NVIDIA Umumkan NVIDIA Isaac di Computex 2018

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Kenz Kunz | 04 Jun 2018 | 26,876

NVIDIA Umumkan NVIDIA Isaac di Computex 2018

NVIDIA Isaac – Era Baru Mesin Mandiri
Sistem Robotic Generasi Terbaru direalisasikan dengan Jetson Xavier Computer dan Isaac Robotic Software.

NVIDIA di Computex 2018 menghadirkan presentasi AI seperti yang sudah dibahas buzzfeed dunia teknologi beberapa bulan belakangan ini.
Artificial Intelligence dimana robot dapat belajar sendiri secara mandiri untuk mengoperasikan dirinya sesuai algoritma pembuatnya. NVIDIA® Isaac™ diperkenalkan pada press release kali ini yang diharapkan dapat menjadi generasi baru untuk kebutuhan pabrik, logistic, pertanian, pembangunan hingga industri lainnya.

CEO dan Founder NVIDIA, Jensen Huang mempresentasikan teknologi NVIDIA Isaac seperti hardware, software dan virtual-world robot simulator terbaru.
“Artificial Intelligence adalah kekuatan teknologi terkuat di masa ini. Tahap pertama akan menjadi level baru dunia teknologi yang akan mendorong produktifitas di berbagai bidang usaha. Nantinya, AI dengan kombinasi sensor dan penggerak akan menjadi otak dari generasi baru robot mandiri dan suatu saat nanti, akan ada miliaran robot pintar di pabrik, rumah, distribusi dan banyak bidang lainnya.” Bahasa yang ringan dengan sisipan canda dari Jensen Huang menjadikan presentasi NVIDIA kali ini penuh tawa dan tersampaikan dengan baik ke para media.

Jetson Xavier

Di dalam inti NVIDIA Isaac is Jetson™ Xavier™, computer pertama di dunia yang di design khusus untuk robotic. Lebih dari 9 triliun transistor yang mengakomodasi lebih dari 30 triliun operasi per detik yang hanya menggunakan 1/3 daya sebuah bolham lampu. Dipersenjatai dengan 6 jenis prosesor – Volta Tensor Core GPU, 8 core ARM64 CPU, dual NVDLa deep learning accelerators, image prosesor, vision prosesor, dan video prosesor. Perangkat ini memungkinkan puluhan algoritma dapat bekerja real time untuk memproses kinerja dari sensor, odometry, localisation – mapping, vision – perception, dan map planning.
Hal tersebut adalah dasar kinerja sebuah robot untuk dapat menginput data dari sensor, mengetahui keberadaan diri dan sekitarnya, memprediksi gerakan dan memproses diri untuk mengetahui apa yang harus dioperasikan atau dijalankan dengan memperhitungkan tingkat keselamatan – yang luar biasanya lagi, hal tersebut dapat dipelajari dan dioperasikan secara real-time lebih cepat dari reflek manusia pada umumnya.

Isaac Robotics Software

Tentunya tidak hanya otak dari Jetson Xavier, NVIDIA juga menyediakan toolbox untuk simulasi, latihan dan pengoperasian nya yaitu :
• Isaac SDK – API dan tool untuk mendevelop algoritma robotic dan runtime framework untuk membuat aplikasi robotic
• Isaac IMX – Software yang dikembangkan NVIDIA untuk aplikasi robot itu sendiri yaitu Isaac Intelligent Machine Acceleration apps
• Isaac Sim – Virtual Simulation realistis untuk melatih dan testing kinerja hardware dengan menggunakan Jetson Xavier

Perlilisan nya akan dimulai di bulan Agustus mendatang di seluruh dunia dengan harga US$1.299 untuk NVIDIA Jetson Xavier Developer Kit berikut Isaac Robotic Software nya.
Adakah yang berminat membelinya? 😛

Seperti tahun sebelumnya Max-Q juga masih dibahas pada press release kali ini, sebagai pembanding Jesen Huang membawakan MSI GS65 Stealth Thin dan laptop lama tahun 2000an. Teknologi Max-Q mampu memberikan ultra portable powerful gaming laptop yang memungkinkan para produsen laptop memproduksi laptop yang semakin tipis namun juga semakin powerful.
Salah satu hal yang menarik dari pembahasan kali ini selain AI adalah NVIDIA RTX Technology, yang sering dipakai untuk content creator dan game development menghasilkan grafis yang semakin realistis dengan cinematic-quality rendering di game-game masa kini, yang tentunya juga dipakai di game yang akan direlease seperti Call of Duty Black Ops, Battlefield V dan Shadow of the Tomb Raider. Jadi ga sabar nih buat mainin game-game tersebut.

Sebelum Jesen Huang mengakhiri acara, disediakan sesi tanya jawab dan ada beberapa pertanyaan yang menggelitik seperti tanggapan NVIDIA tentang mining cryptocurrency dan kapan dirilisnya kartu NVIDIA terbaru. Mungkin beberapa dari kalian juga sudah tahu tentang kartu grafis khusus dari NVIDIA untuk mining, namun untuk kartu grafis terbaru dari NVIDIA, Jesen Huang masih belum mau membocorkannya 😛

 

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram