Review | CM Storm Mizar Gaming Mouse

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 09 Apr 2014 | 46,773

Cooler Master yang merupakan produsen terkemuka mulai dalam produk casing,cooler, dan berbagai aksesoris komputer, kini melalui divisi Gaming Peripheral nya yang memiliki brand CM Storm terus menghadirkan produk gaming gear terbaru yang siap bersaing dengan brand ternama lainnya. Dan kali ini Nixia kedatangan CM Storm Mizar, sebuah gaming mouse terbaru dari CM Storm yang dipersenjatai oleh sensor laser Avago 9800 serta dilengkapi dengan fitur tombol programmable/macro untuk memanjakan para gamers. Sebelum diulas lebih lengkap, mari kita lihat terlebih dahulu mouse ini lebih dekat.~

Unboxing
Dikemas dalam box hitam yang memiliki cover berdesain mouse Mizar sendiri dengan efek warna merah disekeliling mouse dan logo CM Storm pada mouse. Logo Mizar sendiri tertulis besar dalam warna emboss silver. Selain dilengkapi poin-poin fitur mouse ini, bagian cover juga meng-highlight fitur laser sensor 8200DPI, dengan menempatkan poin tersebut diatas gambar mouse Mizar. Pada bagian cover juga bisa dibuka, untuk dapat melihat dan mencoba bentuk produk mouse Mizar yang masih dilapisi plastik mika transparan. Pada bagian dalam cover yang dibuka tertera spesifikasi dari CM Storm Mizar dan sebuah paragraf deskripsi dari produk Mizar.

Lanjut ke bagian belakang box, disini CM Storm menjelaskan fitur Mizar dengan lebih detail dalam berbagai bahasa, lengkap dengan info grafisnya. Pada sisi-sisi box lainnya terdapat informasi tentang kantor pusat Cooler Master di Taiwan dan cabangnya pada beberapa region US dan Eropa.

Saat mengeluarkan mouse ini dari boxnya, Nixia mendapati mouse berwarna hitam ini pada plastik mika nya dilengkapi dengan selembar kertas quick start guide dan warranty. CD Driver memang tidak disertakan, namun kita bisa men-downloadnya pada situs resmi www.cmstorm.com

Design

Mizar di-desain khusus untuk pengguna mouse dengan tangan kanan, mengingatkan kita pada mouse Razer DeathAdder namun Mizar memiliki ukuran yang lebih ramping. Hadir menggunakan bahan plastik dengan lapisan soft matte berwarna hitam dan pada kedua sisi gripnya menggunakan bahan rubber bertekstur lubang-lubang kecil, rubber pad pada grip ini berfungsi sebagai anti-licin bagi tangan yang sering berkeringat, membuat genggaman pada mouse lebih kencang dan presisi saat banyak aksi in-game diperlukan.


Mouse hitam ini dihiasi dengan logo CM Storm pada bagian tengahnya dan memiliki LED backlight yang akan menyala ketika konektor USB dipasang. Lampu LED pada logo ini bisa kita ubah kedalam 7 warna berbeda pada drivernya, namun secara default, jika kita mengubah profil DPI menggunakan tombol pengatur DPI yang terdapat di bawah scroll-wheel maka lampu LED juga akan ikut berubah sebagai indikator, mulai dari putih, merah, hijau, dan biru. Walaupun tombol scroll-wheel dan pengatur DPI juga ikut menyala berwarna putih, sayangnya warna LED tidak bisa ikut berubah seperti pada logonya.

Selain tombol-tombol mouse standard, CM Storm Mizar juga menambahkan 2 tombol tambahan pada grip sisi ibu jari. Pada saat browsing, tombol ini memiliki fungsi bawaan untuk Forward dan Backward, namun fungsi tersebut tentu saja bisa kita ubah, karena CM Storm Mizar mendukung fitur Macro Programmable pada seluruh tombol mouse ini.
Pada bagian bawah, kita akan temukan lubang sensor laser dan mouse ini memiliki 4 buah rubber feet yang terbilang tipis. Untuk urusan kabel, Mizar menghadirkan kabel sepanjang 2 meter dalam desain braided untuk membuat kabel ini memiliki daya tahan lebih lama dan disertai USB konektor gold-plated.

Software
Anda perlu mendownload lalu menginstall software driver CM Storm Mizar ini untuk mengatur segala hal dari mouse ini. Pertama kita bisa mengatur atau mem-program fungsi berbeda pada setiap tombol Mizar. Pada Main tab, pilih tombol yang ingin anda custom fungsinya, lalu klik di panah, dan akan muncul menu drop down berisi berbagai perintah yang bisa dilakukan tombol, mulai dari Macro, multimedia, pengatur level DPI, bahkan Anda pun bisa mematikan (disable) fungsi sebuah tombol.

Pada tab Advanced, kita bisa mengatur besarnya DPI mulai dari 200 hingga 8200 DPI kedalam 4 level berbeda, yang nantinya akan tersimpan di dalam tombol setting DPI on-the-fly di mouse. Selain itu juga kita bisa memilih warna LED backlit yang akan menyala pada logo CMStorm di mouse kedalam 7 pilihan warna, disertai juga pilihan efek Breathing yang akan menampilkan backlit dari intensitas kecil hingga tinggi berulang-uilang, atau mode Rapid Fire yang membuat backlit menyala berkedip setiap tombol manapun di mouse di tekan. Pengaturan lainnya pada tab Advanced ini juga bisa Anda atur, yaitu Led Brightness, OS Sensitivity, OS Douible Click Speed, dan Button Response Time.
Berikutnya pada tab Macro disinilah penggunanya dapat merekam fungsi macro, baik itu kombinasi beberapa tombol mouse dan/atau juga tombol keyboard. Kita bisa membuat macro baru, menyimpan baru, atau me-load nya dari macro bawaan mouse lama anda. Pada tab Profiles kita bisa membuat hingga puluhan lebih profil custom kita sendiri, contohnya saja kita bedakan sesuai dengan game yang akan dimainkan, kemudian kita bisa me-loadnya kedalam setiap 4 slot profile yang tersedia. Tab Library mengijinkan pengguna untuk menaruh file macro ke profile atau button pada mouse lebih cepat dan terorganisir. Kemudian juga pada bagian bawah software terdapat 4 kotak profil untuk memudahkan dalam memilih profil yang akan diaktifkan, kita juga bisa memasangkan gambar berukuran 42pixel kedalam setiap profile agar semakin mudah dibedakan.

Performance
CM Storm Mizar memiliki bobot sekitar 87gr, membuat mouse ini termasuk dalam skala yang ringan. Bentuknya yang terbilang panjang namun tetap ramping, masih sangat cocok bagi para gamers yang memiliki tipe claw grip. Memang tidak disebutkan secara spesifik pada gamers genre apakah yang ditujukan Mizar, namun menurut Nixia bobot ringan mouse ini membuatnya sangat cocok digunakan gamer FPS yang terbiasa menggunakan sensitifitas kecil, sehingga dapat menggerakkan mouse untuk aiming musuh dengan cepat dan mudah.


7 buah tombol yang dimiliki memiliki build yang cukup solid dan nyaman diklik oleh jemari. Nilai plus juga untuk tombol scroll wheel nya yang nyaman diputar-putar untuk scroll halaman, atau menerapkan fungsi mengganti senjata dalam game. Tombol scroll wheel Mizar memiliki lapisan rubber dan bertekstur, membuatnya mudah diakses tanpa gangguan saat keadaan gaming extra intense. Mengganti sensitifitas mouse dengan tombol DPI yang tersedia juga bisa dilakukan dengan cepat dan mudah diketahui dari warna lampu LED pada logo yang berubah-ubah sesuai profil DPI, sayangnya tombol DPI ini terbilang cukup kecil dan seperti agak terpendam didalam mouse.


Pengetesan performa dari CM Storm Mizar di genre FPS game, pada game CS:GO menghasilkan kenyamanan dalam bermain game selama berjam-jam. Meskipun tangan Nixia bukan tipe yang mudah berkeringat, namun rubber grip pad pada Mizar ini cukup menambah kerekatan handling tangan dengan mouse. Ber-parkour ria mengitari environment dalam game Titanfall menjadi lebih ringan dan lincah karena mouse Mizar yang ringan dan mempunyai feel klik yang presisi ini. Kemudian dipakai dalam game Diablo III juga mouse ini terbilang nyaman, berkat adanya fitur macro/programmable button juga Nixia bisa menggabungkan beberapa key perintah dalam satu klik, sehingga permainan menjadi lebih cepat dan efisien.

Conclusion
Tampak minimalis dan simple untuk ukuran sebuah gaming mouse, namun fungsionalitas nya tidak bisa dihiraukan. Semua fungsi gaming mouse terkini seperti Macro Programmable Keys sudah ditanamkan pada mouse CM Storm Mizar ini. Desain yang ergonomis membuat mouse ini pantas ditujukan bagi gamers yang tidak terlalu menyukai gaming gimmick berlebihan dan lebih mengutamakan kenyamanan dari sebuah mouse. Saat ini produk CM Storm Mizar memang belum dipasarkan secara umum di Indonesia, info harga yang kami dapatkan dari produsen adalah USD 60, masih terbilang worth it untuk berbagai fungsi gaming yang didapatkan dari mouse ini.
Fitur
► Avago 9800 laser sensor
► Tombol pengaturan DPI On-the-fly – 4 levels, hingga 8200 DPI
► Seluruh 7 tombol bisa diprogram untuk menjalankan fungsi tertentu / macro
► Software Driver untuk Button Assignment, DPI Level setting, Macro/Profile Editing
► CM Storm logo memiliki LED backlit yang bisa dicustom warnanya
► Rubber Pad bertekstur pada kedua sisi grip mouse, untuk menghasilkan stabilitas grip yang tinggi dan mempercepat kontrol dalam pergerakan mouse
Specifications
► Design – Palm
► Body Material – Rubber Paint
► Sensor – Avago 9800 laser Sensor
► DPI – 8200
► Switch – Omron 5 million clicks
► Onboard Memory – 128 Kb
► Polling Rate – 1000 Hz /1 ms
► Max. tracking speed – 150ips/30 g
► Programmable Buttons – 7 keys
► Cable Lenght – 2m
► Dimensions – 60.4 x 40.2 x 124.8 mm / 2.38 x 1.58 x 4.91 inches
► Weight – 121 g / 0.27 lbs
► Software – Available on www.cmstorm.com
► LED Color – Multi color: Memiliki 2 fungsi, pertama sebagai DPI level indikator dan sebagai Profil indikator, jika menggunakan 2 warna berbeda maka akan terlihat saat mengganti level DPI warna logo CMStorm akan menyala selama 2 detik, lalu kembali ke warna LED profile asal.
► DPI levels LED colors: 1. white, 2. red, 3. green , 4. blue
Video Review :
Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram