NBA 2K16 ~ Smash the Ring with Nvidia GeForce GTX !

Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 21 Jan 2016 | 171,398

NBA 2K16 ~ Smash the Ring with Nvidia GeForce GTX !

nba2k16nixia

Sports game selalu menjadi satu game yang menyenangkan untuk dimainkan bersama dengan teman teman. Rasa kompetitif yang dihasilkannya selalu membuat suasana ruang keluarga menjadi lebih ramai dan seru. Tak terkecuali juga untuk game bertemakan basket satu ini yaitu NBA 2K16. 2K Games sukses untuk memperbaiki dan meng-improve beberapa elemen yang kurang dari seri sebelumnya yaitu NBA 2K15 menjadi satu game basketball simulator yang komplit untuk memenuhi seluruh ekspektasi dari para fans. Kontrol yang lebih real, ekspresi wajah yang lebih detail dan AI yang lebih pintar membuat game ini benar benar menjadi satu sim game yang menantang bagi pemain baru maupun pemain lama.
nba2k16

OVERVIEW
NBA 2K16 mungkin mejadi salah satu game dengan career mode terbaik dari semua game sport yang pernah ada. Game ini memungkinkan kita untuk membuat satu karakter dengan tampilan avatar yang bisa kita kustomisasi sendiri. Perjuangan akan dimulai saat karakter kita berada di bangku sekolah. Disutradarai oleh Spike Lee sang kreator film terkenal dari Amerika, cerita tentang seorang pemuda yang berusaha menjadi pemain basket terkenal NBA yang disajikan dalam career mode ini akan sangat mengena di hati para gamer.

Sepanjang career kita harus bisa memenangkan pertandingan-pertandingan kecil untuk memperoleh reputasi dan mendapat perhatian dari manager tim. Setelah itu barulah kita akan diberi kesempatan untuk bermain di divisi utama sebagai starting lineup. Mulai dari titik ini kita bisa memilih untuk berpindah club atau tetap loyal pada sekolah kita yang lama.
nba2k16

GAMEPLAY
Dari segi gameplay, NBA 2K16 memberikan banyak tambahan kontrol pemain yang membuat game makin dinamis dengan strategi offense dan defense yang bervariasi. Gerakan yang makin real mungkin akan membuat gamers membutuhkan waktu lebih untuk terbiasa dengan kontrol nya, terlebih lagi bagi pemain baru yang baru pertama kali memainkan game jenis ini. Lebih buruk lagi, tidak ada mode tutorial yang disediakan dalam game sehingga gamers harus belajar kontrol game melalui pertandingan yang sesungguhnya.
vNBA2K16 2016-01-21 11-36-57-33

Di seri yang sebelumnya NBA 2K15, kita bisa memanfaatkan kelemahan defense lawan dengan menggunakan signature move pemain terbaik kita pada timing yang tepat untuk menghasilkan skor. Tetapi tidak dalam game ini, AI yang jauh lebih pintar membuat mereka bisa mengubah taktik mereka berdasarkan playstyle yang kita lakukan. Hal ini membuat kita kesulitan untuk mencetak skor berturut turut dengan strategi yang sama. Variasi serangan yang memanfaatkan kemampuan seluruh anggota tim sangat diperlukan untuk bisa mencetak skor.
vNBA2K16 2016-01-21 11-41-20-01

GRAPHICS
Banyak sekali improvement yang terlihat di sisi ini jika dibandingkan dengan NBA 2K15 sebelumnya. Terlebih lagi di platform PC ini kita bisa mendapatkan performa yang maksimal tanpa batasan hardware di platform konsol PS4 ataupun Xbox One. Lebih banyak settingan parameter yang bisa kita ubah untuk menyesuaikan hardware yang kita miliki. Tetapi jika teman teman sudah menggunakan kartu grafis Nvidia GeForce GTX, fitur One Click Playable Setting akan membuat teman teman tidak harus susah susah mencari settingan yang pas, semua akan dilakukan oleh GeForce Experience. Yang harus teman teman pikirkan hanyalah bagaimana caranya untuk sukses melakukan 3point shoot atau slam dunk di ring lawan dengan sukses.
vNBA2K16 2016-01-21 11-25-28-23

Tambahan beberapa animasi gerakan maupun signature move NBA tentu membuat game ini membutuhkan tenaga GPU yang lebih kuat untuk bisa berjalan dengan lancar. Tetapi berkat arsitektur Maxwell yang digunakan Nvidia pada jajaran kartu grafis seri 900 terbarunya, kita bisa menikmati NBA 2K16 dengan framerate tinggi berkisar antara 50 – 60 fps hanya cukup dengan menggunakan kartu grafis middle class Nvidia GeForce GTX 960 pada settingan maksimal rata kanan sekalipun. Terlebih lagi dengan menggunakan kartu grafis GTX 960 kita bisa menikmati fitur eksklusif Nvidia seperti MFAA, DSR, ataupun G-Sync.
_MG_8256

MFAA atau Multi Frame Anti Aliasing adalah satu teknologi aliasing dari Nvidia yang dapat memberi efek aliasing yang mulus pada game tetapi tidak memberi beban yang terlalu berat pada kartu grafis sehingga kita bisa mendapatkan gambar yang halus dan frame rate yang tinggi. 4xMFAA hanya memiliki beban 2xMSAA pada kartu grafis, tetapi efek yang dihasilkannya tetap setara dengan 4xMSAA atau secara persentase, kita bisa mendapatkan kenaikan performa sebesar 30% jika dibandingkan dengan menggunakan teknologi anti aliasing yang biasa. Info tentang teknologi MFAA bisa teman teman baca di sini.
multi-frame-sampled-anti-aliasing-temporal-synthesis-filter

Atau simak video berikut ini :

Berikutnya ada teknologi Nvidia DSR atau Dynamic Super Resolution. Dengan teknologi ini, kita bisa menikmati kualitas grafis sekelas 4K pada resolusi native monitor yang kita gunakan. Bagi teman teman gamers mungkin pernah menemui opsi Downsampling atau Super Sampling pada beberapa game. Downsampling adalah sebuah teknologi yang menjalankan game pada resolusi yang tinggi misal 1440p, 2K, 4K dan bahkan 8K kemudian menggunakan sebuah algoritma tertentu untuk me-rescale gambar resolusi tinggi tersebut ke resolusi native monitor yang kita pakai, misalnya 1080p. Hasilnya adalah gambar yang luar biasa tajam dan sedap dipandang mata. Nah, DSR adalah teknologi yang mirip seperti Downsampling tetapi dari sisi driver, bukan langsung dari game nya sehingga beban GPU akan lebih ringan.
Simak video berikut untuk info lebih jelas mengenai Nvidia DSR :

Satu fitur lagi yang tidak kalah menarik dari Nvidia adalah G-Sync. Dengan adanya teknologi ini refresh rate antara monitor dan GPU akan menjadi sinkron satu dengan yang lainnya sehingga permasalahan klasik seperti stuttering dan tearing bisa dihilangkan. Kedengarannya memang sederhana, “mensinkronisasikan kecepatan refresh GPU dan monitor” tetapi experience yang dihasilkannya cukup besar. Gaming terasa lebih asik tanpa stuttering dan tearing yang mengganggu. Teknologi ini dikembangkan untuk menggantikan peran V-Sync pada game yang terkenal efektif untuk mengilangkan jaggies tetapi memberi beban yang terlalu besar untuk GPU. Dengan G-Sync kita bisa menikmati gameplay dengan gambar yang halus tanpa harus mengorbankan performa GPU yang.
Info lebih jelas mengenai G-Sync bisa teman teman simak di sini.
mpc-hc 2014-07-05 03-27-25-75

mpc-hc 2014-07-05 03-27-38-16

CONCLUSION
NBA 2K16 nampak lebih baik daripada seri sebelumnya. Player, karakter dan komentator nampak real sehingga kita merasa sedang menonton pertandingan langsung. AI yang jauh lebih pintar membuat kita harus benar benar menguasai kontrol pemain untuk bisa mencetak skor. MyCareer mode di NBA 2K16 adalah salah satu tambahan paling besar di game ini yang menjadi lebih worth untuk dimiliki. Untuk hardcore basketball fan, game ini adalah satu game yang patut dicoba apalagi bagi fans NBA loyal. Dan dengan beberapa teknologi teknologi Nvidia yang sudah dijelaskan diatas kita cukup menggunakan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 960 untuk bisa menikmati pengalaman gaming yang maksimal dari game ini.

_MG_8272

vNBA2K16 2016-01-21 11-25-28-23

vNBA2K16 2016-01-21 11-55-54-08

01.21.2016 - 12.28.42.02

NV_TWIMTBP_3.0_Logo_FOR_WEB_ONLY

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram