Review | Corsair Vengeance 1500 Gaming headset

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 21 Jun 2012 | 6,967

Headset Gaming dengan fitur Dolby Digital 7.1 channel virtual.

Dalam rangka mengembangkan sayap nya ke bidang gaming gear, Corsair juga tentunya tidak akan setengah hati mengerjakannya. Hal itu dibuktikan dengan tema Vengeance yang diusung untuk produk gaming gear Corsair.

Kali ini Nixia akan me-review Corsair Vengeance 1500 Gaming Headset. Karena headset ini masih dalam tema Vengeance dengan desain simply elegan yang dominan berwarna hitam dengan lingkaran tipis berwana biru. Tak lupa menghadirkan kesan “blink” pada aluminium yang terdapat pada penyambung antara headband dan ear cups, ditambah emboss logo Corsair juga membuatnya semakin cool! Aluminium penyambung ini dapat ditarik untuk menyesuaikan ukurannya.

Bagian Headband nya sendiri terdapat pad busa dengan lapisan luar yang lembut, membuat nyaman kepala saat menggunakannya. Driver dengan fitur 7.1 channel virtual Dolby Digital surround sound ini berukuran 50mm termasuk besar dikelasnya, sehingga earcups 1500 ini juga memiliki ukuran yang cukup besar dan dapat membuat saya merasa benar-benar masuk ke dunia game yang dimainkan.

Penggunaan bahan soft beludru yang menjadi pelapis ear cups, menjadi nilai tambah untuk kenyamanan telinga selain berfungsi untuk menahan suara dari luar / noise-cancelling. Genggaman headset terhadap kepala juga terasa cukup tight, dan membuat telinga saya tidak mendengar suara dari luar alias budeg saat bermain game atau mendengarkan musik.

Meskipun berukuran besar, hal yang mencolok dari headset ini adalah kedua earcups nya dapat diputar 90° ke arah depan, sehingga headset ini bisa menghemat space saat dibawa dalam tas/case. Fitur Noise Canceling pada Microphone juga tertanam pada mic yang bisa diputar 135° untuk pengaturan posisi yang sempurna.

Kabel USB sepanjang 3 meter dilengkapi pengikat velcro, memang cukup panjang dan tak biasa, namun kabel yang panjang ini sangat berguna saat saya bermain di warnet dengan posisi CPU yang jauh atau tinggi. Uniknya lagi kabel braided ini sangat fleksibel karena berbahan seperti tali sepatu.

Pengatur volume digital juga berada pada kabel headset ini, terdapat 2 tombol plus dan minus yang berukuran besar dan mudah diakses. Serta sebuah tombol mute microphone terdapat diantara kedua tombol volume, untungnya disini juga terdapat lampu LED yang berubah warna dari biru menjadi merah, jika mic sedang di-mute.

Performance dari headset pastinya sudah tidak perlu diragukan lagi, mengingat dukungan teknologi Dolby Headphone multi-channel yang bisa diatur melalui driver Control Panel. . Saat digunakan bermain Battlefield 3 yang membutuhkan suara detail khususnya pada ledakan, runtuhnya bangunan dan suara kendaraan tank maupun pesawat, headset ini sanggup membuktikannya!

Positioning ketika di pakai bermain game Call of duty, Saya dapat mengukur seberapa jauh sumber suara orang ataupun suara langkah musuh dibelakang saya maupun yang dibalik tembok mempermudahkan saya untuk mendeteksi dan membunuh lawan tanpa harus melihatnya.

Pada game Diablo 3 saya yang kebetulan memainkan char wizard dimana setiap skill memberikan sound effect yang unik seperti hujan es, jatuhnya meteor atau gesekan pisau dari spectral blade terderngar jernih dan jelas. Begitu pula suara stereo percakapan dengan npc sangat terdengar jelas left-right nya begitu pula suara langkah diberbagai platform terdengar lebih detail perbedaannya, background music yang mengiringi permainan pun terdengar dengan baik hingga membawa emosi permainan saya.

Kualitas microphone headset ini juga saya test untuk mengobrol dengan teman-teman gamer di TeamSpeak, dan mereka mengatakan suara saya terdengar lebih jelas tanpa ada suara echo atau noise yang masuk.

Penggunaan driver headset sangat penting, sebagai Control Panel dari headset ini. Sayangnya software driver harus kita download sendiri di website Corsair. Driver Control Panel ini menyajikan 10 band equalizer yang bisa kita atur sendiri atau menggunakan 5 EQ preset yang disediakan. Corsair juga menyediakan 3 DSP mode yaitu Bypass, Dolby Headphone for 7.1 surround, dan Xear3D 7.1 Virtual Speaker Shifter.

Secara keseluruhan desain headset ini dibuat dengan material yang kokoh sehingga durability nya terjamin. Faktor kenyamanan headset ini juga perlu diperhitungkan bagi kamu yang sering berlama-lama menggunakan headset. Dengan kisaran harga yang tidak berbeda jauh dengan headset gaming lainnya, Vengeance 1500 layak menjadi pilihan para gamer.

Features:

  • Massive 50mm drivers to reduce distortion
  • High-Sensitivity Noise Cancelling microphone
  • Easy One-Cable USB Connection
  • Extra-wide, extra deep earcups for comfort
  • Dolby Headphone Technology

Specifications

Headphone:

  • Frequency Response: 20Hz to 20kHz
  • Impedance: 32 Ohms @ 1kHz
  • Dynamic Range: 95dB (A-weighted)
  • Drivers: 50mm
  • Cable Length: 3m
  • USB power consumption: 250mW
  • Connector: USB Type A

Microphone:

  • Type: Unidirectional noise-cancelling condenser with adjustable, rotating boom
  • Impedance: 2.2k Ohms
Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram