Review | Gigabyte Aivia Osmium Mechanical Keyboard

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 20 Dec 2013 | 6,777

_MG_5242

Persaingan di dunia gaming peripheral belakangan ini semakin ketat, bahkan hingga brand yang sudah terkenal di hardware komponen komputer Gigabyte turut menelurkan karyanya di lini gaming peripheral yaitu keyboard dan mouse-nya. Nah, yang kali ini Nixia akan ulas adalah Keyboard Gaming Mechanical Gigabyte Aivia Osmium, yang memiliki switch Cherry MX Red. Keyboard gaming dengan harga di kisaran USD 100 sekarang ini memang hampir seluruhnya sudah menggunakan switch mechanical, yang lebih menjamin ketahanan dan kenyamanan penggunanya daripada keyboard yang menggunakan switch rubber dome membrane biasa, khususnya para gamer yang bisa menghabiskan waktu berlama-lama bersama keyboard-nya. 

Keyboard Aivia Osmium diperkaya dengan fitur macro dan LED backlight individual di setiap key nya berwarna biru khusus untuk Osmium dengan Red switch, sedangkan backlight berwarna putih untuk Osmium yang memiliki brown switch. Sekarang langsung saja kita lihat lebih dekat Aivia Osmium ini !
Unboxing
Hadir dengan ukuran box yang lebih besar daripada keyboard gaming lainnya, dapat dipastikan hal ini disebabkan Osmium memiliki tambahan wrist rest berukuruan full size yang cukup panjang. Memiliki box berwarna dasar hitam, cover depan-nya dihiasi dengan gambar dari Osmium keyboard sendiri, gambar fitur-fitur utama, dan branding logo Aivia di pojok kiri atas dan Osmium di kanan bawah yang berwarna silver emboss.

page1

Di cover box bagian belakang, dijelaskan fitur Aivia Osmium secara men-detail lengkap dengan visualisasi untuk semakin memudahkan pengguna dalam mengenali gaming mechanical keyboard ini. Pada sisi kiri box kita baru akan menemukan logo Gigabyte yang seolah-olah disembunyikan ^_^, dan juga disertai spesifikasi lengkap dari keyboard.

_MG_5260

_MG_5269
Setelah membuka box luar, kita akan mendapatkan sebuah box hitam lagi yang membungkus keyboardnya langsung, keyboard Aivia Osmium akan langsung terlihat, dilengkapi dengan selembar kertas quick start guide, disampingnya juga ditambahkan 4 buah keycaps tambahan yang memiliki icon unik yang dapat berfungsi untuk menandai beberapa tombol penting dan sebuah keycap puller.

Poin plus dari packaging ini, box Aivia Osmiun memiliki lapisan busa yang mampu melindungi seluruh sisi keyboard dari guncangan. Wrist Rest-nya sudah langsung terpasang pada keyboard meskipun wrist rest ini dapat dicopot-pasang.

_MG_5277

Design
Aivia Osmium hadir dalam warna hitam dan tampil simple namun kokoh, tanpa memiliki hiasan khusus yang menunjukkan bahwa ini adalah gaming keyboard. Satu-satunya yang menarik perhatian adalah bagian atas kiri keyboard yang lebih menonjol, karena memiliki extra tombol bertuliskan G1 hingga G5 yang dapat berfungsi untuk tombol hotkey atau macro ditambah juga dua buah scroll-wheel berbahan rubber yang berfungsi untuk mengatur volume dan intensitas cahaya backlight pada keyboard.

_MG_5331

Backlight LED berwarna biru membuat keyboard ini menghasilkan cahaya yang lebih lembut daripada backlight gaming keyboard lainnya yang kebanyakan berwarna putih, apalagi intensitas nya dapat kita atur dengan mudah melalui scrollwheel di bagian panel atas. Sedangkan pada panel pojok kanan atas keyboard kita akan menemukan logo Aivia disertai dengan LED indikator Scroll/Num/Caps lock yang bisa berubah-ubah warna ketika ditekan, tombol tersebut berfungsi untuk mengubah profil macro yang dapat diakses dan dikonfigurasi melalui software Aivia.

_MG_5330

 

Kualitas build yang disajikan Aivia Osmium sangat meyakinkan akan ketahanannya, pada body bahan plastiknya dibuat agak bertekstur tipis, agar tidak licin di jari dan pergelangan tangan. Sedangkan bahan pada tombol-tombolnya, memiliki bahan plastik yang masih sama dengan tombol pada mechanical keyboard kebanyakan yang memiliki touch-feel yang pas di ujung jemari.
Fitur menarik lainnya dari Osmium ini, kita bisa temukan 2 buah ports USB (USB 2.0 dan USB 3.0) yang disematkan pada sisi pinggiran atas kanan keyboard serta dilengkapi dengan audio port dan mic port, dengan begitu kita bisa mendapatkan port USB dan audio tambahan yang jauh lebih dekat ketimbang harus mencolokkannya ke port yang ada di PC. Port hub tersebut hadir berkat adanya sebuah extra kabel USB dan audio tambahan di ujung konektornya.

page2

Pada bagian belakang, kita akan temukan 4 buah feet yang bisa dibuka tutup untuk mengatur ketinggian keyboard dan juga terdapat pengait wrist rest.

_MG_5346

 

Performa 

Aivia Osmium dengan switch Cherry MX Red ini memang ideal untuk para gamers, yang membutuhkan sensitifitas key press tinggi saat menggunakan keyboardnya. Nixia menggunakan Aivia Osmium ini untuk bermain game seperti Battlefield 3 dan Counter Strike: GO, tidak terdapat miss click atau masalah yang terjadi. Red switch yang membutuhkan tekanan ringan ini tidak akan membuat jari terasa lelah jika harus menahan sebuah key secara terus-menerus. Saat digunakan dalam kegiatan di depan PC sehari-hari pun nyaman dipakai. Karena bobotnya yang berat keyboard ini pun sangat stabil menempel di meja. Roda pengatur volume yang disediakan membuat pengaturan volume sangat mudah ketika sedang asik berperang didalam game. 2 buah USB hub membantu pemasangan mouse atau headset menjadi lebih cepat ketika keyboard ini dibawa ke venue turnamen game offline atau bermain di gamecenter.

Keycaps yang dapat diganti dengan keycaps custom.

Keycaps yang dapat diganti dengan keycaps custom.

Untuk fitur macro nya, memang hanya terdapat di 5 buah tombol bagian atas, yang sedikit agak jauh, namun ini juga menjadi nilai tambah bagi gamers yang membutuhkan mechanical keyboard dengan fungsi macro, mengingat fungsi macro pada mechanical keyboard masih terbilang jarang. Untuk merekam tombol macro G1-G5 tersebut, kita bisa mendownload software Aivia, dan kita bisa mengatur setiap tombol macro ke berbagai fungsi perintah ataupun kombinasi tombol macro yang dibutuhkan. Internal memory yang dimiliki Osmium mampu menyimpan hingga 70 konfigurasi macro dan dibagi ke dalam 5 profil berbeda. 5 profil berbeda tersebut dibedakan dengan warna yang tampil di panel kanan atas Aivia.

_MG_5336

Conclusion

Aivia Osmium berhasil masuk ke dunia gaming peripheral dengan fitur yang mumpuni, mechanical switch dengan kualitas terbaik, macro programmable keys, backlighting yang bisa diatur dengan mudah, lengkap dengan fitur anti-ghosting, dan tingkat kenyamanan tinggi. Keyboard ini cocok bagi anda yang tidak terlalu menyukai design keyboard yang penuh dengan gaming gimmick, sehingga masih tetap ideal digunakan di kantor tanpa harus menarik perhatian orang lain, karena tampilannya yang hampir seperti keyboard normal (bukan gaming).

_MG_5304

Spesifikasi

  • Interface:- USB 2.0
  • Activation:- Cherry MX Red Mechanical Switch
  • Switch Life:- 50 million times
  • Key Profile:- Standard
  • Travel Distance:- 4mm to the bottom
  • Activation Distance:- 2mm to actuation point
  • Peak Force:- 45g
  • USB Port:- USB3.0 + USB2.0
  • Audio:- Microphone-in/ Earphone-out
  • Weight:- 1500g ±10%
  • Dimension:- 454(L)* 257(W)*45(H) mm
  • Cable Length:- 2.0m ±10%
  • OS Support:- Windows XP/ Vista/ Windows 7
  • Color:- Black
  • Harga : Rp 1.300.000,-
Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram