Review | Corsair Raptor H5 Gaming Headset

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 10 Nov 2013 | 6,963

Dunia peripheral gaming headset dari Corsair semakin diperkaya dengan hadirnya varian terbaru Raptor. Sebenarnya ada 3 tipe Raptor gaming headset yang dirilis berbarengan, yaitu H5, H3, dan LH1, dan kali ini Nixia berkesempatan untuk mencoba dan mereview salah satunya yaitu Corsair Raptor H5. Headset Gaming dengan kualitas suara 5.1 surround sound ini hadir dalam kualitas terbaik Corsair. Jika kebanyakan gaming headset hanya menawarkan koneksi USB, maka yang spesial dari H5 adalah ketersediaannya akan koneksi analog input namun dilengkapi juga dengan konektor USB untuk fleksibilitas kebutuhan gaming audio anda.

Box

Raptor H5 dibungkus dengan box packaging yang bertema warna hitam dan merah, sebagai ciri khas produk Corsair Raptor. Lebih dari setengah bagian dari bagian box depan hingga sisi-sisinya dilapisi dengan plastik mika, sehingga menampilkan headset didalamnya dengan jelas.  Pada bagian belakang box terdapat penjelasan detail fitur dan spesifikasi dalam 4 bahasa.

Didalam box, terdapat plastik yang dicetak mengikuti bentuk headset sebagai tempat penyangga headset. Paket penjualan dari Raptor H5 ini juga menyertakan kelengkapan seperti travel pouch berbahan bludru yang pastinya sangat berguna untuk menyimpan headset dengan ama ketika bepergian atau sering mengikuti event turnamen offline, sebuah konektor kabel USB,  kabel audio extension untuk memperpanjang jangkauan Raptor H5, dan sebuah CD software driver.

Design dan Performa

Warna hitam yang simple menjadi ciri khas dari headset Raptor, memiliki body yang keseluruhannya berbahab plastik dimana hanya terdapat logo Raptor di kedua sisi luar earcupnya. Circumaural closed back design pada earcupnya berfungsi untuk mencegah suara dari luar earcup masuk, sehingga Anda dapat terjun ke dunia game Anda dengan nyaman tanpa gangguan. Salah satu keunikan dari headset ini adalah adanya volume control tersendiri pada tiap earcupnya, Anda bisa mengatur stereo balance pada earcup kiri dan kanan.

Demi kenyamanan telinga, Raptor H5 juga memiliki earcup berlapis pad busa yang berukuran cukup besar dan tebal dan dilapisi kembali dengan bahan seperti kulit berwarna hitam. Microphone flexibel yang bisa diputar hingga 180° ke atas ketika tidak digunakan atau dibengkokkan tulangnya ini terdapat di sisi kiri, dimana kabel nya juga terhubung dari sisi earcup ini. Microphone dengan fitur noise-cancelling ini mampu mengurangi suara bising di lingkungan anda masuk ke microphone.

Headband yang bisa diatur panjangnya untuk menyesuaikan dengan ukuran kepala penggunanya juga memiliki padding busa penyangga headset bagian atas, untuk menyajikan kenyamanan extra saat digunakan. Pada padding busa bagian luar terhias dengan tulisan emboss raptor-gaming.com.

Kurang puas dengan knob volume pada earcup-nya? H5 juga memiliki in-line volume control dan switch microphohe mute yang terdapat pada kabel konektor 3.5mm maupun pada kabel USB konektor. Perbedaan terdapat pada kabel USB konektor, dimana in-line kontrolnya memiliki LED indikator berwarna biru.

Aktifitas gaming Nixia pun belakangan ini ditemani dengan Corsair Raptor H5, mulai dari memainkan Battlefield 4 dan Counter Strike: Global Offensive. Semua performa audio yang dihasilkan dari headset ini sangat baik. Kemampuan menghasilkan suara 5.1 dari USB sound card nya mampu keluar dengan pas, terlebih saat ingin mengetahui jejak langkah musuh di dalam game. Efek suara yang detail mulai dari ledakan bom dan suara tembakan senjata juga dihasilkan dengan sangat mengesankan dan realistis  berkat dari kinerja driver berukuran 40mm yang diusungnya.

Ketika dicoba untuk mendengarkan audio dari film atau musik, disini terasa bahwa headset ini lebih lantang dari sisi treble daripada bass nya. Namun tetap menghasilkan kualitas suara yang baik secara keseluruhan. Ketika volume diset ke maximum pun tidak terjadi masalah seperti hasil suara yang pecah, walaupun Nixia harus mencobanya dengan mencopot headset ini dari telinga. 😀

Bicara soal portability dan kenyamanan, headset ini sangat ringan dan memiliki earcup yang bisa dilipat kedalam sehingga dapat menghemat tempat penyimpanan. Digunakan bermain game berjam-jam juga masih cukup nyaman di kepala dan telinga, meskipun genggaman headset ini masih terasa keras di kepala, yang mungkin saja akan melonggar seiring jangka waktu penggunaan.

Conclusion

Corsair Raptor H5 yang hadir dikelas mid-range ini tetap mampu membuktikan performa audio 5.1 surround sound nya dengan baik. Build quality nya yang terbuat dari plastik tidak bisa disepelekan, karena memiliki kualitas plastik yang tinggi dan solid.  Konektor dengan jack 3.5mm bisa digunakan baik dengan USB sound card adapter bawaan maupun USB sound card lain semakin menambah kebebasan kualitas audio yang dihasilkan dari H5 ini. Corsair juga menyediakan kabel extension, ditambah juga dengan kabel konektor USB, yang memiliki total hingga 5, 2m jika semuanya dipasangkan. Menonton film dengan headset ini memungkinkan kita mengambil jarak lebih jauh dari monitor. Dengan harga di kisaran $50 USD ini, H5 bisa menjadi pilihan Anda yang ingin memiliki gaming headset berkualitas di harga yang menengah.

Specification

Headphones

  • Impedance: 32 Ohm
  • Drivers: 40mm
  • Sensitivity: 121dB
  • Max power input: 50mW

Noise-Cancelling Microphone

  • Impedance: 2.2K Ohm
  • Sensitivity: -40dB

Cable Length (5.2m/17’ total)

  • 2m (6.5’) attached cable
  • 1.2m (4’) in-line USB audio cable
  • 2m (6.5’) audio extension cable

Price : ± $50 USD

Info Ketersediaan : Distributor Digital Pitstop

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram