Mengenal Teknologi Nvidia G-SYNC

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 26 Jul 2015 | 44,704

Nvidia pertama kali memperkenalkan teknologi G-Sync pada tahun 2013 lalu yang menjadikannya salah satu teknologi revolusiener untuk sebuah display komputer, di tahun 2015 ini teknologi G-Sync sendiri bahkan sudah berhasil diterapkan pada display Notebook Gaming seperti yang bisa kita temukan di notebook MSI GT72 terbaru. Lalu apakah Nvidia G-SYNC tersebut?

Sebuah monitor memiliki refresh rate yang tetap untuk meng-update display nya, umumnya adalah 60Hz untuk monitor standar dan untuk monitor gaming bisa mencapai 120Hz bahkan 144Hz. Sedangkan GPU tidak memiliki kecepatan yang tetap dalam merender apa yang harus ditampilkan oleh monitor. GPU merender gambar secepat mungkin untuk ditampilkan ke monitor. Gambar yang ringan akan dirender degan cepat sedangkan gambar yang berat akan dirender lebih lambat.

Nah, karena perbedaan frekuensi itulah timbul masalah-masalah yang telah disebutkan diatas yaitu stuttering dan tearing. Tearing terjadi saat GPU telah mengirim gambar berikutnya yang akan ditampilkan pada monitor pada saat monitor belum selesai menampilkan gambar dari hasil render GPU yang sebelumnya. Ini mengakibatkan adanya tampilan gambar yang bertumpuk-tumpuk tetapi tidak sejajar seperti pada gambar dibawah ini.

tearing1

Tearing ini dapat sedikit diatasi dengan teknologi Vertical Sync atau yang biasa disebut dengan V-Sync. Tetapi saat mengaktifkan V-Sync kita akan mendapatkan permasalahan baru yaitu Stuttering. Stuttering terjadi pada kondisi dimana monitor telah siap untuk menampilkan gambar berikutnya, tetapi GPU belum selesai untuk merender gambar yang akan ditampilkan. Ini terjadi karena dalam game, beban render yang dilakukan oleh GPU tidak tetap dan selalu berubah ubah. Stuttering yang terjadi pun waktunya bervariasi, tergantung dari kekuatan pemrosesan dari GPU yang digunakan dan beban render yang ada. Selama refresh rate dan kemampuan render GPU tidak berjalan secara seirama, stuttering sudah pasti akan terjadi.

Dengan teknologi G-Sync ini permasalahan-permasalahan tersebut dapat diatasi. No more stuttering, no more tearing, just smooth gameplay! Teknologi ini dapat mensinkronsiasikan refresh rate pada monitor dan kemampuan render GPU sehingga monitor akan menampilkan gambar pada monitor secepat kemampuan render GPU yang ada. Sebuah invoasi yang cukup mantap dalam dunia teknologi display. Yang perlu digarisbawahi disini adalah bahwa Nvidia G-Sync adalah teknologi hardware, bukan teknologi software yang tinggal diinstall dalam komputer. Modul G-Sync harus ditanamkan ke komponen monitor untuk membuatnya menjadi G-Sync supported monitor.

G-Sync bekerja dengan memanipulasi VBLANK atau Vertical Blanking Interval pada monitor. VBLANK adalah waktu interval antara penggambaran baris terakhir dari satu frame dan penggambaran garis pertama dari frame berikutnya. Disebut sebuah interval karena pada waktu ini tidak ada update frame pada layar, monitor akan menampilkan gambar yang statis sampai proses penggambaran garis pertama dari frame berikutnya. Sebenarnya VBLANK ini adalah teknologi yang awalnya dimiliki oleh monitor CRT, tetapi nyatanya sekarang ini masih kita temui di layar LCD. Modul G-Sync yang telah ditanam pada monitor akan memanipulasi VBLANK yang memaksa monitor untuk tidak mengupdate frame sebelum GPU siap untuk menampilkan frame yang baru. Di monitor yang memiliki refresh rate sebesar 30Hz, G-Sync akan memerintahkan pada monitor untuk menampilkan ulang frame jika dalam waktu 33,3ms tidak ada update dari GPU, dan pada monitor yang memiliki refresh rate 144Hz frame akan ditampilkan ulang jika tidak ada update dalam waktu 6,96ms. 144Hz disini bukanlah limit kemampuan dari G-Sync tetapi limit dari kemampuan panel monitor (TN, IPS, VA, dll).

gsyncmodule

Kedengarannya memang sederhana, “mensinkronisasikan kecepatan refresh GPU dan monitor” tetapi experience yang dihasilkannya cukup besar. Gaming terasa lebih asik tanpa stuttering dan tearing yang mengganggu. Frame rate jelas akan meningkat karena kita tidak perlu menyalakan V-Sync lagi, tidak akan terjadi lag yang dapat membuat kesempatan headshot pada permainan yang sedang kita mainkan berlalu begitu saja. Bagi teman-teman yang mungkin sudah memiliki GPU yang cukup cepat untuk menampilkan frame rate yang konstan katakanlah 60fps, dengan menggunakan G-Sync kualitas gambar bisa semakin ditingkatkan tanpa mengurangi kehalusan frame rate yang sudah didapatkan. Kedepannya G-Sync akan lebih penting digunakan pada monitor yang memiliki display diatas 1080p dimana di resolusi yang tinggi seperti itu akan sulit untuk menjaga frame rate supaya konstan di 60 FPS.

mpc-hc 2014-07-05 03-26-59-15

mpc-hc 2014-07-05 03-27-07-77

mpc-hc 2014-07-05 03-27-25-75

mpc-hc 2014-07-05 03-27-38-16

 

 

nvidia-g-sync-notebooks-banner

— Apa yang baru dari G-SYNC di tahun 2015 ini? —

NVIDIA terus mengembangkan teknologi ini agar tetap terdepan dan dapat dinikmati lebih banyak gamer di seluruh dunia. Selain menghadirkan support pada notebook, beberapa fitur baru diluncurkan, serta sejumlah monitor desktop dengan beragam varian terbaru diumumkan.

Mulai dari driver versi 353.06 GeForce Game Ready, yang mengoptimalkan performa dari kartu grafis terbaru GeForce GTX 980 Ti, Nvidia menambahkan fitur Windowed Mode untuk G-Sync. Dengan fitur ini kita dapat menikmati bermain game dengan tetap lancar dan performa grafis yang halus walaupun sedang dimainkan dalam mode window atau borderless window. Nikmati performa game terbaik, Tear-Free, dan Stutter-Free dengan mode layar apapun, kita bisa bermain game sejenis Hearthstone atau World of Warcraft, sambil melihat halaman di internet browser atau menonton video streaming. Fitur ini juga berguna bagi kamu yang sering memainkan game indie yang menarik namun tidak memiliki support full screen.

nvidia-gsync-windowed-mode-640px

 

nvidia-gsync-nvcpl-configuration-windowed-mode-640px

Untuk mengaktifkan Windowed G-SYNC, buka opsi “Set up G-SYNC” pada NVIDIA Control Panel, pilih “Enable G-SYNC for windowed and full screen mode”, lalu klik tombol “Apply”.

Bagi para enthusiast, Nvidia menghadirkan opsi baru advanced control¬†yang dapat menon-aktifkan G-SYNC saat frame rate dari sebuah game melebihi refresh rate maksimum yang dimiliki oleh monitor G-SYNC. Misalnya, saat frame rate kamu mampu mencapai 250 pada monitor 144Hz, opsi terbaru ini akan menonaktifkan G-SYNC ketika performa frame rate melebihi 144FPS. Walaupun dengan itu akan mematikan teknologi G-SYNC dan tampilan tearing dapat hadir kembali, namun dengan fitur ini bisa meningkatkan latency input sehingga dapat berguna untuk game yang membutuhkan reaksi cepat. Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, caranya dengan mengubah opsi Vertical Sync menjadi “Off” pada Nvidia Control Panel.

nvidia-gsync-nvcpl-configuration-vsync-off-640px

 

Beberapa monitor G-SYNC juga sudah mendukung NVIDIA Ultra Low Motion Blur (ULMB) display mode, yang akan mengubah teknik cahaya backlight pada monitor untuk meng-eliminasi blur dan mengurangi input latency. Kualitas dari ULMB sendiri tergantung pada frame rate, dengan begitu, frame rate yang tinggi dan konsisten mulai dari 120-144FPS sangatlah dibutuhkan untuk mencegah terjadinya gangguan dan kedipan (flickering) pada monitor.

nvidia-gsync-nvcpl-configuration-vsync-off-640px

Untuk mengaktifkan opsi setting ULMB terbaru pada monitor yang mendukung ULMB, buka menu “Manage 3D Settings” pada NVIDIA Control Panel, pilih salah satu profile game yang ingin diubah setting-nya pada tab “Program Settings”, lalu pilih “ULMB” pada opsi “Monitor Technology”.

Pada driver Game Ready terbaru, kamu bisa memilih untuk menggunakan G-SYNC atau ULMB di menu setting berdasarkan game, jika monitor kamu mendukung. Menu ini memungkinkan pemilihan pengaturan berbeda di setiap game yang berbeda, dengan mudah, misalnya jika kamu ingin game Counter-Strike untuk menggunakan ULMB, dan memilih G-SYNC untuk The Witcher 3 tanpa memerlukan input tambahan lain dari user atau mengubahnya melalui menu OSD pada monitor.

 

G-Sync membutuhkan kartu grafis minimal GeForce GTX 650Ti untuk dinikmati. Sedangkan monitor yang sudah mensupport G-Sync di pasaran saat ini memang belum banyak. Sedangkan untuk notebook, beberapa produsen notebook gaming besar juga telah merilis tipe high-end mereka yang sudah mensupport teknologi G-Sync pada perhelatan Computex 2015 beberapa waktu lalu.

computex-2015-new-nvidia-gsync-monitors-640px

Jajaran Monitor Terbaru di Tahun 2015 dengan fitur G-Sync

msi g-sync

Bagi penggemar Nvidia yang sedang mencari investasi monitor yang worth-it atau yang ingin mengupgrade monitor yang dimiliki sekaligus ingin meningkatkan pengalaman gaming, memilih monitor yang telah men-support G-Sync adalah pilihan yang tepat. Terlebih dengan hadirnya beberapa fitur dan teknologi terbaru, NVIDIA G-SYNC telah mendapatkan banyak hati para gamers yang pernah mencobanya, dan menyatakan bahwa tidak bisa berpindah ke monitor tanpa teknologi NVIDIA G-SYNC. Nvidia juga telah menyiapkan video demo dari teknologi G-Sync ini, bagi kalian yang ingin mengetahui lebih jauh seperti apa keunggulan teknologi ini, silahkan download video ini, http://international.download.nvidia.com/geforce-com/international/videos/NVIDIA_GSYNC_Product_Video.mp4.

 

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram