Review Call of Duty : Advanced Warfare

Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 14 Jan 2015 | 16,973

Call of Duty Advanced Warfare ~ Nixiagamer.com

Call of Duty adalah salah satu franchise game yang terkenal di kalangan gamer, apalagi bagi penggemar game FPS. Bahkan bagi beberapa gamer mungkin game inilah yang pertama kali membuat mereka kecanduan bermain game. Call of Duty memang sebuah game yang mendapat apresiasi bagus sejak peluncuran game pertamanya, namun tiap peluncuran game berikutnya, gamers tidak merasakan pengembangan yang cukup signifikan dari game ini sampai 10 judul mulai dari CoD 1-3, CoD:Modern Warfare 1-3, CoD:World at War, CoD:Black Ops 1-2 hingga CoD:Ghost. Gameplay yang mirip dengan grafis yang juga memiliki sedikit perbedaan dari judul ke judul. Karena itulah banyak gamers yang berharap Call of Duty : Advanced Warfare ini untuk menjadi pematah lingkaran setan itu. Sejak trailernya dirilis pun sudah banyak gamers yang awalnya sudah pesimis dengan pengembangan CoD series ini menjadi tertarik kembali untuk memainkannya. Setting lingkungan di masa depan dengan senjata dan peralatan yang canggih tentu menjadi daya tarik yang cukup kuat bagi franchise ini mengingat seri seri sebelumnya yang bersetting di perang dunia masa lalu.

cod
s1_sp64_ship 2014-12-16 08-36-16-57

s1_sp64_ship 2014-12-16 09-45-38-53

PLOT
Dalam game ini kita akan memainkan seorang tentara Amerika bernama Jack Mitchell. Bersama dengan pasukan yang lain dan juga partnernya Will Irons kita akan menghadapi pasukan Korea Utara pada awal game. Seperti game game lain pada umumnya, level pertama ini kita akan diperkenalkan dengan teknologi teknologi militer canggih yang belum pernah kita temui di seri seri CoD sebelumnya seperti jetpack, double jump, smart grenades dan berbagai teknologi militer futuristis yang lainnya. Pada akhir misi ini kita akan kehilangan lengan kiri kita akibat ledakan dari bom, selain itu partner kita Will Irons juga tewas dalam misi ini karena mencegah kita terkena ledakan bom.
s1_sp64_ship 2014-12-16 09-43-15-00

Scene berikutnya kita akan hadir di pemakaman Will Irons. Di situ kita akan bertemu dengan Jonathan Irons. Jonathan Irons adalah salah satu karakter utama dalam game ini. Ia adalah ayah dari Jack Mitchell yang juga menjadi kepala sebuah organisasi militer swasta bernama Atlas. Melihat kemampuan militer Jack Mitchell yang sangat mengagumkan, Jonathan menawarinya untuk masuk menjadi salah satu prajurit di Atlas. Teknologi di masa ini sudah sangat maju sekali, bahkan lengan kiri Mitchell yang telah putus pun bisa direkonstruksi lagi menggunakan tangan exoskeleton buatan. Jonathan ingin memaksimalkan potensi militer Mitchell lebih jauh lagi.
s1_sp64_ship 2014-12-16 09-41-55-69

s1_sp64_ship 2014-12-16 09-46-45-92

Korea Utara sudah tamat, dunia sekarang memiliki bahaya baru dari organisasi teroris bernama KVA yang dipimpin oleh antagonis bernama Hades. KVA ini memiliki motif untuk menghentikan ketergantungan manusia kepada teknologi. Padahal pada tahun itu teknologi sudah sangat maju, manusia mungkin tidak akan hidup tanpa bantuan dari teknologi. Karena itulah misi KVA ini akan mengancam kehidupan umat manusia di dunia. Atlas tentu bereaksi dengan serangan demi serangan yang gencar dilakukan oleh KVA. Bersama dengan partner baru bernama Gideon, Ilona dan yang lainnya, kita akan menjalankan misi demi misi untuk mencegah rencana rencana jahat KVA.

s1_sp64_ship 2014-12-16 12-16-12-45

s1_sp64_ship 2014-12-16 12-19-23-37

Teknologi super canggih yang dimiliki oleh Atlas seperti Exoskeleton dan juga senjata senjata mutakhir dan mematikan tentu membuat perlawanan dengan KVA lebih mudah. Tak lama setelah beberapa misi penting Mitchell akhirnya bisa membunuh Hades. Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya Hades memberikan sebuah pesan rahasia menyangkut Jonathan Irons dan Atlas. Isi dari pesan itu ternyata mengindikasikan kalau Jonathan Irons telah mengetahui rencana dari KVA dari awal tetapi lebih memilih untuk mengambil keuntungan dari hal tersebut daripada memberitahukannya kepada seluruh dunia. Matinya hades membuat Atlas menjadi organisasi militer swasta terbesar di dunia dengan persenjataan yang canggih dan jumlah prajurit yang tak terhitung banyaknya.
s1_sp64_ship 2014-12-16 11-34-49-15

Merasa diperalat oleh Jonathan Irons, Mitchell akhirnya melakukan perlawanan balik bersama dengan Ilona dan Gideon dibawah salah satu organisasi rahasia bernama Sentinel yang bertugas untuk mengawasi gerak gerik Atlas setelah KVA tamat. Bersama kembali dengan Cormack, komandan di misi pertama saat perang melawan Korea Utara yang ternyata juga adalah salah satu komando di Sentinel, Mitchell dan teman teman berjuang untuk menghentikan Atlas dan juga mengakhiri Jonathan Irons yang haus akan kekuasaan.
s1_sp64_ship 2014-12-16 12-41-28-36

s1_sp64_ship 2014-12-16 12-41-57-12

GAMEPLAY
Dari segi gameplay, CoD : Advanced Warfare ini memiliki mekanisme yang mirip dengan game game yang sebelumnya. Permainan FPS yang cepat dengan beberapa Quck Time Event untuk memberikan kesan cinematic seperti sebuah film. CoD memang dikenal dengan cerita single playernya yang mengagumkan dan penuh dengan intrik serta konspirasi. Dengan setting masa depan yang futuristik, CoD Advanced Warfare menyuguhkan cerita baru yang menarik untuk diikuti.
s1_sp64_ship 2014-12-16 09-46-06-07

s1_sp64_ship 2014-12-16 10-18-53-21

s1_sp64_ship 2014-12-16 10-22-09-97

Satu yang menjadi daya tarik dalam game ini adalah teknologi Exoskeleton. Kerangka mekanik ini bisa meningkatkan kemampuan seorang prajurit menjadi lebih kuat berkali kali lipat. Selama game, akan ada dua jenis exoskeleton yang kita gunakan, tipe Assault dan tipe Specialist. Keduanya memiliki kegunaan dan skill yang bisa diaktifkan sendiri sendiri seperti double jump, dash, stim, dll. Selain itu setelah menjalankan suatu misi atau challenge tertentu kita bisa mendapatkan upgrade point untuk meningkatkan kemampuan exoskeleton ini lebih jauh lagi seperti menambah kecepatan reload, menambah ketahanan terhadap tembakan dan ledakan, mengurangi recoil saat menembak, menambah durasi sprint dan masih banyak lagi. Pada beberapa misi juga kita juga akan mengendap endap dari musuh menggunakan satu kemampuan unik dari exoskeleton yaitu menghilang atau blending dengan lingkungan sehingga tidak terlihat oleh musuh.
s1_sp64_ship 2014-12-16 14-27-26-88

s1_sp64_ship 2014-12-16 10-30-41-16

s1_sp64_ship 2014-12-16 10-06-34-44

s1_sp64_ship 2014-12-16 14-52-05-12

Senjata senjata yang akan kita gunakan juga sangat futuristik, memiliki indikator hologram untuk menampilkan status peluru, granat, baterai dll. Attachment yang ada juga semakin menandakan kalau setting waktu perang di CoD Advanced Warfare adalah di masa depan. Satu yang menarik perhatian Nixiagamer adalah attachment yang dapat menghighlight posisi musuh sehingga jika ada musuh yang masuk dalam crosshair kita maka akan tampak menyala dengan warna merah sehingga kita bisa lebih mudah untuk menembaknya. Ditambah dengan kemampuan exoskeleton fast-reload membuat senjata senjata yang ada dalam game bisa di reload dengan sangat cepat sehingga kita selalu siap untuk memberondong musuh dengan hujan peluru.
s1_sp64_ship 2014-12-16 08-44-58-48

Call-of-Duty-Advanced-Warfare-Weapons

Granat pun tidak lepas dari elemen futuristik. Sekarang granat yang kita lemparkan tidak hanya sekedar jatuh ke arah kita melemparnya tetapi bisa mencari musuhnya lalu terbang kearahnya untuk meledak di depan mukanya. Smart grenade namanya. Kita bisa menyetting apa mode granat itu sebelum melemparkannya, apa itu frag, smart, flashbang, atau emp. Granat dibagi menjadi dua tipe yaitu lethal grenade dan juga tactical grenade. Ada satu mode dari granat ini yang unik yaitu detection grenade. Saat dilemparkan granat ini akan menscan environment di sekitarnya dan meng-highlight posisi semua musuh yang terdeteksi. Musuh yang terdeteksi akan mengeluarkan warna merah menyala bahkan jika musuh itu bersembunyi di belakang dinding atau pohon sehingga kita bisa melancarkan surprise attack dengan cepat dan mudah. Mode granat emp juga ditambahkan dalam jajaran granat yang bisa dibawa karena musuh kita dalam game tidak hanya manusia saja, tetapi ada juga drone drone bersenjata yang juga mematikan. Ukurannya yang kecil dan gerakannya yang gesit membuatnya susah untuk ditembak, cara paling mudah ya dengan melemparkan granat emp tadi.
s1_sp64_ship 2014-12-16 09-31-30-62

NAMUN! Sayang beribu sayang kita tidak bisa menggunakan kemampuan kemampuan tadi secara maksimal sesuai dengan kemauan kita. Kita akan bisa menggunakan kemampuan exoskeleton seperti misalnya menghilang, atau memanjat dinding hanya jika game menyuruh kita untuk melakukan itu. Kita tidak bisa mengaktifkan double jump semau kita, kita tidak bisa menggunakan grapple pada sembarang bangunan, bahkan kita tidak bisa memilih jenis exoskeleton yang akan kita gunakan sebelum misi dimulai. Hal ini sangat mengecewakan sekali, kita hanya bisa bermain sesuai dengan skenario dari Sledgehammer selaku developer CoD Advanced Warfare. Padahal jika kita bisa menggunakannya semau kita maka akan ada banyak sekali variasi playstyle yang bisa digunakan, apakan kita ingin mengendap endap seperti assassin dan membunuh musuh satu per satu, atau kita akan menjadi rambo yang dengan cepat membunuh musuh yang jumlahnya jauh lebih banyak. Mungkin inilah satu satunya elemen yang sebenarnya bisa menjadikan CoD Advanced Warfare ini berbeda dari seri seri sebelumnya, tetapi ternyata Sledgehammer memilih untuk tidak menerapkannya sehingga mengakibatkan feel yang gamers dapatkan dari CoD Advanced Warfare tidak jauh berbeda dari seri seri yang sebelumnya.
Call-of-Duty-Advanced-Warfare

GRAPHICS & SOUND
Rasa Next-Gen benar benar bisa kita rasakan dari game ini. Apalagi jika dibandingkan dengan seri seri CoD yang sebelumnya. Advanced Warfare inilah yang mungkin menjadi lompatan paling besar CoD series dari segi grafis. Pencahayaan dan model karakter jauh lebih solid dan ekspresif. Mimik wajah dan gerak bibir sangat realistis sehingga membuat kita betah untuk memainkannya berlama lama. Dari segi suara juga sangat realistis dan mengagumkan. Tiap karakter memiliki voice actor yang kuat sehingga bisa menghasilkan suasana yang menegangkan. Suara yang dihasilkan dari senjata senjata yang ada juga sangat realistis, tidak lagi terdengar seperti suara popcorn matang yang meletup.
s1_sp64_ship 2014-12-16 12-14-24-43

CONCLUSION
Memang banyak sekali improvement yang bisa dirasakan pada seri Call of Duty Advanced Warfare ini tetapi seperti ada rasa originalitas yang tidak dipertimbangkan oleh Sledgehammer. Pergerakan vertikal yang lebih tereksplorasi dengan adanya kemampuan double jump sudah diterapkan oleh developer Titanfall dan yang lebih tua Halo. Kemampuan menghilang juga sudah diterapkan sejak lama oleh Crysis. Bahkan persenjataan yang futuristis pada Rifle, SMG, Shotgun, Sniper, Grenade juga mirip dengan yang diterapkan oleh Killzone ataupun Resistance. Tidak ada elemen yang benar benar menjadikan CoD Advanced Warfare ini menjadi game yang benar benar berbeda dari game action fps yang lainnya. Game ini baru bisa dikatakan sangat berbeda jika dibandingkan dengan seri CoD yang sebelum-sebelumnya.

DSC04149

Terlepas dari hal itu, CoD Advanced Warfare menawarkan nilai positif yang sama dengan seri seri pendahulunya, cerita single player yang unik dan penuh dramatisasi sekalgus visual yang sinematik. Semua hal itu menjadi satu elemen yang membuat game ini masih layak untuk diselesaikan, terlebih bagi CoD mania yang selalu ingin tahu cerita apa saja yang disuguhkan oleh franchise ini. Final words : Nice !!

BEST PLAY WITH MSI GAMING & CORSAIR GAMING GEAR !

 msi-gaming_logo-vertical-4color-bCG_Primary_WEB_1A
Exoskeleton-Desktop

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram