Review | Corsair Vengeance K60 FPS Mechanical Gaming Keyboard

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 21 Jun 2012 | 6,388

Meskipun trend aksesoris komputer berkembang semakin canggih, seperti keyboard terbaru jaman sekarang memiliki tombol tambahan dan berbagai fitur software terbaru, namun kehadiran mechanical keyboard yang dahulu sempat terlupakan, kini menjadi salah satu gaming gear mainstream yang dibutuhkan para gamer.

Masih dengan seri Vengeance, simple, solid dan elegan adalah kata-kata yang pas untuk mendeskripsikan design produknya, dengan body berbahan plastic yang solid dilapisi dengan bagian atas brushed aluminium yang sangat tepat dipadukan dengan tombol-tombol hitam-nya.

Jika keyboard lain membiarkan tombol-tombol keyboard tenggelam sebagian kedalam kerangka keyboard, namun K60 membuat tombol-tombolnya seolah mengapung diatas aluminium. Design tersebut juga semakin memudahkan saya saat membersihkan debu, sehingga tidak ada debu yang tertinggal di dalam keyboard. Terlihat dari samping, Corsair membuat keyboard ini ergonomis dengan angle kemiringan yang tepat, dan bila kurang kamu bisa mengeluarkan keempat feet yang berada di bawah keyboard untuk menambah ketinggiannya.

Corsair Vengeance K60 merupakan keyboard yang dikhususkan bagi para gamer FPS, dengan menggunakan switch Cherry MX Red yang terkenal lebih ringan dibandingkan dengan jenis switch lain, pilihan yang tepat bagi keyboard FPS gamer karena tidak akan membuat lelah gamer yang biasa bermain berjam-jam.  Cherry MX Red juga sangat cocok untuk gamer yang membutuhkan kecepatan misalnya saat melakukan double tap, karena memiliki tombol yang ringan tanpa menghasilkan suara ‘klik’ yang mengganggu saat digunakan. Namun perlu di ketahui pada Keyboard K60 ini tidak semua nya Cherry MX Red, pada tombol Function dari F1-F12, prtscn, scrlk, pause, Ins, Home pgup, pgDn, Del, End masih menggunakan rubber dome. tetapi ini tidak menjadi masalah buat saya mengingat pada gaming tombol-tombol tersebut sangat jarang sekali di gunakan

Dari luarnya saja, keyboard ini telah menunjukkan diri sebagai keyboard FPS gamer, dengan keycaps tombol W,A,S,D dan 1-6 yang diganti menjadi warna merah. Kesepuluh tombol tersebut merupakan tombol yang paling sering digunakan para gamer. Namun Corsair juga menyediakan 10 tombol hitam standar yang dapat kamu ganti sendiri.

Tombol merah yang khusus disediakan Corsair ini bukanlah tombol biasa, tombol unik dan istimewa ini memiliki lapisan rubber bertekstur dengan kontour yang berbeda-beda serta antislip. Keuntungannya, jari kamu dapat bergerak dan menekan dengan cepat tanpa harus repot melihatnya terlebih dahulu.

Aksesoris wrist rest juga disertakan Corsair K60, sebagai alas lengan kiri saat menggunakan keyboard yang bisa dipasang atau dilepas dengan mudah. Lapisan permukaannya juga terbuat dari rubber yang bertekstur dapat menyangga lengan dengan lembut  dan nyaman, meskipun wrist rest ini terbilang agak tinggi dari keyboard K60, namun tidak terlalu bermasalah saat digunakan.

Selain itu, benda ini ternyata merupakan box penyimpan tersembunyi untuk 10 keycaps yang sedang tidak digunakan, klip penarik keycaps juga tersimpan dalam wrist rest ini. Karena tombol pada keyboard ini termasuk sulit untuk dilepas, dimana saya harus menggunakan klip penariknya untuk melepas tombol, maka saya tidak perlu kawatir untuk kehilangan tombol, seperti kebanyakan tombol pada keyboard mechanical yang rentan terlepas. Dan perlu diingat juga bahwa setiap tombol di keyboard ini dapat diganti dengan custom keycaps sesama Cherry MX switch yang kamu sukai.

K60 memiliki total tombol sebanyak 102 buah, walaupun tanpa tambahan tombol makro seperti kebanyakan keyboard gaming, K60 tetap menyertakan tombol multimedia di bagian kanan atasnya. Tombol multimedia tersebut adalah tombol stop, rewind, play/pause, dan fast forward, dan sebaris diatasnya terdapat tombol mute beserta volume scroll yang berbahan aluminium yang unik.

Disebelah kirinya juga terdapat 3 LED berwarna putih yang menunjukkan apakah scroll, number, dan caps lock aktif atau tidak. Tepat disamping nya juga tersedia tombol pengunci “tombol Windows”, untuk mencegah kamu menekan tombol Windows secara tidak sengaja saat ditengah permainan.

Kabel konektor USB 2.0 yang dimiliki keyboard ini cukup tebal walaupun sudah dengan design braided sepanjang 2 meter. Dimana pada ujung kabel ini terbagi menjadi 2 konektor USB berwarna biru muda, satu untuk koneksi power dan konektor satu lagi sebagai penyambung USB port yang terdapat di bagian belakang keyboard, port USB yang disediakan di K60 berfungsi untuk menyambungkan berbagai perangkat USB kamu tanpa harus jauh-jauh ke port yang berada di CPU.

Performance Testing

Keyboard ini saya gunakan dalam berbagai game FPS maupun RPG seperti Battlefield 3, Call of Duty , Diablo 3 dan sempat beberapa kali menemani saya ikut turnament.  Ketika bermain game FPS saya adalah tipikal pemain yang cepat/rush, sehingga membutuhkan pergerakan yang cepat pula, begitu pula dengan game rpg yang membutuhkan kecepatan menekan tombol Skill.

Thanks to Cherry Red switch yang membuat pengalaman menekan tombol mechanical lebih mudah dan cepat. Tidak butuh banyak energi untuk menekan tombolnya, meski harus digunakan dengan multi tap atau double tap, jari saya tetap tidak terasa lelah. Pergerakan yang cepat dan kontrol yang tepat juga dapat dihasilkan keyboard ini dengan baik.

Point plus pada Tombol movement W, A, S, D bertekstur dan berwana merah yang membuat sentuhan dan grip jari saya semakin presisi saat sedang bermain dengan cepat. Saat digunakan untuk mengetik, ke-sepuluh tombol berkountur itu juga tidak bermasalah, justru saya tidak merasakan adanya perbedaan ketika sedang asik mengetik.

Keyboard ini juga memberikan 20 KRO (Key RollOver) yang memungkinkan anda menekan kombinasi 20key bersamaan. Sangat berguna bagi saya ketika memainkan game-game arcade seperti Guitar Hero atau Frets on Fire sehingga tidak ada tombol yang missed ketika harus menekan beberapa tombol sekaligus.

Dengan tambahan wrist rest lengan pun menjadi lebih relaks saat bermain dan tidak mudah lelah walaupun sudah bermain game berjam-jam.

Tombol multimedia yang tersedia juga sangat membantu saat ingin mengganti track lagu dengan cepat tanpa harus berpindah dari aplikasi yang sedang digunakan.

Corsair K60 Features

  • Cherry MX Red mechanical key switches
  • Contoured, textured WASD and 1-6 Keycaps
  • Full key matrix anti-ghosting
  • 20-key rollover on USB
  • Professional-grade brushed aluminum chassis with laser etched keys
  • Ergonomic wrist rest
  • Easy access multimedia controls
  • USB Pass-through

Corsair K60 Specifications

  • Light, responsive Cherry MX Red mechanical switches for fast, efficient gaming action (45g actuation force, 2mm to actuation and 4mm to bottom, rated for 50 million operations, gold contacts)
  • Tuned silicon dome keyswitches: F1 through F12, Esc, PrtScn, Scroll Lock, Pause/Break, Insert, Home, Page Up, Page Down, Delete, and End
  • Ten (10) additional sculpted FPS keys (W, A, S, D and 1 to 6) for superior reaction and control – interchangeable with the standard keyboard keys gaming palm rest with soft-touch surface for superior gaming comfort. Storage for sculpted keys and key extraction tool included
  • Six multimedia keys – stop, previous, play/pause, next, mute, volume up/down – with solid metal, weighted volume “drum roller”
  • Windows Lock key for uninterrupted game play
  • Metal top plate for increased strength, durability, and rigidity
  • USB pass-through connector giving easy access to a USB port on the back of the keyboard (USB 2.0/1.1/1.0)
  • USB Connector with gold plated contacts
  • 2m non-tangle cable
  • 438(L) x 163(W) x 24(H) mm / 17.2″ (L) x 6.4″ (W) x 0.94″ (H)
Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram