GPU Generasi Maxwell hadir untuk Notebook

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 08 Oct 2014 | 12,910

geforce-gtx-900m-header

NVIDIA baru saja merilis sebuah gencaran hebat di dunia gaming, dengan menghadirkan senjata terbarunya bernama Maxwell. Peluncuran arsitektur grafis terbaru ini digelar bersamaan dengan ajang GAME24 bulan September lalu, sebuah ajang perayaan game non-stop selama 24 jam yang belum pernah ada sebelumnya, dan telah berhasil mencengangkan para gamers di seluruh dunia. Namun selain itu Nvidia ternyata masih menyimpan sebuah rahasi besar, yang baru dirilis hari ini 8 Oktober 2014. NVIDIA hari ini mengumumkan kehadiran GPU terbaru untuk versi notebook; GeForce GTX 970M dan GeForce GTX 980M.

box1-image-900m

Maxwell, arsitektur GPU generasi ke-10 dari Nvidia ini tak dapat diragukan lagi menjadi generasi kartu grafis tercepat di dunia. Solusi grafis ini mampu mengatasi lighting paling complex dan berbagai tantangan grafis di visual computing. Sementara itu dari segi penggunaan daya-nya, Maxwell dua kali lebih efisien energi dibanding generasi sebelumnya. Kombinasi tersebut dapat menjadi sebuah keuntungan besar pada notebook. Kenapa?

Sejarah Singkat GPU NVIDIA Notebook

Jika kita melihat sejarah dari teknologi grafis NVIDIA, arstitektur GPU generasi ke-8 nya yaitu Fermi menghantarkan kemampuan grafis setara desktop hingga 40% pada tahun 2010. Kepler, generasi GPU ke-9 yang dirillis tahun 2010, semakin mendekatkan performa hingga 60% memberikan gamers resolusi hingga 1080p dan “ultra” setting yang pertama kali pada notebook.

Dengan Maxwell, perbedaan dengan desktop tersebut kini semakin diperkecil hingga 80% menyamai desktop dan meningkatkan resolusi hingga lebih dari 1080p. Sebuah pencapaian yang mengagumkan jika kita membandingkan perbedaan thermal dan daya yang dimiliki antara PC desktop dan notebook.

Seperti generasi sebelumnya, kali ini GeForce GTX 980M ialah GPU notebook tercepat di dunia, sebuah gelar yang telah dikuasai NVIDIA sejak lama. Lalu seberapa cepatkah ia?

Maxwell memiliki performa dua kali lebih cepat dibandingkan dengan GPU notebook pertama, Kepler dalam pengujian game “video card killer” seperti Battlefield 4 dan Metro: Last Light. Nvidia menekan resolusi playable game hingga 2550×1440+ pada setting Ultra. Namun kebanyakan notebook tidak memiliki resolusi native setinggi itu, dan ini saatnya NVIDIA memberikan para gamers bukan sekedar killer frame rates.

Closing the Gap

Teknologi terbaru DSR sajikan resolusi 4K-Quality

GPU GeForce GTX 980 dan GTX 970 menghantarkan pengalaman gaming yang jelas lebih tinggi bahkan pada display standar 1080p. Teknologi Dynamic Super Resolution (DSR) dari Maxwell mampu me-render game pada resolusi 4K atau lebih tinggi. Kemudian skala nya akan diperkecil menyesuaikan dengan display native pada notebook. Hasilnya gambar pada game memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan yang dirender langsung ke resolusi 1080p.

DSR ~ Nixiagamer.com

Pertanyaan berikutnya dari para gamer notebook adalah bagaimana kemampuan untuk bermain game tanpa perlu menghubungkan adapter ke sumber listrik dan hanya mengandalkan baterai notebook. NVIDIA memberikan solusi untuk hal tersebut dengan evolusi terbaru dari NVIDIA BatteryBoost. BatteryBoost mencegah komponen notebook untuk bekerja secara maksimal saat hanya menggunakan daya dari baterai, BatteryBoost mengatur frame rate maksimum di angka 30 hingga 60 FPS (frame per second).

NVIDIA juga menambahkan perubahan besar pada BatteryBoost setelah 6 bulan teknologi ini dirilis. Hal pertama yang akan pengguna rasakan adalah semakin banyaknya sistem notebook yang menghadirkan frame rate playable (frame rate yang terbilang nyaman untuk dimainkan) pada kekuatan daya baterai. Hal ini merupakan hasil dari kolaborasi dengan berbagai OEM notebook untuk meningkatkan performa dengan baterai.

<

GPU GTX 980M dan 970M juga mendapatkan teknologi terbaru sama seperti pada yang terjadi pada versi desktop. Dimana performa Anti Aliasing pada kualitas yang sama akan mengalami peningkatan hingga lebih dari 30% berkan NVIDIA Multi-Frame Anti-Aliasing (MFAA). GPU notebook ini juga telah didukung teknologi VXGI (Voxel Global Illumination), yang mampu menggambarkan cahaya tidak langsung lebih baik, termasuk diffuse lighting, specular lighting, dan refleksi. Teknologi ini menghasilkan gaming GPU mampu menyajikan real-time dynamic global illumination untuk yang pertama kalinya.

nvidia

Saat ini sudah beredar berbagai produk notebook yang ditenagai oleh GPU Maxwell terbaru dari NVIDIA, diantaranya ada MSI dalam model GT72, GS70 and GS60. Asus G751. Gigabyte Aorus X7 dan P35.

Untuk informasi lebih lanjut tentang GPU notebook yang menggunakan arsitektur Maxwell, kunjungi juga situs resmi NVIDIA disini.

 

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram