Keunggulan Bermain GTA V Pada PC & Performa Test Dengan GTX 960

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 24 Jul 2015 | 48,107

gta_v_screenshot

Grand Theft Auto, siapa gamers yang tidak tahu game tersebut? Dengan gameplay nya yang asik, environment open world yang sangat luas serta kebebasan untuk melakukan apapun, membuat game ini selalu mendapatkan rating yang tinggi bahkan sejak game pertamanya.

GTA telah sampai ke seri ke-5 yang dirilis tahun lalu untuk platform console. Dan saat itu Rockstar selaku developer dari GTA tidak memperlihatkan sedikitpun niat untuk merilis game ini di platform PC. Banyak sekali petisi maupun artikel dengan nada merayu Rockstar untuk mengembangkan GTA V di PC dengan banyak alasan. Sampai akhirnya, setahun setelah GTA V di console rilis, Rockstar mengabarkan juga akan segera merilis GTA V versi PC. Penantian selama setahun oleh PC  gamers itu tidak sia-sia karena pengalaman mengobrak-abrik Los Santos, setting kota di GTA V ini tentunya akan dapat dinikmati secara lebih maksimal di platform PC. Mengapa bisa begitu? Well, simak beberapa alasan mengapa kita harus memainkan GTA V pada versi PC di bawah ini.

grand-theft-auto-v-pc-

Pertama ; Bug tidak ada yang lebih menjengkelkan ketika mendapatkan sebuah game baru, tetapi ternyata sesaat setelah kita memainkannya banyak bug atau glitch yang terjadi dalam game sehingga mengganggu gaming experience kita, terlebih lagi jika bug yang terjadi sangat fatal hingga dapat menghambat kita melanjutkan progress gameplay dalam game. Berkat rilisnya di platform PC yang tertunda setahun lebih, banyak bug yang telah di perbaiki oleh Rockstar sehingga tidak banyak lagi bug yang akan kita temui di versi PC ini.

 

Kedua; Kualitas Grafis Maksimal, dengan spesifikasi hardware yang jauh lebih kuat pada PC kita akan bisa memainkan GTA V dengan resolusi yang jauh lebih tinggi, serta frame rate yang juga jauh lebih tinggi daripada di console. Keterbatasan kekuatan hardware yang dimiliki console membuat kualitas visual dari GTA V tidak dapat kita nikmati secara maksimal. Hal ini tidak berlaku di PC, dengan kemampuan hardware nya yang bahkan bisa di konfigurasi multiGPU atau multi-Display kita dapat menikmati Los Santos dalam kualitas tertinggi nya sesuai dengan seberapa kuat hardware PC kita menanganinya.

IMG_0304

Ketiga; More Detail, GTA V di versi PC memiliki tingkat detail yang lebih banyak daripada versi console. Seperti yang Rockstar katakan saat merilis GTA V PC beberapa waktu yang lalu, beberapa detail baru akan ditambahkan ke GTA V PC yang sebelumnya tidak ditemui di GTA V Console. Beberapa hal itu seperti Increased Draw Distances yang akan membuat jarak pandang kita lebih luas dalam game, Improved Texture Details yang berarti setiap tekstur dalam game akan memiliki kualitas yang lebih tinggi, Denser Traffic yang berarti akan menjadikan lalu lintas di kota Los Santos menjadi lebih ramai dan padat, Enhanced Resolution yang membuat kita dapat memainkan GTA V di resolusi yang lebih tinggi bahkan sampai ke resolusi 4K jika hardware kita sanggup untuk menjalankannya. Disamping detail-detail itu Rockstar juga menambahkan beberapa elemen baru misalnya hewan hewan baru, cuaca yang lebih detail dan realistis serta damage effect pada environment maupun kendaraan yang jauh lebih detail daripada versi console.

gtavdetail

Keempat; Tweak Graphic Settings, GTA V PC akan memiliki graphics dan video game options yang lebih bervariasi sehingga kita dapat mem-fine tuning seluruh settingan yang ada untuk menyesuaikan dengan kekuatan hardware yang kita miliki, sehingga spek PC kelas menengah pun mampu menjalankannya. Tweak setting dalam game juga dapat kita lakukan di GTA V PC untuk memaksimalkan gameplay.

GTA5 2d

Kelima, MOD!! Apa yang terjadi jika semua pesawat yang ada dalam game berubah menjadi naga, atau jika semua penduduk los santos adalah zombie, atau bahkan yang lebih absurd lagi bagaimana jika gravitasi dalam game diperkecil sampai ke level tertentu sampai sebuah lompatan kecil saja bisa membawa kita ke atas gedung pencakar langit? Tentu akan sangat kacau, tetapi hal itu juga-lah yang membuat GTA V semakin seru. Modding sudah pasti akan terjadi di GTA V versi PC. Dengan banyaknya jumlah modder mulai dari yang handal sampai yang amatur di luar sana, pengalaman gaming yang akan kita rasakan di GTA V versi PC akan menjadi lebih seru dan asik lagi.

Oke, list ini mungkin bisa berlanjut lebih panjang lagi, tetapi dari beberapa fitur tersebut sudah bisa terlihat dengan jelas bahwa memainkan GTA V di PC akan memberikan pengalaman gaming yang jauh lebih maksimal daripada console. Nixiagamer sendiri yang sudah memainkan game ini di versi console pun tidak bosan dan bahkan sangat menikmati menjelajahi Los Santos kembali di GTA V PC.

►► Pertanyaan kebanyakan orang adalah; “Dapatkah VGA saya menjalankan GTA V?”

Kebutuhan spesifikasi minimum yang dirilis Rockstar menunjukkan kita masih bisa memainkan GTA V pada VGA/Graphic Card dengan GPU beberapa generasi ke belakang, paling tidak pada seri GeForce 9800GT. Jika dengan VGA sekelas high-end dimasanya itu kita bisa menjalankan GTA V, biasanya VGA di generasi terbaru walau dalam kelas low-end hingga mid-end juga pasti masih sanggup mengangkat game ter-populer tahun 2015 ini, tentunya tidak dengan kualitas setting grafis High untuk spesifikasi minimum tersebut.

cca974-GTA5 2015-06-12 13-43-20-67.png

Sedangkan pada spesifikasi yang direkomendasikan Rockstar, Nvidia GeForce GTX 660 dijanjikan mampu menjalankan GTA V dengan lancar. Pada generasi GPU arsitektur Maxwell terbaru, kami tentunya merekomendasikan GeForce GTX 960 yang memiliki kelas setara GTX 660 namun dengan teknologi, arsitektur, fitur, dan performa yang jauh lebih tinggi. Nah, untuk membuktikannya, Nixiagamer berikut ini mencoba memainkan GTA V menggunakan kartu grafis MSI GeForce GTX 960 Gaming 2G.

System Specification

GFE

 

  • Processor : Intel Core i7-5930K Haswell-E, 3,5GHz LGA2011-v3
  • Motherboard : MSI X99S GAMING 9 AC
  • Graphic Card : MSI GeForce GTX 960 GAMING 2G
  • Memory : CORSAIR Vengeance LPX DDR 4. 16GB Quad Channel 2800MHz
  • Power Supply : Corsair RM1000
  • CPU Cooler : Corsair H105
  • Storage Drive : Corsair Force GS 240GB SSD x2 (RAID 0)
  • Case : Corsair Graphite 760T Arctic White
  • Monitor : 3X27″ LED Monitor 3D (Samsung S27A950D 3D+ 2x Samsung S27D390) – For Nvidia Surround Display
  • OS : Windows 8.1 64-bit

Kami menjalankan benchmark test bawaan didalam menu GTA V, pada resolusi 1920×1080 dan setting grafis Very High, PC Nixia dengan GTX 960 mampu mendapatkan frame rate rata-rata 77 FPS, hingga yang tertinggi mencapai angka 85 FPS. Lalu dilanjutkan dengan mengubah ke resolusi yang lebih tinggi pada 2560×1440, menggunakan fitur DSR dari NVIDIA, kami menjalankan GTA V dengan setting grafis High. VGA ini masih mampu mengangkat GTA V dengan sangat smooth di rata-rata 60 FPS.

GTA5- 1080 - Very High

1080p – Very High Setting

GTA5- 2560x1440 - High

2560×1440 – High Setting

— Maksimalkan Dengan Fitur NVIDIA GeForce! —

Salah satu keuntungan lainnya dengan bermain GTA V di PC yang menggunakan VGA GeForce GTX adalah kita bisa menikmati beberapa fitur enhancements eksklusif dari NVIDIA. Dua fitur diantara sekian banyak fitur lainnya adalah DSR dan MFAA, yang tentunya diciptakan untuk menambah pengalaman grafis saat bermain game GTA V.

2

-► DSR sendiri adalah Dynamic Super Resolution yang merupakan teknologi eksklusif dari NVIDIA yang memungkinkan kita bermain game hingga resolusi 4K meskipun masih menggunakan monitor Full HD, hasilnya tampilan dari game GTA V menghasilkan detail yang lebih jelas dan efek serta shadow lebih baik bisa kamu nikmati pada monitor ber-resolusi 1080p. Kebanyakan orang masih belum mau mengganti monitornya ke resolusi 4K, salah satu alasannya ialah karena harganya yang terbilang masih tinggi. DSR hadir sebagai solusi yang cocok untuk menjalankan GTA V pada resolusi lebih tinggi, misalnya pada resolusi 2560×1440 dengan setting Very High, atau resolusi 4K(3840×2160), GTA V masih bisa Nixia mainkan dengan lancar pada setting grafis High. 

Secara teknis, DSR membuat GPU me-render game pada resolusi lebih tinggi, agar menghasilkan grafis yang lebih detail dan berkualitas tinggi, lalu diterapkan pada display 1920×1080. Untuk mengaktifkan fungsi DSR ini, kita bisa mengaturnya pada GeForce Experience, ataupun langsung pada menu Graphics Settings di dalam game.

GFE DSR

-► MFAA : Teknologi terbaru yang ditawarkan seri NVIDIA Maxwell yaitu MFAA (Multi Framed Sampled Anti-Aliasing) juga dapat kita terapkan pada GTA V. Ini merupakan teknik anti-aliasing yang serupa dengan MSAA (Multi-Sample Anti-Aliasing) namun menyajikan performa hingga 30% lebih cepat, beroperasi lebih ringan yang tentunya tidak akan menurunkan performa frame rate dan sekaligus berfungsi untuk mengaktifkan efek grafis PCSS pada GTA V. Untuk mengaktifkan MFAA, kita bisa mengaksesnya dari NVIDIA Control Panel.

MFAA

Kali ini Nixia mencoba menjalankan GTA V dengan system PC yang sama, masih menggunakan GTX 960, namun dengan mengaktifkan MFAA.

Pada resolusi 2560×1440 dengan setting Very High, GTA V masih cukup nyaman dimainkan.

GTA51440p004

GTA5 b

Pindah ke resolusi maksimum 4K, dengan setting High, performa yang ditampilkan pun masih prima dan playable dengan detail anti-aliasing yang lebih baik.

Jika diatas tadi telah kami sebutkan keuntungan dari memainkan GTA V pada platform PC, berikut ini adalah keuntungan yang kita dapatkan dari menggunakan VGA di kelas GeForce GTX 960.

Pertama adalah Konsumsi Daya yang rendah, dimana GTX 960 hanya membutuhkan TDP 120W, sedangkan pada GTX 660 memiliki konsumsi daya hingga 140W. Namun hebatnya, performa yang dimiliki GTX 960 justru 2x lebih besar daripada GTX 660.

960

Kedua, MSI GTX 960 Gaming 2G ini menawarkan kemampuan Overclocking yang baik dimana GTX 960 juga masih dapat dipaksa untuk bekerja lebih keras lagi. Walaupun sebenarnya MSI GeForce GTX 960 ini sudah memiliki clock yang lebih tinggi daripada default GTX 960 alias factory overclocked. Melalui uji singkat yang Nixiagamer lakukan, mengubah core clock ke angka 1500 MHz dari default 1127 MHz serta memory clock ke angka 2000 MHz dari default 1753 MHz dapat diatasi dengan mudah untuk kartu grafis ini. Suhu yang dihasilkan saat full load pun tidak begitu tinggi, tentu dengan terlebih dahulu mengatur settingan fan speed ke manual sehingga kecepatan fan nya bisa kita atur sendiri menjadi full-speed. Ditambah dengan adanya kehadiran fitur OC Genie dan MSI Gaming App, kita bisa dengan mudah mengubah clock dalam 1 klik / 1 tombol.

msi gaming app

MSI GeForce GTX 960 GAMING 2G
VGA seri Gaming dari MSI terkenal akan teknologi kipas pendingin TwinFrozr V yang memiliki performa unggulan dalam melepaskan panas dari GPU. Pada versi Twin Frozr ke-5 ini pula MSI memperkenalkan desain TORX FAN dimana memiliki dua buah fan berukuran besar yaitu diameter 10cm.

Teknologi hybrid ZeroFrozr hadir untuk meminimalisasi suara bising dari fan dan juga menghemat daya saat kinerja GPU masih dibawah rata-rata atau saat tidak sedang bermain game, dimana fan baru akan otomatis menyala saat suhu GPU menyentuh batas tertentu. Namun jika kamu ingin fan terus menyala kita juga bisa mengaturnya melalui aplikasi MSI Fan Controller. Desain pipa-pipa penghantar panas juga hadir untuk performa terbaik, yaitu dengan nama SuperSU Pipe, menjamin panas akan terbuang lebih maksimal.

MSI juga menyediakan aplikasi MSI Gaming App, dimana kita bisa mengatur clock profile dalam 1 klik saja, terdapat 3 profile default yaitu Silent, Gaming, dan OC. Pengaturan LED backlight pada logo MSI Dragon pada VGA pun bisa kita ubah efeknya disini.

Kesimpulan

Kartu grafis MSI GeForce GTX 960 akan dengan mudah menjalankan gameplay GTA V baik dalam resolusi Full HD bahkan hingga 4K pada setting grafis high. Dengan memory sebesar 2GB, Core Clock 1127 MHz, Memory Clock 1753 MHz serta fitur fitur ekslusif MSI dan NVIDIA lainnya, MSI GeForce GTX 960 siap untuk diandalkan dalam menemani teman-teman menjelajahi kota Los Santos bersama Michael, Franklin dan Trevor.

1118-3840

gta v e

 

 (YA)

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram