Nvidia Perkenalkan Teknologi Dynamic Super Resolution

Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 30 Sep 2014 | 15,471

DSR ~ Nixiagamer.com
Hadirnya arsitektur Maxwell membuat Nvidia juga menghadirkan teknologi visual baru untuk memaksimalkan performa kartu grafisnya. Salah satu nya adalah teknologi Dynamic Super Resolution. Bagi teman teman gamers mungkin pernah menemui opsi Downsampling atau Super Sampling pada beberapa game. Downsampling adalah sebuah teknologi yang menjalankan game pada resolusi yang tinggi misal 1440p, 2K, 4K dan bahkan 8K kemudian menggunakan sebuah algoritma tertentu untuk me-rescale gambar resolusi tinggi tersebut ke resolusi native monitor yang kita pakai, misalnya 1080p. Hasilnya adalah gambar yang luar biasa tajam dan sedap dipandang mata. Namun tidak semua developer game menyertakan kemampuan downsampling ini pada game buatanya, sehingga untuk bisa menjalankan teknologi ini pada game yang kita inginkan harus dilakukan modding pada monitor timing dan juga mengubah file file game yang tentu saja adalah bukan pekerjaan yang mudah bagi kebanyakan gamers.

Nvidia menjawab masalah ini dengan mengeluarkan teknologi Dynamic Super Resolution. Apa yang dilakukan teknologi ini sama persis dengan apa yang dilakukan oleh Downsampling, namun kita tidak perlu melakukan modding monitor dan mengubah file file game, kita tinggal menginstall driver Nvidia terbaru beserta Nvidia GeForce Experience untuk dapat mengaktifkannya. Setelah itu kita akan bisa menikmati grafis kualitas 2K, 4K maupun 8K pada monitor tipe apapun. Teknologi ini masih terbatas dan hanya kartu grafis high-end Nvidia berarsitektur Maxwell seperti GTX 970 dan GTX 980 yang dapat menggunakannya. Tetapi Nvidia masih terus membuka kemungkinan teknologi ini akan bisa dijalankan pada kartu grafis Nvidia dengan arsitektur yang lebih tua.
dsr-auto-enabled-in-geforce-experience-640px

Nvidia memilih game Dark Souls 2 untuk menunjukkan kemampuan teknologi ini saat demo. Pada saat opening player telah berada di sebuah area dengan rerumputan tinggi. Setting ini adalah setting yang sangat efektif untuk menunjukkan kemampuan DSR. Rerumputan terlihat lebih solid pada saat dianalisa pixel nya. Tidak hanya detail kecil seperti itu yang mendapat efek langsung teknologi DSR ini, tetapi texture quality, shadows, effects, anti-aliasing, ambient occlusion shading, geometric detail dan model juga mendapat tambahan boost untuk memanjakan mata para gamers.
dsr-19x10-original-640px

dsr-step-1-640px

dsr-step-2-640px

dsr-step-3-640px

dsr-19x10-with-4k-dsr-640px

NV_TWIMTBP_3.0_Logo_FOR_WEB_ONLY

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram