Review | Leetgion El’Druin – RPG Gaming Mouse

Ad
Ad
Ad
author image by Jefry | 11 May 2013 | 5,386

RPG’s soul mate is here

Sekali lagi LEETGION memberikan kejutan kepada gamer diseluruh dunia dengan kehadiran sebuah Gaming Mouse yg kali ini dikhususkan untuk gamer dari kalangan RPG atau MMORPG. Ya, hanya kedua genre itu yang dapat memaksimalkan seluruh kemampuan dari mouse ini secara baik dan sempurna.

Pada review kali ini Nixiagamer akan menjajal kehebatan dari Gaming Mouse LEETGION EL’DRUIN RPG secara langsung. LEETGION EL’DRUIN merupakan Gaming Mouse pertama dari LEETGION yang dengan secara sengaja di design untuk kebutuhan bermain RPG atau MMORPG dengan tingkat intensitas tinggi yang dengan kata lain dimana seorang gamer yang bermain dengan durasi yang lama serta memiliki banyak sekali skill/kemampuan yang harus digunakan dalam game tersebut. Itulah sebabnya LEETGION memperkenalkan Gaming Mouse yang menjawab itu semua.

LEETGION EL’DRUIN memang sekilas diperuntukan bagi gamer yang bermain game DIABLO, akan tetapi disaat Nixiagamer mencoba bermain dengan game lain, Gaming Mouse ini tetap memberikan hasil yang maksimal sehingga sangat tidak salah apabila Gaming Mouse ini mengambil tema RPG atau MMORPG tanpa menyebutkan 1 kata mengenai “dikhususkan untuk DIABLO III”. Mari anda lihat lebih detail mengenai Gaming Mouse LEETGION EL’DRUIN RPG.

BOX

Box EL’DRUIN terbagi 3 segmen, segmen pertama yaitu berupa cover tipis yang melapisi setiap sisi dari 2 segmen dibagian dalamnya, segmen kedua yaitu sebuah kotak hitam dengan slice segitiga pada bagian tengahnya, dan segmen yang terakhir merupakan sebuah kotak yang dimana anda dapat melihat dengan jelas fisik dari mouse ini.

Click for larger

Cover paling depan terbalut warna hitam dengan lapisan bagian dalam berwarna biru muda langit. Pada bagian muka terdapat image mouse dan logo EL’DRUIN,  serta EL’DRUIN Optimized for RPG. Pada bagian atas Cover terdapat 5 buah kemampuan dari Gaming Mouse ini yaitu Omron Micro Switches, S.P.A.D., Removable Palm Plates, DPI Micro Tune, dan Omni-Tuner yang akan Nixiagamer bahas secara mendetail di bagian GAMING MICE. Pada bagian Back Cover terdapat penjelasan singkat mengenai mouse ini dalam 3 bahasa yaitu English dan 2 buah bahasa Mandarin, System Requirements, Isi Box dari Gaming Mouse ini, About LEETGION, dan Social Media dari LEETGION, anda akan mendapati hal menarik lain dengan men Slide Cover ini.

Terdapat sebuah kotak hitam besar dengan “jendela” disebelah kiri dan pada bagian atas dari Box hitam ini terdapat slice melintang yang membelah bagian atas dan bagian bawah secara porposional yang ketika dibuka terdapat kotak mika transparant dan terlihat wujud asli dari Gaming Mouse EL’DRUIN. ini setelah seakan-akan anda sedang membuka sebuah peti harta karun dan didalamnya terdapat suatu benda yang bersinar2 tertutup oleh sebuah kotak kaca pada bagian atasnya.

Dengan cara yang unik pula disaat anda ingin melihat bagian terdalam yang terletak pada bawah mouse ini. Terdapat sebuah amplop hitam tebal yang berisi sebuah stiker logo LEETGION, Mousefeet cadangan, Quick Guide Book yang seukuran 1:1 dengan mouse ini, dan sebuah Manual Book mengenai features dan fungsi dari setiap Buttons, dan terdapat pula tambahan 3 buah palm plates yang dapat anda ganti sesuai tangan anda.

GAMING MICE


Seperti Saudaranya Hellion yang memiliki Base Color berwarna abu-abu, begitu juga dengan LEETGION EL’DRUIN ini juga memilih Base Color berwarna abu-abu yang memberikan kesan futuristic dan elegan. Pada bagian bawah Mouse berwarna hitam perpaduan duo tone yang manis ini membuat Gaming Mouse ini semakin garang dan semakin eye catching walaupun dari jarak jauh. Sekilas mouse ini terlihat seperti sebuah helm seorang warrior, seperti pada game-game rpg pada umumnya.

Terdapat tulisan LEETGION di bagian Left Click Button dan tulisan EL’DRUIN pada bagian belakang/Palm Rest. Pada bagian bawah tidak ada yang terlalu mencolok hanya EL’DRUIN menggunakan 3 Mousefeet yang kesemuanya dapat menggengam Mousepad dengan baik.

LEETGION EL’DRUIN RPG memiliki 12 button yaitu Left Click [button1], Right Click [button2], Scroll Button/Middle Click [button3], Scroll Up [button4], Scroll Down [button5], 5 buah button yang ada di S-Pad, dan 2 buah button yang ada pada Omni-Tuner. Kesemua buttons dapat di setting sesuai dengan selera anda dalam bermain game sehingga memberikan anda kebebasan penuh dalam mengontrol button yang ada. 12 buttons mungkin tergolong sedikit bila dibandingkan dengan Gaming Mouse MMORPG/RPG merk lain yang sudah lebih dulu beredar, akan tetapi EL’DRUIN memberikan sensasi yang berbeda ketimbang pesaing-pesaingnya yang juga memiliki divisi MMORPG.

EL’DRUIN memiliki 2 buah LED yang terletak disebelah S-Pad dan dibagan dekat Scroll Down. LED yang dekat dengan S-Pad memiliki 4 warna yang akan sesuai dengan Profile anda, dan LED yang ada di Scroll Down juga memiliki 4 warna yang menjadi indikator Omni-Tuner, kedua LED ini hanya memiliki 4 warna yang sama yaitu Red, Blue, Sky Blue, Purple. Gaming Mouse ini juga dibekali dengan Omron Japan Micro Switch yang membuat mouse ini terhindar dari kemungkinan double click karena durability-nya yang bagus, serta sensor yang digunakan yaitu AVAGO Sensor 9500 seperti saudaranya Hellion, yang memiliki Range DPI 100 hingga 5000 yang dapat di adjust menggunakan Omni-Tuner atau Software LEETGION EL’DRUIN.

GAMING MICE SPECIALIZED FEATURES

Terdapat setidaknya 3 fitur yang menarik dari Gaming Mouse ini yang cukup membuat Nixiagamer tertarik untuk mengoprek lebih detail.


Fitur pertama yang ada pada Gaming Mouse ini adalah, adanya pergantian Palm Plate. Palm Plate sendiri terletak dibagian atas-belakang dari mouse tempat bersandarnya Palm tangan anda atau bisa disebut dengan Palm Rest. LEETGION menyertakan 3 buah Palm Plates cadangan dan 1 buah Palm Plate yang terpasang di body mouse ini. 2 buah berwarna abu-abu dan 2 buah berwarna hitam dengan texture doff halus.

Kedua warna baik hitam maupun abu-abu memiliki 2buah Palm Plates yang memiliki ukuran berbeda yang akan membuat mouse EL’DRUIN ini menjadi lebih tinggi dan lebih panjang atau dapat juga diganti dengan yang lebih pendek dan lebih rendah sehingga nyaris Palm tangan anda tidak menyentuh mouse, lebih tinggi dan lebih panjang cocok untuk Gamer yang bertipe Palm sedangkan yang lebih rendah dan lebih pendek cocok untuk Gamer yang bertipe Claw. Anda dapat melepas Palm Plate dengan cara mendorong keatas bagian bawah-belakang dari mouse.

Fitur kedua yang menarik juga adanya S-PAD ini, SPAD merupakan sebuah singkatan yaitu Skill Power Action D-PAD. Button S-PAD ini mirip dengan Dualshock yang sering anda jumpai pada Stick dari Console, dapat bergoyang keatas, kesamping kiri dan kanan, kebawah, dan dapat ditekan. Pada setiap gerakan S-PAD ini menjadi Button dan Macro sehingga anda tidak repot dengan skill-skill yang mungkin sulit dijangkau oleh jari sebelah kiri disaat anda membutuhkan presisi dan kecepatan mengeluarkan skill. Fitur ini sangat menarik karena sangat mudah digerak-an oleh jari jempol dan memiliki presisi yang dapat dikategorikan sangat baik.

Fitur ketiga yang dimiliki oleh mouse ini yaitu benda yang terdapat disebelah kanan yaitu OMNI TUNER. Omni Tuner selain terdapat pada settingan Software, Omni Tuner juga dapat memiliki fitur lain yang dapat mempermudah dalam hal men-setting mouse, apabila anda melihat LED pada Scroll Down anda dapat mengganti warna dengan menekan button yang terdapat di tengah Omni Tuner, perubahan warna ini bukan tanpa maksud karena setiap warna memiliki fungsi yang berbeda-beda, apabila berwarna merah, anda tinggal memutar Omni Tuner kedepan untuk meningkatkan DPI dan kebelakang untuk menurunkan DPI, apabila berwarna kuning, anda tinggal memutar kedepan untuk menjalankan program/custom button yang telah anda lakukan di Software Driver dan apabila anda tidak melakukan perubahan maka settingan Default yang diambil, apabila berwarna biru, anda dapat memutar kedepan dan kebelakang untuk mengganti profile yang ada baik 4 profile bawaan/profile buatan sendiri, dan apabila berwarna biru muda maka fungsi putar Omni Tuner menjadi OFF dan tidak akan berpengaruh apa-apa apabila anda memutar kedepan dan kebelakang.

FEATURE

Driver Software dapat anda download di http://www.leetgion.com/product-eldruin.php dengan file sebesar 16.8MB. Seperti pada Driver kepunyaan Hellion fitur Driver terbagi dalam 4 segmen, Button Assignment, Profile Management, Macro Management, dan Adjust Performance.

Button Assignment bertujuan agar anda dapat mengganti fungsi setiap button yang ada ke 4 profile yang tersedia ataupun ke profile yang menjadi buatan anda sendiri dan pada segmen ini pula anda dapat langsung men-adjust DPI untuk setiap profilenya.

Pada segmen Profile Management anda dapat membuat profile anda sendiri dan anda juga dapat melihat 4 profile yang sudah anda edit pada segmen Button Assignment, Macro Management tempat dimana anda dapat memasukkan macro pada button-button yang anda inginkan, dan yang terakhir segmen Adjust Performance terdapat Polling Rate, Scroll Speed, Pointer Speed, Double Click.

Polling Rate untuk men-setting seberapa cepat komputer memberikan respon balasan sehingga baru saja anda menggerakkan mouse pointer dilayar sudah bereaksi dengan sangat cepat, Scroll Speed untuk mengatur seberapa cepat perubahan disaat anda men-scroll mouse kearah depan dan belakang, Pointer Speed seberapa cepat bergerak pointer anda, dan Double Click untuk seberapa cepat dalam setiap klik yang dilakukan komputer atas respon dari mouse.

TEST THE HARDWARE


Nixiagamer menjalankan test Gaming Mice Leetgion Hellion ini pada Game-game yang bukan hanya pada Game ber-mode RTS atau MMORTS tetapi juga untuk Game-game bergenre lain seperti Casual, RPG, dan FPS.

–         Aion Ascension (North America)
–         Ragnarok Online 2 SEA
–         Star Wars The Old Republic
–         Simcity 2013
–         Diablo 3
–         Battlefield 3

Pada pengetesan game Aion Ascension, Gaming Mouse ini sangat membantu Nixiagamer dalam hal pengganti button, karena pada game ini terdapat kolom skill selain angka 1 sampai =, juga anda harus menekan Alt+1 hingga Alt+=, yang juga Ctrl+1 hingga Ctrl+=..sehingga button S-PAD dapat menjadi alternative bagi Alt dan Ctrl yang sekiranya akan membantu dalam mengeluarkan skill secara cepat. Begitu pula dengan Ragnarok Online 2 dan Star Wars The Old Republic karena pada umumnya game-game MMORPG memiliki banyak skill sehingga membutuhkan tombol yang dapat mewakili skill yang dirasa terlalu sulit dijangkau dengan tangan kiri anda disaat anda sedang bermain.

Disaat digunakan pada game Simcity 2013 tangan tidak terasa capai dipakai setelah berjam-jam akan tetapi tidak semua tombol berguna apabila anda memang tidak menggunakan Hotkey pada saat bermain Simcity, seperti Ctrl+C yang akan membuka Cops, F7 untuk melihat Land Value, dan Hotkey-hotkey lain yang sebenarnya dapat anda masukkan kedalam setiap button, akan tetapi apabila anda bermain Simcity dan bertipe Clicker, maka button yang banyak pada Gaming Mouse ini tidak ada yang berguna.

Seperti pada slogan nya “Optimize for Diablo”. ketika digunakan bermain Diablo, mouse ini menunjukan kegarangannya, 4 skill diablo dapat dengan mudah di optimize di S-pad nya, dan omni tunernya cukup membantu ketika nixia mengganti character dari Demon Hunter menjadi Wizzard dengan settingan yang berbeda, hanya dengan mengganti profile saja.

Dan ketika di mainkan game FPS seperti Battlefield 3 pada pengetesan kali ini, tidak ditemukan kendala, malahan S-Pad cukup membantu untuk mengganti equipment lebih cepat seperti revive atau medkit ketika menjadi Assault.

CONCLUSION

LEETGION EL’DRUIN RPG memang dikhususkan untuk game RPG/MMORPG, dengan design yang selalu futuristic dan segudang fitur yang menarik menjadikan Gaming Mouse ini layak untuk dimiliki apalagi oleh kolektor yang menginginkan barang yang berkualitas dan berkelas. Box yang terkesan mewah dan bentuk yang tidak biasa ini membuat nilai jual LEETGION EL’DRUIN RPG menjadi bertambah, fitur S-PAD dan fitur OMNI TUNER juga sebenanya sangat cukup untuk Gamer yang hanya membutuhkan 1-5 skill saja untuk disetting, Akan tetapi dengan button yang hanya 12 tidak akan mencukupi bagi Gamer Hardcore yang menginginkan settingan skill lebih banyak, dan sepertinya fitur S-PAD dan OMNI TUNER belum dapat mengobati para Gamer Hardcore dikarenakan kompetitor dari Gaming Mouse ini banyak yang menyediakan fitur button hingga 16-20button dan dengan harga yang hampir mirip bahkan lebih murah dari LEETGION EL’DRUIN ini.

Mouse ini di distribusikan oleh FOX HOUND selaku distributor, Anda bisa memesan langsung Ducky Mechanical Keyboard di Foxhound

NILAI PLUS :
–         Memiliki fitur S-PAD
–         Memiliki fitur OMNI TUNER sehingga memudahkan Gamer dalam memilih Profile
–         Memiliki LED yang dapat menjadi patokan indikator
–         Memiliki Laser Sensor yang memiliki DPI hingga 5000 dan memiliki Poling Rate
–         Driver simple dan mudah mengaplikasikannya
–         Memiliki design Gaming Mouse yang mungkin terkesan unik dan memiliki Box yang elegan
–         Quick Guide dan Manual Book lengkap
NILAI MINUS :
–         LED yang disediakan hanya 5 yaitu Red, Blue, Purple, Blue Sky, dan Yellow
–         Button terlalu sedikit hanya maximal 12 saja
–         Harga terlalu tinggi bila dibandingkan dengan kompetitor yang notabenenya memiliki lebih banyak button

TECHNICAL SPECIFICATIONS
/ Avago 9500 Laser Mouse Sensor (100 to 5000DPI)
/ Two Made in Japan Omron Micro Switches.
/ One Patent Pending Omni-Tuner for DPI Micro Tune and Profile Management.
/ Five Directional thumb SPAD.
/ Twelve Fully Programmable Hotkeys.
/ Four Custom Profiles sets (one default profile.)
/ Dual LED lighting cue system, for profile and Omni-Tuner Mode indication.
/ Four Removable Palm Plates for adjustable size and grip.
/ Heaven Plate Size: L 127mm x W 69mm x H 44mm
/ Inferno Plate Size: L 119mm x W 63mm x H 43mm
/ Weight: 120g
Price : Rp 820.000,-
Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram