bisa kunjungi situs geforce.com disini.
far-cry-4_3-1410247904

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram