Review Corsair Gaming Sabre RGB Laser Mouse

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 20 Feb 2015 | 19,501

IMG_0472

Untuk semakin melengkapi lini produk Corsair di dunia Gaming Gear, yang kini telah resmi menggunakan logo baru dan nama CORSAIR GAMING, sebuah mouse gaming dengan inovasi terbaru dari Corsair diciptakan. Corsair Gaming Sabre RGB Laser Mouse ini mengikuti jejak teknologi backlighting RGB, yang pertama kali diusung oleh keyboard Corsair Gaming RGB Keyboard. Berbeda dari seri unggulan Corsair Vengeance sebelumnya, mouse yang berwarna hitam ini memiliki bobot yang lebih ringan dan memiliki sensor laser hingga 8200 DPI sehingga cocok digunakan untuk game yang membutuhkan aksi atau pergerakan yang cepat seperti game-game FPS. Mari kita lihat lebih dekat apa saja yang ditawarkan Corsair Gaming Sabre RGB Laser Mouse ini.

page1

Packaging

Dimulai dari sisi box packaging, Corsair telah menerapkan tema ciri khas Gaming yaitu warna hitam dan aksen garis kuning yang semakin membuat Sabre RGB ini terlihat elegan dan lebih menyala. Logo Corsair Gaming terbaru pun terpampang jelas di setiap sisi box. Design box dibuat seperti kebanyakan box mouse gaming sekarang ini, yaitu dengan cover depan yang dapat dibuka tutup untuk dapat melihat dan merasakan langsung rupa dan bentuk mouse walaupun kemudian masih terbungkus lagi dengan plastik mika transparan. Setidaknya calon pembeli dapat mencocokkan terlebih dahulu bentuk mouse yang akan dibelinya, dan melihat jelas kondisi mouse tanpa harus membuka segel. Penjelasan fitur Sabre dapat kita temukan di bagian dalam cover, sedangkan untuk penjelasan fungsi dan spesifikasi mouse terdapat di bagian belakang box. Didalam box, mouse ini hanya dilengkapi lembaran Quick Start Guide yang simple.

IMG_0499

Corsair Gaming Sabre RGB Laser Mouse

Yang langsung menarik perhatian Nixia saat mengeluarkannya dari dalam box adalah pada konektor kabel braided USB yang dimilikinya tidak seperti konektor biasa, Corsair Gaming menghadirkan desain khusus dimana paduan antara warna hitam dan kuning kembali hadir dan dibuat dalam desain yang unik, meskipun hal ini membuat konektor terlihat agak besar, namun hal ini tentunya dapat memudahkan kita dalam mencarinya saat ingin mencabut kabel mouse diantara konektor USB lainnya di belakang casing desktop PC.

IMG_0488

Fisik mouse yang berukuran terbilang sedang ini, seluruh bagian atasnya dibalut dengan bahan rubber yang berfungsi agar mouse tidak licin dalam genggaman. Mouse ini juga memiliki desain lengkungan ergonomis di kedua sisinya yang berfungsi untuk menopang ibu jari, jari manis & kelingking. Logo Corsair Gaming yang memiliki backlight dipamerkan di bagian tengah mouse. Tombol Scroll Wheel dibuat seperti pemisah antara tombol klik kiri dan kanan, karena terdapat lubang yang cukup panjang jika dilihat dari bagian bawah. Yang unik pada bagian penyangga kabel terdapat bagian yang menonjol terbuat dari plastik lentur yang membuat desainnya semakin unik.

IMG_0502

IMG_0503

 

IMG_0508

Pada bagian bawah mouse ini menggunakan 4 buah mouse-feet yang berukuran besar, aksen garis kuning dan tulisan Corsair Gaming hadir diantara lubang sensor laser. Desain bergaris dari bagian bawah hingga bagian depan tepat dibawah tombol klik kiri ini dibuat untuk memisahkan lampu backlight LED di bagian depan mouse dan membuatnya nampak seperti lampu depan sebuah mobil. Corsair menggunakan nama RGB untuk mencirikan bahwa backlight LED yang digunakan pada mouse nya ini dapat dikustomisasi hingga 16.8 juta warna.

IMG_0519

Backlight LED pada mouse Corsair Sabre RGB ini terdapat pada 3 bagian, pertama pada logo Corsair, pada Scroll Wheel, dan pada bagian depan mouse. Pada sisi sebelah kiri juga sebenarnya terdapat backlight yang menyala, namun warnanya tidak bisa kita kustom sendiri, karena fungsi backlight di bagian ini sebagai indikator profil DPI yang sedang aktif dan memudahkan saat kita menggantinya on-the-fly pada tombol DPI yang tersedia di mouse ini.

IMG_0533

IMG_0530

IMG_0532

IMG_0537

Corsair Sabre Laser RGB menngusung 8 buah tombol yang semuanya dapat kita kustom dan konfigurasi ulang melalui software Corsair Utility Engine. Tombol-tombol tersebut adalah tombol klik kiri, klik kanan, scroll wheel/klik tengah, 2 buah tombol pengatur DPI di sisi tombol klik kiri, 2 buah tombol di sisi ibu jari secara default memiliki fungsi forward & backward, dan sebuah tombol di belakang scroll wheel yang fungsinya dikosongkan sehingga dapat kita isi fungsi/command nya sesuai keinginan.

Screenshot 2015-02-26 17.27.05

IMG_0583

Software

Assignment Performance

Lighting Edit Light dan Waktu Start Efek

Software Corsair Utility Engine yang dapat kita download melalui situs Corsair disini, adalah software yang sama digunakan oleh keyboard Corsair RGB. Ketika mouse terpasang, software ini akan langsung menampilkan grafis dari mouse Corsair Sabre pada halaman Profile, terdapat juga 3 bagian menu; Assignment, Performance, dan Lighting. Pada Assignment kita bisa menentukan fungsi setiap tombol, fungsi perintah, macro, text macro, dll. yang sebelumnya telah kita buat pada menu utama software yaitu ‘Actions’, dimana semua fungsi tsb. juga dapat diaplikasikan pada keyboard Corsair RGB. Pada menu Performance, kita dapat mengatur besarnya DPI pada 5 profil DPI yang tersedia mulai dari 50-8200 DPI, mengatur Sniper DPI, Pointer Motion Speed, Lift Height, dan Angle Snaping. Sedangkan pada menu Lighting, disinilah kita bisa mengatur warna dan efek backlight dengan 16.8 juta warna, kita juga bisa menambahkan efek tipe Solid & Gradient yang sudah kita buat dan simpan di menu Lighting software ini. Buat grup dari semua area backlight kemudian drag & drop efek yang diinginkan dari Lighting Effect List. Jika kita ingin mengedit warna atau timing start/end efek tersebut, cukup dengan meng-klik kanan pada grup, pilih Edit Light dan atur warna sesuka hati atau pilih Start with mode, jika ingin efek menyala terus-menerus. Nah, bagi kamu yang tidak ingin repot-repot mengatur efek lighting, kamu bisa menggunakan efek yang Nixia pakai, dengan men-download nya disini.

IMG_0507

Performance

Mouse Corsair Sabre Laser RGB ini memiliki lapisan rubber yang lembut dalam genggaman tangan, namun juga mampu mencegah licin jika tangan berkeringat. Ukurannya masih sama dengan mouse yang sebelumnya biasa Nixia gunakan, yaitu Corsair Vengeance M95/65, namun istimewanya Corsair telah memangkas bobotnya menjadi jauh lebih ringan, hanya 100gr saja. Digunakan untuk bermain game-game FPS seperti Titanfall atau Call of Duty : AW yang membutuhkan kecepatan gerak yang tinggi, Nixia tidak menemukan suatu masalah apapun, dan semua klik berjalan dengan lancar, akurat, serta presisi. Pergerakan atau aiming pun semakin mudah dan mouse ini sangat Nixia rekomendasikan bagi gamer yang biasa bermain game dengan sensitivity kecil, yang biasanya membutuhkan space mousepad berukuran XL. Meskipun mouse ini tidak menyematkan tombol sniper seperti pada Corsair M65, kita tetap bisa mengaktifkan fungsi tombol sniper pada tombol yang kita inginkan, misalnya pada tombol di arera ibu jari. Fungsi tersebut dapat kita atur pada software CUE. Tidak hanya pada game FPS, mouse ini juga tetap cocok digunakan pada game RPG; Diablo 3 atau MOBA; DOTA2, dimana kita bisa menjalankan kombinasi tombol makro hanya dari satu tombol pada mouse untuk mempermudah aksi dalam game.

Bicara soal kualitas, Corsair telah dikenal sebagai salah satu yang terdepan, selain itu mouse ini juga memiliki garansi 2 tahun. Rangka dasar mouse ini yang menggunakan bahan aluminium menghasilkan ketahanan yang solid. Kabel USB braided sepanjang 1,8m juga telah mendukung 1.000Hz USB refresh rate untuk performa bebas lag. 3 zona RGB lighting pada mouse ini memberikan warna kontras tersendiri dari fisiknya yang berwarna hitam, kebebasan pemilihan warna dan efek lighting juga dapat membuat mouse ini lebih personal.

Conclusion

Corsair Gaming berhasil menelurkan produk gaming yang semakin menarik dan sesuai dengan kebutuhan gamers yang beragam. Desain ergonomis dan ultra ringan yang digunakan sangat membantu dalam bermain game FPS, ditambah dengan kustomisasi warna backlight membuat mouse ini tampil semakin menawan. Selain dengan sensor Laser, Corsair Sabre RGB juga tersedia dalam sensor Optical.

IMG_0562

Specification

– Color: Soft touch black
– Resolution: 50 – 8200 dpi
– Sensor: Laser
– Backlight: 3 Zone RGB
– Jumlah Tombol: 8
– Report Rate: Selectable 1000Hz/500Hz/250Hz/125Hz
– On-Board memory: Yes
– Mouse Feet: Extra Large PTFE
– Cable: 1.8m Braided Fiber
– Dimensions: 124(L) x 80(W) x 38(H) mm / 4.88″ (L) x 3.14″ (W) x 1.5″ (H)
– Weight: 100g / 0.22 lbs
– Warranty: 2 years-
– Price : Rp 820.000,-

Info ketersediaan: Digital Pitstop  (Distributor Resmi Indonesia)

Website : http://gaming.corsair.com/en/corsair-gaming-sabre-laser-rgb-gaming-mouse

IMG_0543

Photo Gallery

 

 

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram