Review | Corsair K65 Mechanical Keyboard

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 20 Mar 2014 | 38,963

Sebelum membaca review lebih lanjut, simak dahulu Video Review Nixia berikut :

Satu lagi seri mechanical keyboard dari Corsair, Corsair Vengeance K65. Meski memiliki fitur yang berbeda dari saudaranya di seri Vengeance K70 atau K90, K65 ini masih memiliki ciri khas Corsair dari sisi build quality nya yang solid dan tak tertandingi para kompetitor-nya. Nah, mau tahu fitur-fitur apa saja yang diusung keyboard mungil Corsair Vengeance K65 ini? Berikut ini review nya….

Corsair K65 termasuk seri mechanical keyboard yang termurah dari Corsair. Harga yang lebih murah memang berarti ada yang yang dipangkas dibandingkan dengan keyboard di kelas atasnya, tapi bukan sisi kualitas yang dihilangkan dari K65. Beberapa sisi yang dipangkas tersebut bisa langsung kita lihat yaitu dengan tiada-nya sisi num-pad, yang lebih dikenal dengan model tenkeyless.


Hal ini membuat ukuran keyboard menjadi lebih kecil dan compact, suatu kelebihan bagi para gamers kompetitif yang sering mendatangi kompetisi gaming atau sering bermain di warnet. Bahkan nilai plus juga bagi Anda yang memiliki area meja yang terbatas, dimana keyboard berukuran standard akan menyusahkan pergerakan mouse secara leluasa.

Unboxing

Box dari Corsair Vengeance K65 ini masih memiliki tema senada dengan Keyboard Corsair lainnya, berwarna merah dan hitam dan dilengkapi gambar produk K65 di bagian depannya. Pada bagian belakang box juga memiliki gambar penuh dari keyboard disertai penjelasan fitur utama dalam berbagai bahasa. Sedangkan penjelasan spesifikasi bisa ditemukan disisi kiri dan kanan box. Saat membuka box ini, langsung terlihat keyboard yang dibungkus dengan plastik transparan. Paket penjualan K65 hanya dilengkapi dengan kabel konektor detachable, lembaran kertas yang terdiri dari quick start guide dan warranty guide.

Design


Seperti yang bisa kita lihat dari foto-foto diatas meskipun berdimensi mini, Corsair K65 masih memiliki tampilan yang elegan, sama seperti seri keyboard Corsair lainnya yang memiliki harga lebih tinggi. Memiliki body chassis berbahan aluminium anodized tebal berwarna abu-abu, dan tombol-tombol nya berwarna hitam dibiarkan seperti mengapung diatas plate aluminium tersebut. Untuk mencirikan kesan “gaming keyboard”, Corsair membedakan tombol keycaps pada W,A,S,D dan pada tombol 4 arah dengan keycap berwarna abu-abu. Pada keycap Spasi juga Corsair masih menghadirkan keycap bertekstur yang anti licin.

Tidak adanya bagian numpad menjadikan tombol-tombol multimedia seperti volume scroll juga harus hilang. Namun K65 tetap menghadirkannya dalam bentuk 2 buah tombol untuk mengatur volume audio, disertai tombol mute, dan Windows key lock untuk men-disable tombol Windows, semua tombol tambahan tersebut terdapat dibagian kanan atas keyboard. Sebagai pengganti tombol multimedia Stop, Skip Back, Pay dan Skip Forward, fungsi tersebut tetap bisa diakses pada tombol F9 sampai F12, dengan kombinasi tombol FN. Ā Hal berikutnya yang kita temukan berbeda dari K65 adalah absennya wrist rest / alas penyangga pergelangan tangan yang biasanya terdapat pada seri Corsair Vengeance K70/K90.


Pada bagian bawah keyboard memiliki lapisan berbahan plastik hitam, dilengkapi dengan 2 buah feet disisi kanan dan kiri atas. Untuk mendukung fungsi compact dari K65, Corsair juga menyajikan kabel detachable dengan konektor miniUSB, terdapat rute untuk menyelipkan kabel, karena port miniUSB dibuat mengarah ke samping agar kabel tidak mudah lepas saat tertarik. Kelebihan dari kabel detachable adalah penyimpanannya yang bisa lebih rapi dan kalaupun terjadi kerusakan (contohnya tidak sengaja tergunting šŸ˜€ ) kita bisa menggantinya dengan mudah.

Performance


Tanpa disertakannya numpad bukan suatu masalah yang besar tentunya bagi para gamers, terkecuali Anda sering menggunakan komputer anda untuk mengurus masalah accounting ^_^. Keyboard Corsair K65 yang Nixia review kali ini memiliki switch Cherry MX Red, salah satu switch yang terbilang ringan digunakan dan tidak berisik. Feeling bermain game ber-genre FPS dan mengetik diatas keyboard Corsair ini tidak berbeda dengan keyboard Corsair Vengeance K70 yang setiap hari Nixia gunakan. Ukuran keycaps yang full-sized dan jarak standar antara tombol tidak pernah menimbulkan suatu masalah. Seperti biasa Corsair memiliki tingkat kenyamanan peripheral yang diatas rata-rata, walaupun digunakan selama berjam-jam.


Keycaps dengan warna berbeda pada tombol WASD cukup berguna saat bermain game dalam kondisi kamar yang gelap, karena K65 juga telah memangkas fitur LED backlight. Keycaps pada keyboard ini juga bisa diganti dengan keycaps custom lainnya dengan type Cherry MX.


Sayangnya Corsair tidak menyertakan fitur tombol programmable atau macro, sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan para gamers yang memerlukannya. Fitur 100% anti-ghosting dan full key rollover USB membuat setiap tekanan tombol menghasilkan aksi in-game yang akurat, walaupun beberapa tombol tertekan sekaligus.

Conclusion

Bagi Anda yang mementingkan mechanical keyboard dengan ukuran yang minimalis, tanpa mementingkan gimmick seperti backlight atau fungsi macro keys, Ā Corsair Vengeance K65 adalah pilihan Anda. Dengan harga yang lebih murah, segala kebaikan mechanical keyboard bisa anda dapatkan dan bisa melegakan meja komputer anda serta meringankan bawaan gaming gear ditas Anda. ^^

Model number: Corsair Vengeance K65
Key Switch: Cherry MX RED
Keycaps: ABS
Backlight: No
Macro: No
Detachable braided USB cable 1.5 meter
100% anti-ghosting with full key rollover on USB
Interface: USB 2.0
Dimensions: 355 x 160 x 25 mm
Weight : 800g
Extra features: Anti-ghosting, Windows key lock, dedicated media keys, BIOS compatibility switch
Price : Rp 950,000.-

Info ketersediaan : Distributor ResmiĀ “Digital Pitstop”

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram