Review Corsair VOID Surround Hybrid Gaming Headset

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 23 Jun 2016 | 652,741

Review Corsair VOID Surround Hybrid Gaming Headset_DSC2442oo

Fleksibilitas, adalah benefit yang ditawarkan Corsair pada headset gaming terbarunya, “Corsair VOID Surround Hybrid”. Karena aktifitas gaming tidak lagi hanya berpusat di depan PC Gaming kita. Gamer saat ini juga membutuhkan headset saat bermain game seperti di console (PS4/Xbox/Wii) dan gadget handheld, namun dengan kualitas ‘Gaming Headset’, dan Corsair menjawab solusinya dengan VOID Surround Hybrid Stereo gaming headset.

Sebelumnya, simak dulu Video Quick Reviewnya berikut ini :

_DSC2420

Corsair VOID, adalah nama dan model headset terbaru dari Corsair Gaming. Jika sebelumnya Nixia sudah me-review Corsair VOID Wireless RGB, maka yang kali ini akan Nixia review adalah di tipe Hybrid Surround nya. Corsair VOID sendiri memiliki beragam tipe yang menyesuaikan kebutuhan dan budget tiap gamer, salah satu yang ramah dan memiliki beragam kompatibilitas adalah pada VOID Hybrid Surround ini, karena selain bisa menggunakan jack stereo 3.5mm, tersedia juga Adapter USB yang bisa berfungsi sebagai sound card Dolby 7.1.

_DSC2475

DESIGN

Memiliki desain yang sama dengan Corsair VOID tipe lainnya, mulai dari headband sampai earcup-nya, hanya saja pada tipe ini memiliki perpaduan warna hitam dan merah (jika mencari headset ini, cukup sebutkan warnanya yaitu VOID Merah, 😀 ), dan material plastik yang digunakan lebih terasa jika dibandingkan dengan VOID Wireless RGB, sehingga headset ini memiliki bobot yang lebih ringan. Pada headband bagian luar terdapat tulisan “CORSAIR” berukuran besar, dan dibagian dalamnya memiliki lapisan cushion/bantalan dengan warna hitam senada. Headband juga dilengkapi extender yang bisa digeser, untuk menyesuaikan dengan ukuran kepala.

_DSC2450ooo

_DSC2410

Earcup yang dimiliki Corsair VOID adalah keunikan tersendiri, karena tidak berbentuk bulat seperti kebanyakan headset, melainkan berbentuk trapesium. Corsair sendiri menyebutkan desain ini dengan julukan “true form”, dimana desain nya sengaja dibuat untuk memberikan kenyamanan pada telinga untuk bermain game dalam jangka waktu lama. Terpampang logo ‘sail’ Corsair pada bagian luar kedua earcup, yang berbahan plastik glossy dengan paduan cover berwarna merah marun. Berbeda dengan Void RGB, tidak terdapat backlight pada logo Corsair di earcupnya.

_DSC2427

_DSC2428
Interface dan control bisa kita temukan semua di earcup sebelah kiri. Diantaranya tombol mute yang terbilang cukup besar dan mudah diakses, tombol scroll untuk mengatur volume, gagang microphone yang bisa sejajarkan dengan mulut atau ditutup keatas jika tidak digunakan, serta konektor kabel, semua di sisi kiri.

_DSC2430
Ujung jack konektor menggunakan single 3.5mm dengan kabel berwarna hitam yang terbilang cukup panjang. Sedangkan adapternya, berukuran sebesar flash drive USB, dengan lampu Led yang menyala jika headset aktif.

_DSC2465

 

PERFORMANCE

Nixia biasa menggunakan Corsair VOID Wireless RGB – Yellowjacket edition untuk kebutuhan gaming headset sehari-hari. Setelah mencoba menggunakan VOID Surround Hybrid ini, Nixia merasakan kenyamanan yang berbeda, namun dengan kualitas audio yang sama tinggi. Ini dikarenakan kedua headset VOID sama-sama menggunakan driver neodymium berukuran 50mm di tiap earcupnya.

_DSC2414
Tentunya terdapat perbedaan saat hanya menggunakan jack 3.5mm nya, dimana VOID surround hanya menghasilkan suara dalam format stereo namun tetap terasa detail dan kejernihan audionya, sedangkan saat disambungkan dengan soundcard adapter USB ke PC atau laptop, kualitas audio nya menjadi 7.1 Dolby Surround sound. Kualitas Dolby 7.1 tersebut mampu menghasilkan detail yang kaya, sangat cocok saat bermain game FPS di PC, atau digunakan di turnamen-turnamen game, karena kita bisa mendengarkan setiap gerakan atau aksi seperti step, ledakan, bomb planting atau defuse yang terjadi di dalam game dari seluruh penjuru arah. Saat digunakan dalam bermain game Overwatch misalnya, Nixia bisa mendeteksi suara langkah musuh dari belakang maupun dari samping, tanpa harus menengok untuk melihatnya terlebih dahulu. Jadi kita bisa fokus ke arah depan, tapi tetap sigap menghadapi musuh yang bisa datang dari segala arah, misalnya saat Reaper dari musuh menggunakan skill Shadow Step yang tiba-tiba muncul di belakang hero yang Nixia gunakan, Nixia bisa mendengarkan kehadirannya sehingga tidak terlalu kaget akan kehadiran musuh.

_DSC2463

Nilai plus nya lagi saat kita gunakan di PC, kita bisa mengubah dan mengatur Equalizer headset ini sesuai keinginan melalui software CUE (Corsair Utility Engine). Terdapat 5 preset EQ yang sudah disetting dari Corsair, seperti Pure Direct, Bass Boost, dan FPS Competition. Namun jika ingin pengaturan Eq sesuai selera sendiri pun bisa kita setting disini. Pada CUE ini juga kita bisa mengatur volume suara, volume mic, mute mic, dan menyalakan atau mematikan fungsi Dolby Surround Sound.

_DSC2401

Saat sedang bermain game di console, Nixia mencoba di PlayStation 4 (karena untuk Xbox One memerlukan adapter tambahan yang sesuai) Nixia biasanya hanya mengandalkan output audio dari TV atau speaker, dan kali ini Nixia menggunakan Corsair VOID Surround yang bisa dicolokkan ke port audio di controller PS Dualshock 4. Saat dicolokkan secara stereo (tanpa adapter) headset ini akan menghasilkan suara dengan kualitas stereo.

_DSC2396

Nixia bisa menikmati game sendirian, tanpa perlu mengganggu anggota keluarga lain di rumah, apalagi jika bermain secara party dengan teman-teman yang pastinya akan mengaktifkan voice chat hingga berisik. Sekarang bermain PS4 pun bisa merasakan lebih masuk ke dunia di dalamnya, Nixia mencoba di game Until Dawn dan Resident Evil 7 Demo, memang suasana nya menjadi lebih mencekam pada game tersebut, tapi justru itulah yang membuat gameplay nya semakin seru. Tentu tidak disarankan bagi kamu yang penakut untuk bermain game horror/thriller menggunakan headset VOID surround ini hehehe.. ^_^ Karena saking detailnya, suara bisikan yang lewat di belakang pun semakin terasa.

Selain di console, Nixia juga mencoba menggunakan headset ini di smartphone untuk bermain game-game mobile seperti Vain Glory, sambil mengaktifkan voice chat Discord untuk memudahkan komunikasi saat bermain dengan teman-teman secara team. Corsair VOID Surround sangat meningkatkan kenyamanan berkomunikasi, dengan kualitas audio game yang juga sangat detail.

_DSC2446oo

Mungkin beberapa orang akan merasa headset ini terlalu besar jika dipakai di gadget/smartphone, tapi sekali lagi, ini adalah headset gaming, tentunya memiliki alasan tentang ukurannya. Pertama, untuk kenyamanan telinga, karena earcup headset yang mampu meng-cover telinga secara sempurna, sehingga tidak akan ada telinga yang terjepit, atau mungkin sakit karena earphone yang harus diselipkan ke lubang telinga. Kedua, headset gaming memiliki tingkat detail audio yang lebih tinggi dari earphone biasa, karena menggunakan driver yang berukuran 50mm.

_DSC2423

Bantalan yang tebal pada earcup membuat headset ini masuk ke kategori medium closed-ear, meskipun suara obrolan di luar headset tidak terdengar dan tidak akan mengganggu serunya permainan, namun tidak benar-benar membuat kita terisolasi didalamnya. Berat headset yang ringan ini pun membuat kesibukan bermain game tidak akan melelahkan kepala kita saat menggunakannya. Microphone nya sendiri memiliki fitur noise-canceling, sehingga hanya akan menerima suara dari mulut kita, jika posisi gagang mic di arahkan di depan mulut dengan jarak sekitar 4cm. Kita bisa mengatur sudut lekukan mic dengan mudah juga sesuai kebutuhan.

_DSC2408

CONCLUSION

Jika kamu adalah gamer yang sering berganti-ganti platform, tidak hanya di PC, Corsair VOID Surround Hybrid Stereo ini adalah solusi yang tepat dan worth untuk dimiliki. Pilihan yang tepat, saat kamu bingung dalam memilih headset gaming dengan konektor jenis apa, karena Corsair VOID sendiri memiliki beragam pilihan, mulai dari yang USB, USB Wireless, dan Analog. VOID Surround Hybrid adalah ‘Best of Both World!’ karena kamu bisa memiliki 2 pilihan konektor fleksibel dan universal dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan versi USB ataupun USB Wireless. Tidak hanya mendengarkan game, tapi juga masuk kedalamnya dengan Corsair VOID.

_DSC2441oo

Info lebih lengkap cek di : Corsair Indonesia
Harga per Juni 2016 : Rp 1.095.000,-

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram