GeForce Experience BETA 3.0 2016 – Update UI Terbaru

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 30 Jul 2016 | 666,474

GeForce Experience BETA 3.0 2016 – Update UI Terbaru

Update : Kini GeForce Experience BETA 3.0 telah di implementasikan di versi Final Release.

Sudah tahu ‘kan software aplikasi khusus pengguna kartu grafis NVIDIA GeForce; GeForce Experience, aplikasi yang menampung segala fitur NVIDIA dengan lengkap dan mempermudah pengaturan optimalisasi setting game yang kita mainkan, notifikasi otomatis saat ada driver terbaru dirilis, dan fitur Shadowplay (NVIDIA Share, sekarang).

adawdaw

Kali ini NVIDIA menghadirkan update pada versi BETA nya dengan desain user interface terbaru, lebih simple, moderen, elegan, dan tentunya semakin mudah digunakan. Sekedar informasi, versi BETA sendiri adalah versi yang telah menyertakan NVIDIA Share, yaitu versi terbaru dari NVIDIA Shadowplay, dimana kita bisa bermain game secara co-op dengan teman yang berada di tempat berbeda, walaupun teman tersebut tidak memiliki gamenya. Versi terbaru kali ini juga diklaim NVIDIA lebih ringan dijalankan karena penggunaan memori nya 2 kali lebih kecil dibandingkan versi pendahulunya.

Lalu, Apa saja update tersebut? Berikut ini adalah yang telah Nixia rangkum. ~

♦ Tampilan (Interface)

games

Tema warna Hitam dan Hijau masih tetap diusung dengan desain yang lebih elegan dan sleek, dengan logo GeForce Experience Beta terdapat di bagian tengah atas. Jika sebelumnya GeForce Experience terbagi dalam 4 tab yaitu Games, Driver, My Rig, dan Preferences. Kini GFE Beta dibuat simple menjadi hanya 2 Tab saja yaitu; Home dan Drivers. Akses ke aplikasi NVIDIA Share dipermudah dengan ikon Share yang terdapat di kanan atas, lalu terdapat ikon untuk membuka Setting. Disamping ikon tersebut, terdapat juga ikon untuk Sign-In ke akun NVIDIA kita, untuk menyimpan setting NVIDIA Share dan akun streaming seperti Twitch atau Youtube.

♦ Automatic 1-Click Game Optimizer

doom edited

Berbagai fitur dan opsi tersedia untuk setiap Game.

Pada bagian Home, kita akan melihat seluruh game yang ter-install pada storage PC kita, dan secara default akan tampil dengan cover masing-masing game. Kita bisa langsung memainkan gamenya pada tampilan ini dengan mengklik Play, atau klik Detail untuk melihat setting grafis game ini, kamu bisa mengubah setiap setting grafis di halaman ini, atau jika bingung dan tidak mengerti cukup dengan 1-klik optimisasi saja, dan NVIDIA akan mengaktifkan setting grafis optimal yang sesuai dengan kemampuan setiap komponen yang digunakan pada PC kita.

Di setiap halaman Detail tiap game juga, GFE menampilkan informasi penjelasan detail fitur dan teknologi grafis yang dimiliki masing-masing game, sehingga kita tahu apa saja yang dimaksimalkan efek grafis atau detailnya di dalam sebuah game. Karena pastinya setiap game punya engine dan teknologi grafis yang beragam dan berbeda-beda.

♦ Automatic GeForce DRIVER Update

Salah satu fitur utama dan unggulan dari GeForce Experience adalah kemudahan dalam memperbarui Driver. Secara otomatis GFE akan memunculkan notifikasi di desktop, jika terdapat update driver terkini, yang biasanya seiringan dengan dirilisnya game-game Triple-A terbaru. Kita tidak perlu lagi repot-repot memilih driver yang sesuai secara manual di website Nvidia GeForce.

GFE Beta 1

Kita dapat menemukan berita update driver terbaru tersebut di tab Drivers. Jika ada update Driver, akan terdapat pilihan untuk men-download nya, itupun jika kita tidak mengaktifkan “Automatically Download Drivers” di bagian settings, jika diaktifkan maka system akan secara otomatis men-download dan menunggu perintah instalasi dari pengguna. Jika driver terbaru sudah ter-download, maka akan muncul pilihan lagi untuk menginstallnya, kita bisa memilih ‘Express Installation’ untuk langsung menginstal, atau ‘Custom Installation’ jika ingin mengubah beberapa opsi saat menginstal, misalnya ingin memilih apa saja yang di-install atau ingin menginstal secara Clean Installation.

GFE Beta 2

Selain berita tentang update driver terbaru yang tersedia, di tab Drivers ini juga kita bisa melihat berita-berita terbaru lainnya dari NVIDIA, seperti info detail tentang Driver yang digunakan, promo-promo dari NVIDIA, dan info teknologi tercanggih dari NVIDIA. Jadi tentunya, kita tidak akan ketinggalan berita tentang teknologi grafis terbaru~

♦ Nvidia SHARE

Dengan meng-klik tombol Share, maka tampilan overlay menu NVIDIA SHARE akan muncul di layar. Yang terbaru, Nvidia Share kali ini bisa kita gunakan untuk merekam aktivitas di desktop, jadi tidak hanya untuk in-game recording. Jika kamu masih belum tahu apa itu Nvidia Share, berikut akan Nixia jelaskan kembali. 😉

share overlay

Nvidia Share adalah pembaruan dari Nvidia Shadowplay yang pernah ada sebelumnya, sebuah aplikasi perekam gameplay dengan fitur Shadowplay, dimana kita bisa mengaktifkannya, agar tidak terlewat momen-momen sempurna dan unik saat bermain game, namun juga tidak akan memakan space hard drive terlalu banyak, karena kita bisa mengatur beberapa menit kebelakang yang akan direkam oleh Shadowplay. Nvidia Share hadir dalam bentuk Overlay transparan di dalam game, sehingga tidak perlu keluar dari game untuk mengatur segala keperluan merekam gameplay. Nah, fitur Shadowplay nya sendiri, sekarang berubah nama menjadi Instant Replay, yang akan kamu temukan di menu paling kiri saat membuka Nvidia Share. Pada Instant Replay, kamu bisa menyimpan otomatis hingga 20 menit ke belakang, tergantung kebutuhan.

settings

Selain itu, pastinya juga terdapat fitur Manual Recording, jika kamu ingin menyimpan setiap aksi di dalam game secara penuh tanpa terbatas waktu. Pada Instant Replay maupun Manual Recording, kita bisa mengatur kualitas video mulai dari Low hingga High secara default, atur hingga 60fps, atau atur secara custom sesuai keinginan dan kemampuan PC kita. Hebatnya, kita juga bisa merekam video gameplay dengan resolusi hingga 4K 2160p.

Stream atau Gamestream™ Co-Op, adalah menu untuk men-stream gameplay kita ke salah satu teman kita, melalui link invitation. Kita dapat memilih fungsi teman kita yang menonton tersebut kedalam 3 pilihan, ‘Watches me Play’ jika hanya untuk menonton, ‘Play As Me’ jika teman kita ingin mengambil alih control game, dan memainkan game yang sedang kita jalankan, atau ‘Plays Alongside Me’ jika kita ingin mengajak teman kita untuk menemani kita bermain di mode Co-Op pada game-game tertentu dan mendukung fitur ini, seperti game Trine 3. Menu Stream ini sangat unik, karena untuk pertama kalinya, kita bisa mengajak teman untuk bermain bersama secara co-op, tanpa harus memiliki atau menginstall game nya terlebih dahulu. Saat kita kesulitan dalam sebuah level atau stage pun kita cukup memanggil teman untuk memecahkannya bersama. Satu hal lagi yang tak kalah penting, teman kita tersebut pun tidak perlu memiliki spesifikasi komputer yang tinggi atau khusus gaming, cukup menggunakan browser Google Chrome, maka game sudah bisa dimainkan secara Stream.

Kemudian bagi kamu yang suka ber-eksis menampilkan kehebatan dan keseruan kamu bermain game di media streaming seperti Twitch atau Youtube, ada juga menu Broadcast. Dengan adanya fitur Broadcast dalam Nvidia Share, kamu tidak perlu lagi bingung mencari aplikasi apa yang tepat untuk sesi streaming atau shoutcasting kamu. Pilihan setting seperti pengaturan resolusi dan kualitas video streaming juga ditampilkan dengan simple sehingga mudah digunakan. Kamu juga bisa mengaktifkan kamera untuk menampilkan ekspresi seru di wajah kamu saat bermain game.  ^_^

Overlay mulai dari Camera, Status Indicator streaming, FPS counter, dan Viewers juga bisa ditampilkan di layar saat bermain game, dan dapat diatur posisinya sesuai keinginan pada Preferences. Semua itu bisa kita dapatkan secara gratis, tanpa perlu lagi membayar lisensi aplikasi streaming profesional. Selain itu, segala aktivitas recording maupun broadcasting dalm 1080p 60fps pun tidak akan mengganggu performa dalam bermain game.

connect

Selain merekam video, Nvidia Share juga memiliki fitur screenshot in-game, yang mendukung hingga resolusi 4K. Sebagai media sharing, kita juga bisa langsung meng-upload screenshot ke situs ImgUr dalam satu klik saja, sehingga lebih cepat untuk dibagikan ke teman-teman di media sosial.

Dari Overlay Interface Nvidia Share juga terdapat menu Gallery, dimana kita dapat melihat kembali video atau screenshots yang direkam dari Nvidia Share. Kita dapat men-trim atau memotong langsung video yang telah kita rekam, dan juga bisa langsung kita upload ke channel Youtube kita. Hanya dalam beberapa klik saja, video pilihan sudah ter-upload, tanpa perlu bingung mencari software video editor tambahan lagi.

♦ Settings Tab Lebih Berisi

Jika sebelumnya tampilan My Rig memiliki tab sendiri, kali ini My Rig ditampilkan di halaman Settings – General, disini terdapat informasi dari system PC yang kita gunakan, mulai dari GPU, Driver, Processor, RAM, dan Resolusi Monitor. Segala fitur NVIDIA yang sudah kompatibel dengan spesifikasi PC juga ditampilkan dibawahnya, seperi Game Optimization, Gamestream, Share, dan Virtual Reality. Di halaman ini juga kita bisa menemukan tombol untuk mengaktifkan NVIDIA Share, dan Automatic download driver.

setting

Di bagian Settings – Accounts, kita akan temukan informasi personal kita jika sudah login akun Nvidia GFE. Sedangkan untuk bagian Settings – Games, disini terdapat informasi berapa games yang telah terdeteksi oleh Nvidia GFE, kita pun bisa men-scan ulang, mengatur lokasi game yang ingin di scan, dan mengaktifkan Auto Optimize New Games.

♦ New Extra Features

NVIDIA GFE Beta 3.0 sekarang sudah bisa diinstal dan digunakan pada Notebook yang menggunakan NVIDIA Optimus GPU, karena sebelumnya versi Beta ini tidak bisa diinstal di notebook, maka ini adalah keuntungan besar, dimana kita bisa menjalankan fungsi NVIDIA Share Gamestream Co-Op di Notebook Gaming.

NVIDIA juga mengadakan berbagai event Giveaway melalui GFE Beta 3.0. Caranya hanya cukup sign-in akun pada GFE, dan jika kamu beruntung dan terpilih, NVIDIA akan mengirimkan info nya melalui email yang terdaftar, NVIDIA menjanjikan Giveaway mingguan berhadiah Game Codes, Hardware NVIDIA, atau akses Early Beta pada game yang akan datang. Jadi cek terus e-mail kamu yaa, siapa tahu kamu yang beruntung! ~

Dengan adanya GFE Beta 3.0 ini, pengguna GPU NVIDIA kini sudah bisa langsung menikmati fitur-fitur dan teknologi terkini dengan gratis. Tak ada lagi kebingungan mencoba-coba pilihan setting graphic yang sesuai dalam game. Momen penting dalam game tak akan lagi terlewatkan berkat Instant Replay, broadcasting di channel Twitch dan Youtube dalam 1 kali klik. Bayangkan jika harus membeli lisensi software broadcasting yang harganya mencapai puluhan US Dollar per tahun nya. Hihi..^_^

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram