Review | Ducky DK9008 Shine 3 Mechanical Keyboard

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 01 Oct 2013 | 17,337

DK9008 Shine 3 2013

More Features, More Colors, More tons of Fun!


Nixia kali ini berkesempatan untuk mereview sebuah Keyboard terbaru dari brand legendaris asal Taiwan, yang mana Keyboard dengan Brand ini sudah pernah di review di beberapa kesempatan yang lalu, Keyboard tersebut adalah Ducky Shine 3 Mechanical Keyboard. Pada kesempatan yang lalu pula Nixia sudah pernah memberikan penjelasan mengenai apa itu Mechanical Keyboard dan perbedaan Mechanical Keyboard dengan Keyboard pada umumnya.

Lagi-lagi Ducky mengeluarkan sebuah inovasi yang dapat disebut sebagai Yang Pertama dan Satu-Satunya di dunia, sebuah Mechanical Keyboard dengan fitur-fitur yang belum pernah ada pada teknologi Keyboard dari jaman dahulu hingga sekarang. Sebenarnya sudah sejak tanggal 3-7 Juni 2013 yang lalu Ducky memperkenalkan Keyboard Ducky Shine 3 Mechanical Keyboard ini pada ajang COMPUTEX Taipei, Taiwan. Ducky sendiri setiap tahunnya selalu mengeluarkan sebuah Mechanical Keyboard yang dibagi 2 jenis yaitu Common dan Limited Edition, biasanya pada Keyboard Limited edition memiliki perbedaan dengan yang Common Edition dengan adanya sebuah tulisan mandarin mengenai “shio” (12 binatang yang menjadi symbol-simbol dari setiap tahun di China) akan tetapi pada Ducky Shine 3, “shio” ini terdapat juga pada Common Keyboard Ducky yaitu Snake (tahun 2013 merupakan Tahun Ular menurut kalendar China) disamping itu Ducky tetap mengeluarkan versi Limited Edition Snake dengan warna yang khusus juga.


Ducky Shine 3 Mechanical Keyboard, tetap di produksi dengan menggunakan material yang bagus dan sangat kokoh, sehingga sangat terasa ketika kita mengangkatnya bahwa Keyboard ini tidak seperti menggunakan material murahan. Disaat menggunakan Mechanical Keyboard ini Nixia dapat merasakan feel yang sama dengan Ducky Shine 2 sehingga proses pengetikkan atau bermain game tidak terdapat suatu masalah, dikarenakan sudah familiar dengan seri-seri Ducky Mechanical Keyboard yang lalu. Ducky Shine 3 Mechanical Keyboard yang akan Nixia review ini merupakan jenis Full Mechanical Keyboard, yang berarti lengkap dengan 108 Keys, tanpa menghilangkan bagian num-pad yang biasa disebut Tenkeyless . Sudah tidak sabar untuk membaca review Mechanical Keyboard yang satu ini? Yuk kita bahas detail dari fitur-fiturnya…

BOX


Seperti pada seri Ducky sebelumnya, pada Shine 3 ini pun tetap box tetap dibalut dengan warna dasar hitam. Pada cover depan bagian kiri atas terdapat logo Ducky, dan pada bagian tengahnya terdapat logo SHINE 3 yang di design dengan menggunakan font yang cukup futuristic dan berkesan cepat dikarenakan adanya shadow putih keabu-abuan blur serta website www.duckychannel.com.tw. Pada sisi bagian kiri maupun kanan Box terdapat logo SHINE 3 juga, sisi atas terdapat sebuah barcode serial number, logo SHINE 3 dan indikator dari jenis Mechanical Switch dan warna LED yang digunakan pada Keyboard serta keterangan N-Key Rollover.


Pada bagian belakang dari box terdapat banyak detail fitur dari Ducky Shine 3, seperti penjelasan mengenai Adjustable Repeat Rate dan Repeat Delay Time, Color Spacebar Lighting, Lighting mode of the Snake, Reactive lighting mode upgrade, Detail Dimensi dan fitur lainnya yang semuanya akan kami jelaskan lebih lanjut.


Didalam box terdiri dari 2 bagian, sisi kiri merupakan tempat untuk Keycaps WASD tambahan berwarna merah, Keycap Puller, Keycap Spacebar tambahan berwarna hitam, dan Kabel USB. Sisi kanan merupakan tempat Ducky Shine 3 berada, ditutupi dengan Dust Cover mika transparant dan dilengkapi sebuah Manual Book dalam 2 bahasa yaitu Inggris dan Mandarin, serta sebuah warranty form.


KEYBOARD

Here we go, let’s look out to our “Bad Boy”! Ducky Shine 3 Mechanical Keyboard berwarna hitam solid dari bagian muka hingga bagian belakang, terlihat jelas Laser Printed Keycaps yang dibalut dengan UV Coated ciri khas dari Ducky Mechanical Keyboard. Mata kita akan langsung dibawa pada bagian Spacebar dimana terdapat gambar ular yang menandakan bahwa Mechanical Keyboard ini merupakan Snake Edition, sama seperti versi Limited Edition dimana sama-sama terdapat gambar ular pada Key Spacebar namun yang membedakan adalah versi Limited Edition memiliki warna abu-abu dan memiliki tulisan dalam bahasa mandarin dibagian bawah dari keycap Del. Sama seperti Ducky Shine 2, walaupun Shine 3 ini merupakan versi Common Edition tetap tidak membuat Ducky Shine 3 diproduksi dalam jumlah banyak, sehingga para pemilik dari Mechanical Keyboard ini merasa tetap ekslusif, Ducky Shine 3 juga merubah Logo windows pada Keyboard menjadi logo Ducky.


Pada bagian bawah dari Keyboard ini terdapat sebuah emblem silver yang bertuliskan serial number, juga terdapat 4 buah switch kecil yang dapat di adjust untuk merubah/mengganti fungsi dari beberapa Key (DIP Switch Functions) serta Keyboard Feet yang tebal dan keset sehingga apabila permukaan meja kita licin tidak akan membuat keyboard bergeser.

Sebuah lubang mini port USB untuk kabel USB serta seperti biasanya Ducky juga menyertakan rail untuk mengatur arah jalannya kabel USB sehingga tidak tertekan/terlipat-lipat. Saat dinyalakan dengan menyambungkan kabel ke komputer, maka akan terlihat LED berwarna Magenta menyala dan spacebar bergambar snake yang dapat berganti-ganti warna. Mechanical Keyboard ini memiliki Dimensi 442 (L) x 140 (W) x 41.5 (H) mm atau berukuran Panjang 44.2cm x Lebar 14cm x Tebal 4.15cm dan memiliki berat 1.4KG.


Ducky Shine 3 Mechanical Keyboard yang Nixia Review ini menggunakan Cherry MX Blue Switch dan LED warna Magenta. Anda sendiri dapat memesan switch yang ingin digunakan (BLUE/RED/BROWN/BLACK SWITCH) serta LED yang diinginkan (BLUE/RED/GREEN/WHITE/MAGENTA/ORANGE LED). Keyboard ini sangat kaya akan fitur-fitur yang tentunya dapat membuat Anda terkagum dan sangat tertarik untuk memilikinya.

FEATURES


A. LED

Fitur pertama yang akan dibahas adalah fitur LED, seperti yang kita ketahui bahwa Ducky Keyboard terkenal dengan fitur LED dan Responsive/Reactive Lighting Mode-nya. Untuk mengganti mode-mode LED nya, cukup dengan menekan tombol FN+F10 beberapa kali sampai mode yang diinginkan tampil.


  1. Mode pertama All LED ON, LED pada Keyboard menyala semua.
  2. Mode kedua Pulse Mode/Breathing Mode, LED pada Keyboard bergerak meredup dan menyala, seperti berdenyut/bernafas.
  3. Mode ketiga Wave Marquee, LED bergerak meredup dan menyala seperti sapuan ombak dari kiri bergerak ke kanan.
  4. Mode keempat Snake Marquee, LED tampak padam semua, akan tetapi akan ada LED yang berjalan seperti ular yang bergerak dari atas kebawah, mulai dari Key Esc yang akan mengitari seluruh Keycaps yang ada pada Keyboard dan berujung di Ctrl sebelah kiri bawah, bergerak seperti permainan Snake.
  5. Mode kelima Reactive Lighting Mode/Responsive Mode, keseluruhan lampu LED akan mati dan hanya akan menyala apabila kita menekan Keycaps yang di inginkan, misalnya kita hanya menekan Key W makan Key W tersebut yang akan menyala. Perbedaan yang mencolok dengan Ducky Shine 2 adalah Ducky Shine 2 juga memiliki fitur ini akan tetapi begitu jari kita pada Keycap diangkat lampu LED akan segera padam, yang beda pada Ducky Shine 3 tidak langsung padam melainkan padam secara perlahan/fade out.
  6. Mode keenam Ripple Mode, dari keseluruhan mode, mungkin mode ini yang paling unik, karena pada mode ini kita dapat melihat bahwa seluruh LED akan padam, apabila kita menekan sebuah Keycap misalnya Keycap H, maka lampu akan menyebar ke sekitar kiri dan kanan dari Keycap H seperti riak-riak air, sedangkan Keycap H sendiri tidak mengeluarkan cahaya, lampu tersebut akan bergerak seperti menjauh dari Keycap H.
  7. Mode ketujuh Ripple Mode 2, mode ini sama dengan Mode keenam, akan tetapi Ripple/Riak yang dihasilkan hanya pada baris yang ditekan, tidak menyebar kemana-mana, misalya kita menekan huruf H maka seperti riak juga bergerak menjauhi ke kiri dan kanan, G-F-D-S-A dan J-K-L-:-”
  8. Mode kedelapan All Dead/ALL LED OFF, LED pada Keyboard tidak menyala Kecuali Spacebar.

Note:

  • Pada Ducky Shine 3 ini juga ditambahkan fitur untuk mengatur intensitas cahaya LED dari redup ke paling terang (FN+ & FN+)
  • Lalu juga terdapat fitur baru dimana kita bisa mengatur respon speed dari yang paling lambat hingga paling cepat, dari tiap-tiap mode yang diaktifkan dengan menekan tombol FN+& FN+

B. USB Repeat Acceleration

Pada fitur kedua ini, Ducky Keyboard meresmikan bahwa mereka memiliki paten atas fitur yang terbilang lama akan tetapi baru pada Keyboard USB Generation. USB Repeat Acceleration, mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya apakah itu USB Repeat Acceleration? USB Repeat Acceleration adalah sebuah teknologi yang sudah ada pada Keyboard umum jaman dahulu yang hanya ada pada keyboard yang masih menggunakan PS/2 Connector.

Fungsi dasar dari fitur ini adalah mengoptimalkan seberapa cepat dan seberapa lambat sebuah huruf akan muncul disaat kita menekan terus sebuah Key. Terdapat 2 fitur yang dipatenkan oleh Ducky Keyboard yaitu USB Repeat Delay Time dan USB Repeat Rate.

USB Repeat Delay Time :    Sebagai Sample, apabila Anda sedang mengetik dengan menggunakan Keyboard pada umumnya kemudian Anda tekan Keycap A dan ditahan maka akan terlihat huruf A pada monitor lalu kemudian jeda beberapa saat banyak huruf A yang nampak dibelakang huruf A awal dan terus berulang. Pada Ducky Shine 3 jeda antara huruf A pertama dan A kedua dapat dibuat hilang, sehingga disaat Anda menekan Keycap A maka dilayar anda akan dengan segera muncul huruf A berurutan tanpa adanya jeda huruf A pertama dan huruf A kedua, hal ini tentunya sangat berguna apabila kita sedang menggunakan Backspace/Delete, akan tetapi sangat tidak dianjurkan untuk diaktifkan apabila Anda merupakan tipe penulis yang gemar berlama-lama menekan sebuah Key.

USB Repeat Rate : Sebagai Sample, apabila Anda sedang mengetik dengan menggunakan Keyboard pada umumnya kemudian Anda tekan Keycap A dan ditahan maka akan terlihat huruf A pada monitor lalu kemudian jeda beberapa saat banyak huruf A yang nampak dibelakang huruf A awal dan terus berulang secara konstan dan kecepatan huruf A tersebut muncul juga masih dapat diperhitungkan oleh mata Anda. Pada Ducky Shine 3 Anda akan dapat membuat huruf A berulang berurutan dengan sangat cepat sekali, melebihi Keyboard pada umumnya.


Apabila Anda menggabungkan fitur USB Repeat Delay Time dan USB Repeat Rate maka hasil yang di dapat, dapat menghasilkan banyak huruf dalam satu kali sentuhan key saja.

C. LED Customization Mode

Seperti Ducky Shine 2, pada Ducky Shine 3 Anda juga dapat menggunakan fitur tersebut pada Keyboard ini dan Anda diijinkan untuk memilih bagian mana saja pada tiap key yang menyala dan yang padam dan menyimpannya kedalam 2 slot berbeda.


Anda dapat mengaksesnya dengan kombinasi tombol yang sama, yaitu untuk merekam dengan menggunakan tombol FN+REC1/PtScr untuk profil 1 dan FN+REC2/Pause untuk menyimpan di slot profile 2. Sedangkan untuk mengaktifkan profil yang sudah anda simpan tersebut menggunakan FN+CM1/F11 untuk profil 1 dan FN+CM2/F12 untuk profil ke-2.

D. RGB LED Lighting Spacebar

Fitur yang baru hanya ada pada Ducky Shine 3 ini, dimana Anda dapat merubah warna pada Spacebar anda sesuai selera Anda. Dengan menggunakan Color Palette yang disediakan dalam bentuk Increase Red, Green, dan Blue. Anda pun dapat menyimpan sampai 9 Profiles untuk warna Spacebar dan apabila anda sudah bosan dengan warna-warna kreasi Anda, Anda dapat menyalakan RGB Demo Mode sehingga Spacebar akan berganti-ganti warna secara otomatis.


E. Feature Kelima – DIP Switch Functions

Fitur Kelima ini ada dan sama pada Ducky Shine 2, Anda dapat mengganti beberapa fungsi-fungsi dari beberapa Keys yang ada pada Keyboard Anda agar Anda disaat bermain game/bekerja tidak terganggu dengan fungsi dasar keyboard yang terkadang membuat kita merasa terganggu karena secara tidak sengaja tertekan.

F. Feature Keenam – Reset to Factory Defaults

Fitur Keenam ini terlihat tidak penting, akan tetapi suatu saat mungkin Anda sangat membutuhkan. Salah merekam, malas membuat rekaman ulang, salah membuat warna untuk Spacebar dan apapun itu Anda cukup menekan Keycaps berlogo Ducky sebelah kiri dan sebelah kanan (Keycaps logo Windows) selama 3 detik, maka Keyboard Anda sudah berhasil dikembalikan ke setting awal.

FEATURE TRICKS

Malas membuka buku manual/ingin mengetahui bagaimana setiap Features diatas bekerja pada Ducky Shine 3 sebelum anda membeli Mechanical Keyboard ini? Disini kami jelaskan ringkasannya :

USB Repeat Acceleration Tricks —

Adjust USB Repeat Delay Time

1. Tombol FN + Tombol F1 = Jeda huruf pertama dan huruf kedua 1x (Default)
2. Tombol FN + Tombol F2 = Jeda huruf pertama dan huruf kedua 2x lebih cepat
3. Tombol FN + Tombol F3 = Jeda huruf pertama dan huruf kedua 4x lebih cepat
4. Tombol FN + Tombol F4 = Jeda huruf pertama dan huruf kedua 8x lebih cepat

♦ Adjust USB Repeat Rate

1. Tombol FN + Tombol F5 = kecepatan pengulangan huruf 1x (Default)
2. Tombol FN + Tombol F6 = pengulangan huruf 2x lebih cepat
3. Tombol FN + Tombol F7 = pengulangan huruf 4x lebih cepat
4. Tombol FN + Tombol F8 = pengulangan huruf 8x lebih cepat

— LED Customization Mode —

Record Profile
Tombol REC 1 : untuk menyimpan/merekam settingan LED pada Profile 1
• Tombol FN + Tombol REC 1 (PrtSc) lalu tekan Keys yang Anda inginkan, setelah selesai tekan 1x Tombol REC 1 (PrtSc). Profile 1 Anda berhasil dibuat.
Tombol REC 2 : untuk menyimpan/merekam settingan LED pada Profile 2
• Tombol FN + Tombol REC 2 (Pause) lalu tekan Keys yang Anda inginkan, setelah selesai tekan 1x Tombol REC 2 (Pause). Profile 2 Anda berhasil dibuat.

Mengaktifkan Profile
Tombol CM 1 : untuk memanggil/mengeluarkan kembali settingan LED Anda pada Profile 1
• Tombol FN + Tombol F11
Tombol CM 2 : untuk memanggil/mengeluarkan kembali settingan LED Anda pada Profile 2
• Tombol FN + Tombol F12

— RGB Spacebar LED Lighting Tricks –

  1. Tombol FN + Spacebar      : mematikan/menyalakan LED pada Spacebar
  2. Tombol FN + ESC          : untuk mereset warna RGB pada Spacebar
  3. Tombol FN + Insert      : untuk menaikan tingkat kecerahan warna merah
  4. Tombol FN + Home     : untuk menaikan tingkat kecerahan warna hijau
  5. Tombol FN + PgUp     : untuk menaikan tingkat kecerahan warna biru
  6. Tombol FN + Numlock 0     : untuk mengaktifkan RGB Demo
  7. Tombol FN + Alt + Num 1-9 : untuk menyimpan Profile setting RGB
  8. Tombol FN + Numlock 1-0 : untuk mengaktifkan kembali setting RGB yang telah dibuat

— DIP Switch Functions —
1. Switch DIP 1 :

• ON = Tombol Ctrl sebelah kiri dan Tombol Capslock berganti posisi, sehingga ketika Anda bermain Game dan membutuhkan Crouch dengan cepat, ini merupakan fitur yang menarik.
• OFF = kembali ke posisi normal (merupakan setting Default)

2. Switch DIP 2 :

• ON = Tombol Alt dan Tombol Windows (Logo Ducky) berganti posisi, ketika Anda bermain Game Anda tidak perlu takut Tombol Windows ketekan sehingga menyebabkan Game menjadi minimize dan muncul tampilan muka Windows.
• OFF = kembali ke posisi normal (merupakan setting Default)

3. Switch DIP 3 :

• ON = membuat tombol Windows anda menjadi tidak berfungsi.

• OFF = kembali ke posisi normal (merupakan setting Default)

4. Switch DIP 4 :
• ON = menampilkan DEMO Mode
• OFF = menampilkan Standard Mode (merupakan Setting Default)

PERFORMA


Pengetesan Keyboard ini menggunakan beberapa game yang membutuhkan tingkat bergerak yang cepat seperti MMOFPS dan MOBA. Seperti pada game Battlefield 4 dan Crysis 3 Ducky Shine 3 tetap memperlihatkan performance yang tidak jauh berbeda dengan Ducky Shine 2, feel yang didapat pun juga sama. Begitu juga disaat bermain game Dota2 dan League of Legends Keyboard berfungsi secara maksimal dan sempurna tanpa ada Ghosting/2 tombol terpencet bersamaan sehingga menyebabkan tidak tombol tidak berfungsi maksimal. Walaupun memang secara signifikan tidak dapat kita rasakan perbedaan dalam hal respond antara Ducky Shine 2 dan Ducky Shine 3 karena Switch yang digunakan pada Ducky Shine 2 juga digunakan pada Ducky Shine 3 akan tetapi rupanya Ducky men-double PCB yang digunakan pada keyboard ini, sehingga memboost up tingkat durability/ketahanan produk agar semakin awet.

Dengan dana sekitar Rp 1.790.000 Anda dapat langsung membawa pulang serta merasakan sensasi bermain yang ditawarkan oleh Ducky Keyboard. Anda dapat membeli produk ini di Indonesia tanpa harus langsung pergi ke Taiwan dengan menghubungi Distributor Tunggal dari Ducky Mechanical Keyboard yaitu Foxhound Store.


PRO

  • Durability semakin baik
  • Fitur-fitur yang ditawarkan semakin banyak
  • Berlimpah mode baru yang sangat menjadi daya tarik
  • Kelengkapan semakin baik dari Keycaps tambahan, Keycaps Puller, dan Gold Platted USB
  • Harga sesuai dengan kualitas barang dan fitur yang ditawarkan

CON

  • Tidak ada warna body lain selain full black
  • Versi TKL/TenKeyLess belum tersedia
(Jef/Nix)

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram