Nvidia mensupport Virtual Reality Gaming Dengan Teknologi VR Direct

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 07 Oct 2014 | 13,376

Oculus Rift ~ Nixiagamer.com
Virtual Reality Gaming beberapa waktu ini telah mulai banyak berkembang. Mulai dari game yang makin banyak, hardware yang makin beragam dan powerful, serta gamers yang makin tertarik untuk mencoba teknologi ini. Virtual Reality Gaming memang masih baru dan masih memerlukan banyak pengembangan di sana sini untuk dapat memenuhi keinginan gamers, tetapi dengan banyaknya dukungan mulai dari vendor hardware, developer game sampai dengan para gamers sendiri, perkembangan Virtual Reality Gaming ini sendiri bisa dibilang sangat cepat.
EVE_Valkyrie_VR ~ Nixiagamer.com

Nvidia selaku produsen GPU kelas kakap di dunia tak melewatkan kesempatan ini untuk serta masuk dan mendukung pengembangan virtual reality gaming ini. Terbukti dengan diumumkannya teknologi VR Direct oleh CEO Nvidia Jen-Hsun Jeng pada gelaran event Nvidia GAME24 belum lama ini. Bersama dengan diluncurkannya kartu grafis terbaru Nvidia GeForce GTX 980 dan GTX 970, Nvidia juga menjelaskan tentang kepedulinya perihal perkembangan dunia game terutama virtual reality gaming sehingga diluncurkanlah teknologi VR Direct ini sendiri. Hal ini menjadikan Nvidia sebagai produsen hardware pertama yang memasukkan teknologi yang berhubungan dengan virtual reality kedalam sebuah GPU.
GAME24 Crowd ~ Nixiagamer.com

Nvidia-VR-direct ~ Nixiagamer.com

Dalam virtual reality, latency atau delay yang muncul sekecil apapun dapat mempengaruhi pengalaman gaming yang ada. Apalagi dengan jarak layar dengan mata yang deket delay yang muncul dapat membuat gamers mual-mual dan tentu saja otomatis langsung menghacurkan experience virtual reality gaming yang sedang dirasakannya. Framerate yang tinggi sangat diperlukan untuk membuat pengalaman virtual reality gaming menjadi lebih maksimal, oleh karena itu lebih dari satu GPU biasanya digunakan untuk menghasilkan framerate yang diinginkan.
VR Latency Optimization ~ Nixiagamer.com

Teknologi SLI dari Nvidia ternyata masih belum cukup untuk mengatasi permasalahan delay yang mengganggu saat gaming karena 2 GPU menampilkan gambar untuk mata kanan dan mata kiri secara bergantian. Nah, dengan teknologi VR Direct ini delay dapat dihilangkan karena sekarang satu gpu hanya akan memproses gambar yang akan di tampilkan di salah satu mata saja. Singkat kata, satu GPU untuk mata kanan dan satu GPU untuk mata kiri.

Tak hanya sampai disitu, untuk semakin menghilangkan latency Nvidia juga mengembangkan satu teknologi anti-aliasing baru yang dinamai MFAA – Multi Frame Sampled Anti Aliasing yang kabarnya dapat memproduksi 4 kali lebih banyak multisample anti-aliasing images pada kecepatan 2 kali lipat MSAA. Teknologi DSR Nvidia juga bisa digunakan dalam virtual reality gaming untuk makin mempertajam detail dalam game.
MFAA ~ Nixiagamer.com

Last but not least, asynchronous warp atau JIT WARP – Just In Time Windows Advanced Rasterization Platform akan membuat head tracking menjadi lebih smooth karena dapat memotong latency sampai dengan 50%. Sangat menarik untuk menunggu invoasi invoasi lainnya dalam teknologi virtual reality dari Nvidia maupun produsen hardware yang lainnya.
VRAsync ~ Nixiagamer.com
NV_TWIMTBP_3.0_Logo_FOR_WEB_ONLY

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram