Review | CM Storm Quickfire TK Mechanical Keyboard

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 01 Dec 2013 | 7,720

Tiny Weapon, Big Firepower, Think Different

Pada kesempatan kali ini Nixiagamer akan me-review satu buah Keyboard yang mungkin hampir seluruh gamer ini sudah tahu yaitu CM Storm Quickfire TK. CM sendiri merupakan singkatan dari Cooler Master, sebuah perusahaan ternama di dunia komputer. Cooler Master dikenal oleh banyak orang karena memiliki produk-produk hardware komputer dari Casing, PSU, Fan, Cooler Pad, dll. CM Storm merupakan divisi dari Cooler Master untuk peripheral gaming-nya. CM Quickfire TK merupakan keyboard mechanical gaming yang menggunakan Cherry MX Red Switch, mari kita lihat dibawah ini untuk review lebih lengkap.

BOX

Logo Cooler Master berada di kiri atas, nama keyboard CM Storm Quickfire TK – Fully Backlit Mechanical Keyboard berada di sebelah bawah, dan indikator Switch yang digunakan yaitu Cherry MX Red Switch. Pada bagian sisi bawah hanya terdapat logo Cooler Master, pada bagian sisi atas terdapat keterangan website www.cmstorm.com dalam 21 bahasa. Pada bagian sisi kiri terdapat nama Keyboard ini beserta 2 buah icon yang menunjukan bahwa Keyboard ini compatible/dapat digunakan di Windows 7/Vista/Vista64/XP/x64/Windows 8. Pada bagian sisi kanan terdapat tulisan Storm Tactical dan 3 buah Icon yang melambangkan karakter dari Keyboard ini Strength, Security, Control.

Pada bagian belakang box terdapat logo keyboard ini, penjelasan mengenai fitur-fitur yang ada dalam 9 bahasa, dan juga terdapat 4 fitur unggulan Quickfire TK secara visual. Di dalam box, anda akan langsung dapat melihat Keyboard ini terbungkus rapi dengan menggunakan sebuah pelapis putih dan juga terdapat sebuah product guide, Warranty rules, Keycap Puller untuk mencopot keycaps.

KEYBOARD

Mechanical Keyboard CM Storm TK ini berwarna dasar putih pada body nya dan memiliki keseluruhan keycaps berwarna hitam, disertai aksen laser print di tiap keycap.  Switch yang dipakai yaitu Red Switch, sehingga nyaris tidak ada perbedaan dengan brand-brand lain yang juga sama menggunakan Cherry MX Red sebagai switch mereka.Quickfire TK merupakan 1 dari 3 seri Keyboard CM Storm yang termasuk seri Tenkeyless dimana ukurannya menjadi lebih kecil daripada keyboard standard. Logo CM Storm ditempatkan pada sebelah kanan atas berwarna hitam, dimana juga terdapat 3 buah lampu indikator Num lock, Caps lock, Scroll lock.

Keyboard ini memiliki detachable USB Cable yang dapat dilepas-pasang dengan mudah sehingga memudahkan proses penyimpanan. Body keyboard ini terbilang kokoh dan tidak terlalu berat sebagai keyboard mechanical. Keyboard ini juga dibekali LED berwarna putih, dengan bagian dalamnya yang berwarna putih juga, efek LED putih tersebut menghasilkan seolah-olah dibagian body juga memiliki LED tambahan. Keyboard ini juga memiliki keunikan tersendiri, dimana walaupun berukuran tenkeyless, Quickfire TK tetap memiliki Num Pad, dan pada Num Pad ini pula disematkan tombol arrow atas-bawah, kiri-kanan,  yang akan berfungsi jika fungsi Num Lock dimatikan. Mudahnya lagi, kita bisa mengetahui apakah fungsi Numpad aktif atau hanya arrow keys yang aktif dari lampu LED nya, dimana jika keycaps pada Numpad menyala semua, berarti fungsi Numpad sedang aktif, dan jika hanya LED tombol arrows yang mati, maka fungsi numpad sedang inaktif.

FITUR

CM Storm Quickfire TK memiliki beberapa fitur-fitur antara lain:

–          LED dapat diset dalam 3 mode, yaitu Mode Gaming dimana hanya keycaps WASD dan Arrows yang menyala, Mode ON dimana seluruh keycaps akan menyala dan dapat diatur hingga 5 tingkat kecerahan LED, dan Mode Pulse/Breathe dimana lampu LED akan berkedip seperti berdenyut.

–          Fungsi NKRO atau N-Key Rollover, fitur yang membuat setiap tekanan pada Keyboard akan langsung dapat terbaca oleh komputer dan biasanya fitur ini disandingkan dengan Anti Ghosting.

–          Pada bagian Function keycaps, terbagi 3 bagian yaitu Bagian Pertama F1 – F4 merupakan tombol instrument untuk adjustment LED, Bagian Kedua F5 – F8 merupakan tombol instrument multimedia dimana anda dapat play, pause, forward, backward lagu atau film langsung dari keyboard tanpa harus menggerakan mouse, lalu Bagian Ketiga F9 – F11 merupakan tombol instrument tambahan yang memiliki fungsi untuk mengatur volume audio, dan untuk tombol F12 apabila digabung dengan tombol Fn maka akan mematikan fungsi dari tombol Windows Anda, sehingga disaat bermain Anda tetap aman dan tidak akan keluar ke Windows, walau tombol-nya tidak sengaja tertekan.

PERFORMA

Nixia mencoba mengetes keyboard mechanical ini menggunakan game ber-gener FPS dan MOBA, dimana kedua genre game tersebut membutuhkan high-speed movement dari jari-jari sehingga mechanical switch sangat membantu dalam hal ini. Uji Coba dilakukan pada game Battlefield 3, Battlefield 4, dan League Of Legend. Performance yang dihasilkan responsif dan tidak mengecewakan, tidak adanya Ghosting membuat permainan semakin menyenangkan, tidak ada perbedaan signifikan dengan Mechanical Keyboard yang menggunakan Switch Cherry MX Red lainnya.

Pada Game bergenre FPS, tidak ditemukan kendala yang berarti dan semuanya berjalan dengan baik, begitupun disaat pengujian menggunakan game MOBA seperti Dota2 dimana membutuhkan APM (seperti pada game MMO Builder Starcraft II) yang sangat tinggi rata-rata diatas 200 APM sehingga dibutuhkan Mechanical Keyboard sekelas Quickfire TK dalam hal ini.

CONCLUSION

Keyboard CM Storm Quickfire ini memiliki fitur yang cukup mumpuni di kelasnya, hadir dengan build quality terbaik, keyboard ini siap menjawab kebutuhan para gamers yang menyukai keyboard dengan kesan minimalis. Sayangnya, bagi gamers yang membutuhkan fungsi tombol makro, fitur tersebut tidak bisa anda dapatkan dari keyboard ini. CM Storm QuickFire TK diperuntukkan bagi gamers dengan mobility tinggi seperti sering bermain game secara LAN Party, sering bermain di warnet, atau sering mengikuti berbagai aktifitas game turnamen namun tetap mengandalkan performa kualitas.

Price Range  : $100 USD

(jef/nix)

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram