GeForce Garage 3 ~ Copper Pipe Bending

Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 03 Jan 2015 | 9,528

How to Bend Copper Pipe For Liquid Cooling Loops ~ Nixiagamer.com

Watercooling adalah teknologi pendinginan hardware komputer yang saat ini sudah mulai banyak digunakan oleh pengguna komputer. Selain harganya yang makin murah, teknologi ini juga dapat mendinginkan hardware dengan lebih baik daripada menggunakan air cooling, apalagi bagi teman teman yang sangat mempertimbangkan noise dari sistem cooling teman teman. Produsen produsen pheriperal juga banyak yang menjual sistem pendingin watercooling ini mulai dari brand yang besar sampai brand yang kecil.

Corsair H105 ~ Nixiagamer.com

Keluar dari itu, banyak user extreme yang merasa sistem pendingin watercooling yang disediakan oleh produsen hardware belumlah cukup untuk memenuhi kebutuhan pendinginan untuk sistem yang sedang mereka bangun sehingga pilihan mereka adalah membuat sebuah Custom Watercooling.Dalam pembuatan sistem seperti ini, hal yang cukup tricky dan membutuhkan perhitungan seksama adalah tentang masalah piping atau jalur pipa dalam case yang akan menjadi jalur penyaluran air pendingin ke seluruh sistem komputer yang membutuhkan pendinginan seperti CPU, GPU, VRM, Chipset, Memory, dll.

MSI X99S Water Cooled ~ Nixiagamer.com

 

Custom water cooling ~ Nixiagamer.com

Ada 3 jenis pipa yang bisa dipilih, yang pertama adalah Flexible Tubing. Tube ini adalah yang paling banyak dan paling mudah untuk diinstall karena karakternya yang fleksibel sehingga tidak memerlukan teknik khusus untuk membengkokkannya. Yang kedua adalah Acrylic Tubing. Tube ini lebih sulit untuk digunakan karena karakternya yang keras dan tidak mudah dibengkokkan. Keunggulan Acrylic tube daripada Flexible tube adalah dari durabilitasnya yang tidak mudah bocor. Kedua jenis tube yang telah disebutkan memiliki warna yang transparan sehingga warna cairan coolant yang digunakanlah yang akan menentukan color theme nya. Dan yang ketiga dan paling extreme adalah Copper Tubing. Tube ini adalah tube yang paling baik digunakan untuk watercooling karena karakter tembaga-nya bisa menghilangkan panas dari cairan coolant secara cepat dan efisien walaupun diperlukan energi extra pada saat instalasinya. Warnanya pun dapat kita sesuaikan sendiri supaya cocok dengan color theme yang sedang kita bangun.

Piping ~ Nixiagamer.com

Nah pada episode ke-3 Nvidia GeForce Garage ini kita akan ditunjukkan bagaimana seorang modder professional Richard Surroz dari redharbringer.com membengkokkan Copper tube ini untuk piping yang maksimal dari sebuah custom watercooling system.

Richard Surroz ~ Nixiagamer.com

GeForce Garage ~ Nixiagamer.com

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram