Review | Ducky Shine 2 DK9087 TKL

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 10 May 2013 | 5,650

Nicole With her Ducky Keyboard

Yay!! Finally I received my new Ducky 9087 Shine 2 from FoxHound. Ducky 9087 yang saya pesan mempunyai switch cherryMX brown yang sangat nyaman menurut saya, dan memancarkan backlit led berwarna biru, warna favorit saya.. -Nicole

The Beauty of Pink and Blue Ducky Keyboards

Another Mechanical Gaming Keyboard from Ducky are coming to Nicole’s & Nixia’s desk..! Ducky yang akan kami review kali ini punya seri yang sama yaitu Ducky 9087 Shine 2 TenKeyLess namun dalam warna backlit LED dan type switch yang berbeda. Ducky 9087 Shine 2 yang dimiliki Nicole memiliki LED berwarna biru dan menggunakan switch CherryMX Brown, dimana biru merupakan warna favorit Nicole, dan switch Brown juga sengaja dipilih karena merupakan switch yang nyaman bagi Nicole.

Nixia - Ducky Keyboard with custom keycaps

Sedangkan Ducky 9087 Shine 2 yang dimiliki Nixia memiliki backlit LED berwarna Pink Magenta, warna yang unik dan pasti banyak dipilih para cewek. Switch yang digunakan pada keyboard Pink ini yaitu CherryMX Red, karena Nixia sendiri menyukai type Red yang ringan sehingga menambah kecepatan / agility saat bermain game.

Cherry MX Red dan Cherry MX Brown

Sedikit informasi, ada 4 jenis switch CherryMX pada umumnya yang dibedakan dengan warna, yaitu Black, Brown, Red, dan Blue. Dimana switch Black memiliki tingkat kekerasan hard daripada jenis lainnya, dan cocok untuk Pro-Gamer yang membutuhkan presisi tinggi saat bermain game, lalu switch Brown yang memiliki tingkat kekerasan medium-light dan memiliki tactile feel, kemudian Blue switch yang memiliki kekerasan light dan clicky feel.

Pada sisi box terdapat label yangg menandakan tipe switch dan warna led

Walaupun keduanya memiliki switch berbeda, secara keseluruhan fitur utama nya sama dan tetap unik untuk sebuah keyboard.
Box and Inside

Seperti biasanya, Ducky memiliki box yang simple dengan warna hitam, dengan nama produk Ducky9087 Shine 2 di bagian depannya. Pada bagian belakang box terdapat penjelasan spesifikasi dan fitur-fitur Ducky Shine 2. Karena kedua keyboard ini merupakan seri tenkeyless dimana tidak adanya tombol-tombol numpad, sehingga membuat ukuran lebar keyboard ini lebih kecil, jadi jika anda membawanya dengan menggunakan box nya juga masih tergolong compact di tas, tidak seperti box keyboard lainnya yang biasanya lebih besar dan membuat ukuran keyboard menjadi sulit dibawa. Cocok bagi Anda yang sering ikut turnamen game, jadi tidak perlu takut keyboard akan rusak atau kotor.

Didalam box, Keyboard Ducky ini kembali dilindungi oleh lapisan plastik mika yang tercetak sesuai bentuk tombol keyboard, lengkap dengan buku manual dan kabel gold-plated USB. Kabel USB connector keyboard ini bisa dicopot-pasang (detachable) dengan connector ke keyboardnya yang berjenis mini USB, serta peletakkan kabel pun dapat di-adjust ke arah kiri atau kanan sesuai yang diinginkan. Kabel USB ini juga dilengkapi dengan perekat velcro berlogo Ducky, yang tentunya memudahkan penyimpanan kabel agar lebih rapi.

Keycaps tambahan berwarna merah untuk tombol W,A,S,D juga kembali diikutsertakan dalam paket, cocok bagi para gamer yang lebih sering menggunakan tombol-tombol ini. Atau mungkin bagi Anda yang merasa bosan dengan keycaps WASD yang berwarna hitam? Untuk mengganti keycaps nya pun telah disertakan sebuah keycap puller.

Dari design, warnanya yang hitam legam saat tidak terhubung ke PC,  sepintas memang Ducky 9087 Shine 2 ini terlihat seperti keyboard biasa, tidak terlihat seperti keyboard multimedia maupun gaming. Hal ini mungkin disebabkan karena keyboard ini tidak mempunyai tombol macro seperti pada kebanyakan gaming keyboard sekarang ini. Tetapi jika Anda melihat dengan seksama pada sisi belakang keyboard, Anda akan menemukan 4 buah DIP Switch yang masing-masing memiliki fungsi berbeda seperti, menukar fungsi Caps Lock dengan Ctrl, menukar fungsi Alt dengan tombol Windows, me-nonaktifkan tombol Windows yang sangat berguna saat bermain game karena tombol Windows sering tidak sengaja tertekan, dan mengaktifkan N-Key Rollover.


Kesan body keyboard yang kokoh dan kuat didukung oleh penggunaan bahan aluminium di body bagian depan keyboard ini dan menghilangkan kesan keyboard murahan, meskipun keyboard ini menjadi agak lebih berat dari keyboard normal namun kualitas Ducky tidak dapat diragukan. Logo Ducky yang menggantikan logo pada tombol Windows dan pada tombol Space menjadikannya sebagai tanda pengenal Brand Ducky.
Shine Backlit LED


Backlit LED yang akan menyala jika keyboard terhubung dengan PC/Notebook pada Ducky Shine 2 ini merupakan hal yang paling eye-catching, cahayanya yang benar-benar berkilau mampu menarik perhatian orang, sangat cocok digunakan para gamer yang ingin tampil beda di arena turnamen. Tingkat intensitas cahaya dari backlit ini juga dapat diatur dengan menekan tombol Fn+F11 untuk mengurangi dan Fn+F12 untuk meningkatkan level cahaya backlit.

Secara default, Ducky memiliki 6 program mode yang sudah tersimpan pada tombol Fn+F10.
1. Mode 60% backlit, LED bagian tombol-tombol utama menyala kecuali tombol pada barisan Function.
2. Mode Full 100% Backlit, semua tombol menyala.
3. Mode Pulse/Breathing Mode, dimana cahaya LED akan bergerak dari redup ke terang seperti berdenyut.
4. Mode Reactive, dimana lampu LED hanya akan menyala saat kita menekan tombol-nya, dan sebaliknya akan mati jika tidak ditekan.
5. Mode Marquee Scrolling Text / Running Light, dimana lampu LED hanya menyala sambil bergerak dari kiri ke kanan mulai dari Esc hingga tombol paling kanan yaitu tombol Pause.
6. Semua backlit tidak menyala.


Custom backlit profile
Kurang puas dengan default mode diatas? Salah satu keunggulan Ducky ini ialah sudah mempersiapkan 2 custom profile special, dimana Anda bisa mengatur tombol apa saja yang akan menyala sesuai keinginan sendiri. Untuk me-record backlit tersebut pun caranya cukup mudah, cukup dengan menekan tombol Fn+Rec1(PrtSc) untuk slot profil 1 dan Fn+Rec2(Pause) untuk slot profil 2, kemudian pilih tombol mana saja yang akan menyala dengan langsung menekan tombol yang diinginkan, kemudian jika sudah selesai dan ingin menyimpannya tekan kembali tombol record tadi sesuai profil. Sedangkan untuk menjalankan profil yang sudah disimpan tadi, cukup menekan Fn+F8(CM1) atau Fn+F9(CM2).


Performa

CherryMX Brown Switch, Blue LED – lebih ringan daripada Black namun juga tidak seringan Red, type ini juga memiliki tactile feeling yang lembut di jemari, sehingga tidak diperlukan tekanan yang terlalu keras.
CherryMX Red switch, Pink LED – Tidak diragukan lagi performa nya ketika membutuhkan intense permainan yang cepat, dengan switch red dapat dipastikan jari-jari anda tidak akan lelah meskipun bermain lama, namun terkadang anda bisa saja tidak sengaja menekan tombol keyboard ini.


Overall, Mengetik dengan kedua keyboard ini merupakan suatu kenikmatan tersendiri karena dapat membuat anda ketagihan serta tidak ingin berhenti dan melepas jemari dari keyboard, kenyamanannya membuat proses pengetikan terasa lebih cepat.
Ketika memainkan game, kedua keyboard ini sanggup menghasilkan kenyamanan dan performa yang pas dan tidak membuat jari cepat lelah walau sudah bermain game selama berjam-jam.

Walau tidak ada macro, namun terdapat multimedia function

Compatible dengan Custom Keycaps

Features:
  • PCB two-sided routing, safety guaranteed
  • A removable mini USB connector
  • Illuminated keyboard, charming and fascinating
  • Standard Lighting Modes: Full Backlit, 60% Backlit & Selected Keys Backlit (with 2 Configurable Profiles)
  • Reactive Mode – Keys light up when depressed
  • Laser Printed Keycaps, UV Coated
  • On/Off Dip Switch to define the functions of the keyboard
Specification:
  • Switch Type: Cherry MX series
  • Supporting Interface: USB
  • Supporting Keys:6-Key Rollover or N-Key Rollover
  • Print:Double layer laser, engraved keycaps
  • Reactive Mode – Keys light up when depressed
  • Levels Of Brightness:6 levels
Selain warna LED backlit dan switch yang sudah kami sebutkan diatas, Ducky Shine II DK9087 TKL memiliki 6 pilihan warna (blue, red, green, yellow, white, pink) dan 4 pilihan CherryMX Switch (black, brown, red, blue).
Anda bisa memesan langsung Ducky Mechanical Keyboard di Foxhound
Untuk Review Personal Keyboard Ducky dari Nicole bisa mengunjungi Blog nya di :
Review Ducky @Nicole’s Blog
Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram