Review | Corsair KATAR Gaming Mouse

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 24 Feb 2016 | 191,239

Review | Corsair KATAR Gaming Mouse

_MG_0312

Sekarang ini, bukan suatu hal yang sulit lagi untuk mencari mouse gaming yang sesuai dengan selera, gaya, fungsi, dan kenyamanan tangan kita. Mulai dari yang desainnya mengikuti bentuk ergonomis tangan beberapa orang tertentu, misalnya telapak tangan yang berukuran super besar, desain mengikuti jenis grip (genggaman tangan) saat bermain game, atau mouse gaming yang di-desain dengan bobot yang bisa diatur dengan pemberat. Mouse Gaming dengan banyak tombol ekstra di sisi mouse, juga belakangan menjadi incaran para gamer, terutama pemain game MMO atau MOBA games, yang membutuhkan aksi dan respon yang cepat dalam game ; hanya dalam jarak 1 sentuhan tombol di salah satu tangan, di tangan kanan atau tangan kiri, baik itu rekaman kombinasi tombol macro atau memindahkan fungsi dari tombol keyboard ke mouse. Meskipun tidak sering digunakan, setidaknya banyaknya tombol juga membuat mouse semakin terlihat keren dan terkesan mahal.

Corsair KATAR, mouse yang satu ini sangat simple, dan to the point! Mouse Gaming keluaran Corsair terbaru ini hadir untuk mengedepankan fungsi utamanya sebagai alat pendukung perang kamu di dalam game, tanpa perlu lagi gimmick pemanis. Yuk lihat lebih dekat mouse KATAR ini ~

_MG_0267

PACKAGING & CONTENT

Seperti biasa masih dalam tema hitam dan kuning ciri khas Corsair Gaming, dus dari mouse ini terlihat lebih menyala walaupun warna kuning hanya menjadi warna yang membingkai bagian luar dus. Pada bagian depan, ditampilkan gambar dari mouse KATAR, serta juga dituliskan mouse ini ditujukan untuk tipe gamer FPS/MOBA. Logo ‘sail’ (kapal layar) CORSAIR berwarna silver terpampang jelas di kiri atas, yang kemudian diikuti dengan logo-logo fitur dari mouse ini yang ditampilkan cukup besar dan jelas, yaitu tentang bobot 85gram, yang termasuk super ringan, tersedia mode preset dari Professional pilihan, dan sensor optikal hingga 8000 dpi.

page1

Di sisi kiri box terdapat poin fitur lainnya dari mouse KATAR, seperti Zero-Acceleration optical sensor, 1000Hz USB polling rate, dan kalimat “Delivered to pro player specification” yang berarti dihadirkan sesuai spesifikasi yang dibutuhkan gamer profesional. Di sisi kanan terdapat keterangan System Requirement sebagai panduan sistem yang dibutuhkan mouse, dan juga info Package Contents (paket penjualan di dalamnya), dalam beberapa bahasa berbeda.

_MG_9744

Sedangkan pada box bagian belakang, dijelaskan fungsi mouse lebih mendalam, disertai foto mouse dari sisi tegak lurus, agar kita bisa membayangkan langsung fungsi tersebut, yaitu terdapat 4 tombol programmable, tombol DPI Switch on-the-fly, dan lapisan mouse berbahan rubber. Karena mouse ini juga menyertakan profil preset player profesional dunia, Corsair menampilkan foto dan kalimat kutipan dari Helios player game League of Legends dari team Dignitas Jungler, yang mengatakan “KATAR has the performance I need, the comfort I want, and all my settings just a click away.”

_MG_9659

Di dalam box nya, terdapat box pembungkus lagi berwarna kuning secara keseluruhan, dengan tidak menggunakan box dalam yang biasanya berwarna cokelat seperti kebanyakan barang elektronik, membuatnya terasa lebih eksklusif. Ini memang sudah menjadi ciri khas Corsair di lini terbaru Corsair Gaming nya. Setelah membuka box kuning ini, akan kita temukan mouse KATAR serta dokumen kertas Quick Start Guide dan Warranty Guide. Sekarang, langsung saja kita lihat lebih dekat mouse nya!

CORSAIR KATAR

KATAR hadir dalam desain ambidextrous, tak akan jadi masalah bagi sebagian orang yang kidal atau menggunakan mouse dengan tangan kiri. Ukurannya tergolong kecil dibandingkan stereotip mouse gaming di pasaran sekarang ini, dengan dimensi 11 cm x 6,4 cm x 3,8 cm. Soal bobot yang hanya seberat 85 gram juga menjadi andalan mouse ini, cocok bagi gamers yang mengandalkan cepatnya pergerakan mouse. Material plastik berkualitas yang digunakan di seluruh body mouse ini lah yang menjadi faktor pendukung ringan-nya KATAR._MG_0203

Corsair KATAR memiliki warna dasar abu-abu dan warna hitam di bagian atasnya. Terdapat garis estetis yang melintang tepat dibawah tombol DPI switch, yang sekilas membuat mouse ini terlihat terpisah bagian atas dan bawahnya. Seluruh lapisan luar KATAR dilapisi dengan bahan rubber yang lembut di tangan namun juga anti licin sehingga tak akan ada masalah saat digunakan pada tangan yang mudah berkeringat. Kemudian hampir di sepanjang sisi kiri dan kanan nya memiliki lapisan bertekstur untuk menghasilkan genggaman yang sempurna.

_MG_9705

_MG_0192

Sebagai penanda mouse ini ‘ciptaan’ CORSAIR, logo “sail” terdapat di punggung mouse, dan memiliki backlit berwarna merah, yang efeknya bisa kita atur melalui aplikasi CUE. Kemudian, logo tulisan CORSAIR pun disematkan di pinggir tombol klik kiri.

_MG_9703

_MG_9721

Hanya terdapat 4 tombol pada mouse ini, sekali lagi demi mengutamakan fungsi utama sebuah mouse. Karena desainnya yang ambidextrous, tombol klik kiri dan kanan tentunya memiliki ukuran yang sama. Tombol Scroll Wheel juga dilapisi bahan bertekstur yang membuatnya nyaman dan presisi saat di-scroll maupun di tekan. Sekitar 1cm dibawahnya terdapat sebuah tombol DPI Switcher yang ukurannya cukup besar, terdapat 5 profil DPI yang bisa kita pilih dari tombol on-the-fly ini. Tentunya ke-empat tombol ini bisa kita program kembali fungsinya sesuai kebutuhan kita melalui CUE.

_MG_9706

Pada sisi bawah KATAR terdapat mouse-feet berbahan teflon yang terbagi pada 3 bagian, salah satu nya di bagian bawah dibuat me-lebar penuh, sehingga bisa dipastikan menggerakan mouse menjadi lebih lincah dan halus. Kabel konektor pada KATAR tidak dilengkapi dengan lapisan braided seperti pada produk premium Corsair lainnya, pada USB konektor seperti bisa Corsair menambahkan warna kuning, yang membuat kita mudah membedakan saat ingin mencabut kabel mouse ini.

_MG_0202

_MG_9693

PERFORMANCE & SOFTWARE

Pada saat pertama kali menggunakan Corsair KATAR ini, Nixia sendiri langsung jatuh cinta pada mouse ini, karena Nixia sendiri memang lebih nyaman menggunakan mouse yang berukuran kecil, dan mouse gaming saat ini kebanyakan memiliki ukuran yang tergolong besar. Nixia kebanyakan menggunakan mouse ini pada game FPS seperti CS:GO atau Battlefield Hardline, yang biasanya Nixia menggunakan setting sensitivity/DPI kecil, dan mouse Katar ini mampu menjawab kebutuhan tersebut, karena dapat dengan mudah digerakkan dengan cepat dan akurat dalam navigasi aim mencari sasaran musuh. Performa mouse KATAR ini menjadi lebih pas lagi saat dipasangkan dengan mousepad berbahan soft-cloth seperti mousepad Corsair MM300 yang Nixia pakai untuk menghadirkan handling yang lebih presisi. Lapisan rubber di permukaannya ditambah adanya tekstur di kedua sisi, membuat mouse ini juga anti-licin, dan lebih menyatu di tangan Nixia. Menggunakan mouse ini selama seharian juga tidak pernah ada gangguan baik pada game maupun pada tangan Nixia, karena bentuk dan desainnya yang simple, sehingga semua jari dapat menggenggam dan bersandar dengan sempurna di permukaan mouse.

_MG_9710

Tombol klik kiri dan kanan berjalan sesuai fungsinya, dengan feeling ‘click’ yang ringan dan pas, tombol scroll yang nyaman baik dalam game maupun saat digunakan browsing, kemudian tombol switcher DPI juga memudahkan Nixia mengubah tingkat sensitivitas, yang biasanya berbeda dari saat bermain game dengan diluar game / desktop. Mungkin satu hal yang kurang adalah, tidak ada nya tombol ekstra lain di sisi mouse, karena biasanya Nixia menggunakan tombol sisi tambahan seperti pada mouse Corsair Sabre yang Nixia pakai sebelumnya, untuk mengaktifkan Mic push-to-talk saat bermain game. Bisa jadi, inilah yang harus dikorbankan dari desain ambidextrous yang dimiliki Corsair KATAR.

_MG_0337

 

Untuk mengkustomisasi fungsi-fungsi tombol dari mouse ini, kita bisa men-download software Corsair Utility Engine di website resmi Corsair. Terdapat 3 Tab pada CUE ini, Assignment untuk mengatur fungsi tombol mouse, baik untuk menjalankan macro, menjalankan program, dll. Lalu pada tab Lighting kita bisa mengatur setting efek backlit logo Corsair pada mouse, seperti Solid Color agar lampu terus menyala, Pulse agar lampu berkedap-kedip, atau kita juga bisa mematikan lampu backlit. Kemudian pada tab Performance & DPI, kita dapat mengatur angka DPI ke dalam 5 tingkatan, hingga 8000 DPI. Corsair juga bekerjasama dengan beberapa gamer professional dunia untuk menyajikan fitur Pro Player Mode, dimana kita bisa memilih profil Preset yang biasa digunakan mereka, mereka adalah Corsair Daz, WoW Bajheera, Dignitas nvc, Dignitas Zaccubus. Selain itu juga kita bisa mengatur Pointer Speed dan Lift Height pada tab ini.

3 2 1

CONCLUSION

Mouse Corsair KATAR berhasil menjadi mouse gaming paling sederhana yang pernah Nixia gunakan. Tanpa perlu embel-embel fitur yang jarang digunakan kebanyakan gamer, mouse ini hadir sesuai fungsi utamanya, navigasi yang sempurna dan klik yang nyaman. Bagi gamer yang memiliki telapak tangan berukuran besar mungkin mouse ini akan terasa terlalu kecil. Overall, mouse compact yang ringan ini sudah cukup memenuhi kebutuhan gamer dari segala genre. Dengan kualitas material dari CORSAIR yang sudah terjamin durability-nya, mouse ter-murah dari Corsair Gaming ini bisa menjadi andalan.

Perbandingan Corsair KATAR & Corsair SCIMITAR

Perbandingan Corsair KATAR & Corsair SCIMITAR

_MG_0270

SPECIFICATION

spec

Harga : Rp 535.000,- (February 2016)

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram