Review | Corsair Raptor K50 Gaming Keyboard

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 20 Dec 2013 | 8,478

Raptor K50, gaming keyboard terbaru dari Corsair yang satu ini semakin mewarnai pasar gaming gears. Seperti yang kita ketahui Corsair memiliki 2 lini gaming gearsnya yaitu lini Vengeance dan Raptor. Jika produk seri Vengeance hadir di kelas yang paling tinggi, maka produk seri Raptor memiliki kelas yang lebih menengah, dibawah seri Vengeance. Kembali ke pembahasan keyboard, seri Corsair Raptor K50 ini tidak ikut memanfaatkan switch mechanical Cherry MX seperti pada keyboard Corsair Vengeance, tetapi menggunakan rubber dome switch. Salah satu fitur yang menjadi andalan dari K50 ini adalah backlighting keys yang bisa di-custom hingga 16.8juta warna sesuai mood penggunanya.

Box

Kemasan box Raptor K50 memiliki warna dasar hitam dan berpadu warna merah, yang sangat identik dengan kemasan seri produk Corsair Raptor lainnya. Pada cover depannya juga terdapat gambar dari keyboard K50 sendiri yang cukup besar. Pada setiap sisi-sisinya bisa ditemukan informasi dari keyboard ini, mulai dari fitur highlight, penjelasan fitur lengkap, penjelasan letak tombol-tombol fungsional, dan spesifikasi keyboard, semua tersedia dalam 4 bahasa.

Setelah membuka box cover bagian luar ini, keyboard ternyata dilindungi kembali oleh box kedua berwarna coklat, dimana keyboard, wrist rest, dan kabelnya tersusun dengan rapi berlapiskan plastik. Paket penjualan keyboard ini hanya dilengkapi oleh booklet Quick Start Guide serta Warranty Guide.

Design

Keyboard berukuran full-size ini memiliki design plate body berbahan aluminium dan lekukan yang sangat mirip dengan keyboard Corsair Vengeance. Tombol W,A,S, D dan arrow keys diberikan warna keycaps silver yang membedakan dari keycaps lainnya yang berwarna hitam. Plate body yang digunakan K50 ini berwarna hitam brushed dan berwarna abu-abu brushed pada frame bagian atasnya, dimana tombol-tombol multifungsi tersedia. Karena sama dengan design yang digunakan pada keyboard Vengeance, dimana bagian body dibuat flat merata dari ujung ke ujung tanpada ada cekungan untuk keys, maka hal ini juga terjadi pada K50 dimana bagian switch keys dapat terlihat dengan jelas, seolah tombol-tombol terlihat mengapung jika dilihat dari bagian atas.

Dimensi keyboard ini menjadi semakin lebar karena adanya 18 buah tombol macro programmable yang terbagi dalam 3 kolom pada sebelah kiri keyboard, tombol-tombol tersebut ditandai dengan angka G1 sampai G18. Total tombol macro yang dapat kita program menjadi 54 buah tombol karena tepat di atas tombol-tombol macro ini, terdapat tombol multifungsi macro yang dapat digunakan untuk merekam macro on-the-fly, dan mengakses 3 jenis profile macro berbeda, tombol-tombol tersebut yaitu MR, M1, M2, dan M3. Tombol selanjutnya disamping tombol fungsi macro, terdapat tombol Windows Key Lock, yang sangat berguna bagi para gamers, agar tidak mengganggu permainan bila tombol Windows tidak sengaja tertekan.

Pada bagian tengah atas keyboard juga terpampang emblem logo Corsair berbahan aluminium yang membuat keyboard ini terlihat semakin elegan. Berlanjut ke sisi kanan atas keyboard, K50 memiliki tombol pengatur brightness backlight, 3 buah LED indikator scroll lock, caps lock, dan num lock. Pada sisi atas tombol numpad, terdapat tombol-tombol multimedia yang berfungsi untuk mengontrol film atau musik player dengan mudah dan cepat, bagian tombol media ini-lah yang menjadi ciri khas Corsair, dimana tombol-tombol ini terdiri dari tombol Mute, Volume wheel yang memiliki bahan metal bertekstur, tombol stop, previous, next , dan pause.

Kembali menyertakan wrist rest detachable, bagi Anda yang membutuhkan alas pergelangan tangan tambahan, anda bisa memasangnya dengan mudah pada sisi bawah keyboard. Wrist rest yang serasi berwarna hitam ini memiliki lapisan dengan bahan rubber yang lembut dan bertekstur untuk memberikan kenyamanan pada pergelangan tangan yang bertumpu diatasnya.

Braided cable konektor digunakan untuk menghasilkan kabel high quality yang tahan lama dan tidak mudah rusak, Raptor K50 ini memiliki 2 buah kabel, dimana yang satu berfungsi sebagai konektor keyboard dan yang satu-nya lagi berfungsi sebagai penyambung port USB yang terdapat pada body keyboard.

USB port 2.0 terletak di sisi kabel konektor ini sangat membantu Nixia untuk mencolokkan kabel Headset maupun USB flash drive secara cepat, tidak perlu repot lagi menjangkau port USB di PC. Di bagian bawah, terdapat 4 buah rubber feet sebagai grip keyboard untuk menjaga keyboard tidak mudah bergeser saat digunakan, 2 buah feet peninggi juga tersedia untuk mengubah angle ketinggian keyboard.

Performance

Macro Keys SoftwareJika programmable keys adalah tujuan Anda membeli keyboard ini, setting macro untuk setiap tombolnya ini sangat mudah dilakukan. Software untuk mem-program keyboard ini bisa anda download secara manual di website Corsair, lengkap dengan manual guide-nya untuk semakin memudahkan langkah-langkah setting macro. Pada software ini di tab Assign Keys anda bisa merekam macro dengan variasi penekanan, release dan delay key. Selain mengisi tombol macro dengan kombinasi tombol-tombol, Anda juga bisa memasukkan perintah seperti copy-paste atau menjalankan sebuah program langsung dari tombol-tombol macro G ini.

Di tab kedua; Manage Profiles, anda bisa membuat dan mengedit profile keyboard hingga 50 profile yang bisa menyimpan key assignment macro dan lighting setting tersendiri. Setiap profil juga dapat diatur agar berjalan otomatis ketika komputer sedang menjalankan sebuah program tertentu yang sudah di-set kedalam profil. Anda juga bisa menyimpan salah satu profile langsung ke dalam memory di dalam keyboard, cukup aktifkan Hardware Playback mode yang tersedia, dan anda bisa langsung menjalankan profil yang tersimpan dari komputer manapun anda menggunakannya, sehingga anda tidak perlu ribet menginstall software-nya lagi, sangat cocok bagi para gamer yang hobby mengikuti berbagai kompetisi game offline.

Pada tab ketiga; Backlight, dimana kita bisa mengatur warna LED keyboard sesuai yang kita inginkan, dengan pilihan spektrum warna RGB. Tingkat kecerahan LED juga bisa diatur dalam 3 intensitas, dan terdapat fitur Light FX, dimana kita bisa memilih antara Pulse dan Cycle backlight. Corsair K50 juga menyediakan warna LED berbeda sesuai dengan profile memory M1-M3 yang sedang aktif, sehingga pengguna dapat dengan mudah membedakan profile memory mana yang sedang dijalankan.

Penggunaan keyboard Corsair Raptor K50 dalam aktifitas sehari-hari ini tentunya membuat feel ketikan menjadi berbeda, karena Nixia terbiasa menggunakan Corsair Vengeance K70 Mechanical Keyboard dengan Cherry MX Red switch. Dari yang sebelumnya setiap ketikan di atas keyboard selalu bersuara, K50 hadir tanpa menimbulkan suara klik yang signifikan seperti biasa.

Pada saat bermain game, keyboard ini juga mampu menghasilkan performa yang responsif dan sempurna tanpa ada gangguan, jarak antara key yang pas, kualitas, dan lembutnya setiap keycaps memberikan kenyamanan lebih meskipun digunakan dalam waktu gaming berlama-lama. Meskipun digunakan dalam waktu gaming berlama-lama. Hadirnya fitur 100% anti-ghosting dan full key rollover juga menjadikan setiap register ketikan keycaps selalu akurat walaupun beberapa key tertekan bersamaan.

Corsair Raptor K50 keyboard tentunya bukanlah keyboard non-mechanical biasa, kualitas yang dimilikinya patut diacungi jempol karena setara dengan produk peripheral gaming gear Corsair lainnya yang sudah terbukti. Dengan banderol harga yang terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan versi keyboord mechanical milik Corsair, anda sudah bisa memiliki keyboard berhiaskan LED RGB lengkap dengan fungsi tombol-tombol macro yang mumpuni untuk kebutuhan gaming anda.

—————————————

Model number: Raptor K50
Key Switch: Rubber dome
Keycaps: ABS
Backlight: 3 levels RGB LED backlight + dimming control
Profiles: 3
Macro: 54
Macro keys: 18, 3 profiles
USB Full N-Key Rollover
Interface: USB 2.0
Cable: 2 m (braided and shielded)
Dimensions: 502 x 163 x 24 mm
Extra features: Anti-ghosting, Windows key lock, removable wrist rest, 6 media keys, BIOS compatibility switch, on-board profile storage.
Price : Rp 1,100,000.-
Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram