Review | Ducky Shine 2 DK9008 Mechanical Keyboard

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 24 Dec 2012 | 2,851

Sebelum baca lebih lanjut Review, disarankan untuk melihat video unboxing dan testing Ducky Shine ini ^^ :

Ducky DK9008 Shine 2 merupakan Mechanical Keyboard yang patut diacungi jempol, dari kepadatan bobot keyboard ini sendiri, ditambah bahan yang digunakan juga bagus sehingga anda akan merasa nyaman menggunakannya. DK9008 Shine 2 yang direview kali ini adalah DK9008S2-RUSALW dengan warna LED putih pada setiap Keycap nya, keyboard DK9008 Shine 2 terdapat 2 model, yaitu model standard full keyboard 108 Keys dan Tenkeyless dimana area Numlock termasuk numpad 0 sampai 9 tidak ada sehingga membuat keyboard ini lebih pendek dari keyboard 108 Keys/keyboard umum, pada review kali ini menggunakan DK9008 Shine 2 108 Keys.

Full Layout 108 Key

Box DK9008S2 pada bagian atas berwarna hitam dengan tulisan pada tengah-tengah box DK9008 Shine2 berwarna biru memberikan kesan elegan, pada sudut kiri atas terdapat print UV Spot logo Ducky Channel, sangat menarik. Bagian sisi kanan dan kiri box terdapat gambar semacam sinar lonjong berwarna biru (bagian sisi kiri terdapat kode& barcode DK9008S2). Bagian belakang box terdapat stiker indikasi Key Switch yang digunakan berikut dengan warna Key Switch yang digunakan pada keyboard tersebut, yang pada review kali ini menggunakan Cherry MX Red Switch dengan Led berwarna putih. Pada bagian bawah Box terdapat gambar-gambar yang menerangkan fitur-fitur dari keyboard ini dan juga dimensi dari keyboard.

Inside of the Box

Pada bagian dalam box terdapat tempat untuk meletakkan keyboard dan juga sebuah plastik mika kokoh yang berbentuk keycap-keycap dari keyboard ini, tersedia juga manual dalam 2 bahasa (mandarin & inggris), dan juga ada tempat untuk meletakkan kabel USB dari keyboard ini.

Let’s we talk about our main course, the keyboard itself, sebuah keyboard berwarna hitam gelam dengan ketebalan yang sesuai dengan Mechanical Keyboard pada umumnya, akan tetapi ada yang berbeda dengan setiap huruf pada Keycaps nya, seperti berwarna abu-abu. Pada bagian bawah keyboard terdapat emblem metal dengan keterangan Serial Number, Product Number, dan tipe dari seri keyboard ini. Perlu diketahui keyboard Ducky ini limited edition, yang berarti jumlah keyboard ini di dunia tidak sebanyak keyboard-keyboard biasa pada umumnya dan memang Mechanical Keyboard biasanya tidak diproduksi dalam jumlah jutaan pcs.

Bagian bawah keboard terlihat jalur untuk kabel usb dan terdapat Dip Switch

Slot mini usb untuk kabel keyboard yang dapat di lepas-pasang

Pada bagian bawah keyboard terdapat DPI Switches dan juga terdapat sebuah lubang mini port USB untuk kabel USB serta disediakan jalur agar kabel USB tidak menggangu keyboard dapat disesuaikan dengan posisi cpu baik di tengah, kiri maupun kanan. Kabel USB dapat di lepas-pasang, sehingga kabel tidak merepotkan ketika di bawa-bawa khususnya ketika turnamen. terdapat 4 buah karet pada setiap sisi agar keyboard tidak licin disaat dipakai pada permukaan kaca/hard surface.

Disaat kabel USB disambungkan pada keyboard maka akan terlihat LED putih yang menyala pada setiap keycaps yang ada lalu kembali gelap, jangan panik itu hanya sebagai indikator dari power telah tersambung pada keyboard.

Salah satu fitur yang paling unik adalah keyboard ini memiliki 5 mode jenis LED yang ingin digunakan (bukan warna LED, warna LED tetap putih) cukup menekan caps Fn dan F10

  1. Mode 60% Backlit, LED bagian dalam keyboard menyala kecuali Esc, F1-12, dan numpad 0-9
  2. Mode Full Backlit, seluruh Keycaps 1 keyboard ini menyala
  3. Mode Pulse / Breathing Mode, warna putih LED bergerak meredup dan menyala, seperti berdenyut
  4. Mode Reactive Lighting Mode, lampu LED akan menyala hanya disaat kita menekan Keycaps sedangkan disaat kita tidak menekan Keycaps tidak akan mengeluarkan cahaya LED
  5. Mode Running Light /Marquee Scrolling Text, dimana lampu LED hanya menyala dan bergerak dari kiri kekanan hanya pada bagian atas yaitu dari Esc hingga ujung paling kanan yaitu Home

Salah satu fitur yang disediakan oleh keyboard ini adalah fitur record, yaitu kita dapat menyimpan profile keyboard sebanyak 2 record, sehingga anda dapat mengkustom LED mana saja yang menyala dan mana saja yang tidak dengan menekan Fn dan PrtSc (Print Screen) secara bersamaan untuk Record 1, Fn dan Pause secara bersamaan untuk Record 2, setelah anda menentukan pilihan, anda hanya cukup menekan PrtSc untuk men-save profile pertama dan Pause untuk men-save sebagai profile kedua. anda dapat memunculkan profile yang tadi telah di save dengan cara menekan Fn dan F8 untuk profile pertama, Fn dan F9 untuk profile kedua.

Keyboard ini menggunakan Cherry MX Red Switch yang cocok sekali untuk bermain speed dan agility bukan hanya dalam hal bermain game saja akan tetapi disaat digunakan untuk mengetik pun seakan-akan setiap jari anda dapat menari diatas keyboard dengan lincah dan hampir tanpa ada salah dikarenakan jarak setiap caps tidak berhimpitan satu dengan yang lain. Keyboard ini sangat cocok untuk digunakan oleh pria maupun wanita dikarenakan sifat medium-light yang tidak memerlukan tenaga untuk menekannya, tetapi tidak dianjurkan untuk player yang memiliki sifat tekanan cukup besar, sangat disarankan menggunakan Cherry MX Black / Brown Switch.

Terlihat Red Switch dan lampu led nya, ketika keycaps di lepas

CherryMx Black memiliki tingkat kekerasan hard pada saat kita menekan setiap Keycaps cocok untuk Pro-Gamer yang membutuhkan presisi tinggi dalam bermain game, Cherry MX Brown Switch memiliki tingkat kekerasan medium cocok untuk Pro-Gamer yang membutuhkan presisi dan speed yang tinggi dalam bermain game, Cherry MX Brown Switch memiliki tingkat kekerasan medium-light sehingga dapat membantu Pro-Gamer dalam hal speed dan agility sehingga cukup dengan menekan caps menggunakan sedikit tenaga maka keyboard sudah merespon, Cherry MX Blue Switch memiliki tingkat kekerasan light sangat bagus untuk speed tinggi namun terdapat feel “clicky”.

Mechanical Keyboard ini dibuat di Taiwan, memiliki Dimensi Panjang 44.2cm x Lebar 14cm x Tinggi 4.15cm dan memiliki bobot sekitar 1.4Kg. Ducky 9008 Shine 2 selain memiliki LED warna putih, terdapat juga warna-warna lain seperti Red, Green, Purple, Yellow dan Blue, selain itu kita juga dapat memilih jenis Key Switch yang ingin digunakan apakah Cherry MX Blue/Red/Brown/Black.

Pengujian pada beberapa game telah terbukti ketangguhan dari Mechanical Keyboard ini seperti Battlefield 3, Medal of Honor Warfighter, Sleeping Dogs, Need For Speed Most Wanted 2012, Call of Duty Black Ops 2 dan Guitar Hero / Frets on Fire. Tidak sekalipun keyboard ini mengecewakan, dan selalu sangat responsive terhadap tekanan pada setiap key baik untuk gaming maupun dalam pengetikan. Tidak pernah sekalipun Ghosting ataupun error disaat 2 atau lebih key yang ditekan bersamaan, khususnya ketika bermain game Guitar Hero atau Frets on Fire yang mengharuskan menekan tombol bersamaan sekaligus. Beberapa kali pula keyboard ini menemani saya ketika turnamen, dan memberikan performa serta kenyamanan yang cukup baik. Ducky Shine 2 merupakan salah satu keyboard terbaik yang pernah saya rasakan.

Sebuah keyboard yang sangat menarik untuk dimiliki oleh setiap gamer yang ingin Mechanical Keyboard, dengan banyak fitur menarik, memiliki LED, dan tidak terlalu mahal yaitu sekitar $149, mungkin Ducky 9008 Shine 2 ini dapat menjadi alternatif yang sangat menarik untuk dimiliki. Untuk pembelian anda bisa menghubungi Distributor dari Ducky Mechanical Keyboard yaitu Foxhound Store.

Features

  • PCB two-sided routing, safety guaranteed
  • A removable mini USB connector
  • Illuminated keyboard, charming and fascinating
  • Standard Lighting Modes: Full Backlit, 60% Backlit & Selected Keys Backlit (with 2 Configurable Profiles)
  • Reactive Mode – Keys light up when depressed
  • Laser Printed Keycaps, UV Coated
  • On/Off Dip Switch to define the functions of the keyboard

penjelasan tentang dip switch terdapat di manual book nya

Product By :

Supported By :

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram