Review | Corsair Vengeance 2000 Wireless 7.1 Gaming Headset

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 29 Jan 2013 | 5,829

Only one word to describe this headset, Awesome!

1 kata yang patut diucapkan disaat pengetesan Headset ini, Awesome! Atau kalau boleh mengganti kata tersebut dengan Fabulous! Mungkin juga memiliki pengertian yang sama, menakjubkan, luar biasa, berkelas, sangat membuat kagum. Corsair telah berhasil memodifikasi Vengeance Headset menjadi salah satu headset terbaik yang pernah digunakan dan hebatnya lagi, sebuah Wireless Headset. Corsair tidak pernah sekalipun berhenti berinovasi hal itu didasari banyaknya varian product berkelas dunia yang ditawarkan oleh Corsair, dari Memory, Casing, PSU, SSD, USB, Cooling Part, hingga merambah di dunia Gaming dengan meluncurkan Mice dan Headset serta Keyboard yang sangat handal yang ada di pasaran saat ini.

Pada review kali ini Nixiagamer diberikan kesempatan oleh Corsair Indonesia untuk mengetes kehandalan dari Gaming Headset terbaru mereka yaitu Corsair Vengeance 2000 Wireless 7.1 Gaming Headset, mari kita kupas satu per satu seluk beluk dari Gaming Headset ini.

BOX

Box Vengeance 2000 bertemakan warna hitam dan merah serta sedikit balutan silver dan sedikit warna kuning yang sangat vocal pada tulisan VENGEANCE. Box tidak semua tertutup dengan kardus tetapi kira-kira 50% dari cover dan sisi samping kanan terpotong untuk mika transparant sehingga memudahkan user melihat bentuk dari Vengeance 2000 dtambah pada bagian tengah dari Cover cukup menarik perhatian dengan mika transparant bulat sebagai area dimana user dapat melihat USB stick Wireless yang digunakan oleh Vengeance 2000 ini. Pada sisi samping kiri box terdapat penjelasan Technical Specification dalam 5 bahasa yaitu Inggris, Mandarin [2 bahasa], Jepang, dan Korea. Pada sisi belakang dari box terdapat image lengkap dari Vengeance 2000 dan beberapa penjelasan dari headset juga dalam 5 bahasa seperti pada sisi samping kiri box.

Pada bagian dalam dari box terdapat rangka yang menopang headset juga slot untuk menyimpan USB Stick Wireless, disertakan juga buku manual, petunjuk untuk garansi, dan sebuah buku panduang mengenai bagaimana menjaga Headset Vengeance 2000, akan tetapi Corsair tidak menyertakan CD/DVD driver maupun firmware untuk headset ini walaupun hal tersebut dapat di siasati dengan cara mendownload secara manual pada website Corsair. Corsair juga memberikan 2 buah kabel, yang pertama kabel USB-Mini USB untuk charger Headset dan yg kedua adalah dock USB-USB, dock ini dapat berfungsi sebagai penambah panjang charger ataupun menjadi tempat colok USB Stick Wireless atau USB pheriperal lain nya.

HEADSET

Headset Vengeance 2000 ini memiliki 2 warna yang sangat dominan yaitu Black and Silver dengan sedikit warna biru pada dalam Earcup dan list Earcup. Earcup dapat berputar 90 derajat kearah dalam dan sekitar 10-15 derajat kearah luar memudahkan user untuk menggunakan/memasang headset ditambah juga membuat user melakukan adjustment dengan telinga sehingga user dapat mencari posisi nyaman disaat menggunakan headset ini. Logo Corsair pada sisi kiri dan sisi kanan headset.

Headset ini dipersenjatai dengan sebuah Microphone yang memiliki fitur Noise Canceling yang bagus dibandingkan beberapa brand-brand headset lain yang juga memiliki fitur Noise Canceling juga, Microphone ini memiliki 11 step yang dapat di adjust seberapa tinggi dan seberapa rendah posisinya, pada gagang Microphone juga memiliki kelenturan yang cukup baik sehingga user dapat mengarahkan Microphone tepat di depan mulut tanpa bersusah payah.

Sisi kiri Headset selain terdapat Microphone juga terdapat Volume Adjustment yang berbentuk seperti roll berwarna perak dengan tingkat pengaturan Volume yang cukup banyak sehingga Volume yang dikeluarkan oleh headset ini tidak secara drastis mengencang atau terlalu pelan, dapat di adjust dengan leluasa tanpa harus merasa Volume terlalu kekecilan ataupun terlalu besar.

Selain itu juga terdapat power button berwarna perak cukup menekan sekiar 2-3detik untuk menyalakan dan mematikan headset, dilengkapi juga dengan indicator ON/OFF wireless berwarna biru yang selalu akan berkedip setiap 5 detik menandakan headset sedang berada dalam posisi standby atau menyala, serta sebuah lubang mini USB yang memiliki indicator kondisi battery, apabila battery dalam posisi lowbatt maka lampu indicator akan berkedip warna oranye dan disaat charging indicator akan menyala oranye tanpa berkedip dan disaat battery telah full indicator yang tadinya berwarna oranye akan berubah menjadi hijau, ditambah disaat kita mendengarkan music dengan battery low maka setiap beberapa detik aka nada bunyi Beep yaitu indikator bahwa battery lemah. Sedangkan pada sisi kanan headset Nampak polos dengan balutan plastic Dove dan Glossy yang terlihat sangat elegan.

Sisi atas dari Vengeance 2000 terdapat Headrest yang terbuat dari kulit sintetis yang dijahit dengan rapih dan berisi busa yang lumayan cukup tebal sehingga tetap nyaman walaupun digunakan dalam waktu yang lama tanpa membebani secara berlebihan puncak kepala sehingga membuat pusing, selain itu ketinggian Headset dapat di adjust hingga 10 tingkat.

Pada bagian Earcup busa tebal siap menanti dengan paduan kain beludru warna hitam dengan lubang Earcup yang terbilang besar sehingga tidak menjepit tulang telinga. Anda tidak perlu khawatir dengan problem kebanyakan Headset dimana kain Earcup mengelupas atau Earcup terlalu kecil sehingga menjepit tulang telinga membuat tidak nyaman apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama, hal tersebut sudah dibuang jauh oleh Corsair sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia.

=======================================================================================

TEST THE HARDWARE

Music :
1.            Dream Theater – On The Backs of Angels (08:46)
MP3 :: 44 kHz, 320 kbps, 20.01MB
2.            Taylor Swift – I Knew You Were Trouble (03:37)
MP3 :: 44 kHz, 320 kbps, 8.32MB
3.            TaeTiSeo – Library (04.05)
MP3 :: 44 kHz, 256 kbps, 7.48MB
4.            Afrojack & Steve Aoki Feat Miss Palmer – No Beef (03.18)
MP3 :: 44 kHz, 320 kbps, 7.61MB
5.            Jheena Lodwick – For The First Time (04.40)
FLAC :: 44 kHz, 673 kbps, 22.52MB

Pemilihan musik-musik diatas karena sanggup mewakili sejumlah genre musik pada umumnya yang masih bisa dikategorikan sebagai Bass-Treble-Middle Killer. Dream Theater band nomor 1 di dunia dengan music yang paling kaya akan skill dan teknik yang notabene sangat-sangat luar biasa, dengan dentuman double pedal mike mangini yang mengguncang hingga lembutnya suara piano dipadu oleh distorsi gitar John Petrucci. Taylor Swift memiliki genre lagu pop namun memiliki Beat Bass serta Treble yang kuat  yang tidak dimiliki oleh singer pada umumnya, TaeTiSeo yaitu singkatan dari Taeyeon-Tiffany-Seohyun yang merupakan personil dari Girls Generation sekaligus girl band no.1 di dunia saat ini dimana seperti pada umumnya K-Pop memiliki unsure Beat Bass dan Middle yang kental sekali, selanjutnya Afrojack & SteveAoki adalah 2 DJ yang menempati urutan 15 besar dalam jajaran DJ terbaik di dunia versi DJMag dan kredibilitas dari kedua DJ ini memang tidak diragukan yaitu Bass Killer, Jheena Lodwick dengan For The First Time dipilih selain mewakili musik dengan tipe FLAC lagu ini memiliki Treble dan High Middle yang tinggi sehingga kejernihan dari lagu ini apakah mampu dikeluarkan oleh Headset Corsair Vengeance 2000 ini.

Music Conclusion

Corsair Vengeance 2000 benar-benar membuat kami sangat kepincut dan sangat menyukai headset ini, suara yang dihasilkan sangat luar biasa dan tidak pernah terbayangkan kalau memang sebuah Gaming Headset mampu mengeluarkan secara maximal kualitas dari lagu-lagu yang ikut dalam pengetesan Headset ini. Tidak ditemukan 1x pun suara bergulung di tengah dimana Bass bertabrakan dengan Low Mid dan Mid sehingga membuat suara bergulung dan menelan Treble secara instant. Pada Headset ini suara sangat jernih sehingga anda dapat membedakan suara dari setiap alat musik yang dikeluarkan oleh lagu dan hebatnya kami merasakan beberapa sensasi, disaat musik tidak terlalu kencang suara vokal berada seperti di depan Earcup dan bertabrakan di tengah kepala dengan middle sound tepat setelah Vokal dan bass seperti terletak jauh di belakang dari Earcup, setelah musik semua menyalak dengan keras, middle seperti nyaris menghilang berganti dengan Bass yang mampu menggetarkan Headset dan telinga akan tetapi Vokal benar-benar sangat clear terdengar jelas sekali, seakan-akan seperti ada Tweeter dan Subwoofer pada headset ini. Menakjubkan!

=======================================================================================

Movie
HD 1080p
The Dark Knight Rises (2012)
the.dark.knight.rises.2012.1080p.bluray.dts.x264-publichd.mkv (17.74GB)
Total Recall (2012)
total.recall.2012.extended.dc.1080p.bluray.dts.x264-publichd.mkv (12.54GB)

Movie Conclusion

Lagi-lagi Corsair Vengeance 2000 mampu menampilkan suara Surround pada Movie sehingga seperti menonton di bioskop ataupun pada sound system. Kemampuan Surround System 5.1 maupun 7.1 sangat berguna apabila user ingin menggunakan untuk menonton movie, suara bass, ledakan, tetesan air hujan, suara mekanik mesin-mesin, hingga suara nafas terdengar jelas seperti berbisik disebelah telinga. Nixiagamer sangat puas menggunakan headset ini untuk menonton kedua film tersebut, ada beberapa suara yang disaat bioskop kurang bisa menampilkan secara detail atau kencang pada headset ini terjawab lunas seperti pada mesin transportasi The Line pada film Total Recall, ataupun suara hujan pada Total Recall pun terdengar dengan jelas, selebihnya tidak seperti untuk musik dimana lebih kaya akan variasi suara music, pada movie lebih banyak ditekankan suara dari efek-efek yang ada di dalam movie dimana kesemuanya terjawab lunas dan dikerjakan dengan baik oleh Corsair Vengeance 2000. Istimewa!

=========================================================================================

Game
1. Sleeping Dogs (2012)
2. Medal of Honor Warfighter (2012)
3. Battlefield 3 Multiplayer (2011)
4. Far Cry 3 (2012)
5. Alliance of Valiant Arms Online (2012)

Game-game yang dipilih merupakan game yang memiliki tingkat Surround dan membutuhkan tingkat detail tinggi sehingga ketika menggunakan Headset yang baik mampu membuat anda menikmati secara sempurna keseluruhan game bukan hanya dari grafis yang bagus dan menarik tetapi detail dan kekayaan suara yang dihasilkan juga indah. Sleeping Dogs salah satu nominator game terbaik 2012 memiliki detail suara dari decitan ban mobil, disaat berkelahi dan juga environment, Medal of Honor Warfighter sedikit banyak memiliki sound yang mirip dengan Battlefield 3 walau pada game MOH beberapa efek suara jauh lebih baik, seperti suara hujan, suara genangan air disaat kita melintas, suara bangunan yang hancur hingga datangnya musuh, Far Cry 3 1 of 3 the best Game of the year 2012 memiliki kekayaan bukan hanya dari segi visual akan tetapi suara yang dihasilkan dari environment sangat-sangat real! Alliance of Valiant Arms merupakan Games Online dengan tingkat grafis, gameplay, dan sound yang paling mendekati dengan game single player/offline pada umumnya.

Game Conclusion

Pada pengujian diatas, kami mengganti beberapa profile pada settingan Control Panel dengan FPS Gaming Mode dan MMO Gaming Mode serta Reference EQ untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada setiap gamenya. Suara yang dihasilkan untuk game Sleeping Dog terbilang menawan, dengan bunyi pukulan dan tendangan yang terdengar jelas serta suara bisik-bisik orang dipinggir jalan terdengar detail. Pada game MOH suara gemercik hujan, suara genangan air sangat clear terdengar di telinga dan suara teriak-teriak pada saat perang sangat membawa anda menjadi seakan-akan berada di dalam game dengan kondisi perang sesungguhnya, suara banjir maupun suara tusukan pada lawan dengan menggunakan pisau sangat clear dan real. Pada game Battlefield 3 suara peluru mengenai lantai tetap seperti Headset pada umumnya, tetapi yang membedakan adalah letak Surround dimana disaat peluru mengenai teman/lantai di sudut serong dan disaat anda memutar layar suara tersebut seperti berputar, sangat menakjubkan dan suara nafas serta suara sepatu boot disaat mengenai lantai sangat terdengar jelas, suara pesawat terbang pun menjadi sangat kedap, real, dan membuat seakan-akan berada di dalam kokpit.

Pada Game Far Cry 3, anda diharuskan mencari binatang untuk dibunuh dan anda dapat membuat berbagai macam hal dengan kulit maupun daging binatang, Vengeance 2000 menjalankan tugasnya dengan sempurna, disaat suara rumput saling bergesekan karena tertiup angin dan suara jangkrik menggema di telinga namun detail suara dari environment masi terdengar jernih dan jelas sehingga anda dapat memprediksi disebelah mana target berada, sulit diucapkan dengan kata-kata memang, namun hanya dapat dijelaskan apabila teman-teman menggunakan Vengeance 2000 ini. Pada Game terakhir ini kami membawa game AvA, seperti pada kebanyakan Games Online bahwa syarat dari Headset Gaming yang baik adalah mampu memberikan positioning untuk suara tembakan, step/langkah musuh, granat, radio dimana sangat dibutuhkan agar dapat diketahui disebelah mana musuh berada dengan detail, disaat pengujian menggunakan Headset Vengeance 2000 ditemukan detail yang sangat memukau dari segi kejernihan ketajaman kedetailan dari kesemua syarat yang sudah disebutkan ditambah “garing” suara memudahkan untuk dapat melacak dimana musuh berada, Sangat Detail!

FEATURE

Fitur yang terdapat pada Headset Corsair Vengeance 2000 Wireless 7.1 Gaming Headset ini adalah fitur Wireless. Sebuah fitur yang sangat dijauhi oleh para gamer karena kebanyakan Wireless Headset hanya memperhatikan fungsi tanpa kabel saja tanpa memikirkan kualitas dari suara atau bobot dari headset tersebut, akan tetapi pada Headset Vengeance 2000 semua hal tersebut dibantah total, fitur Wireless yang diberikan Corsair sangat memukau dengan jarak yang sangat jauh masih dapat ditangkap oleh USB Stick Wireless sebagai dongle sender ke Headset, Charging yang simple dan cepat, battery yang dapat bertahan hingga 10jam pemakaian nonstop, bobot yang terhitung ringan, dan memiliki Equilizer.

Control Panel Equilizer untuk Vengeance 2000 dapat diperoleh dengan mendownload langsung pada website Corsair di www.corsair.com dengan besar file 32.7MB. pada Control Panel terdapat beberapa pengaturan seperti Volume dan Mic Adjustment untuk memperbesar dan mengecilkan suara, tombol Bypass yang apabila ditekan suara yang dihasilkan pure hanya dari Equalizer tanpa ada Surround begitu juga sebaliknya disaat Bypass dimatikan maka akan dapat memilih 1 dari 3 jenis Surround yang diinginkan, dapat juga menggunakan Settingan EQ yang diberikan oleh Corsair sebagai EQ Default atau apabila masih kurang puas user juga dapat membuat profile sendiri dengan settingan EQ yang diinginkan.

CONCLUSION

Headset ini memiliki suara yang memukau dan dahsyat. Apabila Ingin bermain dengan Bass Killer/Treble Killer/SoundQuality[SQ] ataupun jenis apapun Headset Vengeance 2000 ini dapat menjawab semua kebutuhan jenis musik/suara yang dinginkan hanya dengan 1 headset,Corsair Vengeance 2000 sudah menjawab Headset teknologi masa depan yang bukan hanya sekedar Wireless tetapi juga memperhatikan Headset dari segi kualitas suara yang dihasilkan. Apabila anda sedang mencari sebuah Gaming Headset yang juga dapat dipakai untuk kebutuhan sehari-hari dalam mendengarkan music maupun menonton movie, Vengeance 2000 ini merupakan pilihan yang sangat cocok dan sudah sangat menjawab kebutuhan dari setiap varian musik, suara efek, dan Gaming itu sendiri.

Specifications
Headphones
  • Frequency Response: 20Hz to 20kHz
  • Impedance: 32 Ohms @ 1kHz
  • Sensitivity: 105dB (+/-3dB)
  • Drivers: 50mm
  • USB power consumption: 500mA
  • Connector: USB Type A
  • Wireless range: up to 40 feet (12m)
  • Battery life: Up to 10 hours
Microphone
  • Type: Unidirectional noise-cancelling condenser with adjustable, rotating boom
  • Impedance: 2.2k Ohms
  • Frequency Response: 100Hz to 10kHz
  • Sensitivity: -37dB (+/-3dB)
Package contents
  • Corsair Vengeance 2000 wireless Gaming Headset
  • Dongle (wireless USB adapter)
  • 1.5m USB extension cable
  • 1.5m USB charging cable
  • Quick Start Guide
  • Safety Leaflet
  • Warranty Card
Info ketersediaan dan harga produk bisa di cek di Fanpage Digital Pitstop
Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram