NVIDIA GTX 980 – Graphic Card Tercepat Nan Efisien Untuk Gaming!

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 21 Apr 2015 | 30,767

Sejauh apa graphic card NVIDIA bisa menghadirkan pengalaman gaming terbaik bagi para gamers?

Pertanyaan ini akan kami uji pada review graphic card seri GTX 9xx tercepat dan ter-efisien di dunia, yaitu GeForce GTX 980, dan produk yang Nixia gunakan adalah MSI GTX 980 GAMING 4G. Sebelum kita gali lebih jauh dari GTX 980, mari kita simak dulu berbagai teknologi terbaru yang diusung NVIDIA pada graphic card terbarunya ini!

IMG_0257

Maxwell, adalah codename untuk arsitektur GPU generasi terbaru dari NVIDIA, salah satu teknologi inovatif terbarunya yang dikhususkan untuk memanjakan mata gamers adalah NVIDIA Gameworks. Pada NVIDIA Gameworks, graphic card akan memaksimalkan kinerja nya dengan menghasilkan pengalaman game yang lebih interaktif dan sinematis, sehingga game-game generasi terbaru pun menjadi lebih nyaman dinikmati. Hal tersebut berkat NVIDIA mengintegrasikan teknologi terbarunya dari sisi VisualFX dan PhysX pada game-game next-gen.

NV_Gameworks

VisualFX menghadirkan solusi dalam rendering dan efek-efek dalam game, diantaranya ; HBAO+, TXAA, Soft Shadows (PCSS), Depth of Field, FaceWorks, WaveWorks, HairWorks, GI Works, Turbulence. Berikut ini adalah contoh perbandingan dari fitur-fitur NVIDIA GameWorks :

Soft Shadows

Pada fitur ini, teknologi Advanced Soft Shadows dari Nvidia akan membuat bayangan didalam game menjadi lebih halus dengan mengaktifkan PCSS. PCSS bekerja dengan cara membuat bayangan pada setiap pixel di area camera, kemudian mengkalkulasi ukuran penumbra dengan menganalisa jarak rata-rata dari objek yang terhalangi/tertutup dari cahaya. Tekstur bayangan menjadi lebih realistis dan berkualitas tinggi.

ac unity pcss

Pada gambar sebelah kiri ditunjukkan bahwa bayangan terlihat kaku, dengan ketajaman yang tidak realistis, sedangkan ketika fitur PCSS dinyalakan, bayangan menjadi lebih soft dan lebih akurat.

HBAO+

NVIDIA HBAO+ merupakan pengimplementasian kualitas yang lebih tinggi dan lebih kencang dibangingkan dengan teknologi sebelumnya, memberikan gamer kualitas grafis game yang lebih unggul. Proses render HBAO+ memakan waktu kira-kira 30% dari waktu render pada HBAO terdahulu.

hbao1

HBAO+ tidak hanya menghadirkan gambar dengan kualitas lebih tinggi namun juga proses render yang lebih cepat.

TXAA

TXAA adalah teknik anti-aliasing terbaru yang menggunakan gaya seperti pada film, di-desain secara spesifik untuk mengurangi temporal aliasing (perpatahan, crawling, dan flickering saat bergerak). TXAA telah meningkatkan filter susunan tata ruang dari teknologi standar 2xMSAA dan 4xMSAA, hal ini bisa dilihat dari tampilan grafis pada pagar dan dedaunan. Semakin tinggi kualitas filter dari TXAA akan menghasilkan gambar yang lebih halus dan jernih dibandingkan dengan filter berkualitas rendah dari MSAA sebelumnya.

fxaa

NVIDIA Plug-and-Play Tesselation membawa segudang tools khusus tesselation kedalam game, teknologi ini mampu meningkatkan jumlah detail game yang terlihat oleh gamer menjadi semakin banyak. Library dari Plug-and-Play Tesselation ini merupakan cara yang fleksibel dan transparan untuk menghadirkan tesselation ke dalam engine game, dilengkapi juga dengan fitur-fitur yang mengijinkan gamer untuk mengatur keseimbangan yang tepat antara kualitas grafis dan performa yang dihasilkan.

tessel2

Tampilan gambar atap bangunan bercorak pada setting standard.
Gambar bawah : Atap bangunan bercorak yang mengalami tesselated, terlihat lebih nyata dan detail.

NVIDIA DSR 4K

Fitur ini akan me-render sebuah game ke resolusi yang lebih tinggi dari Full HD 1080p, lebih detail, dan dengan pintar menyesuaikannya kembali dengan monitor yang digunakan. Sehingga kamu bisa menikmati game dalam resolusi 4K di monitor Full HD kesayangan. DSR bekerja secara drastis dalam memproses resolusi 4K ini dengan menggunakan filter khusus berkualitas tinggi. Untuk mengaktifkannya pun sangat mudah, kita bisa langsung menyalakannya melalui GeForce Experience App.

Perbandingan kualitas gambar DSR 4K dan 1080p

Perbandingan kualitas gambar DSR 4K dan 1080p

ShadowPlay

Tidak perlu ribet install software recorder atau broadcaster lagi jika kamu suka merekam gameplay permainan kamu saat ingin menyimpan momen-momen seru, lucu, serta menegangkan di dalam game, fitur siaran broadcast langsung ke Twitch pun tersedia dengan cara yang mudah, karena tersedia fitur ShadowPlay dalam aplikasi GeForce Experience.

shadowplay

► GTX 980 Game Performance

Testing Setup:

  • Processor : Intel Core i7-5930K Haswell-E, 3,5GHz LGA2011-v3
  • Motherboard : MSI X99S GAMING 9 AC
  • Graphic Card : MSI GeForce GTX 980 GAMING 4G
  • Memory : CORSAIR Vengeance LPX DDR 4. 16GB Quad Channel 2800MHz
  • Power Supply : Corsair RM1000
  • CPU Cooler : Corsair H105
  • Storage Drive : Corsair Force GS 240GB SSD x2 (RAID 0)
  • Case : Corsair Graphite 760T Arctic White
  • Monitor : 3X27″ LED Monitor 3D (Samsung S27A950D 3D+ 2x Samsung S27D390) – For Nvidia Surround Display
  • OS : Windows 8.1 64-bit

Chart Performance 1080p

Chart Performance 4K

Battlefield 4 berjalan di resolusi 4K DSR dengan lancar dan graphic yang lebih detail.

Battlefield 4 berjalan di resolusi 4K DSR dengan lancar dan graphic yang lebih detail.

Crysis 3 - High Setting

Crysis 3 – High Setting

power consumption 980

Perbandingan konsumsi daya GTX 980 & 780 Ti

 

► GEFORCE GTX 980 Graphic Card

MSI GTX 980 Gaming 4G hadir untuk mempersembahkan performa gaming terbaik di arsitektur Maxwell, sama seperti yang pernah Nvidia lakukan pada GTX 780Ti pada arsitektur Kepler sebelumnya. Dengan pengembangan teknologi dan efisiensi daya yang signifikan, GTX 980 bisa dikatakan hampir sempurna untuk system PC Gaming High-End pada resolusi 1080p, konfigurasi Quad SLI juga bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Nvidia menanamkan GPU GM204, untuk menghasilkan performa 2 kali lipat performa per watt dibandingkan dengan arsitektur Kepler sebelumnya, seperti GTX 680. NVIDIA selalu menghasilkan peningkatan efisiensi daya dan performa gaming lebih baik dan signifikan sejak awal arsitektur Fermi hadir di tahun 2010.

Graphic Card dari MSI Gaming selalu diberi label OC Edition, dimana kita dapat dengan mudah meningkatkan performa dari clock base-nya hanya dengan mengubahnya pada MSI Gaming App, karena graphic card ini telah di-overclock dari pabrikannya. Dilengkapi dengan memory GDDR5 sebesar 4GB dan Memory Clock Speed pada angka 7010 MHz, membuat GTX 980 sanggup dengan mudah mengangkat game-game next-gen dalam setting graphic maksimum.

Terdapat 3 Mode yaitu, Silent, Gaming, dan OC Mode. Frekuensi yang ditawarkan MSI GTX 980 Gaming dimulai dari mode silent memiliki base clock 1127 MHz, sedangkan untuk boost clock berada di 1216 MHz. Pada mode gaming, base clock berada pada angka 1190 MHz, dan 1291 MHz saat di boost clock. Terakhir pada mode OC, base clock pada 1216 MHz, dengan boost clock hingga mencapai 1317 MHz.

MSI GTX 980 Gaming 4G ini juga dilengkapi dengan sistem pendinginan terbaru dari MSI bernama Twin Frozr V. Kedua Torx Fan-nya berukuran cukup besar (diameter 10cm) mampu membuang panas secara cepat dan efektif tanpa perlu meningkatkan suara bising dari fan, karena adanya teknologi ZeroFrozr. ZeroFrozr membuat fan berputar secara otomatis hanya saat suhu GPU berada diatas 60°C. Sehingga saat bermain game pun jika suhu GPU masih dibawah 60°C, tidak akan ada suara yang mengganggu dari fan.

IMG_0293

► Closer Look

IMG_0261

IMG_0288

980 collage

• Fitur MSI GTX 980 Gaming 4G:

  • Twin Frozr V Cooling
  • Zero Frozr  Hybrid fan
  • Military Class 4 Components
  • MSI Gaming App
  • MSI Afterburner
  • Factory Overclocked
  • MSI Fan Controller
  • LED lighting MSI Dragon

► Spesifikasi

MSI GTX 980 Specification

Screenshot 2015-04-23 15.41.39

► Kesimpulan

GTX 980 mampu mengakomodir segala kebutuhan proses grafis untuk gamer enthusiast yang menginginkan graphic card teratas untuk PC Gaming nya. Test performance pada game Battlefield 4 dengan setting Ultra 1080p dan 4x MSAA, menghasilkan FPS yang menakjubkan, berada di angka rata-rata 130FPS. Sementara dengan setting Normal/Auto, Nixia mendapatkan FPS penuh yaitu di angka 200 FPS. Jika kamu belum puas dengan resolusi Full HD, teknologi NVIDIA DSR 4K hadir untuk detail yang lebih tajam, resolusi ini pun pada game BF4 masih dapat dijalankan dengan sangat lancar, di rata-rata 100FPS pada setting Auto.

Bicara soal konsumsi daya, arsitektur Nvidia Maxwell di-desain untuk menghasilkan peningkatan bukan hanya di performa tapi juga pada efisiensi daya. Pada GTX 980, Nvidia menghadirkan 2 kali performa / watt dibandingkan dengan arsitektur Kepler pada GTX 680. Jadi, jika dana untuk Power Supply kamu terbatas, kamu masih bisa menggunakan PSU berukuran 500W, cocok untuk para gamer yang baru pertama kali membangun PC gaming dengan GTX 980.

Desain pendingin Twin Frozr V pada MSI GTX 980 Gaming 4G menjadi salah satu nilai plus dalam menjamin kesempurnaan performa gaming yang nyaman dan tetap sunyi dari suara bising fan-nya. Balutan graphic card berwarna hitam dan merah pun membuat semakin gahar dan sangat mencirikan kesan “gaming”, logo MSI Dragon dengan LED yang menyala dan bisa kita atur efeknya pun membuat graphic card semakin cantik. Belum lagi MSI menggunakan komponen berkualitas terbaik dengan sertifikasi Military Class 4, yang menjamin kualitas komponen terbaik. Fitur factory-overclocked memudahkan pengguna yang ingin memaksimalkan kinerja GPU, hanya dengan mengklik OC Mode pada Gaming App.

Seluruh Fitur Nvidia Maxwell terbaru dan terdepan seperti NVIDIA GAMEWORKS memang bisa kita dapatkan dari GTX 980, namun jika budget kamu masih terbatas, NVIDIA juga menyediakan pilihan yang lebih terjangkau pada seri GTX 970. Kembali lagi ke MSI GeForce GTX 980 Gaming 4G, graphic card ini ditujukan bagi kamu yang ingin memiliki PC Gaming dengan performa komponen premium terbaik dan tanpa kompromi!

maxwell

► More Info : MSI Website

► Info Harga & Ketersediaan : MSI Indonesia

Nixia Nvidia 2

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram