Review: Corsair M95 Gaming Mouse

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 27 Sep 2013 | 6,968

Corsair, nama yang telah memiliki sejarah panjang di pasar computer dengan segudang pengalaman yang tidak dapat dipandang sebelah mata, karena selalu berhasil merilis produk-produk hardware PC terbaiknya mulai dari CPU cooler yang sudah mendapatkan banyak penghargaan, memory, dan SSD yang sudah terkenal dikalangan pengguna PC dan juga enthusiast PC Gamer.

Corsair sekarang terus memperbesar bidang gaming gear pada nama Corsair Vengeance dan Raptor dengan terus mengeluarkan lini terbaru, termasuk peripheral gaming mouse-nya yang akan Nixia review kali ini. Sebuah mouse berwarna Arctic White yang menyegarkan pandangan mata ketika melihatnya di atas meja Nixia belakangan ini adalah Corsair Vengeance M95 laser gaming mouse, yang merupakan penyempurnaan dari versi M90 sebelumnya.

Corsair Vengeance M95 laser gaming mouse masih memiliki bentuk dan design yang sama dengan pendahulunya, dimana masih dikhususkan untuk para gamer genre MMO dan RTS. Masih menggunakan bahan yang sama seperti saudaranya mouse Corsair Vengeance khusus FPS gamers, yaitu bahan aluminium sebagai dasar dari body mouse ini, sehingga membuat mouse Corsair Vengeance mempunyai ciri khas yang agak berat dibandingkan dengan mouse gaming kebanyakan. Salah satu hal yang diperbarui pada M95 ini adalah pada keakuratan laser sensornya yang dipertinggi hingga 8.200 DPI.

Box


Corsair M95 ini hadir dalam bentuk packaging yang cukup unik, karena box nya memiliki bentuk segitiga yang minimalis, namun tetap dapat menampilkan produk dan bentuk mouse ini dengan dilapisi plastik mika kokoh dan mengikuti bentuk, agar calon pembeli dapat langsung melihat dan merasakan bentuknya terlebih dahulu. Logo Corsair, Vengeance, type produk, dan fitur utama dari mouse ini juga ditampilkan pada box bagian depan. Sedangkan di bagian belakang box menampilkan gambar bagian bawah mouse dimana juga terdapat fitur utama dan Minimum System Requirement namun dilengkapi dengan bahasa lain yaitu, bahasa Mandarin, Jepang, dan Korea.

Ketika box dibuka, mouse ini dilindungi oleh 2 lapisan plastic mika di bagian atas dan bawahnya. Untuk kelengkapannya, hanya terdapat lembaran kertas yang juga dilipat segitiga untuk menyesuaikan box-nya, yaitu Quick Start Guide dan Warranty Guide. Masalah driver, kita bisa langsung men-download nya di situs resmi Corsair.

M95 Mouse


Seperti yang sudah tercantum di bagian cover box M95, bahwa mouse yang satu ini memiliki total 15 buah tombol yang dapat di-program sesuai keinginan. Hampir semua tombol tambahan tersebut berada di sisi kiri mouse atau di bagian grip ibu jari kita , dan langsung terlihat jelas pada saart awal mata memandang mouse ini. Selain karena banyaknya tombol yang berkumpul di bagian ini, tombol-tombol tersebut memiliki warna hitam yang tentunya sangat kontras dengan mouse berwarna putih ini. Di sisi sebelah kiri ini pula terdapat 6 buah lubang pada plat unibody yang akan menyala untuk menunjukkan profil mana yang sedang kita gunakan.

Bentuk shape yang dimiliki M95 memang ciri khas MMO/RTS gaming mouse kebanyakan, yang memiliki bentuk curve punggung mouse yang lebih besar. Mouse yang dikhususkan untuk tangan kanan ini lebih ergonomis bagi anda yang memiliki telapak tangan berukuran besar.

Selain itu adanya perpaduan sebuah plat aluminium setebal 2mm dari unibody mouse yang terlihat seolah seperti garis yang mengelilingi seluruh mouse namun agak mencuat di sebelah kiri dan depannya , patut menambah nilai design yang diusung Corsair Vengeance.

Bahan yang digunakan pada lapisan punggung atas mouse ini merupakan bahan plastic yang terasa solid dipegang dan saat digunakan. Dihiasi dengan logo khas Corsair yang menyala berwarna putih ketika kabel USB mouse ini dihubungkan ke desktop/laptop.

Pada bagian punggung mouse ini, selain terdapat tombol klik kiri dan kanan, juga ada tombol Scroll Wheel yang menggunakan bahan dasar metal dilapisi dengan rubber grip berwarna hitam. Berjarak kira-kira 2cm dibawah scroll wheel terdapat sebuah tombol yang dapat kita atur sendiri fungsi programnya.

Kemudian di pojok kiri, pada tombol klik kiri juga disertakan 2 buah tombol dengan tanda panah berlawanan, yang berfungsi untuk mengatur besarnya DPI saat sedang digunakan (on the fly setting). Sehingga anda dapat segera mengganti sensitifitas yang cocok saat didalam game / tanpa membuka driver terlebih dahulu.

Dilihat dari bagian depan mouse terlihat jelas gap tombol scroll wheel yang ada diantara tombol klik kiri dan kanan, selain itu juga lubang kabel juga terdapat di bagian depan ini tepat dibawah plat aluminium unibody. Lanjut ke bagian bawah M95, hanya plat unibody aluminium yang terdiri dari 2 pcs, 1 dibagian tengah, yang memiliki 2 buah mousefeet berukuran besar, dan terdapat lubang sensor laser di bagian tengahnya. Lalu plat unibody aluminium bagian terluar yang memiliki 2 buah mousefeet PTFE lebih tipis pada kiri dan kanannya.

Kabel USB sebagai konektor mouse ini memiliki type braided cable dengan panjang kurang lebih 2 meter, memiliki kepala USB berwarna biru dengan logo Corsair yang dilengkapi dengan pengikat Velcro untuk memudahkan dalam pengaturan kabel.

Fitur dan Fungsi Programmable Macro

Jika anda telah men-download dan meng-install software driver Corsair Vengeance M95 dari website resmi Corsair, anda sudah mulai bisa mengatur sendiri fungsi dari 9 tombol programmable yang disediakan, walaupun sebenarnya seluruh 15 tombol pada mouse ini dapat anda ubah sendiri fungsinya. Anda bisa mengisi setiap tombolnya dengan rekaman macro anda, basic commands, advance commands, maupun perintah untuk membuka sebuah program hanya dalam 1 sentuhan tombol di M95.

Basic command

Advance command

Basic button

Advance button

Selain profile default, anda juga diijinkan untuk menyimpan berbagai pengaturan fungsi tombol ke dalam 5 profil berbeda. Sehingga bisa hingga 90 fungsi tombol berbeda yang anda dapatkan dalam sebuah mouse saja (termasuk pada profil default).

Manage Performance tab


Pada tab Manage Performance di M95 ini anda dapat mengatur besaran DPI ke dalam 3 tingkatan yang bisa disimpan kedalam mouse mulai dari 50-8200 DPI, ditambah 1 lagi profil DPI tambahan yang dinamakan Sniper fitur pengecil DPI ketika tombol sniper ditekan, sama seperti pada mouse Vengeance FPS, M95 juga menjalankan fungsi ini. Pada profil default, tombol sniper di set pada 200 DPI dan terdapat pada grip ibu jari dengan tombol yang terletak tepan di depan ibu jari, mungkin ingin menyesuaikan dengan tombol Sniper yang juga secara khusus terdapat di type Vengeance FPS M60/65. Namun sekali lagi, letak tombol untuk mengaktifkan DPI sniper dapat anda atur sendiri di tombol yang mana.

Disini juga Corsair mengijinkan penggunanya untuk dapat mengatur DPI dalam axis X & Y yang berbeda sesuai kebutuhan pengguna, mengatur Report Polling Rate mulai dari 1,2,4,& 8 ms, dan menyediakan pengetesan kualitas surface mouse yang sedang digunakan.

Manage profile


Anda bisa membuat profil sebanyak yang anda mau di tab driver yang satu ini, namun hanya 6 profil saja yang bisa anda simpan ke dalam mouse M95, sehingga anda bisa mengaksesnya kapanpun walau mouse ini dipasang di komputer berbeda. Anda bisa mengganti nama tiap profil ; mengatur setiap profil ke dalam 6 buah LED indicator berbeda, yang terdapat pada sisi kiri mouse ; menghubungkan sebuah profil dengan launcher sebuah program, sehingga ketika profil tersebut diaktifkan maka sebuah program/game juga akan otomatis berjalan; mengunci sebuah profil, agar profil tersebut tidak terganti saat kita tak sengaja menekan tombol pengganti profil. Untuk membantu sebagai indikator profil, driver ini juga mampu menampilkan On-Screen display dari profil atau besar DPI yang sedang diaktifkan saat on-the-fly pada pojok kanan bawah layar dalam font berwarna biru.

Tes Performa


Corsair Vengeance M95 ini memang terasa berat saat awal-awal digunakan, hal ini dikarenakan material unibody nya yang terbuat dari aluminium demi terciptanya sebuah mouse gaming yang solid dan kokoh, namun hal ini dapat diadaptasi setelah beberapa hari pemakaian. Bentuk M95 dengan curve yang ergonomis ini membantu grip tangan terhadap mouse, seluruh permukaan mouse bisa Nixia akses dengan mudah. Sisi sebelah kanan mouse yang memiliki bahan plastik bertekstur juga menghindari kelicinan, dan membuat mouse ini mudah untuk di-angkat dengan cepat. Sedangkan pada sisi thumb grip , dimana 8 tombol macro terletak, ibu jari juga dapat memegang mouse dengan kencang dan nyaman, tanpa takut tombol-tombol macro tersebut akan ter-pencet, karena Corsair telah men-design layout tombol macro nya sedemikian rupa dengan menyisakan space untuk ibu jari. Bentuk dan posisi setiap tombol macro yang berbeda-beda pula memudahkan kita saat menjalankan aksi/macro yang sudah diset tanpa sambil melihat ke mouse terlebih dahulu, karena khawatir akan salah tekan.

Keseharian Nixia yang terbiasa memainkan game-game FPS seperti Battlefield 3 atau CS:GO tentunya membutuhkan gerakan tangan yang lebih aktif dan lincah, namun ternyata M95 ini juga mampu diandalkan. Glide yang dihasilkan M95 juga sangat mendukung kegiatan gaming, digunakan bersama mousepad berbahan soft-cloth, mouse ini dapat bergerak ke segala penjuru dengan lancar dan presisi, hal ini berkat cukup lebarnya mousefeet PTFE yang digunakan, dan tentunya juga aluminium yang melapisi bagian bawah mouse ini. Berat body mouse yang berbeda dari mouse Nixia sebelumnya, dapat Nixia atasi dengan memperbesar tingkat DPI.


Feel dari klik kiri dan kanan-nya terbilang sangat nyaman, karena tombol penting ini tidak mudah tertekan dan tidak membutuhkan tekanan yang keras. Aksi gencatan senjata dalam game juga dapat berjalan dengan sempurna, baik saat menembak dalam mode senjata burst ataupun mode auto. Tombol Sniper mode yang disediakan juga sangat membantu untuk mengecilkan DPI sementara, karena Nixia tidak selalu berada di posisi sniper dalam game, maka tombol ini dapat berfungsi untuk membuat aiming sniper tetap steady. Sedangkan tombol macro lain yang terdapat di thumb grip semakin membantu karena sudah Nixia program untuk mengeluarkan flashbang dan grenade menjadi lebih cepat. Aksi melee dalam Battlefield 3 juga dapat Nixia lakukan dengan mudah berkat scroll wheel nya yang ringan dan presisi.

Ditest untuk memainkan salah satu game RPG yaitu Diablo 3, Nixia telah mempersiapkan kombinasi macro dan memindahkan beberapa shortcut keyboard ke tombol-tombol yang berada di grip thumb M95 ini. Hasilnya, permainan menjadi lebih mudah karena ibu jari juga ikut bekerja untuk mengeluarkan skill-skill andalan lebih cepat, disini karakter milik Nixia yang memiliki job Wizard dapat merilis skill Blizzard dan Hydra hanya dalam sekali klik saja. Selain bentuk tiap tombol yang berada pada thumb grip ini berbeda-beda, sehingga memudahkan jari ketika memilih tombolnya, tombol yang digunakan disini juga tidak mudah tertekan begitu saja, hal ini sangat berguna untuk mencegah ter-klik nya tombol di area ini secara tidak sengaja.

Tidak hanya untuk bermain games, digunakan dalam kegiatan browsing dan aktifitas sehari-hari di depan komputer juga terasa nyaman. Mungkin setelah selesai bermain game anda perlu mengecilkan sensitivitas mouse ini, cukup turunkan DPI nya saat itu juga menggunakan tombol pengatur pada bagian klik kiri mouse. Satu hal bagi yang terasa kurang adalah ketika ingin membuka tab browsing baru dengan mengklik scroll wheel, M95 ini cukup keras sehingga seringkali ketika mencoba meng-kliknya malah terjadi scrolling. Selain itu tombol macro di M95 juga bisa anda isi dengan perintah basic seperti copy & paste, dsb. untuk mengoptimalkan fungsi mouse ini selain untuk bermain game.

Conclusion

Mouse yang memiliki tampilan cantik dan menawan karena warna putihnya yang glossy, ditambah cahaya LED putih yang bersinar pada logo Corsair ini mampu memberikan performa terbaiknya, tidak hanya di game MMO/RTS saja yang menjadi target pasar-nya. Selain penampilan dari cahaya LED pada logo yang menarik perhatian, M95 juga memiliki backlight LED berwarna biru yang menyala di bawah scroll wheel, tombol pengatur DPI, dan indikator profil, sudah pasti membuat mouse ini semakin keren. 😀


Menggunakan Avago 9800 sebagai sensor laser terbarunya menjadikan mouse ini memiliki respon lebih cepat dan akurat, performa tanpa gangguan pun tidak terjadi selama Nixia menggunakan mouse yang satu ini. Dengan harga di kisaran $80 USD mouse gaming Corsair memiliki kualitas yang tidak dapat diragukan, design aluminium brushed unibody membuat M95 sebagai salah satu gaming mouse paling stylish saat ini.

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram