Pentingnya PSU Berkualitas Bagi Gamers

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 04 Feb 2017 | 416,174

Komputer tidak ada bedanya jaman sekarang ini dengan struktur tubuh manusia, ada yang berfugsi sebagai otak, ada yang berfungsi sebagai jantung dan lain sebagainya. Jika CPU diibaratkan sebagai otak komputer maka Power Supply atau yang lebih kita kenal dengan singkatan PSU adalah jantungnya. Ibarat jantung manusia, PSU memberikan asupan daya yaitu listrik kepada seluruh komponen dalam komputer supaya bisa beroperasi. Sayangnya masih banyak gamers terutama yang pertama kali merakit komputer nya sendiri sering melewatkan satu komponen vital ini. Masih banyak yang ragu untuk menghabiskan biaya extra untuk membeli PSU yang berkualitas.

Padahal seperti layaknya jantung manusia, jantung yang sehat akan membuat seluruh tubuh dapat bekerja lebih maksimal. Begitu juga dengan komputer, seluruh komponen komputer akan dapat bekerja dengan lebih maksimal dan tahan lama jika daya nya disuplai PSU yang berkualitas bagus. Alih-alih menghemat biaya perakitan rig dengan memangkas biaya untuk membeli PSU, kamu bahkan bisa kehilangkan seluruh komponen komputer kamu karena tidak stabilnya listrik yang dihantarkan oleh PSU pada komponen dalam jangka waktu yang lama. Sebagai gamer apalagi yang sering menyalakan komputernya untuk bermain game dalam waktu yang lama, PSU adalah salah satu hal penting yang tidak boleh setengah setengah memilihnya.

Nah kali ini Nixiagamer punya beberapa alasan buat kamu betapa pentingnya PSU yang berkualitas bagi gamers.
psu2

AESTHETICS
Estetika, mungkin adalah satu hal yang sering sekali dilupakan oleh para gamers atau pc desktop user yang sedang membangun komputer nya. Memaksimalkan komponen hardware yang dirancang dengan budget yang ada untuk menghasilkan price to performance yang paling maksimal adalah hal yang menjadi fokus utama. Yup, ini adalah hal yang wajar mengingat estetika hanya akan sedikit berpengaruh terhadap performa dari komputer yang sedang kalian bangun. Kamu bisa saja memiliki motherboard berwarna merah, kartu grafis berwarna hijau, memory ram berwarna hitam tetapi tetap mendapatkan performa komputer yang maksimal. Tetapi bagi beberapa orang keindahan rig itu sendiri adalah sebuah hal penting yang tidak boleh dilewatkan.

Nah jika kamu adalah salah satu gamer yang menginginkan isi dalam casing yang rapi tanpa harus mengcustom sana sini, PSU Modular adalah pilihan yang tepat, apalagi jika case kamu sudah mendukung cable management. Untuk kamu yang masih belum tahu apa bedanya PSU yang modular dan non-modular, perbedaanya terletak pada pengkabelan nya. Pada PSU yang non-modular kita tidak bisa memilih kabel mana saja yang ingin kita gunakan, semua kabel sudah terintegrasi dengan PSU sehingga tidak bisa kita lepas. Sedangkan pada kabel modular kita bisa memilih-milih kabel mana saja yang ingin kita pakai, misalnya kita memiliki kartu grafis yang tidak memerlukan power pin, kita bisa melepas kabel power PCI nya, atau misalnya kita cuma memiliki media penyimpanan satu buah ssd dan satu buah hdd yang hanya membutuhkan satu buah kabel power SATA, kita bisa melepas kabel power SATA yang lainnya. Hasilnya kita bisa menghemat tempat dalam case sekaligus membuat airflow lebih baik. Ada juga PSU dengan jenis semi modular yang membuat kabel power mobo 24pin dan 8pin CPU nya terintegrasi, tetapi kita masih bisa memilih kabel power pheriperal lainnya.
psu3

DURABILITY
Nah, berkaitan dengan estetika, tidak sedikit juga gamers yang mengorbankan kualitas komponen hardware untuk mendapatkan keselarasan warna pada gaming rig mereka. Hasilnya mungkin adalah gaming rig yang terlihat keren dilihat tetapi durabilitasnya tentu akan menjadi tanda tanya besar di kemudian hari. PSU yang berkualitas menjamin penggunaan komputer yang lebih lama dan lebih stabil tanpa adanya gangguan tenaga. Itu berkat komponen PSU yang berkualitas seperti kapasitor, resistor dan lain sebagainya. Selain itu komponen yang berkualitas juga lebih tahan terhadap panas sehingga durabilitasnya bisa dipastikan akan lebih bisa diandalkan.
psu

EFFICIENCY
Satu faktor yang juga menentukan kualitas PSU adalah efisiensinya. PSU yang baik memiliki tingkat efisiensi yang tinggi sehingga jumlah tenaga listrik yang dibuang menjadi energi panas bisa diminimalisir. PSU yang baik memiliki sertifikasi tertentu yang menentukan performa nya yang biasa kita kenal dengan sertifikasi 80+. Sertifikasi ini hanya diberikan pada PSU yang memiliki 80% efisiensi pada beberapa situasi load yaitu pada load 20%, 50% dan juga 100% dari nilai beban PSU itu sendiri. Sertifikasi ini memiliki arti bahwa nilai tenaga yang dibuang oleh PSU maksimum adalah 20%. Perlu diketahui bahwa setiap daya yang terbuang oleh PSU yang dan dihantarkan ke komponen komputer akan dibuang sebagai energi panas, sehingga dengan memiliki PSU yang memiliki sertifikasi 80+ kita bisa meminimalisir panas yang ada dalam komputer kita. Selain itu dengan makin sedikitnya daya listrik yang dibuang tagihan listrik di rumah juga bisa makin dihemat.

Sertifikasi 80+ ini kemudian masih dibagi lagi menjadi beberapa kelas yang membedakan kualitasnya lebih detail lagi. Mulai dari Bronze, Silver, Gold, Platinum dan juga Titanium. Makin tinggi kelasnya makin efisien juga daya yang digunakannya dengan dampak akan makin mahal juga harga PSU tersebut. Tidak banyak produsen PSU yang memiliki produk dengan sertifikasi diatas Gold yaitu Platinum, apalagi Titanium. 29-05-2017 10.39

Corsair, sebagai salah satu sponsor utama tim NXA-Ladies adalah salah satu produsen PSU paling handal di dunia. Dengan beragam fitur dan teknologi eksklusif yang ada, PSU Corsair mampu menawarkan banyak nilai positif dibandingkan produsen PSU yang lainnya. Selain itu Corsair juga menyediakan banyak pilihan seri untuk mengakomodasi seluruh kebutuhan gamers. Semua seri juga telah mendapatkan sertifikasi 80+ yang berarti semua lineup siap untuk memberikan efisiensi tinggi di segala sistem komputer baik itu untuk penggunaan office work sampai ke yang ekstrim seperti hardcore gamer ataupun overclocker.

Beragam seri PSU Corsair yaitu VS, CX, SF, TX, RM, HX, dan yang paling tinggi adalah AX series. Dengan berbagai kapasitas mulai dari 350Watt sampai dengan 1500Watt, PSU Corsair tentu akan mampu mengakomodasi semua kebutuhan daya komputermu dalam berbagai macam kombinasi. Selain itu juga Corsair adalah salah satu produsen yang memiliki PSU dengan standar 80+ Titanium dengan seri AX1500i nya yang sering digunakan pada sistem kelas ekstrim dengan 4-Way SLI atau untuk para overclocker memecahkan rekor dunia Overclocking. Kode i pada belakang seri menandakan bahwa PSU tersebut mendukung teknologi Corsair Link. Teknologi monitoring ekskuslif dari Corsair yang digunakan untuk melihat berbagai macam parameter seperti suhu, load, putaran kipas dan hal lainnya pada PSU maupun pada Heatsink Corsair yang juga mendukung teknologi Corsari Link ini. \
01-02-2017 09.48

Selain yang telah disebutkan diatas, PSU Corsair juga memiliki garansi yang cukup lama yaitu mulai dari 3 tahun untuk seri entry level dan sampai dengan 10 tahun untuk seri high-end nya. Bagi yang concern dengan noise, PSU Corsair memiliki teknologi Zero RPM Fan Module yang berguna untuk membuat kipas pendingin PSU hanya berputar saat PSU sedang bekerja keras dan mencapai suhu tertentu. Untuk informasi lebih lanjut, teman teman bisa langsung kunjungi website berikut : http://www.corsair.com/en/power-supply-units .

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram