NVIDIA SHARE – Sharing Momen Gaming Tak Pernah Semudah Ini!

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 07 Oct 2015 | 202,229

a

GeForce Experience mungkin sudah tidak asing lagi di telinga teman-teman semua terutama yang menggunakan kartu grafis Nvidia di gaming rig nya. Software multifungsi dari Nvidia ini memang sangat useful dan dapat meningkatkan pengalaman gaming kita semua dengan cepat. Awalnya fungsi utama dari software ini hanyalah untuk mempermudah pengguna mendapatkan update driver terbaru dari Nvidia serta mendeteksi settingan paling optimal dari beberapa game berdasarkan gaming rig yang kita miliki. 2 tahun telah berlalu sejak pertama kali diluncurkan, GeForce Experience telah mendapatkan banyak sekali fitur tambahan mulai dari Nvidia Shadowplay untuk mengcapture dan merekam gameplay dalam game, Twitch streaming untuk langsung broadcast gameplay ke channel Twitch, Nvidia SHIELD Streaming untuk melakukan game stream dari perangkat Nvidia SHIELD, dan beberapa fitur lainnya.

IMG_5790

Nah, kali ini GeForce Experience kembali mendapatkan tambahan fitur yang bisa membuat pengalaman gaming kita naik ke level yang lebih tinggi lagi yaitu ‘Share’. Fitur ini membuat GeForce Experience memiliki in-game-overlay untuk mengakses video gameplay yang sudah di capture sebelumnya untuk di-edit maupun di stream ke Twitch channel kita. Upload video ke youtube juga sudah terintegrasi sehingga bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Fitur yang paling utama adalah GameStream Co-Op, fitur unik yang membuat pengalaman gaming kita menjadi lebih menyengangkan. Simak terus artikel ini untuk mengetahui fitur GameStream Co-Op secara lebih mendalam.

gfe-share-overlay

Fitur Nvidia Share in-game overlay bisa diakses dengan mudah menggunakan kombinasi tombol Alt+Z yang akan memunculkan menu Share dalam game maupun di Windows. Menu ‘Instant Replay’ memiliki fungsi seperti Nvidia Shadowplay yaitu untuk merecord gameplay selama 5 sampai 20 menit. Disamping menu Instant Replay juga terdapat menu Record yang digunakan untuk menyalakan maupun memtaikan rekaman secara manual. Tentunya teknik recording Nvidia Shadowplay-lah yang digunakan dalam proses rekaman ini. Seperti yang kita ketahui, dengan teknologi Shadowplay, kita bisa merekam gameplay kita sampai dengan kualitas 4K (3840×2160) 60fps tanpa memberikan beban kepada gaming rig kita. Pilihan setting kualitas rekaman juga bisa kita atur di in-game-overlay ini.

gfe-share-settings

Nah, setelah melakukan rekaman pun kita bisa melihatnya secara langsung tanpa perlu keluar dari game melalui menu Gallery yang terdapat di menu overlay. Sharing video pun menjadi sangat mudah karena kita juga bisa mengupload nya ke Youtube secara langsung dari Gallery tersebut. Yang lebih mengagumkan lagi kita bisa melakukan trim pada video sebelum menguploadnya sehingga gaming moment yang kita upload benar benar langsung to the point ke momen yang ingin kita tunjukkan pada dunia.

gfe-share-upload

GAMESTREAM CO-OP

Saving the best for the last.. Fitur paling unik di Share adalah GameStream Co-Op. Secara garis besar fitur ini memiliki 3 mode pilihan yaitu ‘Play as Me’, ‘Watch me Play’ dan ‘Play Alongside Me’. Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami satu titik dimana kita menyerah pada satu misi atau boss fight yang terlampau sulit diluar kemampuan kita. Pada titik ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, yang paling mudah adalah dengan membaca walkthrough di internet, tetapi hal ini adalah hal yang paling dihindari kebanyakan gamers karena dapat membuat kenikmatan saat menyelesaikan game itu berkurang. Yang kedua adalah meminta tolong pada teman kita yang lebih berpengalaman dan telah menyelesaikan misi atau boss fight itu untuk membantu kita.

Coop1_678x452

Dengan teknologi internet yang telah berkembang sejauh ini, teman kita tidak perlu repot repot datang ke rumah kita untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut. Dengan mode ‘Play as Me’ kita bisa memberikan kontrol game pada teman kita hanya dengan sebuah undangan via email sehingga ia bisa mengontrol karakter game kita dari komputer mereka sendiri. Dengan memanfaatkan mode ini pula, kita juga bisa memainkan game yang telah terinstall di PC kita dirumah, namun tidak kita miliki/tidak kita install pada laptop kita yang sering kita bawa kemanapun pergi, cukup dengan mengirimkan email game invitation ke inbox kita sendiri dan klik invitationnya pada browser di laptop kita, Sehingga kita bisa memainkannya secara portable atau jika kita bosan di depan desktop PC dan ingin berpindah area di rumah kita, kita cukup membawa laptop untuk memainkan game favorit dimanapun.

nvidia share

Di momen yang lain, mungkin kita semua juga pasti pernah mendapatkan satu karakter ataupun senjata legendaris yang mematikan dalam game dan ingin menunjukkan kehebatannya pada teman teman kita. Nah, disinilah mode ‘Watch me Play’ mengambil alih. Teman kita dapat melihat secara live dari komputer mereka sendiri bagaimana kita bermain menggunakan item atau karakter legendaris yang kita dapat tersebut.

Mode yang ketiga yaitu ‘Play Alongside Me’ memungkinkan kita dan teman kita untuk bermain bersama dalam satu game misalnya pada game Trine 3 atau Street Fighter sehingga misi dan boss fight yang sulit dapat dilawan bersama sama dan dilewati dengan lebih mudah. Atau contoh lainnya adalah ketika kamu atau teman kamu ingin bermain bersama atau bahkan pacar kamu ingin bermain berdua bersamaan, tapi rasanya sangat malas untuk pergi ke rumah teman kamu, begitupun sebaliknya. Karena selain buang-buang waktu, tentunya juga akan buang-buang ongkos bukan?!

Teman kita juga tentunya tidak perlu memiliki game tersebut terlebih dahulu untuk bisa bermain bersama atau tidak perlu dua orang player di dalam satu ruangan / PC untuk bermain bersama, karena satu satunya hal yang harus mereka lakukan adalah streaming broadcast gameplay yang kita mainkan

Simak video dibawah ini untuk melihat ketiga fitur diatas lebih jelas lagi :

Nah, bagaimana sih fitur unik revolusioner ini bisa berjalan? Penjelasan secara singkatnya, komputer kita berfungsi sebagai game server/host dan komputer teman kita menjadi guest/client pc nya sehingga satu satunya hal yang ia butuhkan hanyalah sebuah internet browser untuk dapat memainkan game yang komputer kita share melalui fitur NVIDIA Share, dalam hal ini Nvidia merekomendasikan browser Google Chrome. Perhatikan list dibawah ini untuk daftar lengkap fitur terbaru dari Share serta Recommended Requirements yang harus dipenuhi oleh Host PC maupun Client PC untuk dapat menikmati fitur GeForce Experience Share ini secara maksimal.

nvidia share req

 

Dan ini adalah video review Nixia saat menggunakan fitur Gamestream Co-op pada NVIDIA SHARE.

GeForce Experience kembali membuktikan pada gamers bahwa hanya ialah satu satunya software yang dibutuhkan untuk bisa meningkatkan pengalaman gaming kita semua ke level yang lebih tinggi dengan fitur fitur yang dimilikinya untuk dinikmati pada Gaming PC NVIDIA GeForce kita. Dan dengan fitur terbaru GeForce Experience Share ini kita bisa menikmati pengalaman berbagi gaming moment dengan teman teman kita dengan lebih mudah dan menyenangkan~ Berbagi itu indah bukan!? Let’s SHARE your GAME!

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram