Game Review | Batman: Arkham Origins

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 17 Dec 2013 | 8,713

Hadir sebagai prequel dari dua game sebelumnya ; Arkham Asylum dan Arkham City, game terbaru Batman ini akan menghantar Anda ke masa-masa awal dimana sang Dark Knight muda mulai beraksi melawan aksi-aksi kriminal di Gotham City. Sepertinya Arkham Origins disusun untuk menguak misteri yang tidak sempat terungkap di game sebelumnya. Eksklusif untuk platform PC yang menggunakan GPU Nvidia, game ini telah sengaja dioptimasi untuk memaksimalkan kerja kartu grafis dengan superior texture & shadow, DirectX11 Tesselation, Multi-View Soft Shadows, Nvidia Horizon Based Ambient Occlusion, dan yang terpenting adalah Nvidia GPU-Accelerated PhysX effects.

Sama seperti pada Arkham City, game ini juga mengambil lokasi yang familiar di kota metropolis Gotham City dengan setting map open-world. Anda dapat menelusuri seluruh kota Gotham dengan beterbangan menggunakan mantel Batman dan Batclaw untuk bergelantungan dari puncak gedung ke puncak gedung lainnya secara cepat.

Cerita baru pada Arkham Origins dimulai pada saat kejadian di malam natal, dimana Batman sendiri telah berkarir sebagai pahlawan bermantel selama dua tahun terakhir. Namun kemudian, para kriminal dan bahkan kesatuan polisi di kota Gotham ini bermaksud untuk membunuh Batman. Lalu hadirlah Black Mask yang juga ingin menghancurkan Batman, Ia menyediakan hadiah 50 juta dollar bagi siapapun yang mampu membunuh Batman. Tawaran tersebut tentunya menarik perhatian para kelompok kriminal yang sudah mengincar Batman sejak lama, dan muncullah 8 karakter antagonis yang siap mengejar hadiah dan mengincar gerak-gerik Batman di Gotham City diantaranya adalah Bane, Deadshot, Deathstroke, Firefly, Shiva, dan Copperhead. Para Assassin tersebut setiap hari membuat aksi kriminalitas dan kekacauan di kota untuk memancing kehadiran Batman. Oleh karena itulah tugas Anda sebagai Batman kali ini adalah untuk bertahan dari serangan para criminal dan mencari Black Mask agar bisa menghentikan perlombaan tersebut.

FreeFlow combat sistem masih diusung dari game sebelumnya, namun Arkham Origins menawarkan aksi yang lebih agresif, sehingga Anda bisa melawan dan menyerang musuh lebih cepat dan tepat sehingga Anda bisa mengatasi musuh meski banyak serangan senjata yang mereka lancarkan. Anda bisa melemparkan batarang ke beberapa musuh sekaligus, jika mereka datang berkelompok. Stage boss fight juga akan hadir, dimana biasanya Anda akan dihadapkan dengan berbagai jenis musuh berukuran monster, stage ini akan dihiasi dengan quick-time-events.

Berbagai gadget sebelumnya juga hadir untuk melengkapi gameplay Origins, mulai dari Crypthographic Sequencer yang berfungsi untuk security hacking, Batarang, Remote Batarang, Explosive Gel, Smoke Pellets, Disruptor, dan Grapnel Accelerator. Sistem terbaru Quick Travel pada game ini cukup membuat gameplay lebih mudah dan tidak membosankan, sistem ini memungkinkan Batman bisa berpindah-pindah bagian kota dengan cepat menggunakan pesawat Batwing, jadi setelah Anda selesai scrambling devices pada sebuah area di Gotham, anda bisa langsung memasuki area lainnya yang memiliki jarak cukup jauh hanya dengan mendatangi Batwing Drop Point. Di setiap kalinya anda menaiki Batwing juga anda akan disajikan sebuah video cutscene potongan cerita.

Batman Arkham Origins juga memiliki equipment terbaru seperti Remote Claw yang memiliki pencapit di kedua ujungnya, anda bisa mengarahkan claw ini ke dua target objek, dan tarik keduanya untuk saling dibenturkan. Ditambah juga dengan sepasang Electro-Shock Gloves yang mampu memaksimalkan serangan dari tangannya untuk menghasilkan aksi combo lebih cepat, selain itu juga glove ini berfungsi untuk menangkal serangan elektrik dari musuh.

Selain memainkan inti cerita, Anda juga bisa mengambil side mission, seperti Crime in Progress dimana Batman bisa membantu Polisi Gotham City dengan menyelamatkan petugas kepolisian yang disandera para geng kriminal. Setiap side mission yang Anda selesaikan akan menambahkan XP poin yang berguna untuk meningkatkan level dari equipment yang dimiliki Batman, membuka berbagai skill tree dan abilities baru, fitur baru seperti armour yang lebih bagus, dan meng-upgrade gadget agar lebih powerful. Puzzle solving dan objek collectible disini juga bisa dibilang memiliki sistem yang hampir sama pada game sebelumnya.

Bicara soal kualitas grafis dari Arkham Origins, game ini telah menggunakan Nvidia PhysX software engine untuk dapat menghasilkan grafis game yang lebih realistis, penuh interaksi yang dinamis di sepanjang game. Anda bisa mengaktifkan PhysX dimana pada area tertentu Anda bisa melihat salju atau asap yang akan bereaksi mengikuti gerakan Batman didalamnya, atau menonaktifkan PhysX dan efek tersebut akan hilang. Support DX11 juga telah menghiasi atmosfir yang cantik di setiap sisi kota Gotham. Nixia melakukan pengetesan game ini dengan laptop gaming MSI GT70 Dragon Edition 2 Extreme dan desktop gaming berkartu grafis GeForce GTX780 dengan setting Nvidia Surround pada tiga buah LCD monitor.

Karena game ini disupport penuh di berbagai setting grafisnya oleh GPU Nvidia, Nvidia juga telah menyediakan guide untuk memaksimalkan performance grafis dari game ini, simak guide dan informasi lengkapnya di website resmi Nvidia : Batman: Arkham Origins Graphics & Performance Guide. Berikut ini adalah salah satu perbedaan grafis setting yang ditunjukkan oleh Nvidia, klik di gambar untuk melihat perbandingannya lebih jelas :

Perbandingan Snow Tesselation On dan Off

Perubahan besar pada Batman Arkham Origins kali adalah dengan hadirnya fitur multiplayer, yang dikembangkan oleh developer berbeda; Splash Damage. Mode multiplayer disini terdiri dari 2 team gang milik Bane dan Joker yang masing-masing terdiri dari 3 orang. Mereka harus berperang melawan musuh sambil berusaha meng-capture sebuah area. Kemudian juga terdapat peran sebagai Batman atau Robin yang memiliki tugas berbeda, yaitu untuk membunuh setiap anggota dari kedua gang tersebut dengan beterbangan dan bersembunyi di balik ventilasi.

Walaupun game ini dirasa kurang menampilkan banyak perkembangan atau perubahan dari game sebelumnya, namun masih banyak sisi dari Arkham Origins (seperti optimisasi grafis) yang patut diacungi jempol dan menyenangkan dinikmati di waktu gaming Nixia.

Developer : Warner Bros Games Montreal

Publisher: Warner Bros. Interactive Entertainment

Genre : Action Adventure

Release Date : 25 October 2013

—————————————————————–

Nixia’s Test Bed :

MSI GT70 Dragon Edition 2 Extreme :

► Intel Haswell Core i7 4930MX @ 3.9Ghz
► NVIDIA GeForce GTX 780M 4GB GDDR5
► Memory : 16GB
► SSD : 3x128GB Super RAID 0
► LCD : 17.3 inch – 1080p

Desktop PC :

► Intel Haswell Core i7 4770k @ 4Ghz with MSI OC Genie
► MSI Z87 GD65 Gaming
► MSI Nvidia GTX 780 Twinfrozr OC Edition
► Corsair Vengeance Pro RED PC3 16 GB DDR3 RAM 17066 (2133MHz)
► 120GB SSD + 2X 2TB WDC HDD
► 27″ 3D LED Samsung S27A950D + 2x 24″ Led Monitor in NV Surround 5760×1080 Res
► NZXT Phantom Red White Case
► Corsair HX750 Gold 80 Plus
► Corsair H100i Hydro Series Liquid Cooling
► Sound Blaster Recon 3D Fatal1ty Champion Series
► Corsair Vengeance M95 Gaming Mouse
► Corsair Vengeance K70 Mechanical Cherry MX Red
► Corsair Vengeance V2000 7.1 Wireless Gaming Headset
► Corsair Raptor K50 Gaming Keyboard

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram