Review ~ Corsair VOID RGB Wireless Headset

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 27 Jan 2016 | 808,640

Review ~ Corsair VOID RGB Wireless Headset

_MG_8982

Apa sih yang Gamer cari ketika ingin membeli sebuah produk headset? Fitur apa yang paling dicari? Pentingkah sebuah headset memiliki fitur RGB, dengan lampu LED yang bisa berganti-ganti warna? Jawabannya sudah pasti beda dari masing-masing orang, namun satu jawaban yang pasti adalah kualitas suara atau audio dari headset itu sendiri, yang harus memenuhi kebutuhan saat bermain game. Soal fitur RGB, lampu di sisi luar earcup ini tentunya tidak bisa kita lihat langsung saat digunakan, seperti pada keyboard atau mouse, namun hal ini tentu bisa membuat seorang gamer terlihat paling keren diantara teman-temannya atau ketika dibawa dan dipakai di sebuah gamecenter atau juga ketika sedang mengikuti kompetisi game secara offline. Lupakan sejenak fitur RGB, karena CORSAIR VOID RGB wireless hadir lebih dari itu!

Kini telah hadir headset gaming CORSAIR VOID RGB Wireless, lini headset terbaru dari Corsair yang sebelumnya telah menghadirkan seri V, H, dan Raptor headset. Corsair VOID hadir dengan desain shape yang tidak biasa, jika biasanya Corsair hadir dalam bentuk earcup yang bulat/circular maka Void hadir dalam bentuk yang memiliki sudut persegi.

_MG_6251

PACKAGING

Desain box bertema hitam dan kuning, tetap mendominasi seluruh produk gaming dari Corsair, namun tidak disertakan dengan jendela plastik mika pada box Corsair VOID RGB ini. Kamu tetap dapat melihat jelas bentuk Corsair VOID pada gambar di bagian depan box, fitur-fitur yang dimiliki juga ditampilkan dalam bentuk tulisan highlight kuning, dan icon-icon fitur serta fungsi di sebelah kiri. Jenis headset VOID juga tertulis jelas dibagian depan disertai dengan fitur utama yaitu Wireless DOLBY 7.1 Gaming Headset.

_aMG_6271

Pada bagian belakang box, terdapat infografis tentang fitur yang dimiliki Corsair VOID RGB. Slogan “7.1 Channels. 0.0 Wires.” juga dipampangkan secara jelas disisi kanan atas dalam highlight berwarna silver, yang berarti headset ini memiliki 0.0 Wires(0 Kabel) alias Wireless. Fitur tersebut selain dijelaskan dalam Bahasa Inggris, juga tertulis dalam bahasa Mandarin, Jepang, dan Korea. Technical Specification juga bisa kita temukan disini.

_MG_6276

_MG_6309

Kelengkapan yang kita dapatkan dari Corsair VOID ini adalah USB Wireless Receiver, kabel USB charger, dan buku Quick Start & Safety Guide.

DESAIN

_MG_6288

Jenis headset CORSAIR VOID RGB yang Nixia review kali ini adalah tipe standard wireless, dengan keseluruhan body berwarna hitam matte yang terlihat dan terasa gagah dan kokoh. Corsair VOID sendiri hadir dalam beberapa variasi, seperti VOID Wireless SE Yellowjacket Edition yang memiliki aksen warna kuning khas CORSAIR yang mampu mencuri perhatian mata, VOID Stereo, dan VOID USB.

void variables

_MG_6316

Pada bagian headband, VOID menggunakan bahan plastik berkualitas tinggi yang kemudian juga dilengkapi dengan bantalan busa microfiber dibagian dalam yang cukup tebal dan lembut saat menyentuh kepala kita. Busa padding tersebut kira-kira memiliki tebal 2cm, lebar 3cm sehingga sangat nyaman Nixia gunakan bermain game rata-rata selama 5-8 jam per-hari nya. Logo “CORSAIR” kecil disematkan pada bagian kiri headband. Headband ini juga dilengkapi dengan pengatur panjang earcup yang dapat di-geser / sliding hingga 40 mm di setiap sisinya yang memudahkan pengaturan posisi headset agar nyaman digunakan sesuai dengan ukuran kepala, selain itu pada bagian slidernya di sebelah kiri dan kanan juga dilengkapi dengan garis-garis indikator untuk melihat seberapa panjang nya ukuran slider yang sedang digunakan, sehingga dapat kita ingat dengan mudah ukurannya apabila suatu saat ada yang mengubahnya. Menggesernya pun dapat dilakukan dengan presisi di setiap step garis ukuran, dan terjamin tidak akan kendur.

_MG_6304

Salah satu bagian yang membuat Nixia semakin tertarik dengan headset ini adalah pada sendi penyambung antara headband dan earcup yang memiliki bentuk lekukan yang unik dan menggunakan bahan metal atau besi yang terasa dingin saat disentuh (jika temperatur ruangan juga dingin).

_MG_6322

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Corsair VOID memiliki earcup yang tidak bulat, dan cenderung berbentuk kotak. Corsair mengungkapkan sebutan “True Form” shape yang mampu menutupi telinga kita layaknya sarung tangan, karenga telinga manusia sendiri tidak berbentuk bulat, jadi “Mengapa harus punya headset dengan earcup bulat?”. Bentuk earcup jenis ‘closed’ ini dibuat untuk menyesuaikan bentuk telinga agar nyaman dipakai, sehingga tidak ada bagian daun telinga yang terjepit earcup headset. Bagian dalam earcup memiliki bantalan memory foam dengan bahan microfiber yang cukup tebal berwarna hitam, lalu dibagian penutup driver berukuran 50mm didalam earcup, dilapisi dengan microfiber tipis yang berwarna abu-abu.

Kedua sisi dari luar earcup dilapisi dengan bahan plastik glossy pada area logo ‘sail’ Corsair dimana lighting RGB akan menyala. Earcup ini pun dapat kita putar swivel nya secara horizontal 90° ke arah dalam, saat headset dikalungkan kita bisa menutup earcup ke bagian dalam, dan memamerkan logo Corsair yang menyala-nyala. Fitur swivel ini kembali hadir setelah sebelumnya juga digunakan Corsair pada seri V dan seri H.

_MG_6291

Semua kontrol headset Corsair VOID ini bisa kita temukan hanya di sisi earcup kiri, mulai dari tombol Power On/Off, tombol Mic mute yang terlihat jelas di bagian luar, tepat disamping bagian yang berbahan glossy. Kemudian di sudut belakang bawah terdapat tombol dial yang bisa ditarik kebawah ataupun keatas untuk mengatur volume dan mode/profil audio. Sedangkan tangkai mic terdapat di sudut bawah depan, tangkai mic ini bisa kita pindahkan ke atas jika tidak sedang digunakan. Pada sepanjang tangkai mic ini juga terdapat aksen desain seperti potongan yang menampilkan kabel berwarna abu-abu di dalam tangkai ini. Tepat di ujung mic, terdapat dua buah LED indikator yang disebut InfoMic yang berada di kiri dan kanan lubang microphone. Fungsi-fungsi dari InfoMic tersebut akan Nixia jelaskan pada paragrap selanjutnya. Lubang-lubang microphone sendiri memiliki bahan aluminum. Yang terakhir, kita bisa menemukan port micro USB charger pada bagian bawah earcup kiri ini.

_MG_6303

_MG_6295

Kabel USB charger yang disediakan Corsair memiliki panjang 1,5 meter, memiliki desain yang sesuai dengan tema Corsair Gaming terbaru yaitu hitam dan kuning. Tertulis juga di spesifikasi bahwa headset ini mampu bertahan selama 16 jam setelah baterai di charge penuh. Sedangkan pada USB Wireless Receiver yang berfungsi sebagai penghubung headset dengan PC, seperti biasa berbentuk layaknya sebuah USB Flash Drive, namun kali ini memiliki lapisan bahan plastik glossy warna hitam dengan logo CORSAIR yang dilengkapi dengan aksen tambahan lapisan plastik berwarna kuning, yang otomatis membuat receiver ini berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan USB receiver sebelumnya pada seri Corsair V2000 atau H2100.

_MG_6307

_MG_6321

 

PERFORMA

Corsair VOID RGB Wireless ini menawarkan kualiitas audio Dolby Surround untuk menghasilkan suara surround seperti konfigurasi 7.1, walaupun hanya diproduksi oleh 2 buah driver berukuran 50mm. Kita bisa mengaktifkan atau menon-aktifkan fitur tersebut melalui software CUE ataupun langsung dengan menekan tombol volume pada headset. Selama Nixia menggunakan headset ini untuk bermain game seperti Metro 2011, Crysis 3, atau Counter Strike : Global Offensive, suara environment dalam game dihasilkan dengan sempurna sehingga lebih mudah menentukan posisi musuh, posisi ledakan, dan dimana posisi terjadinya peperangan dengan mencari asal suara tembakan senjata. Voice Chat dengan teman saat bermain game juga dapat didengar dengan jelas meskipun sambil bermain game, karena itulah salah satu fungsi gaming headset sebenarnya, untuk juga memudahkan berkomunikasi dengan teman satu team, agar bisa menang dalam setiap game saat bermain game multiplayer online. Saat dipakai untuk menonton film atau mendengarkan musik, kualitas suara tentunya tidak diragukan lagi, suara terasa lebih detail dengan efek bass yang pas untuk ukuran sebuah headset. Jika kita tidak suka fitur Dolby Surround pun kita bisa matikan saja fitur tersebut, atau kita pilih Equalizer yang cocok dengan jenis suara yang sedang kita dengarkan.

_MG_8986

Tentang kenyamanan, Nixia bisa mengatakan bahwa Corsair VOID telah menghasilkan kualitas kenyamanan yang jauh lebih baik daripada generasi headset Corsair sebelumnya, selain bantalan cushion microfiber yang berinteraksi lembut dengan kepala dan telinga, headset ini juga memiliki berat yang lebih ringan, sehingga tidak terasa seperti menggunakan headset saat sedang asik bermain game atau menonton film. Kenyamanan tersebut juga tentunya didapat berkat tipe wireless headset ini.

_MG_9039

Soal kualitas Mic, Corsair VOID mampu menghasilkan suara yang jernih dan anti-noise yang cukup agar teman-teman di voice chat saat bermain game tidak terganggu dengan suara lain, seperti suara TV yang sedang menyala dalam volume sedang. Beberapa kali juga Nixia menggunakan mic pada headset Corsair VOID ini untuk merekam voice over untuk kebutuhan tertentu, misalnya untuk  dan hasilnya sangat memuaskan. Fitur Feedback Mic juga dihadirkan Corsair VOID dengan nama Sidetone, dimana kita bisa mendengarkan feedback suara yang masuk ke dalam mic dengan mengaktifikan fungsi Sidetone ini. Untuk mengubah Level volume Sidetone & Mic bisa kita akses langsung di CUE. Untuk mengaktifkan / menonaktifkan Sidetone bisa kita lakukan dari tombol Mic Mute di headset dengan menahannya selama beberapa detik.

_MG_9027

Terdapat 5 buah preset Equalizer pada aplikasi Corsair Utility Engine, yaitu Pure Direct, Bass Boost, FPS Competition, Clear Chat, dan Movie Theater. Selain itu kita juga bisa mengatur sendiri Equalizer custom yang kita inginkan dan menyimpannya ke salah satu diantara 5 profil EQ, atau semuanya bisa kita ubah sesuka hati. Satu lagi kemudahan yang kita dapatkan dari headset ini adalah, kita bisa langsung mengubah profil EQ dari tombol volume di headset, dengan menekannya satu kali maka Equalizer akan berputar dari profil 1 hingga 5, yang ditandai dengan indikator pada lampu Infomic LED 2 yang akan berkedip/blinking serta suara beep pada headset. Misalnya profil 1 akan ditunjukkan dengan 1 blink + 1 beep, profil 2 ditunjukkan dengan 2 blink + 2 beep, dan seterusnya.

infomic led

Oh ya, fungsi 2 lampu indikator InfoMic memiliki fungsi yang beragam, LED 1 untuk menunjukkan status Mute pada Mic, jika menyala merah berarti Mic dalam posisi mati/mute. Kemudian pada indikator LED 2 menunjukkan level baterai, jika menyala berdenyut warna orange artinya baterai tinggal 20%, dan jika berdenyut warna merah berarti sisa 10% dan harus segera di charge. LED 2 juga bisa menjadi indikator status fitur Dolby, Hijau = Dolby aktif, Merah = Dolby nonaktif. Interval diantara setiap pulse/denyut LED serta tingkat brightness bisa kita atur melalui CUE. 2 LED Indikator ini memang terbilang sangat penting untuk mengetahui status headset kita secara langsung, namun karena posisinya yang agak menghadap keluar, maka akan agak susah untuk melihatnya, jika didekatkan ke wajah kita juga tidak akan membuat fokus mata kita cukup. Maka dari itu kita bisa memanfaatkan tangan atau jari kita yang dihadapkan ke depan indikator LED, karena cahaya nya akan memantul ke tangan sehingga mudah dilihat.

_MG_6292

Nixia tidak perlu lagi repot melepas headset terlebih dahulu seperti menggunakan headset kabel biasanya, cukup kalungkan saja ketika ingin bangun dari depan PC untuk sekedar mengambil minum atau bersantai sejenak ke ruangan sebelah. Nixia bisa menunggu pencarian Matchmaking Competitive CS:GO sambil melakukan aktivitas lain, penting ataupun tidak penting 😛 selama masih dalam jangkauan 30feet atau 8m, dan kembali ke depan PC dengan tepat waktu untuk menjalankan game. Mendengarkan musik dengan kualitas audio tinggi juga bisa Nixia lakukan sembari bersantai atau tiduran di sofa, tanpa harus terpaku di depan layar PC saja. Satu lagi yang membuat headset wireless ini cocok untuk Nixia adalah, karena Nixia sering bermain game dan bekerja di luar rumah menggunakan laptop, seperti di cafe atau gamecenter, maka headset ini terlihat semakin keren dan mudah digunakan di luar ruangan.

 

Efek RGB yang bisa menyala dengan 16,8juta pilihan warna merupakan salah satu nilai plus Gaming Gear produksi Corsair. Semenjak kehadirannya yang eksklusif pada keyboard K70 RGB di tahun 2014, branding CORSAIR akan fitur RGB sangatlah kuat. Dengan hadirnya juga fitur RGB pada headset VOID dan mouse Scimitar, kita bisa men-sinkronisasi efek lighting pada ketiga perangkat (keyboard, headset, mouse) agar dapat menjalankan efek RGB yang se-irama dan semua lampu antar gaming gear kita terlihat terhubung.

DSC08479

Daya tahan baterai saat diisi penuh, bisa Nixia gunakan selama sekitar 8 jam full bermain game dan mendengarkan musik. Namun Nixia juga menemukan trik untuk menghemat baterai headset Void ini, yaitu dengan mematikan lampu LED RGB jika tidak terlalu penting digunakan, atau pilih efek Solid Color yang hanya menampilkan 1 warna saja dan turunkan tingkat brightness-nya. Hal tersebut bisa menjamin ketahanan baterai ini hingga 16 jam seperti yang telah dijanjikan. Lagipula, siapa juga yang akan melihat indahnya kelap-kelip headset kita saat digunakan sendirian di kamar bukan? 😀

SOFTWARE

CUE (Corsair Utility Engine) merupakan sebuah aplikasi yang menjadi pusat seluruh perangkat Gaming Gear Corsair. Untuk menu yang dimiliki Corsair VOID sangatlah simple, hanya terdapat 2 tab yaitu Audio dan Lighting. Kita juga bisa membuat profile di sisi kiri, cara kerjanya sama seperti Nixia lakukan untuk keyboard CORSAIR. Dengan kemampuan membuat Profile, tentunya kita bisa menentukan lebih banyak lagi preset Equalizer dan Lighting Effect. Pada tab Audio kita bisa mengatur volume Mic, Sidetone, dan aktivasi Dolby Surround. Equalizer preset juga bisa kita temukan disini dan bisa kita kustomisasi sendiri dengan grafis slider yang tersedia untuk masing-masing frekuensi. Kita juga bisa mengatur posisi urutan EQ preset dan mengubah nama preset.

CUE Audio

Pada tab Lighting terdapat 12 pilihan preset Effect Lighting yang bisa kita pilih, namun untuk mengaktifkan sinkronisasi effect dengan perangkat Corsair lain, kita harus mengaksesnya dari menu keyboard K series / Strafe RGB terlebih dahulu, dengan memilih CUE LINK di bagian kiri bawah, dan pilih efek Synchronized Lighting yang tersedia atau mengubah pengaturannya dengan mengklik icon pensil disampingnya. Jika kita menginginkan Effect Lighting RGB lebih banyak lagi CORSAIR juga telah menyediakan halaman situs khusus dari pengguna di seluruh dunia yang men-share kreasi RGB effect yang bisa kita download, cek situsnya disini ► RGB Share.

CUE Lighting

Kemudian di tab Lighting ini juga kita bisa mengatur Brightness LED RGB dan InfoMic, serta mengatur interval waktu denyut LED pada InfoMic, agar dapat lebih mudah membedakan fungsi indikator LED antara Mic Mute dan Low Battery. Jika kita tidak mau ribet lagi membedakan setiap perubahan yang terjadi pada headset VOID kita, kita juga bisa mengaktifkan ‘sound notifications’ yang terdapat pada menu Settings > Device > VOID. Dengan mengaktifkannya semua perubahan fungsi akam diberitahukan dalam suara di headset kita, sehingga dapat lebih mudah membedakan preset, mic mute, atau status baterai headset, dll.

CUE 1

KESIMPULAN

Corsair VOID RGB Wireless hadir sebagai penyempurna produk-produk headset gaming keluaran Corsair. Bicara kualitas Corsair merupakan brand yang sudah sukses di berbagai lini pasar, mulai dari Memory, CPU Cooler, PSU, dan sebagainya dalam melengkapi kebutuhan komponen PC kita. Penggunanya pun rata-rata adalah PC Enthusiast yang tidak main-main soal memilih kualitas, dimana ada harga ada barang.

_MG_9017

Jika kamu adalah seorang gamer yang mendambakan headset gaming dengan kenyamanan super, dan fleksibilitas tinggi, Corsair VOID RGB Wireless dapat menjadi jawaban. Warnanya yang hitam membuat headset ini terkesan elegan namun tetap terlihat bertenaga. Bobotnya yang ringan juga tepat untuk para gamer profesional yang terbiasa latihan game berjam-jam. Namun jika kamu menginginkan warna yang lebih berbeda, pilihan VOID Wireless Yellowjacket SE bisa juga masuk ke dalam list. Corsair VOID juga tersedia dengan konektor audio Analog dan USB kabel, tinggal sesuaikan kebutuhan dan budget kamu dan manjakan telingamu saat bermain di medan perang!

_MG_6293

Headset ini di banderol sekitar 1.6jt, untuk Info ketersediaan, Cek di Facebook Page Corsair Indonesia : Corsair Indonesia

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram