Latency Optimization On GTX 950 – Hadirkan Setiap Kemenangan di Game MOBA

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 29 Sep 2015 | 147,189

nvidia-geforce-gtx-950-965px-v1

Siapa yang tidak kenal DotA? Game dengan jumlah pemain yang mencapai jutaan di seluruh dunia ini, adalah salah satu game yang selalu mempertandingkan atlet atlet e-sport kelas dunia untuk memperebutkan hadiah yang luar biasa besar dalam turnamen tahunannya yaitu “The International” hingga tulisan ini dibuat, kejuaraan dunia DOTA 2 itu telah sukses menggelar tahun ke-5 nya.

The International DOTA2 5th - 2015

Bagi yang belum tahu atau agak lupa dengan gameplay DOTA, berikut kami jelaskan sejarah singkatnya. Sejak masih berbentuk custom map di game Warcraft, DotA memang mendapatkan respon yang sangat positif dari penggemar game strategi di seluruh dunia. Bagi teman teman yang mungkin belum tahu, game dengan sistem pertandingan seperti DotA adalah game yang termasuk bergenre MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena, sering juga disebut sebagai ARTS atau Action Real-Time Strategy karena MOBA memang merupakan subgenre dari RTS atau Real-Time Strategy.

Sistem pertandingan seperti ini mengharuskan kita mengontrol sebuah karakter utama yang biasa disebut Hero, dengan tujuan utama untuk menghancurkan bangunan utama di base tim musuh. Map terbagi menjadi 3 buah lane yaitu, Top lane, Middle lane dan juga Bottom lane, dengan beberapa defensive structure di beberapa titik. Tiap tiap Hero memiliki skill set yang bervariasi dan juga inventory untuk membawa item yang akan membantu untuk mengalahkan tim musuh. Yup, sesuai dengan namanya game MOBA selalu dimainkan secara tim, karena hal itulah game MOBA selalu cocok digunakan sebagai game turnamen e-sport.

Seperti game-game online yang lainnya, latency time (tanpa lag) yang se-minimum mungkin selalu menjadi hal yang penting dalam game MOBA karena jika terjadi lag split second saja pada saat pertandingan dapat berakibat fatal. Selain penting untuk saat-saat yang genting, low latency membuat kontrol kita pada Hero menjadi makin presisi yang berguna untuk mengincar “last hit” pada game DotA atau League of Legends misalnya supaya kita mendapat gold, atau pada game terbaru Heroes of the Storm, last hit menjadi sesuatu yang penting untuk mendominasi permainan.

Nah, Nvidia selaku salah satu produsen kartu grafis raksasa yang selalu membuat kartu grafis unggulan untuk bisa memainkan seluruh game favorit kita, kembali menghadirkan teknologi terbarunya yang secara spesifik diperuntukkan pemain game MOBA pada kartu grafis terbarunya “Nvidia GeForce GTX 950” yaitu Latency Optimization.

• Seberapa cepat Latency Optimization pada GTX 950 jika dibandingkan dengan kartu grafis NVIDIA terdahulu? Simak saja video dibawah ini :

 

• Latency Optimization •

GTX650-950

Bagaimana cara kerja teknologi ini? Nvidia menekankan 2 hal disini, yang pertama adalah membuat kartu grafis lebih responsif dan yang kedua adalah mengoptimalkan latency. Untuk hal yang pertama tidak ada masalah karena berkat arsitektur Maxwell yang digunakan oleh GTX 950 keseluruhan performa kartu grafis dapat meningkat dengan signifikan. Sedangkan untuk hal yang kedua, Nvidia memanfaatkan teknologi One Click Optimal Playable Settings yang ada pada software GeForce Experience nya.

IMG_5758

 

IMG_5794

Setelah melewati tahap testing yang intensif, Nvidia telah menemukan settingan paling optimal untuk memaksimalkan settingan sehingga dapat menghasilkan latency yang lebih rendah. Selain setting game yang diubah, beberapa parameter setting yang ada di Nvidia Control Panel juga diubah, diantaranya :

– Maximum Pre-Rendered Frames
Settingan ini akan membatasi frame yang perlu dirender oleh CPU sebelum mengoper frame nya untuk di render oleh GPU. Dengan menggunakan metode ini kecepatan respon antara frame yang akan dirender dengan waktu menampilkan hasil render pada layar dapat diminimalkan. Hal ini membuat delay antara mouse click dengan action yang terjadi di layar menjadi lebih singkat.

– Nvidia Control Panel Vertical Sync
Dengan menggunakan Nvidia Control Panel VSync, game akan memiliki frame rate yang lebih konsisten jika dibandingkan dengan fitur VSync ingame. Hal ini disebabkan Game Engine yang terkadang memiliki metode tersendiri untuk mengaplikasikan VSync di dalam game dan terkadang malah membuat frame rate lebih rendah dari yang seharusnya bisa dihasilkan oleh gaming rig kita. Nvidia Control Panel VSync memastikan frame rate yang stabil dengan kualitas maksimal tanpa screen tearing dan stuttering.

– Refresh Rate
Secara default refresh rate monitor berjalan pada 60Hz. Sedangkan pada monitor gaming kecepatan ini bisa mencapai 120Hz bahkan 144Hz, tetapi terkadang user yang awam lupa atau bahkan tidak tahu dimana settingan untuk mengaktifkan frekuensi refresh rate yang lebih tinggi ini. Dengan bantuan fitur Low Latency Optimal Playable Settings, refresh rate monitor akan diset ke level yang paling optimal oleh GeForce Experience.

Just need one click to experience your lowest latency on playing MOBA games..

gfe dota2 950

dota2 response time

 

IMG_5806

Jika kamu adalah MOBA player yang ingin meningkatkan pengalaman gaming kalian ke level yang selanjutnya, Nvidia GeForce GTX 950 patut menjadi pertimbangan yang menjanjikan. Selain fitur Latency Optimization, beberapa fitur lainnya juga bisa didapatkan dari kartu grafis ini, seperti support DirectX 12, TXAA, FXAA, PhysX, DSR, Nvidia Gameworks dan masih banyak fitur yang lainnya. So, without further ado, upgrade your graphic gear now cause NVIDIA will grant you the unbalanced ability to win every battle! 

950

 

►►► Simak juga video penjelasannya oleh Nixia berikut ini ya! ◄◄◄ :

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram