Review | Corsair STRAFE RGB MX Silent Mechanical Keyboard

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 31 Dec 2015 | 170,902

IMG_0189a

Corsair Strafe – Keyboard Gaming Mechanical yang Tidak Berisik! ♥ 

Setelah sukses menjadi brand eksklusif dan pertama di dunia yang menghadirkan keyboard gaming mechanical dengan switch CherryMX RGB pada seri Corsair K70 RGB (juga K65 & K95), kali ini Corsair kembali dengan CherryMX RGB andalannya pada seri keyboard mechanical terbarunya, yaitu Corsair STRAFE RGB. Corsair STRAFE sendiri sebenarnya sudah terlebih dahulu dirilis pada kesempatan COMPUTEX 2015 lalu, namun hadir pada versi switch non-RGB, yang dimana hanya memiliki lampu backlit berwarna merah.

Corsair Strafe RGB memiliki lampu backlit individual di setiap tombolnya yang bisa kita atur warnanya hingga 16,8 juta warna, melalui software Corsair Utility Engine. Selain itu, kita juga bisa mengatur efek backlit dan kombinasi warnanya sesuka hati.

Keyboard Strafe ini merupaka desain terbaru dari keyboard gaming buatan Corsair sebelumnya, dengan layout full keyboard seperti pada Corsair K70, Strafe tampil elegan namun dengan bobot yang lebih ringan.
Versi keyboard yang akan Nixia review kali ini adalah Corsair STRAFE RGB MX Silent, dimana Corsair kembali bekerjasama dengan produsen switch mechanical CherryMX asal German, untuk menghasilkan CherryMX Silent, yang pertama di dunia dan eksklusif untuk Corsair Gaming Keyboard.

Dari namanya saja, keyboard ini secara terang-terangan menjelaskan switch yang dimilikinya adalah tipe yang ‘silent’ atau tidak bersuara seperti switch CherryMX tipe reguler sebelumnya. Seperti yang mungkin kalian sudah tahu, switch CherryMX Blue memiliki tingkat paling berisik diantara switch lainnya. Dan, switch MX Silent ini hadir sebagai solusi para gamer yang sering bermain game tengah malam tanpa perlu khawatir suara keyboard mechanical-nya akan mengganggu istirahat anggota keluarga di rumah.

— Kenapa Gamer perlu menggunakan keyboard Mechanical ? Baca artikelnya disini : “8 Alasan Untuk Menggunakan Mechanical Keyboard

• BOX & PACKAGING •

_MG_6738

Lini Gaming Gear CORSAIR kini dikenal dengan menonjolkan warna kuning bersama warna dasar hitam. Dari kemasan box Corsair Strafe juga bisa kita kenali dengan mudah bahwa ini adalah produk Corsair dari warna kuning nya yang cerah tersebut. Di bagian cover box terdapat foto dari keyboard Corsair Strafe sendiri dengan jelas, lengkap dengan informasi fitur-fitur utama keyboard di sebelah kiri bawah, nama STRAFE RGB, dan jenis switch CherryMX yang digunakan juga dilengkapi dengan gambar switch yang sesuai. Corsair Strafe RGB selain tersedia pada switch CherryMX Silent, juga tetap memiliki switch CherryMX Reguler seperti Blue, Red, dan Brown. Pada bagian belakang box juga ditampilkan fitur dan fungsi dari keyboard ini.

Corsair 1

_MG_6750

Di dalam box yang simpel ini akan kita temukan keyboard Strafe RGB, serta wrist rest detachable (yang bisa di lepas-pasang sesuai kebutuhan). Lalu terdapat keycaps tombol tambahan, dengan warna abu-abu dan memiliki contour ketinggian berbeda untuk gamer tipe FPS maupun MOBA jika kamu ingin menggantinya, sebuah pencabut keycaps (keycaps puller) dan quick start guide book juga tersedia didalamnya.

_MG_6773

• DESAIN •

Corsair memperbarui desain keyboard gaming nya dengan meninggalkan material metal yang biasa digunakan pada Vengeance K70 atau K70 RGB, dimana Corsair STRAFE memiliki bahan dasar plastik pada plat body-nya. Namun tentunya bukan sembarang plastik, Strafe tetap memiliki ciri khas produk Corsair yaitu bahan yang kokoh dan berkualitas.

_MG_6817

Salah satu perbedaan yang sangat mencolok terlihat dari pojok atas kanan keyboard, dimana Corsair tidak lagi menyematkan tombol-tombol multimedia disana, sehingga tombol wheel volume ciri khas Corsair juga tidak akan kita temukan disini. Sebagai gantinya, Corsair menambahkan tombol FN untuk mengaktifkan fungsi multimedia dengan kombinasi tombol F5 hingga F12.

Tombol-tombol pada Corsair Strafe ini memiliki lapisan rubber yang lembut di jari dan anti-licin. Ukuran font atau karakter di setiap tombol juga dibuat lebih besar agar lebih mudah terlihat. Keycaps tambahan yang disertakan, sengaja dihadirkan untuk membedakan tombol yang paling sering digunakan gamers saat bermain game, karena selain warna berbeda, keycaps tambahan ini memiliki tekstur, dan memiliki desain ketinggian yang berbeda dan dibuat sesuai contour/lekukan jari. Keycaps ber-tekstur juga digunakan pada tombol space-bar.

_MG_6868

Logo tulisan Corsair yang biasanya berada di bagian tengah atas, kini ditepatkan di sebelah kanan tepat diatas tombol numerik pad, sementara logo lambang kapal Corsair dipisahkan di sisi pojok kiri atas, lambang Corsair ini juga memiliki backlit RGB individual.

Corsair 2

Pada pojok kanan atas terdapat 3 lampu indikator NumLock, CapsLock, dan Scroll Lock. Kemudian disampingnya terdapat tombol pengatur tingkat kecerahan backlit, dan Windows Lock. Tombol Windows Lock ini tentunya sangat dibutuhkan para gamer yang tidak ingin permainannya terganggu hanya karena tidak sengaja menekan tombol Windows, dengan mengaktifkan 1 tombol ini saja, tombol Windows tidak akan berfungsi.

_MG_6862

Corsair menyematkan warna putih pada body keyboard sisi kiri dan kanan, yang dipercantik lagi dengan backlit strip yang menyala berwarna putih. Dibagian dasar tombol-tombol keyboard juga bisa kita lihat Corsair menggunakan warna putih, selain mempermudah kita dalam menentukan ‘kapan waktunya keyboard ini untuk dibersihkan’, warna dasar putih ini juga berfungsi untuk memantulkan kembali cahaya backlit dari tombol agar backlit RGB yang dimilikinya terlihat lebih hidup dan cerah.

_MG_6793

Masih mengusung wrist rest andalannya seperti pada K70, wrist rest pada Strafe hadir dengan desain yang lebih lebar dan luas serta memiliki lapisan rubber dengan tekstur terbaru untuk menambah kenyamanan pergelangan tangan kita saat menggunakan keyboard.

_MG_6780

_MG_6880

USB pass-through, mempermudah akses port USB

Corsair Strafe juga menyediakan satu port USB pada bagian belakang keyboard untuk memfasilitasi pengguna yang menginginkan kemudahan untuk segala perangkat USB, baik itu flash drive, charging, dsb. Bagi Nixia sendiri, port USB ini biasa digunakan untuk mencolokkan USB Receiver untuk headset gaming wireless Corsair VOID, untuk mencegahnya tertinggal saat bermain di gamecenter atau saat mengikuti kompetisi game. :)

Kabel konektor USB yang digunakan kali ini adalah kabel tanpa braided, tidak seperti pada K70, dan untuk konektor nya, Corsair Strafe membutuhkan 2 buah port USB. Satu konektor untuk keyboard, dan satu lagi untuk USB pass-through pada keyboard. Jadi, jika kita tidak menggunakan fungsi USB pass-through kita juga bisa hanya mencolokkan salah satu kabel saja pada PC, yaitu yang memiliki logo keyboard.

_MG_6896

 

• CherryMX SILENT Switch •

STRAFE-RGB-101215

Ini adalah keyboard pertama di dunia yang memakai switch CherryMX Silent!
Corsair dan CherryMX memiliki kerjasama untuk memberikan hak eksklusif CherryMX Silent untuk Corsair selama 6 bulan pertama.
Secara spesifikasi, CherryMX Silent memiliki tingkat action linear yang sama dengan tipe CherryMX Red, dimana pada switch Red tidak memiliki taktil feedback tambahan dan sama-sama membutuhkan tekanan sebesar 45cN saja, yang terbilang ringan. Hanya saja, switch Silent ini memiliki tingkat kebisingan setara keyboard membrane biasa, tanpa ada efek suara “klik-klak” yang khas pada switch regular CherryMX.

cherrymx silent

Untuk tingkat kenyamanan, menurut Nixia hampir sama dengan keyboard K70 Red Switch yang biasa digunakan sebelumnya, ringan ditekan dan kegiatan mengetik atau bermain game dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan. Kedamaian dan ketenangan suasana yang dihasilkan dari switch CherryMX Silent baru akan benar-benar terasa saat digunakan pada malam hari. Corsair dan CherryMX juga menjamin Garansi ketahanan setiap tombolnya hingga 50 juta kali tekan.

_MG_6821

 

 

• RGB Backlit & Programmable Keys •

Pengaturan warna lampu backlit dengan RGB switch yang menjadikan warna keyboard dinamis dan multicolor, telah menjadi primadona keyboard Corsair sejak awal tahun 2014 lalu, kita bisa mengaturnya melalui software CUE (Corsair Utility Engine), yang bisa kita download di situs Corsair berikut ini : CUE download.

CUE 1

Pada profil default bawaan software CUE versi terbaru (v1.12.75) , akan tersedia beberapa Effect backlit  preset seperti Spiral Rainbow, Visor, Rain, Color Pulse, Type Lighting Ripple, dsb. Selain efek backlit bawaan, kitapun bisa membuat efeknya sesuai kreativitas kita sendiri.. Keistimewaan dari keyboard Corsair dan software CUE ini adalah kemampuannya mengatur personalisasi warna/efek backlit secara individual di masing-masing tombol. Saat membuat efek sendiri kita juga bisa pilih efek nya seperti Gradient, Ripple, dan Wave. Soal kualitas backlit RGB, memang tidak dapat diragukan lagi, warna yang dihasilkan dari Corsair Strafe RGB terlihat lebih menyala dan lebih hidup dibandingkan seri K70 maupun keyboard mekanikal lain dengan switch yang mirip dengan CherryMX RGB  dan pastinya mampu menarik perhatian para mata untuk memandang keyboard ini. Jika kamu merasa backlit terlalu terang, kita juga bisa mengatur tingkat brightness pada integrated tombol di keyboard maupun dari software CUE.

Memang terasa agak susah saat ‘mewarnai’ keyboard Strafe RGB kita, jika kita belum terbiasa. Cara mengubah warna dan efek pada CUE di Corsair Strafe, mekanisme nya masih sama dengan K70 RGB, untuk itu kamu bisa cek tutorialnya pada video review K70 RGB oleh Nixia dibawah ini :

Jika kamu merasa bosan atau merasa kurang kreatif dalam membuat backlit RGB keyboard, kamu juga bisa cek situs forum pengguna Corsair RGB yang biasanya saling berbagi profil kreasi para penggunanya, bahkan kini Corsair telah menyediakan satu halaman khusus yang dinamakan “RGB SHARE”, dimana Corsair mengumpulkan profil-profil efek RGB terbaik disini agar sesama pengguna keyboard Corsair RGB dari segala penjuru dunia bisa memilih dan men-download profil buatan sesama pengguna yang unik dan keren.

macro

Macro Editor

Tidak hanya unggul dalam kustomisasi RGB backlit nya saja, keyboard gaming Corsair juga bisa kita andalkan bagi kamu gamer hardcore yang sering membutuhkan fungsi macro key. Lagi, setiap tombol bisa kita program fungsi lain sesuai keinginan kita pada menu tab ‘Assignments’ di  CUE. Mulai dari Macro; berfungsi menyimpan kombinasi tombol untuk bisa menjalan aksi di dalam game dengan cepat dan akurat, Text; untuk mengatur sebuah tombol agar dapat menuliskan teks atau kalimat hanya dalam sekali tekan, Keystroke; menjalankan kombinasi tombol seperti Ctrl, Alt, dll, Shortcut; berfungsi untuk mengatur sebuah tombol agar dapat menjalankan sebuah game atau program favorit atau yang telah dipilih, DPI; mengatur besaran DPI mouse melalui tombol keyboard, Timer, Mouse; agar tombol dapat menjalankan aksi/fungsi yang ada di mouse seperti klik kiri atau kanan, dsb, dan Media Control; untuk mengatur tombol agar bisa menjalankan fungsi multimedia.

• KESIMPULAN •

Keyboard Corsair STRAFE RGB MX Silent ini sangat cocok bagi kamu yang menginginkan kenyamanan dan durabilitas keyboard mechanical, namun juga membutuhkan suasana yang terlihat tenang dari anggota keluarga yang tinggal se-rumah, meskipun sedang asik berperang dalam game. Material plastik yang diusung Corsair STRAFE memang membuat harganya lebih ringan dibanding Corsair K70 RGB, namun bukan berarti Strafe tidak memiliki kualitas khas Corsair, karena Strafe hadir dengan desain yang kokoh dan kualitas build yang tidak dapat diragukan. Ditambah dengan fungsi dan keunggulan yang mirip dengan K70, dan desain yang ‘fresh’ dari Corsair, membuat keyboard ini layak dimiliki. Terutama jika kamu senang berkreasi dengan backlit efek dan sering show-off peralatan gaming kamu ke social media.. Corsair STRAFE RGB kamu sudah pasti yang paling keren!

IMG_0210

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram