Review | Corsair Vengeance K70 Mechanical Gaming Keyboard

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 10 Aug 2013 | 30,866

Corsair semakin memantapkan diri di ranah gaming gears dengan nama Vengeance nya, dengan menghasilkan peripheral generasi terbarunya mulai dari Keyboard, Mouse, dan Headset Gaming. Beberapa waktu lalu Nixiagamer.com kembali kedatangan produk-produk baru dari Corsair untuk kembali Nixia bahas disini, dan pada artikel ini kita akan lihat lebih lengkap tentang Vengeance K70 Mechanical Gaming Keyboard. Sebelum membaca lebih lanjut mari kita simak terlebih dahulu video unboxing dan testing K70 ini :

Keyboard K70 ini terhitung sebagai keyboard mechanical Corsair yang ketiga, sebuah evolusi dari type K60 dan K90 yang pernah dirilis sekitar setahun yang lalu.untuk review Corsair K60 sebelumnya bisa di lihat di sini : Review Corsair Vengeance K60

Evolusi yang dihadirkan K70 adalah sebuah full set mechanical keyboard yang juga dipermanis dengan adanya LED backlight di masing-masing tombolnya. Selain itu Corsair juga mendengar kebutuhan para konsumen, dengan menyediakan 3 jenis Cherry MX berbeda yaitu Red, Brown, dan Blue, untuk semakin menyesuaikan kebutuhan para gamer memilih tipe switch favoritnya. K70 yang kali ini Nixia Review memiliki Cherry MX Red, berwarna hitam dengan backlight merah, namun Corsair juga memiliki K70 dalam kombinasi warna Silver dengan backlight berwarna biru. Melihat dari beberapa opsi yang ditawarkan Corsair pada K70, semakin menunjukkan keseriusan brand ini di dunia gaming.

Unboxing & Packaging


Box packaging simple berwarna hitam-merah ini menampilkan gambar dari K70 lengkap dengan keycaps optional berwarna merah yang juga terdapat di dalam paket penjualan. Beberapa fitur utama K70 juga tertulis di bagian ini, termasuk Cherry MX Red mechanical switches, Key-by-key customizable backlighting, Contoured-Textured WASD and 1-6 Keycaps yang kemudian dijelaskan lebih lengkap pada sisi box bagian atasnya.

Pada sisi bawah box terdapat spesifikasi teknis dari keyboard dalam 5 bahasa berbeda. Sedangkan pada bagian belakang ditampilkan gambar keyboard secara full, lengkap dengan penjelasan lengkap dari tiap bagian keyboard.

Isi dari paket penjualan K70 ini cukup simple, terdiri dari palm rest atau penyangga pergelangan tangan yang bisa di copot-pasang, tombol WASD dan 1-6 yang bertekstur dan berwarna merah sebagai tambahan untuk mengcustom keyboard anda, dan cocok untuk para FPS Gamer karena akan memudahkan jari untuk tetap berada di tombol WASD walaupun sedang serius menatap layar, sebuah Keycap Puller juga disertakan untuk mempermudah pencabutan keycaps.

Tidak terdapat CD driver disini, hal itu karena keyboard K70 sama sekali tidak membutuhkan driver untuk dapat digunakan. Sebuah kertas User guide, yang berisi tentang cara-cara mengkustomisasi key-by-key lighting mode dan mengatur USB polling rate, dan juga selembar kartu garansi.

Design

Logo Corsair yang terbuat dari plat metal berwarna hitam melekat di barisan teratas keyboard untuk menunjukkan jati diri sang keyboard. Aluminium brushed berwarna hitam yang digunakan sebagai kerangka keyboard dibagian atasnya dan bahan plastic solid untuk bagian bawah, membuat keyboard ini terlihat elegan dan kokoh.

LED backlight berwarna merah yang akan menyala untuk menghias keyboard yang “gelap” ini, semakin menambah kesan gaming dalam keyboard ini. Bagian bawah keyboard dilengkapi dengan 4 buah rubber feet untuk mencegah keyboard bergeser dengan mudah, dan juga terdapat 4 buah kaki-kaki peninggi posisi keyboard.

Yang unik dari design keyboard ini yaitu body keyboard yang dibuat merendah, tidak seperti keyboard kebanyakan yang biasanya menenggelamkan bagian bawah tombol, tombol pada K70 seolah tampak berdiri dengan kaki-kaki dari setiap tombol yang dapat terlihat dengan jelas.

Layout yang tidak jauh berbeda dari seri K60 sebelumnya pun ditunjukkan dari tombol media control, yang dilengkapi volume wheel aluminium terletak di bagian kanan atas keyboard. Bergeser ke sebelah kiri media control, terdapat 3 buah LED indicator NumLock, Caps, dan Scroll-lock. 3 buah tombol tambahan kali ini disematkan tepat disisi kiri indicator, yaitu tombol Backlight Program Key – untuk memprogram lampu-lampu backlight keyboard langsung, Backlight Brightness Key – berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya backlight, dan Windows Key Disable – untuk mematikan fungsi tombol Windows, dan sangat berguna bagi para gamers.

Kabel braided K70 memiliki bentuk yang cukup tebal, terlihat sengaja didesign untuk menyajikan durability maksimum, dan mengingat juga keyboard ini membutuhkan 2 buah konektor USB, yang salah satunya berfungsi untuk mengaktifkan fitur USB port pass through yang terdapat pada bagian belakang keyboard. Cukup anda colokkan ke USB port di PC bagian belakang anda, dan port USB di keyboard menjadi sangat berguna karena mudah diakses dari atas meja desktop anda. Di samping USB port juga terdapat BIOS Switch yang berfungsi untuk mengubah polling rate keyboard anda hingga 1000MHz dan untuk mengubah polling rate ke mode BIOS.

Jika palmrest yang sebelumnya dimiliki K60 hanya berbentuk sebesar sebuah tangan, kali ini palmrestnya berbentuk bar sepanjang keyboard dengan bahan plastic namun dilapisi dengan bahan karet yang didesign dengan tekstur lubang-lubang kecil dan terasa halus di kulit pergelangan tangan. Palm Rest removable ini juga mudah untuk di lepas – pasang, untuk grip keyboard rubber feet juga dipasangkan pada bagian bawah palm rest.

Spesifikasi
• Cherry MX Red mechanical switches for fast, efficient gaming action, light, responsive
– 45g actuation Force
– 2mm to actuation and 4mm to bottom
– Rated for 50 million operations
– Gold contacts
• Ten (10) additional sculpted FPS keys (W, A, S, D and 1 to 6) – interchangeable with custom Cherry MX keycaps
• Key-by-Key Customizable Backlighting – LED berwarna merah yang dapat diatur intensitas nya dan dapat mem-program key-key tertentu yang ingin anda nyalakan LED nya.
• Palm rest dengan lapisan super lembut untuk kenyamanan gaming
• Key Puller
• Six multimedia keys — Stop, Previous, Play/Pause, Next, Mute, Volume Up/Down — with Solid metal, Volume roller.
• Windows Lock key
• Backlight:
– Red LED (Black Option)
– Blue LED (Silver Option)
– Three brightness levels
• Anodized Black Brushed Aluminum Chassis for increased strength, durability and rigidity
• Full Key Matrix Anti-Ghosting with 20-Key Rollover
• USB pass-through connector giving easy access to a USB port on the back of the keyboard (USB 2.0)
• 2m braided cable
• Dimensions:
– Inc Wrist Rest: 437mm x 210mm
– Ex. Wrist Rest: 437mm x 165mm
• Weight:- 1250g (excl. wrist-rest)

Lighting


Warna LED backlight merah sangat serasi dipadukan dengan keyboard yang keseluruhannya berwarna hitam ini. Anda juga bisa mematikan atau mengatur intensitas cahaya ke dalam 3 tingkat berbeda pada tombol dedicated yang tersedia di barisan paling atas keyboard ini. Selain mode full backlight yang menyala, anda juga bisa menyimpan profil backlight setting tersendiri dengan tombol Backlight Control Key.

Cara menyimpan backlight yang ingin anda nyalakan sangat mudah, cukup dengan menahan tombol Backlight Control hingga LED di tombol tersebut berkedap-kedip, dan pilih key mana saja yang ingin anda nyalakan atau matikan backlight LED nya sesuka hati, kemudian simpan pengaturan anda tersebut dengan kembali menahan tombol Backlight Control. Untuk mengubah mode Full Backlight dengan Backlight setting anda sendiri anda bisa kembali menekan tombol Backlight Control.

Namun ternyata tidak hanya itu saja mode yang ditawarkan Corsair K70, anda bisa mengakses 1 mode tambahan lainnya dengan menekan tombol CTRL dan Backlight control secara bersamaan. Di mode ini tombol yang anda tekan akan menyala sesaat namun akan kembali mati secara otomatis, backlight yang satu ini terbilang cukup keren digunakan dan mampu menarik perhatian mata yang melihatnya. (bisa di lihat di video diatas).

Performance

Seperti yang sudah kita ketahui, Red switch pada mechanical keyboard memiliki profil yang sangat ringan ketika ditekan, dan tanpa menimbulkan suara klik tombol yang berisik seperti pada Blue switch.

Switch Red ini memang lebih banyak dipilih untuk gaming activity yang membutuhkan aksi cepat dan responsive dan sangat direkomendasikan untuk anda yang baru pertama kali menggunakan mechanical keyboard, karena anda bisa langsung merasakan perbedaan yang tidak terlalu jauh. Dengan adanya backlight berwarna merah pada K70 juga memberikan kenyamanan walau bermain di ruangan yang gelap.

Nixia mencoba bermain game Counter Strike : Global Offensive dengan keyboard ini, dan alhasil semua movement bisa dieksekusi dengan baik dan cepat, tanpa adanya suatu masalah pada keyboard. Bermain FPS games lebih cocok dengan mengganti tombol WASD dan 1-6 dengan keycaps tambahan Corsair yang berwarna merah dan memiliki tekstur, contour sehingga lebih nyaman dan “menempel” di jari, dan jari kita selalu tahu dimana tombol WASD berada dengan cepat tanpa harus melirik ke keyboard.

Digunakan saat bermain game Diablo 3, Nixia mendapatkan kenyamanan dan respon yang luar biasa dari K70 ini, mencari tombol 1-6 untuk merilis ability dapat dilakukan dengan cepat dengan menggunakan keycaps bertekstur tambahan Corsair. Walaupun keyboard ini meninggalkan fungsi macro, yang biasanya sangat dibutuhkan untuk game-game MOBA dan RPG, namun K70 memiliki fitur untuk mengatur tombol mana sajakah yang ingin dinyalakan backlight LED nya.

Fitur tersebut bisa membantu key-key tertentu seperti ditandai untuk anda gunakan dengan cepat dan mudah. Untungnya juga, keyboard ini memiliki kelebihan Full Key Matric Anti-Ghosting, dimana gamer bisa memencet beberapa tombol secara bersamaan, sehingga mampu menghasilkan akurasi yang tepat walau secepat apapun aksi anda bermain game. sehingga gamer RPG masih tetap mendapatkan kenyamanan bermain menggunakan K70.

Conclusion

Fitur inovatif Corsair pada K70 kali ini wajib diacungi jempol, sebuah mechanical keyboard dengan design dan finishing aluminium membuat keyboard ini terlihat cantik dipasang di desktop maupun dibawa untuk mengikuti turnamen game offline. Soal build quality pun Corsair tidak perlu diragukan lagi dengan pengalamannya di dunia hardware selama ini. Sebuah Fully Mechanical keyboard dengan Cherry MX Red yang khusus didesign bagi para gamers, mengutamakan aksi yang smooth dan responsif. Lighting mode yang bisa anda atur sendiri juga merupakan salah satu kelebihan yang tidak dapat terlewat dari gaming keyboard belakangan ini, dan Corsair berhasil membawanya di K70.

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram