Mengenal Maxwell Lebih Jauh – GPU Ter-Efisien dari Nvidia

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 12 Jul 2014 | 17,326

NVIDIA GTX 750 TI

Pada Februari lalu, Nvidia telah berhasil merilis GPU generasi terkini-nya yang memiliki arsitektur bernama Maxwell, dalam produk GTX 750 Ti. Walaupun produk dari seri Maxwell yang pertama kali dihadirkan Nvidia ini masuk kedalam kasta low-end GPU, karena masih menggunakan proses fabrikasi 28nm, namun arsitektur Maxwell membuat GTX 750 Ti hadir dengan performa menawan dengan konsumsi hemat daya yang banyak ditunggu para pengguna.

nvidia9

nvidia1

GPU Nvidia dengan arsitektur Maxwell di-design khusus untuk menghantarkan performa jauh lebih baik dibandingkan dengan arsitektur Kepler sebelumnya dalam skala Performance per Watt dan Performance per Core. Maxwell menawarkan peningkatan sebesar 135% dalam Performance/Core dan 2x peningkatan dalam Performance/Watt ini merupakan hasil yang mencengangkan, mengingat arsitektur Kepler sudah terbilang Powerful dan Efisien.

nvidia2

Arsitektur Maxwell semakin menakjubkan dengan mengungguli performa dari chip GPU sebelumnya namun juga semakin memperkecil daya listrik yang dibutuhkan. Maxwell berhasil menunjukkan 4x peningkatan lebih besar dalam sisi efisiensi daya dan menghasilkan 2 kali kinerja lebih besar dibandingkan GeForce GTX 550TI, selama 4 tahun terakhir teknologi Nvidia bergulir.

nvidia3

GTX 750 / 750 TI hanya membutuhkan daya listrik kurang dari 75 Watt, tanpa adanya kehadiran konektor 6-pin, sehingga penggunanya tetap dapat menggunakan power supply berukuran 300W untuk mendapatkan kinerja penuh dari kartu grafis pertama berarsitektur Maxwell ini. GTX 750 / 750 TI ini juga bisa menjadi solusi bagi para gamers yang baru ingin membangun PC yang berukuran kecil (Mini-ITX) atau ingin meng-upgrade PC standard nya, karena jelas penggunaan GTX 750/750Ti sangat menghemat penggunaan listrik.

nvidia5

nvidia4

Sebagai pembanding dari kompetitor-nya di kelas yang sama, yaitu terdapat R7 260X yang memakan daya hingga 115W tentu GTX 750 TI hadir sebagai GPU yang lebih menarik. Selain itu seperti yang kita sudah ketahui, Nvidia juga terus mengembangkan dan memperbaharui teknologi dan fitur yang dimilikinya seperti fitur ShadowPlay yang merupakan software perekam gameplay, tanpa harus mengorbankan performa sebuah game dan GameStream yang dapat memungkinkan penggunanya untuk men-streaming permainan gamenya ke perangkat mobile/smartphone/gadget yang kompatibel seperti Nvidia Shield.

nvidia6

 

Spesifikasi :

nvidia7

 

nvidia8

 

NVIDIA_GeForce_GTX_750_Ti_Stylized_1

 

Untuk review lebih mendalam tentang performa dan ketangguhan generasi pertama arsitektur Maxwell dalam Nvidia GeForce GTX 750 TI, kamu juga bisa membaca review Nixia disini : http://nixiagamer.com/review-msi-nvidia-geforce-gtx-750-ti-gaming-oc-edition.html

 

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram