Review | Leetgion Hellion – Starcraft 2 Gaming Mouse

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 31 Jan 2013 | 6,756

Starcraft II Killer Machine has come!


Mungkin banyak dari Gamer yang tidak mengetahui apa itu LEETGION? LEGION? Ya banyak orang bertanya-tanya sebenarnya apa itu LEETGION? Sedikit informasi kepada anda, LEETGION merupakan Gaming Division dari sebuah brand Cooling terkenal di dunia yaitu THERMALRIGHT. Mungkin untuk nama Thermalright sendiri sudah banyak orang yang mengetahui, sebuah brand khusus Cooling System yang sudah tenar di dunia dan di Indonesia dan sekarang mereka hadir ke Indonesia bukan hanya untuk Cooling System saja tetapi dengan Gaming Gear mereka yang bernama LEETGION.

Khusus pada bahasan kali ini, Nixiagamer mendapatkan kesempatan untuk mencoba secara langsung sebuah Gaming Mouse LEETGION HELLION. LEETGION memiliki 3 jenis Gaming Mouse yang memiliki Specific Game Type yaitu HELLION untuk Starcraft II, EL’DRUIN untuk Diablo III, dan PROJECT LEGENDARY, serta sebuah Gaming Mouse Pad yang bernama AEGIS DUALTEX. Tetapi pada bahasan kali ini Nixiagamer hanya membedah LEETGION HELLION sebuah Gaming Mice untuk Starcraft II.

LEETGION HELLION telah mendapatkan beberapa penghargaan Gaming Mouse terbaik oleh Nikk Tech, Inside Hardware, Vortez, Piscomu, dll sebagai Gaming Mouse yang sangat support dan membantu dalam hal bermain Starcraft II. Gaming Mice Leetgion juga dipersenjatai dengan sebuah Mechanical Cherry Mx Blue Switch sehingga menjadikan Leetgion Hellion sebagai Mouse dan Gaming Mouse pertama di dunia yang menggunakan Mechanical pada Gear mereka. Mari anda lihat lebih dalam mengenai Leetgion Hellion Gaming Mouse.

BOX


Box Hellion berwarna Hitam pekat dan memiliki tekstur garis-garis, pada bagian Cover Box terdapat tulisan berwarna hitam Emboss dengan huruf capital HELLION dan terdapat bentuk mouse yang mengelilingi tulisan HELLION yang juga berwarna hitam. Pada bagian Back Cover polos berwarna hitam dengan bagian bawah terdapat Technical Spesifications dan System Requirements serta Package Contents, Barcode, dan Stiker berikut Serial Number Thermalright. Pada Side Box kanan dan kiri berbentuk 2 segitiga yang berpotongan yang merupakan perpaduan Mika Transparant dan karton seperti bahan Box, pada bagian Above Box terdapat tulisan capital LEETGION yang di print warna Silver dan di Deboss, dan pada bagian Below Box terdapat segitiga kecil dengan memiliki border berwarna Silver dan apabila anda mengintip maka terlihat seperti ada sesuatu yang berbentuk segitiga dan berwarna merah.

Dengan cara slide anda akan mendapati Box bagian dalam dari Mouse ini, seperti kotak di dalam kotak, maka kali ini anda menemukan sebuah kotak lagi berwarna hitam dengan bagian depan terbelah menyerong sehingga membentuk 2 segitiga, box ini memiliki warna hitam full dan seperti pada Box depan dimana Side Box kanan dan kiri serta Above Box terdapat segitiga kecil yang memiliki Border berwarna Silver.

Disaat dibuka bagian atas dari Box dalam ini anda mendapati sebuah Mouse yang di “kurung” menggunakan kotak Mika Transparant yang sangat keren sekali, dan anda dapat melihat Mouse berwarna abu-abu tua. Ketika Box diangkat terdapat sebuah booklet kecil berwarna hitam yang merupakan penjelasan singkat dari beberapa feature dari Gaming Mouse ini seperti Button Adjustment Function, DPI Adjustment, dan Race Switching.

Mouse diangkat ditemukan sebuah kotak kecil dibawah Mouse yang berisi tempat penyimpanan kabel dari Mouse dan 1 set dari Mousefeet sebagai cadangan dari Mousefeet yang sudah terpasang pada Gaming Mice

GAMING MICE

Leetgion Hellion memiliki Base Color berwarna abu-abu, dengan bagian bawah dari mouse berwarna hitam. Bentuk dari Gaming Mouse ini tidak seperti pada umumnya Mouse, Hellion ini memiliki bentuk futuristic yang apabila dilihat dari sisi atas bagian Palm Hand melebar dan pada tengah-tengah meramping dan tempat pointer klik melebar kembali.

Terdapat tulisan HELLION pada belakang Scroll dan logo Leetgion pada bagian buntut/Palm Hand Mouse, pada Side Left Mouse terdapat sebuah segitiga kecil berwarna merah yang merupakan benda yang selama ini anda dapat melihatnya pada Box Hellion.

Secara basic Gaming Mouse ini memiliki 8 Button yaitu Left Click [button1], Right Click [button2], Scroll Button [button3], Scroll Up [button7], Scroll Down [button8], Small Button Left Click [button5], Small Button Right Click [button6], dan sebuah Button yang berbentuk segitiga berwarna merah [button4] yang menjadi salah satu dari 2 titik point terpenting dari Gaming Mouse ini.

Dengan adanya 8 Buttons pada mouse ini membuat Mice ini terkesan “mengerikan” dan sangat “killer” apabila memainkan Game khususnya Starcraft II, seperti apa performance yang mampu dihasilkan oleh Gaming mouse ini? Ikuti terus review Leetgion Hellion Gaming mouse.

Gaming Mouse ini memiliki LED yang terletak pada tulisan logo Hellion, pada logo Leetgion, lis panel kiri dan kanan Mouse dan pada buntut Mouse yang disebut sebagai Tail Light yang memiliki warna LED dengan resolusi sebanyak 16.7juta warna.

Gaming Mouse ini telah menggunakan Laser Avago Sensor 9500 yang mampu menghasilkan DPI dari yang terkecil yaitu 100 DPI hingga tertinggi 5000 DPI yang dapat disetting melalui Driver Hellion. Pada bagian bawah dari Mouse terdapat sebuah putaran yang dapat di putar sebanyak 5 step yang merupakan Profile/Macro/Race Selection yang memiliki fungsi bagi masing-masing Ras apabila anda menggunakan Mouse ini untuk bermain Starcraft II.

GAMING MICE SPECIALIZE FEATURE

Race Selection bukan hanya untuk keren-kerenan dari Gaming Mouse ini, rupanya Leetgion memasukan Macro-macro dan hotkey-hotkey yang dapat mempermudah Gamer dalam memainkan setiap Ras pada Starcraft II, disamping itu juga perubahan Switch pada Race Selection juga merubah warna LED.

01 Default : Semua Button menjadi Default seperti Factory Build, Red Light pada Body dan Tail Light
02 Terran : Button1 S[SVC] – Button2 T[STIMPACK] – Button4 A[ATTACK], Blue Light pada Body dan Tail Light
03 Zerg : Button1 S+V[LARVA OVERLORD] – Button2 S+D[LARVA-DRONE] – Button4 A[ATTACK], Purple Light pada Body dan Tail Light
04 Protos : Button1 E[PROBE] – Button2 W[WARPGATE/GATE/GATE AWAY] – Button4 A[Attack], Yellow Light pada Body dan Tail Light
05 Custom : Semua Button menjadi Default seperti pada 01 Default, Blue Sky Light pada Body dan Tail Light

Kelima Switch dapat anda ubah-ubah fungsi setiap tombol yang ada dengan menggunakan Driver Software Leetgion Helion berikut Tail Light-nya, yang dapat diubah warna LED dari Gaming Mice ini hanya Tail Light-nya saja tidak seluruh Body juga terganti. LED sendiri dapat langsung berubah dengan melihat pada bagian Tail Light pada Mouse, terdapat 2 tombol kecil yang dapat ditekan-tekan untuk mendapatkan beberapa warna-warna untuk LED secara langsung pada mouse akan tetapi anda akan mendapatkan warna special apabila mengubah Tail Light LED menggunakan Driver Hellion.

FEATURE

Driver Software Leetgion Hellion dapat di download pada website http://www.leetgion.com/products.php dengan file sebesar 4.5MB saja. Fitur-fitur yang ada pada Driver yaitu terbagi 4 segments. Button Assignment, Adjust Performance, Macro Management, dan Light Management.

8 Button yang dapat di custom

Button Assignment, pada Fitur ini anda dapat mengganti fungsi dari ke 8 Buttons yang ada pada Gaming Mouse Hellion baik pada profile yang sudah ada [Default, Terran, Zerg, Protos, Custom] atau jika ingin customize mulai dari baru pun juga anda dapat lakukan dengan menambahkan Profile sendiri.

Tidak hanya macro, anda juga bisa merubah dpi, menjalankan program, atau membuat click secara terus menerus

Adjust Performance, pada Fitur ini anda dapat melakukan beberapa penyesuaian untuk mouse ini seperti DPI, X & Y Axis, Polling Rate, Scroll Speed, Pointer Speed, dan Double Click, semuanya dapat diatur dan dapat di save pada profile yang dipilih, apabila anda membuat profile sendiri maka perubahan pada Adjust Performance tadi pun juga dapat disave pada profile yang anda buat.

Macro Management, Fitur yang dapat membantu anda dalam bermain dengan menggunakan Macro System yang dapat anda adjust sesuai kebutuhan dan juga time delay dari Macro yang anda buat. Dan yang terakhir adalah Light Management, dimana anda hanya dapat mengganti warna LED pada Tail Light Mouse, dan dapat juga di save pada Profile yang anda buat.

TEST THE HARDWARE

Nixiagamer menjalankan test Gaming mouse Leetgion Hellion ini pada Game-game yang bukan hanya pada Game ber-mode RTS atau MMORTS tetapi juga untuk Game-game bergenre lain seperti Casual, RPG, dan FPS.

–         Starcraft II : Wings of Liberty
–         The Sims 3 : Generations
–         Star Wars The Old Republic
–         Dishonored
–         Borderland 2

Pada pengetesan Macro bawaan dari Hellion, pembuat Gaming mouse ini sudah memperhitungkan seberapa bergunanya Macro pada 3 tombol yang sudah disetting sedemikian mungkin agar compact dan sangat mempermudah disaat bermain Starcraft, seperti pada saat Attack yang dialokasikan ke Button ke 4 [Mechanical Button]. Pada saat bermain The Sims 3, tidak ditemukan kendala yang berarti dan pada game The Sims Nixiagamer menggunakan settingan Default. Pada saat bermain Star Wars The Old Republic, Macro/Hotkey pada mouse ini tidak bermasalah, hanya saja tidak cukup banyak tombol yang dapat di assign mengingat left+right click dan scroll cukup penting di game ini sehingga tidak bisa di replace dengan macro skill, selebihnya tidak ada problem yang ditemukan pada saat bermain. Pada saat bermain game FPS Dishonored dan Borderland 2 pun juga tidak ditemukan adanya masalah yang berarti, akan tetapi uniknya pada game FPS/MMOFPS dapat mengatur Button untuk 5x Firing atau Firing Continues, 5x tembakan beruntun dan dapat juga disetting bahwa akan menembak Burst terus menerus sampai anda menyetopnya dengan cara meng-click 1x lagi.

CONCLUSION

Gaming mouse LEETGION HELLION memiliki bentuk yang Futuristic dan sangat Cybertronic, dengan Packaging yang terlihat mewah dan elegan tidak sama dengan rata-rata Gaming mouse yang ada pada umumnya. Balutan Hitam-Silver pada Box menambah kesan misterius, ditambah Box Mika Acrylic Transparant yang keren menambah nilai plus dari mouse ini. mouse dilengkapi dengan 8 Button yang tidak sedikit seperti rata-rata Gaming mouse tetapi juga tidak sebanyak Gaming mouse khusus MMORPG, Leetgion Hellion masuk dalam jajaran mouse yang pas dengan genre Game apapun khususnya RTS, karena jumlah Button sudah bisa mewakili berbagai jenis game yang ada. LED yang ada pun juga terlihat keren walau sangat disayangkan LED pada Body tidak dapat dirubah-ubah seperti pada halnya Tail Light yang baik dengan Driver maupun langsung dengan memencet 2 tombol pada Tail Light maka LED akan berubah warna. mouse ini juga diperlengkapi dengan Avago Sensor 9500 sehingga dapat menaikan tingkat DPI hingga 5000 dan juga memiliki Polling Rate yang berfungsi mengatur seberapa cepat Mouse memberikan data ke komputer sehingga komputer dapat memberikan respon yang cepat.

Serta Mechanical Cherry MX Blue Switch merupakan bagian paling seru dan paling menarik dari Mouse ini dikarenakan belum adanya Mechanical pada Gaming mouse atau Common mouse yang ada. Fitur dari Driver Hellion cukup simple dan cukup catchy memudahkan anda untuk mengubah-ubah setiap settingannya tanpa rasa takut Mice menjadi rusak.

mouse ini di distribusikan oleh FOX HOUND selaku distributor dan dapat anda dapatkan di toko FOX HOUND maupun toko-toko Gaming Gear yang ada di Indonesia.

NILAI PLUS :
–         Memiliki 8 Button
–         Memiliki 1 buah Button Mechanical Cherry MX Blue Switch
–         Memiliki LED dan Tail Light yang dapat dirubah-ubah
–         Memiliki Laser Sensor yang memiliki DPI hingga 5000 dan memiliki Poling Rate serta Axis
–         Driver simple dan mudah mengaplikasikannya
–         Memiliki design keren dan memiliki Box yang keren juga
–         Harga cukup terjangkau dan sebanding dengan produk
–         Memiliki banyak Fitur menarik salah satunya Race Selection yang dapat di switch pada bagian bawah Mouse
NILAI MINUS :
–         LED yang dapat diubah-ubah hanya Tail Light saja
–         Tidak terdapat buku manual/sticker/informasi apapun kecuali sebuah booklet tipis kecil
–         Button klik kiri/kanan terkadang suka “nyangkut” dengan Small Button kiri/kanan
–         Mouse lebih cocok apabila digunakan untuk bermain Game-game selain FPS dikarenakan bentuknya yang lebih kearah Palm Hand
SPESIFICATION
/ Avago 9500 Laser Mouse Sensor (100 to 5000DPI)
/ Four Made in Japan Omron Micro Switches.
/ Cherry MX Key Switch Attack Button.
/ Six Fully Programmable Hotkeys.
/ Four Custom Profiles sets.
/ Four distinct LED lighting cues, for indication of the current profile.
/ Customizable 16.8 million color LED taillight for each profile.
/ On The Fly DPI Switching.
/ Size: 123 mm / 4.84” (Length) x 73 mm / 2.87” (Width) x 42 mm / 1.65” (Height) Weight: 105 g / 0.23 lbs
Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram