NVIDIA Play The Future With GeForce GTX 950

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 20 Aug 2015 | 170,873

IMG_5616

Sekitar seminggu yang lalu, Nixia diundang oleh NVIDIA untuk mengikuti acara NVIDIA “PLAY THE FUTURE” Press Conference di kota Bangkok, Thailand. Disanalah Nixia mendapat kesempatan untuk melihat langsung peluncuran GPU terbaru NVIDIA yaitu GeForce GTX 950 serta beberapa update teknologi terbaru dari NVIDIA. Press Conference ini dibawakan oleh Justin Walker – Senior Product Manager NVIDIA.

IMG_5649

GeForce ialah platform game terbesar di dunia, dimana platform GeForce dibangun dari GPU tercepat di dunia dan memiliki fitur gaming terlengkap. Tapi itu belum semuanya. Saat seseorang memiliki NVIDIA GeForce GPU, mereka akan mendapatkan lebih dari hanya sekedar graphic card, karena NVIDIA juga mengembangkan sebuah ekosistem di seputar GPU mereka, yang artinya NVIDIA juga menawarkan berbagai fasilitas terbaik kepada para penggunanya.

PLAY THE FUTURE with GeForce GTX 950

IMG_5663

NVIDIA selalu berusaha menciptakan GPU tercepat di dunia untuk gaming. Pada kesempatan inilah GPU terbaru mereka diluncurkan yaitu GeForce GTX 950!

GeForce GTX 950 telah di desain untuk menghasilkan performa gaming terbaik di kelasnya. Tapi, performa tidak hanya dilihat dari hasil frame rate, namun kemampuan menghantarkan setiap frame pada user sehalus mungkin juga sangat penting. GeForce GTX 950 juga memanfaatkan teknologi yang sama pada arsitektur Maxwell terbaru NVIDIA dimana gamer dapat menikmati game yang mendukung DirectX 12 dengan fitur-fitur terbaru.

IMG_5660

GeForce GTX 950 berbasis pada GPU “GM206”, dimana GM206 ini telah mendukung segala inovasi utama yang pertama kali diperkenalkan pada GPU flagship NVIDIA GeForce GTX 980, termasuk support DirectX12 API dengan Feature Level 12.1.

Efisiensi Arsitektur Maxwell
Disamping telah mendukung fitur grafis terkini, salah satu yang dibanggakan dari Maxwell adalah efisiensi GPU yang dimilikinya. Nixia tidak akan menjelaskannya terlalu teknis, namun NVIDIA mengklaim bahwa mereka telah meningkatkan efisiensi dari kinerja CUDA Cores pada GPU GM206 mereka, hasilnya GM206 menggunakan bytes per frame 25% lebih sedikit dibandingkan dengan generasi GPU Kepler sebelumnya.

IMG_5665

GTX 950 display engine mampu mendukung output hingga ke 4 buah display hingga resolusi maximum 5K (5120x3200pixel). GTX 950 juga telah mendukung konektivitas HDMI 2.0 yang mampu menampilkan konten grafis dengan resolusi 4K pada 60fps.

Fitur Maxwell juga turut serta, seperti MFAA yang berfungsi untuk menghasilkan kualitas gambar setara 4xMSAA dan hanya memakan kinerja setara 2xMSAA, lalu teknologi NVIDIA G-SYNC, yang mampu menghantarkan pengalaman gaming terlancar dan terhalus untuk para gamer, tanpa screen-tearing, VSync input lag, dan display stuttering.

GeForce GTX 950 : Gaming Starts Here

Bagi kalian para gamer yang masih bermain game dengan integrated graphics (GPU yang terintegrasi dengan CPU/motherboard) atau pengguna GPU GTX GeForce generasi terdahulu dan sedang berencana untuk melakukan upgrade agar bisa memainkan game terbaru, GeForce GTX 950 adalah awal yang tepat.

IMG_5745

Tiga tahun yang lalu NVIDIA menghadirkan GeForce GTX 650, dan berdasarkan Survey Steam Hardware Juli 2015, GTX 650 masih menjadi salah satu GPU ter-populer di pasaran gamer (berada di peringkat #8 diantara graphic card lainnya termauk jenis integrated graphics). Dibandingkan dengan GTX 650, GeForce GTX 950 tentunya menyajikan lebih banyak keuntungan.

5

Berkat arsitektur Maxwell yang telah disebutkan diatas sebelumnya, GeForce GTX 950 mampu bekerja 3x lebih cepat dibandingan GeForce GTX 650 pada banyak games. GTX 950 juga hadir dengan memory sebesar 2GB, menjadikannya sanggup menjalankan games terbaru pada resolusi 1080p tanpa perlu kehabisan memory. Fitur terbaru yang diusung GeForce GTX 950 di kelasnya adalah SLI support. Dengan dukungan SLI ini, pengguna bisa menambahkan graphic card GTX 950 kedua untuk tambahan performa.

Soal efisiensi daya, GeForce GTX 950 menghasilkan performa 2x lebih besar per watt nya dibandingkan GTX 650. Mengandalkan TDP 90W, GTX 950 irit daya dan tidak menghasilkan suhu panas berlebih, bahkan pada kondisi full load sekalipun, GTX 950 mampu bekerja tetap dingin dan sunyi. Seperti contohnya pada salah satu partner NVIDIA, yaitu MSI yang memiliki board Twin Frozr dengan teknologi Hybrid Frozr pada GTX 950, dimana graphic card akan bekerja tanpa suara karena kipas pendinginnya akan mati saat kondisi PC tidak bermain game berat atau sedang idle.

1

Lebih lanjut tentang GeForce GTX 950 dan uji performa-nya, akan Nixia bahas pada artikel review berikutnya! 

nix2

Spesifikasi NVIDIA GeForce GTX 950

Spesifikasi NVIDIA GeForce GTX 950

Untuk harga, GeForce GTX 950 ini akan dibandrol di angka $159 USD pada jenis reference card-nya.

 

GeForce GTX 950 : Sisi Kompetitif untuk Game Genre MOBA

16

Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), genre ini sedang berkembang cukup pesat dan menjadi sensasi terbesar di dunia PC gaming belakangan ini. Game MOBA tersebut diantaranya adalah League of Legends, DOTA 2, dan Heroes of the Storm. Setiap bulan, lebih dari 30 juta gamers memainkan game MOBA, dan terus berkembang secara besar-besaran, genre gamer MOBA sendiri telah mengalami perkembangan 3x lebih besar dalam jangka waktu 3 tahun terakhir.

IMG_5670

Namun, kebanyakan gamer MOBA tidak hanya bermain untuk sekedar ‘fun’. Seperti yang mungkin kalian sudah tahu, MOBA kali ini telah mengambil alih perhatian dunia eSports, terdapat lebih dari 2100 turnamen di seluruh dunia, termasuk turnamen terbesar The International 2015 Dota 2 Championship yang baru saja digelar bulan lalu. Total hadiah pada turnamen tersebut adalah $18.4 juta USD, dengan pemenang juara 1 mendapatkan hadiah cash sebesar $6.6 juta USD! Kalian pasti tahu ‘kan team mana yang memenangkannya!? :)

Ketika sebuah game menjadi sesuatu yang penting dipertaruhkan, tentunya performa dari GPU yang kita gunakan juga menjadi kepentingan yang absolut! Yup, memang banyak terjadi kesalah-pahaman dimana “katanya” gamer tidak perlu GPU yang kuat/cepat untuk sekedar memainkan game MOBA. Beberapa bahkan percaya jika integrated graphics sudah cukup bagus untuk bermain game MOBA. Walaupun minimum system requirement dari game MOBA tidaklah terlalu tinggi, game MOBA membutuhkan frame rate yang tinggi dan latency sekecil mungkin untuk menghasilkan jalan permainan yang lancar dan baik. Selain itu, tingkat responsif (waktu antara mouse di-klik hingga action yang dipilih muncul di layar) dapat menghasilkan perbedaan besar antara menang dan kalah pada game yang membutuhkan aksi cepat (fast-paced) seperti game MOBA ini.

13

Pada GeForce GTX 950, NVIDIA telah merancangnya untuk performa tinggi dalam MOBA gaming. NVIDIA mengembangkan desain GPU nya agar mampu mengurangi latency dalam game MOBA. Hasilnya, GTX 950 mampu mengurangi response time dalam game DOTA 2 hingga 50% lebih cepat dibandingkan dengan GTX 650!

IMG_5778

Nixia mencobanya sendiri pada demo PC yang disediakan, dimana aksi seperti berjalan-jalan, berpindah map, dan mengeluarkan skill  pada karakter di game DOTA 2 pada GTX 650, masih terasa kaku dan lebih lama responnya. Sedangkan pada PC dengan GTX 950, semua aksi berjalan dengan lebih halus dan respon yang cepat antara klik dan aksi yang tampil di layar.

IMG_5758

 

IMG_5794

Berikut ini adalah chart perbandingan performa antara GTX 650 & GTX 950, dimana  NVIDIA  mampu menurunkan latency dari 80 miliseconds pada GTX 650 menjadi 45 miliseconds pada GTX 950.

7

 

NVIDIA juga menyadari bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi performa dan latency sebuah game, namun tidak banyak gamer yang sadar akan hal itu. Itulah sebabnya NVIDIA menyediakan software GeForce Experience, dengan ini gamer akan dapat mengoptimalkan kinerja GPU mereka untuk bermain game MOBA dengan instan dalam 1 klik saja. Cukup kik Optimize Button pada pilihan game MOBA yang dimainkan, dan optimalisasi latency akan secara otomatis diaplikasikan. Saat ini optimalisasi latency pada GPU NVIDIA hanya tersedia untuk pengguna GeForce GTX 950, namun NVIDIA berencana akan menghadirkan teknologi ini pada GPU GeForce lainnya juga.

9

 

Cara Baru Untuk SHARE Momen Gaming Favorit!

Gamer atau user GPU NVIDIA kebanyakan pasti sudah tahu fungsi dari software NVIDIA GeForce Experience yang menyediakan setting grafis optimal untuk lebih dari 250 judul game ternama hanya dalam satu klik, menyajikan update driver Game Ready agar GPU siap memainkan game terbaru dengan performa maksimal, serta teknologi ShadowPlay yang berfungsi untuk merekam video pengguna saat bermain game, baik untuk disimpan atau disiarkan ke channel streaming.

IMG_5790

Beberapa fitur baru pada GeForce Experience akan segera dirilis setelah kehadiran GPU GeForce GTX 950, dan akan hadir sementara dalam GeForce Experience Beta. Fitur tersebut bernama SHARE, teknologi ini mirip dan akan  menjadi pengganti fitur ShadowPlay, bedanya fitur ini akan ter-integrasi di dalam game dengan menu overlay saat bermain game. Hanya dalam satu tombol hotkey (Alt+Z), pengguna dapat langsung menjalankan fitur SHARE ini sambil bermain game.

SHARE ini memiliki beragam pilihan menu untuk berbagi momen gameplay menarik kita. Diantaranya yaitu :

  • Instant Replay, yang akan bekerja seperti perekam DVR pada game kita, dan akan secara otomatis merekam permainan game dalam maksimal 20 menit terakhir.
  • Record, untuk merekam momen game secara manual.
  • Broadcast, untuk menyiarkan gameplay kita langsung ke channel Twitch dalam satu klik.

IMG_5719

Gamer juga kini dapat langsung memotong/meng-edit dan meng-upload video yang telah direkam, langsung ke YouTube dengan resolusi maksimum 4K tanpa perlu meninggalkan sesi permainan. Sebuah menu Gallery juga dihadirkan agar pengguna dapat melihat daftar rekaman, langsung saat bermain game.

IMG_5723

 

GameStream Co-Op

Satu fitur terbaru yang dirilis pada GeForce Experience Beta ini adalah GameStream Co-Op. Fitur ini mengijinkan gamer untuk menyiarkan gameplay-nya via internet kepada satu teman pilihan (yang diundang menggunakan email atau invite URL) dan juga dapat mengajak teman pilihan tersebut untuk bermain game bersama secara co-op tergantung game yang dimainkan.

IMG_5739

Pada Press Conference ini, game yang dicontohkan adalah game Trine 3, dimana teman yang kita pilih dapat langsung men-streaming gameplay kita melalui browser mereka. Atau jika gamer ingin bermain mode co-op, mereka dapat mengaktifkannya dan voila! teman kamu yang berada di tempat berbeda pun dapat langsung bermain bersama. Aktifitas ini pun tidak akan membutuhkan spek tinggi pada PC teman yang menonton streaming atau streaming co-op, karena aktivitas ini hanya mengandalkan browser Chrome dan beban GPU saat bermain game hanya terjadi pada PC yang meng-host streaming tersebut. Wah tidak sabar rasanya untuk mencoba fitur ini di PC sendiri!

IMG_5729

111

IMG_5806

Review lebih lengkap dari GeForce GTX 950 akan segera Nixia hadirkan! So, stay tune & keep updated on Nixiagamer.com!

IMG_5812

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram